40 Tahun Diadopsi Warga Belanda , Pria Ini Akhirnya Temukan Ibu Kandungnya Di Indonesia


Kasih dan kehangatan dari seorang ibu terhadap anaknya, ibarat sebuah emas dalam kehidupan seseorang. Namun, apa jadinya jika keduanya harus terpisah dalam waktu yang cukup lama? Hal inilah yang dialami oleh pria bernama Andre Kuik. Dilansir dari bbc.com, ia sepat terpisah selama 40 tahun dari ibu kandungnya sendiri.

Hal ini terjadi lantaran Andre semenjak kecil telah diadopsi oleh seorang warga belanda. Di mana ia akhirnya tumbuh dan besar di negeri Kincir Angin tersebut. Jauh dalam lubuk hati kecilnya, Andre mempunyai keinginan untuk menemukan ibu kandungnya di Indonesia. Hingga waktu itu pun tiba, keduanya tak dapat membendung rasa kangen yang luar biasa.

Awal mula Andre Kuik terpisah dari ibu kandungnya

Ketika usia Andre baru menginjak empat hari pada Februari 1978, Ayahnya yang bernama Theo Kohler, mendesak ibu kandungnya agar meninggalkan bocah mungil tersebut di rumah sakit Panti Secanti, Gisting Lampung. Dilansir dari bbc.com, sang jabang bayi belum sempat diberi nama saat kelahirannya. Bahkan, keberadaan Andre akhirnya raib tanpa diketahui sang ibu, Kartini. Theo pun akhirnya meninggalkan istrinya dan tak terdengar kabarnya sampai sekarang.

Diadopsi oleh warga Belanda

Pada usia lebih dari empat bulan, Andre akhirnya diadopsi warga Belanda Jan Kuik dan Mieke Kuik. Sumber dari bbc.com menuliskan, kedua orang tua angkatnya mendapatkan dirinya dari Yayasan Pangkuan si Cilik di Jakarta yang dipimpin oleh Lies Darmadji pada 23 Juni 1976. Hingga pada akhirnya, ia dibawa keluarga barunya itu terbang ke Den Ham, Belanda. Di sana, Andre tinggal dan menetap selama 40 tahun.

Tinggal dan besar di negeri Kincir Angin

Andre tak sendiri saat tinggal bersama kedua orang tua asuhnya di Belanda. Sumber dari bbc.com menuliskan, ia dibesarkan bersama kakak angkat laki-laki dan perempuan asal Thailand dan adik angkat dari Indonesia. Andre pun tak pernah mempermasalahkan dirinya merupakan anak adopsi. Namun, keinginannya mencari orang tua kandung di Indonesia semakin kuat. Kesempatan itu pun akhirnya datang pada 2013 silam.

Sempat gagal menemukan ibu kandungnya saat tiba di Indonesia

Bersama pasangannya, Marjolein Wissink, Andre berkunjung ke Indonesia pada 2013. Dilansir dari bbc.com, ia sempat mencari orang tuanya lewat para suster di Rumah Sakit Panti Secanti tempat kelahirannya dulu. Sayang, Andre tak berhasil menemukan keluarganya. Padahal, dirinya pada saat itu sempat bertemu dengan kenalan ayahnya di masa muda. Pencariannya pun terus berlanjut. Kali ini, Andre meminta bantuan sebuah yayasan bernama Mijn Roots untuk melacak keberadaan orang tua kandungnya.

Berhasil menemukan Ibu kandungnya berkat bantuan sebuah yayasan

Keberadaan orang tua Andre pun menemui titik terang lewat serangkaian petunjuk yang ada. Dilansir dari bbc.com, pencarian keluarga kandungnya pun dimulai dengan berbekal dokumen adopsi dari orang tua angkatnya. Hingga akhirnya, hari-hari mendebarkan itu pun terjadi. Andre berhasil menemukan ibu kandungnya setelah terpisah selama 40 tahun lamanya. Sang ayah sendiri tidak diketahui jejaknya karena telah lama menghilang. Untuk memastikan Kartini merupakan orang tua Andre, Yayasan Mijn Roots melakukan tes DNA dan hasilnya positif. Andre pun kini telah berhasil dan menemukan orang tua kandungnya meski tanpa keberadaan sang ayah, Theo Kohler.

Memang, segala sesuatu yang ada dalam kehidupan ini ibarat sebuah puzzle yang disusun sedemikian rupa. Tak ada nasib yang berubah jika tanpa dilalui dengan usaha dan kerja keras. Sama halnya seperti yang dialami oleh Andre Kuik di atas. kegigihannya mencari orang tua biologis, akhirnya membuahkan hasil meski harus melewati tantangan yang tidak mudah.

