3 Perbuatan Ini Boleh Istri Sembunyikan Dari Suami

255 views


Sebagai sepasang suami istri yang hidup bersama dalam satu atap yang sama, juga berbagi kasih di dalamnya.

Alangkah baiknya jika saling terbuka satu sama lain. Sebab keharmonisan dalam rumah tangga itu akan terjalin jika kita mampu jujur terhadap satu sama lain.

Dengan demikian akan tumbuh rasa saling percaya di antara keduanya.

Rasulullah SAW pun memerintahkan kepada kita agar tidak melakukan sesuatu di luar pengetahuan suami. Sebagaimana tertera dalam sabdanya,

“Janganlah seorang istri menginfakkan suatu (harta) dari dalam rumah suaminya melainkan dengan seizinnya.” Beliau kemudian ditanya, “Tidak pula makanan, wahai Rasulullah?”Beliau menjawab, “Itu adalah harta kami yang paling utama,” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Meski demikian, ada beberapa hal yang boleh disembunyikan istri dari suami, seperti:

Pertama, Adanya beberapa aib pada dirinya yang bila ia beritahukan kepada suami, maka hal itu akan menyebabkan suami membenci dan memarahinya.

Aimana hal itu akan merenggangkan hubungan suami istri serta merobohkan pondasi-pondasi cintanya.

Kedua, Istri juga diperbolehkan untuk menyembunyikan amalan-amalannya yang shaleh, seperti sedekah atau shalat-shalat sunnah. Kecuali puasa sunnah, sebab harus ada izin suami dalam melaksanakan puasa tersebut.

Ketiga, Ia dibolehkan pula untuk menyembunyikan kemaksiatan-kemasiatan yang terjadi antara dia dengan Allah SWT.

Sebab Allah SWT telah memerintahkan agar seseorang menutupi aibnya dari orang lain jika ia bermaksiat kepada-Nya.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim di dalam Shahihnya dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW bersabda,

“Setiap umatku yang bermaksiat akan diampuni, kecuali mereka yang terang-terangan bermaksiat.

Sesungguhnya yang termasuk terang-terangan ialah jika seseorang melakukan satu perbuatan (maksiat) di malam hari, kemudian tiba pada pagi harinya, sementara Allah sudah menutupi perbuatan tersebut, ia berkata,

‘Wahai Fulan semalam aku telah berbuat begini dan begini.’

Padahal malam itu Allah tetap menutupi perbuatannya, namun pagi harinya dia justru menyingkap penutupan Allah tersebut dari dirinya.”

5 Sikap Istri yang Bisa Melukai Perasaan Suami

Meskipun terlihat cuek dan tidak peduli, akan tetapi sesungguhnya perasaan seorang suami juga bisa terluka atas perbuatan yang dilakukan istrinya.

Apa sajakah perbuatan yang dimaksud? Berikut 5 di antaranya:

1. Merendahkan Penghasilan atau Pekerjaannya
“Jadi laki-laki kok kalah sama istri, saya saja mampu menghasilkan sekian sekian Rupiah tiap bulan, kamu setengahnya saja tidak sampai!”

Ini merupakan poin yang amat menyakitkan bagi seorang pria. Maka sebagai istri yang baik, jangan pernah menyentuh area sensitif ini.

Suami akan terluka harga dirinya ketika sang istri merendahkan penghasilan yang diperoleh, atau meremehkan pekerjaan yang dilakukan suami.

2. Mengejek Suami di Depan Teman-temannya
Mungkin suami tidak pernah mengatakan ini kepada kita, tapi sebenarnya mereka sakit hati karena merasa direndahkan.

Mungkin bagi istri hal tersebut lucu, meledek kekasih di depan teman-temannya hingga jadi bahan tertawaan, tapi cara ini benar-benar harus dihindari. Baik ejekan terhadap fisik, maupun tingkah laku sehari-hari.

3. Menentangnya di Hadapan Anak
“Saya tidak setuju! Kamu tahu apa tentang anak? Saya yang melahirkan, menyusui, dan merawat dia tiap hari!”

Sebagai ibu, mungkin kita tidak setuju dengan cara suami mendidik anak. Entah itu terlalu keras atau bebas.

Namun, jangan sesekali menentang suami di hadapan anak-anaknya. Sebab hal ini membuat mereka merasa tidak dihargai.

Lebih baik menahan emosi terlebih dulu dan cari waktu untuk bicara tentang pola asuh, cukup empat mata saja.

4. Malas Beribadah
Seorang suami juga dapat tersakiti perasaannya ketika istri yang dicintainya tidak memiliki kepatuhan dan malas beribadah.

Misalnya, istri yang tak malu mengumbar aurat, cipika-cipiki pipi pria lain dengan alasan menjaga pergaulan, malas shalat 5 waktu, tidak mau belajar mengaji alquran. Suami yang beriman tentu saja akan terluka melihat hal-hal yang demikian.

5. Bahasa Tubuh
Pria tidak hanya sakit hati karena ucapan wanita. Gerak tubuh juga bisa menyakiti hatinya, misalkan jika wanita memandang sinis, melotot, berkacak pinggang atau menggelengkan kepala dengan bibir manyun pertanda menentang.

Maka duhai istri, perhatikanlah bahasa tubuh kita di hadapan suami! Jangan sampai melukai hatinya karena merasa direndahkan.

Tentu saja para suami pun harus belajar untuk tidak mudah terbawa emosi hanya karena persoalan yang tidak bersifat esensial. Biasakan bicara secara terbuka pada istri mengenai apa yang disuka dan tidak disukai.

Tags: #perbuatan istri #perbuatan istri boleh disembunyikan #perbuatan istri boleh disembunyikan dari suami #sikap istri melukai perasaan suami #sikap istri terhadap suami