4 Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah, Malah Sekarang Banyak yang Menjadikan Tren


Memiliki wajah yang cantik adalah impian setiap wanita. Tidak heran, jika mereka memberikan perhatian lebih terhadap penampilan…

Namun lupa dengan kaidah-kaidah islam yang harusnya menjadi pantangan… Zaman sekarang ini tren malah melanggar syariat…

Kesehatan dan kecantikannya upaya mempercantik diri dilakukan dengan perawatan dari ujung kaki sampai ke ujung rambut.

Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wanita akan menyerahkan urusan tersebut dengan datang ke salon kecantikan. Di sana mereka bisa memilih apa saja perawatan yang bisa membuat penampilan semakin menarik. Namun diantara beberapa jenis perawatan yang ditawarkan, kaum wanita khususnya muslim harus tahu, bahwa beberapa jenis perawatan terlarang dilakukan.

Akan tetapi beberapa diantara perawatan yang terlarang tersebut, kini justru menjadi trend yang biasa dilakukan. Padahal, tindakan ini termasuk tidak mensyukuri nikmat Allah yang berujung pada ancaman hukuman yang amat pedih. Apa saja? Berikut rangkuman empat perawatan kecantikan terlarang bagi muslimah .

1. Mencabut Bulu Alis

Saat ini memakai alis adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang wanita demi menambah kecantikan. Untuk mendapatkan alis yang bagus, tidak jarang wanita justru membentuk bulu alisnya dengan cara mencabut, menggunting atau mencukurnya. Padahal sebenarnya, di dalam Islam perbuatan yang demikian adalah suatu hal yang diharamkan.

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, Dan Dia mengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka, yang dila’nati Allah dan syaitan itu mengatakan:”Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. 4:116-119)

2. Merenggangkan Atau Meruncingkan Gigi Demi Kecantikan

Banyak hal yang dilakukan wanita untuk dapat terlihat cantik. Salah satunya adalah dengan mengikuti tren masa kini yaitu merenggangkan atau meruncingkan gigi. Pada dasarnya perbuatan tersebut diharamkan dalam Islam jika bertujuan demi kecantikan. Namun lain halnya apabila untuk tujuan terapi dan pengobatan. Misalnya, seorang wanita yang mempunyai gigi menonjol yang mengganggu aktivitasnya untuk makan, maka diperbolehkan untuk mencabutnya. Akan tetapi, jika perawatan ini dilakukan hanya untuk bergaya maka terdapat ancaman bagi orang yang melakukannya.

Dalam Shohih Sunan An-Nasa’I dari hadits Abdullah bin Mas’ud berkata: “Rasulullah melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. An-Nasa’I 5253, dan dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shohih Sunan An-Nasa’i).

3. Menyambung Rambut

Perawatan kecantikan berikutnya yang dilarang oleh Allah SWT adalah menyambung rambut. Banyak wanita yang mungkin belum mengetahui bahwa menyambung rambut, baik dengan rambut manusia atau selainnya adalah haram. Tidak hanya menyambung rambut saja, memakai wig dan konde juga memiliki hukum yang sama.

Hal ini ditegaskan oleh Al-Allamah Asy-Syaukani rahimahullah berikut ini: “Menyambung rambut adalah haram, karena laknat tidaklah terjadi untuk perkara yang tidak diharamkan.” (Imam Asy-Syaukani, Nailul Authar, 6/191)

Bahkan menurut Al-Qadhi ‘Iyadh, menyambung rambut itu adalah maksiat dan dosa yang besar, lantaran adanya laknat bagi yang melakukannya. Tidak hanya orang yang menyambung rambut saja yang akan mendapatkan dosa. Akan tetapi, semua orang yang terlibat akan mendapatkan dosa yang serupa. Jadi, jangan sekali-kali menyambung rambut baik dengan rambut manusia ataupun yang berbahan plastik sekalipun.

4. Mentato Tubuh (Mentato Alis)

Perawatan kecantikan terakhir yang dilarang dalam Islam adalah mentato tubuh. Banyak wanita yang ingin menunjukkan cinta kepada kekasihnya dengan membuat tato gambar orang tersebut di bagian tubuhnya. Namun, seperti halnya hukum mentato tubuh sama halnya dengan menyambung rambut. Baik bagi yang bertato ataupun orang yang membuatnya adalah sama haram serta termasuk maksiat kepada Allah SWT.

keduanya di-athafkan (dikaitkan) dalam satu hadits sebagaimana riwayat Ibnu Umar radliyallah ‘anhuma.Dari Ibnu Umar radliyallah ‘anhu, katanya bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, dan wanita pembuat tato dan yang bertato.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi).

Hukum bertato atau bagi pembuatnya adalah sama haram dan termasuk maksiat kepada Allah Ta’ala. Imam Ibnu Baththal memberikan syarah terhadap hadits ini:

“Karena keduanya saling tolong menolong dalam merubah ciptaan Allah, dan hadits ini merupakan dalil bahwa siapa saja yang menolong perbuatan maksiat, maka dia ikut serta dalam dosanya.” (Imam Ibnu Baththal, Syarh Shahih Bukhari, 9/174).