======

Ragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

Selain untuk kelangsungan hidup tanaman, manfaat klorofil untuk kesehatan manusia juga tak kalah penting. Klorofil mengandung banyak senyawa alami yang bisa membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Klorofil adalah pewarna hijau alami pada tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari. Manfaat klorofil untuk kesehatan bisa diperoleh dari berbagai sayuran berdaun hijau, misalnya bayam atau rumput gandum (wheatgrass).

Anda bisa menikmati klorofil dengan cara sederhana, seperti membuat jus, tumis sayur, maupun sup. Bahkan, saat ini sudah banyak juga suplemen yang menyediakan klorofil dalam kadar yang tinggi.

Beragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

Klorofil mengandung vitamin, antioksidan, dan beberapa komponen yang dapat melawan penyakit. Beberapa manfaat klorofil untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan antara lain:

1. Meningkatkan detoksifikasi dan mencegah kanker

Klorofil telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan tubuh dari racun, zat berbahaya, atau limbah metabolisme secara alami. Proses inilah yang dikenal sebagai detoksifikasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa detoksifikasi yang lebih efektif melalui konsumsi klorofil ini dapat mencegah kerusakan hati dan kanker sistem pencernaan, terutama kanker hati.

2. Melawan jerawat

Kandungan antioksidan alami, efek antiradang, dan antibakteri dalam klorofil telah teruji secara klinis memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Klorofil dinilai efektif dalam mengurangi peradangan akibat pertumbuhan bakteri yang merupakan faktor penyebab jerawat paling umum.

Manfaat ini bisa Anda peroleh secara maksimal dengan penggunaan klorofil dalam bentuk gel 2 kali sehari. Penelitian menunjukkan pemakaian gel klorofil selama 3 minggu dapat memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat dan berpori-pori besar.

3. Menurunkan berat badan

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen klorofil dapat mengurangi asupan makanan seseorang, sekaligus menciptakan rasa kenyang lebih cepat dengan mengatur kadar hormon lapar dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, efek ini dapat menekan asupan kalori harian dan lama-kelamaan menyebabkan penurunan berat badan. Selain itu, suplemen klorofil juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga juga baik untuk mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan produksi sel darah merah

Klorofil diduga dapat meningkatkan produksi dan kualitas sel darah merah. Manfaat klorofil yang satu ini dibuktikan dengan penelitian mengenai konsumsi rumput gandum (wheatgrass) yang mengandung 70% klorofil oleh penderita thalasemia atau kelainan sel darah merah.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa pasien yang mengonsumsi makanan tinggi klorofil jadi membutuhkan lebih sedikit transfusi darah dibanding sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien yang tadinya harus berkali-kali menjalani transfusi dalam jarak yang dekat.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat klorofil untuk kesehatan, di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, meredakan peradangan, mencegah bau badan, dan menunda penuaan.

Meski demikian, manfaat-manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika ingin mendapatkan manfaat klorofil, Anda bisa membuat jus sayuran hijau yang kaya akan klorofil atau langsung mengonsumsi suplemen klorofil. Namun, sebelum mencoba suplemen klorofil, ada baiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk kondisi tertentu.

=======

Manfaat Daun Binahong yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat daun binahong bagi kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Berkat kandungannya, daun ini sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di China, Korea, dan Taiwan.

Manfaat daun binahong tak perlu diragukan lagi. Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini merupakan salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis. Bahkan, hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa dimanfaatkan dalam terapi herbal.

Berbagai Manfaat Daun Binahong

Daun binahong atau dikenal juga dengan daun madeira vine memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang penting untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, meliputi flavonoid, saponin, dan tanin.

Berkat kandungan dan khasiat tersebut, manfaat daun binahong bagi kesehatan sangatlah banyak. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar, diduga berasal dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya.

Saponin dapat berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen.

Flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka. Sementara itu, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka jadi lebih cepat menutup.

2. Mencegah diabetes

Rebusan daun binahong sudah turun-menurun digunakan sebagai obat diabetes di masyarakat. Penelitian mendukung manfaat daun binahong yang satu ini dengan memperlihatkan kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Senyawa aktif flavonoid, steroid, dan kumarin dalam daun binahong menjadi pemeran utama dalam khasiat ini. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung

Selain mencegah diabetes, kandungan dalam ekstrak daun binahong juga memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Kedua efek ini sama seperti efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Oleh karena itu, ekstrak daun binahong diduga bisa bermanfaat untuk penderita hipertensi.

Selain itu, ekstrak daun binahong juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Gabungan efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.

4. Meningkatkan fungsi ginjal

Ekstrak daun binahong juga berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis. Manfaat daun binahong ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah pemberian ekstrak daun binahong.

5. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak penelitian. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh. Meski diyakini dapat mengobati berbagai penyakit, sebagian besar khasiat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan daun binahong untuk kesehatan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Tags: #manfaat daun binahong untuk kesehatan #manfaat klorofil untuk kesehatan #temukan ibu kandung di indonesia setelah diadopsi warga belanda