2 Pria Asal Indonesia Ungkap Fakta Mengejutkan di Sungai Aare Tempat Eril Hilang Terseret Arus


Viral beredar sebuah video dua orang pria asal Indonesia yang mengunggah momen saat mereka berenang di Sungai Aare, Swis.

Seperti diketahui, Sungai Aare sendiri merupakan tempat di mana anak Sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hanyut terseret arus sungai pads 26 Mei 2022 lalu dan hingga kini belum juga berhasil ditemukan.

Diketahui video tersebut adalah milik dari Syarif Zapata yang ia unggah di kanal YouTube pribadinya. Video unggahan dua pria asal Indonesia yang berenang di Sungai Aare, Swiss, itu viral usai diunggah oleh akun TikTok @aing.de.

Kondisi Sungai Aare menurut dua pria asal Indonesia yang berenang di sana

Dalam momen yang mereka unggah, memang terlihat jelas arus Sungai Aare yang terletak di Kota Bern, Swiss, ini tampak deras.

Kedua pria dalam video itu menyebutkan, bahwa suhu air di Sungai Aare tergolong dingin dan mengejutkan bagi tubuh orang yang berenang.

“Badan kaget sama arusnya sangat deras yakan jadi kaget, jadi udah kaget kena suhu air yang dingin arusnya deres banget,” kata dua pria tadi dikutip Hops.ID pada Selasa 7 Juni 2022.

Menurut keterangan kedua pria dalam video itu, saat menyusuri Sungai Aare jangan pernah melawan arus jika ingin menepi karena akan menghabiskan tenaga.

“Kalau kalian melawan arus kaya gini pasti kalian panik banget pasti, pasti panik banget dan habis tenaga, nafas juga kehabisan, itu yang paling bahaya,” kata kedua pria itu.

Seperti diketahui, Eril hanyut terbawa arus Sungai Aarep pada 26 Mei 2022 pukul 10.00 waktu Swiss.

Saat itu, Eril bersama adiknya Zara dan temannya sedang berenang di Sungai Aare. Eril juga adiknya Zara dan rombongan turun ke sungai di area yang bertangga.

Juga memilih titik di mana ada lansia dan anak-anak yang berenang dengan asumsi titik tersebut tidak berbahaya.

Dan pada saat akan naik ada kesulitan yang kami juga tidak paham kondisinya di sana, barangkali ada arus.

“Yang lain bisa naik ke darat, Eril terbawa arus,” kata keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, beberapa waktu lalu dalam konferensi pers virtual, dikutip dari Humas Jabar.

Lebih detail dijelaskan, setelah memastikan dua anggota kelompoknya selamat sampai di atas (kembali di darat), Eril tiba-tiba terseret arus dan sempat berteriak meminta tolong. Teriakannya didengar warga sekitar yang lalu melaporkan kejadian itu ke polisi air.

Ridwan Kamil ikhlaskan kepergian Eril

Terkait insiden itu, keluarga Ridwan Kamil pun menyampaikan pernyataan resmi bahwa sudah ikhlas dengan kepergian Eril untuk selama-lamanya.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun, Kang Emil dan Teh Lia (Atalia) sudah menyampaikan mereka ikhlas dan meyakini Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam,” kata kakak pertama Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman.

Keluarga juga sudah berkonsultasi mengenai hal itu kepada MUI Jabar. Hasil konsultasinya, MUI menyarankan keluarga agar melakukan salat gaib dan menunaikan hak untuk almarhum Eril sebagai seorang muslim.***

Hoaks KBRI sampaikan kabar baik celana Eril, putra Ridwan Kamil telah ditemukan di area Eichholz Swiss

Viral beredar kabar terkait perkembangan kabar pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hilang terseret Sungai Aare di Swiss.

Terbaru, berdasarkan kabar yang beredar ditemukan celana mirip yang dipakai Eril saat terakhir kali menghilang di area Eichholz, Swiss setelah hujan badai hantam Sungai Aare.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Swiss lantas disebut menyampaikan kabar baik tersebut.

Kabar penemuan celana mirip yang dipakai Eril saat hilang terseret arus sungai Aare itu beredar luas setelah diunggah dalam video oleh kanal YouTube Lingkarnews.

Dalam video berjudul, “Celana Eril Kamil Sempat Terlihat di Area Eichholz, Kedutaan Besar RI Langsung Sampaikan Kabar Baik” disebutkan bahwa ada pihak yang menemukan celana seperti yang dikenakan Eril beberapa saat sebelum hilang.

Video tersebut kemudian viral dan telah ditonton lebih dari 3.300 kali dan disukai oleh 20 akun.

Selain itu, pada thumbnail video nampak terlihat foto Eril dengan sang ibunda, Atalia Praratya yang diambil pada pagi hari sebelum sang putra dilaporkan hilang terseret arus di Sungai Aare.

Serta ada gambar beberapa orang sedang mengendarai perahu seperti tengah melakukan pencarian terhadap Eril.

Di samping itu juga ada gambar suatu titik yang ditandai dengan lingkaran warna merah yang diklaim sebagai tempat di mana celana Eril ditemukan.