Itulah empat perawatan kecantikan yang dilarang dalam Islam. Menjadi muslimah yang cantik memang diperolehkan, akan tetapi harus memperhatikan aturan yang terdapat dalam Islam, tidak boleh menyalahi syariat dan hanya boleh ditujukan untuk suami saja

======

7 Tanaman Obat Ini Bisa Kamu Coba Untuk Mengatasi Insomnia, Gampang Kok Carinya!

Insomnia adalah keadaan yang didefinisikan sebagai masalah tidur. Kondisi itu termasuk saat susah tertidur, masalah tetap tertidur, tidur terfragmentasi (berulang kali terbangun di malam hari), atau terbangun sebelum waktu di pagi hari. Kesulitan dalam tidur ini akan menyebabkan rasa lelah saat tubuh dipakai aktivitas pada siang hari.

Beberapa jenis obat penenang sintetik digunakan untuk menangani perubahan sistem saraf ini. Namun mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan dan terus menerus, dapat menyebabkan ketagihan serta berdampak buruk pada kesehatan. Karena setelah beberapa saat, penderita insomnia harus minum obat penenang dosis tinggi agar bisa merasakan kantuk.

Tak ingin membuat tubuh justru terserang penyakit berbahaya karena sering pakai obat penenang, kamu bisa mengatasi insomnia dengan tanaman herbal alami. Tanaman obat semakin mendapat perhatian sebagai agen penenang karena tumbuhan ini mengandung berbagai jenis metabolit bioaktif alami.

7 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Insomnia
Selain itu, tanaman obat mempunyai nilai ekonomis, khasiat tinggi dan mudah didapat. Berikut beberapa jenis tanaman obat mampu mengatasi insomnia yang dirangkum dari brilio.net dan beberapa sumber pada Selasa (2/3/2021).

  • Daun Pandan

Daun pandan mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius ini bisa tumbuh hingga 1-2 meter. Daun pandan kerap digunakan sebagai penambah aroma wangi dan rasa manis masakan serta minuman.

Dikutip dari Health Benefit, daun pandan dapat dimanfaatkan sebagai penangkal kesulitan tidur. Kandungan tanin pada daun pandan efektif untuk menenangkan saraf. Seduh daun pandan jadi teh, kemudian konsumsi secara rutin. Rasakan ketenangan relaksasi dalam tubuh.

  • Peppermint

Daun peppermint juga dapat dijadikan obat mengatasi masalah tidur. Meski daun ini tidak bisa langsung menyembuhkan insomnia, namun kamu akan merasakan ketenangan sebelum tidur. Bagi para insomnia, seduh daun peppermint lalu minum secara rutin. Selain efektif buat insomnia, peppermint juga dipercaya dapat membantu mengatasi sakit kepala, masalah pencernaan, kembung, stres, hingga cemas.

  • Bunga Lavender

Atasi masalah tidur dengan mencium aroma bunga lavender. Sebuah jurnal PubMed Central Korean Society of Nursing Science yang dikutip dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, dengan mencium bau segar lavender, pikiran akan lebih rileks dan nantinya tubuh akan merasa mengantuk.

Selain dihirup, kamu juga bisa menjadikan bunga lavender jadi teh. Seduh beberapa lembar daun lavender, kemudian minum secara rutin setiap harinya. Teh bunga lavender punya kekuatan memberi sinyal pada otak untuk menyuruh tubuh segera beristirahat dan menjauhkan stres.

  • Lemon Balm

Daun lemon balm berbentuk bundar menyerupai hati. Daun hijaunya ini bisa mengeluarkan bau segar saat dihancurkan. Dilansir dari Boldsky, lembar balm memiliki efek menenangkan dan bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih gembira. Bagi penderita insomnia, obati gangguan tidur dengan campuran lemon balm dengan ramuan dari akar valerian.

  • Citrus

Tanaman selanjutnya adalah buah citrus seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk yang punya cita rasa asam. Buah citrus kaya akan vitamin C, bagus untuk sistem kekebalan tubuh, menenangkan saraf, menghilangkan stres, dan kecemasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh buah jeruk dengan air hangat.

  • Daun Selada

Daun selada salah satu sayuran favorit sebagai menu lalapan. Di balik kesegarannya, selada dapat menjauhkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Untuk mengatasi insomnia, konsumsi secara rutin 1-2 lembar daun selada. Efeknya, selain mampu menyingkirkan insomnia, sayuran ini juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri otak, dan sakit sendi.

  • Jahe

Jahe sudah terkenal sedari dulu dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Jahe juga bisa merangsang sistem reseptor hormon serotonin, sehingga otak akan merasakan ketenangan. Alangkah baiknya untuk mengatasi insomnia, sebelum tidur minum secangkir jahe hangat terlebih dulu.

Tags: #perawatan kecantikan terlarang #perawatan kecantikan terlarang bagi muslimah #tanaman obat mengatasi insomnia #tren kecantikan muslimah