“KABAR BAIK DARI KBRI!

CELANA MIRIP MILIK ERIL DIKABARKAN DITEMUKAN USAI HUJAN BADAI HANTAM SUNGAI AARE,” tulis narasi pada thumbnail video, dikutip Hops.ID dari kanal YouTube Lingkarnews pada Selasa, 7 Juni 2022.

Kemudian, tim Hops.ID melakulan penelusuran terhadap klaim dari video tersebut. Terutama tekait dugaan penemuan celana diduga milik Eril di area Eichholz, Swiss. Setelah ditelusuri berita tersbur ternyata adalah tidak benar alias hoaks.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad saat konferensi pers virtual pada Senin, 6 Juni 2022 tidak pernah menyinggung hal terkait penemuan celana Eril.

Muliaman mengatakan bahwa kini pihaknya masih focus untuk melakukan pencarian terhadap Eril.

Saat ini Eril yang merupakan putra sulung mantan Walikota Bandung itu masi berstatus sebagai orang hilang (missing person).

Muliaman sekaligus menampik informasi yang sebelumnya telah berhembus yang mengatakan bahwa pencarian Eril telah berubah menjadi pencarian orang tenggelam (drowned person).

“Saya bisa sampaikan bahwa tidak pernah ada perubahan status. Sejak awal masa pencarian yang dilakukan polisi adalah missing person dan itu memang istilah baku yang digunakan di Swiss,” tegas Muliaman.

Muliaman mengungkapkan, pencarian Eril telah dilakukan di area sepanjang 29 kilometer wilayah Sungai Aare dengan menggunakan metode patroli perahu dan darat.

Menurutnya, pencarian masih akan terus dilakukan hingga Eril ditemukan.

Tak hanya itu, pada video berdurasi sekitar 2 menit 2 detik itu tak ada informasi terkait penemuan celana milik Eril.

Karena itu tim berkeyakinan bahwa isu atau berita yang mengatakan adanya penemuan celana Eril di area Eichholz Swiss adalah tidak benar alias hoaks.***

Isyaratkan firasat, Atalia Praratya sebut Eril senang difoto di akhir kebersamaan

Atalia Praratya kembali mengunggah tulisan mengharukan terkait putranya, Emmeril Kahn Mumtadz yang hingga kini belum ditemukan usai dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss.

Atalia Praratya mengungkapkan kesedihannya dan bagaimana ia mencoba menerima kepergian Eril sebab Allah SWT adalah pemilik yang sebenarnya.

“Rasanya untuk menanyakan, Mengapa kamu, Ril? Mengapa sekarang? mamah merasa tidak pantas, karena mamah bukanlah pemilikmu yang sebenarnya. Insya Allah kamu sudah bahagia dalam limpahan kasih sayang Sang Pencipta,” tulis Atalia Prartya pada Senin, 6 Juni 2022, sebagaimana dikutip HopsID dari Instagram @ataliapr.

Kendati berusaha menerima takdir Sang Pencipta, Atali Praratya merasakan kesedihan saat mengenang sosok Eril.

Istri Ridwan Kamil ini menceritakan bahwa putranya adalah sosok yang ceria, lucu, ringan tangan, dan selalu wangi. Bagai firasat, Atalia juga menceritakan bahwa Eril tiba-tiba senang difoto di akhir-akhir kebersamaan mereka.

“Tapi mengapa kamu yang ceria, lucu, ringan tangan, sabar, selalu wangi dan tiba-tiba saja senang difoto di akhir-akhir kebersamaan kita, terus membuat dada ini sesak, dan air mata tak kunjung kering. Foto terakhir adalah foto berdua kita di pagi sebelum insiden itu,” katanya.

Dua belas hari berlalu sejak hilangnya Eril, Atalia Praratya mengharapkan sang anak selalu berada dalam lindungan Tuhan.

Tak henti pula ia berdoa agar Eril segera ditemukan dan kembali kepada keluarganya.

“12 hari telah berlalu. Kamu dimana? Dimana, Ril? Sini pulang. Ya Allah jaga dan lindungi Eril. Limpahkan dia dengan kasih sayangMu, cukupkan kebutuhannya dan pertemukanlah kami dengannya. Laa hawlaa walaa quwwata illa billah… Sayang Aa… Doa mamah dalam setiap helaan nafas…,” tulisnya.

Di akhir tulisannya, Atalia Praratya mengungkapkan bahwa meskipun keluarga telah mengikhlaskan Eril, pencarian masih terus dilakukan.

“Meski kami sudah ikhlas ridho menerima keterapan Allah, namun Ikhtiar pencarian masih terus dilakukan oleh otoritas swiss, KBRI, keluarga, sahabat maupun masyarakat sampai waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Atalia Praratya pun memohon bantuan doa dari semua pihak agar Eril husnul khatimah dan dapat segera ditemukan.

“Hatur nuhun untuk semua upaya yang telah dilakukan dari hati yang paling dalam. Mohon senantiasa keikhlasannya untuk mendoakan A Eril agar husnul khatimah dan segera ditemukan,” katanya.***