5 Ciri Pasangan Suami-Istri yang Akan Tetap Bersama Sampai Tua

600 views


Ketika kamu sudah menemukan pasangan yang tepat, kamu akan berusaha agar tidak kehilangannya dan akan terus berusaha menjaga hubunganya.

Mempertahankan orang yang dicintai tidak semudah jatuh cinta, jika kedua pasangan sama-sama sadar betapa pentingnya hubungan dan sama-sama mau memperjuangkan hubungan tentu akan mampu melewati apapun masalah yang dihadapi.

Beberapa tipa pasangan ini memiliki peluang besar untuk tetap bersama hingga tua.

1. Tidak Memaksakan Kesempurnaan

Ketika seseorang yang menjalin hubungan sama-sama sadar bahwa pasangannya tidak sempurna, memiliki kekurangan dan keburukan tentu mereka tidak akan menuntut kesempurnaan.

Karena menginginkan pasangan yang sempurna hanya akan menjadi racun bagi hubunganmu, memicu kesalah pahaman, kekecewaan terlalu menuntut sehingga sama-sama terluka dan akhirnya berpisah.

2. Sama-sama Mau Menerika Kekurangan

Pasangan yang tidak hanya menerima kelebihan pasangan namun juga menerima kekurangannya. Saling memaksimalkan kelebihan dan berusaha memperbaiki hubungannya.

3. Pasangan yang Saling Membahagiakan

Hubungan bukan dibangun dari satu pihak saja, jadi keduanya harus sama-sama saling membahagiakan. Ketika satunya perhatian harus dibalas dengan perhatian bahkan lebih, jika tidak pasti salah satunya akan merasa tersakiti.

Buat dia merasa berharga bukan tak dihargai dan dianggap tidak ada.

4. Pasangan yang Terbuka Dalam Segala Hal

Komunikasi yang sangat transparan akan membuat hubungan langgeng. Karena mereka tidak memendam masalah apapun, mereka saling jujur, mungkin ada hal yang menyakitkan dari kejujuran itu tapi justru itulah yang memudahkan banyak hal dalam mebangun rumah tangga.

5. Pasangan yang Memiliki Humor yang Sama

Pasangan akan semakin langgeng ketika selalu bahagia dan tertawa bersama. Ketika pasangan memiliki selera humor yang sama akan langgeng sampai tua.

======

5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Anak

Memiliki rasa yang masam, bukan berarti lemon tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak, lho, Bun. Nyatanya, ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan anak, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga melindungi sistem pencernaannya.

Lemon terkenal sebagai sumber vitamin C dan antioksidan. Selain itu, buah yang memiliki nama latin Citrus limon ini mengandung karbohidrat, air, serat, protein, serta beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anak, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Daftar Manfaat Lemon untuk Kesehatan Anak

Karena kandungan gizinya tersebut, wajar saja bila lemon memberikan manfaat untuk kesehatan anak, di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan. Dalam 100 gr lemon segar, terkandung vitamin C yang dapat memenuhi sekitar 50% dari kebutuhan harian anak.

Kedua komponen ini sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil guna memperkuat daya tahan tubuh dan melindunginya dari berbagai jenis penyakit, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

2. Mencegah anemia

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan asam sitrat pada buah lemon juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi anak. Dengan begitu, lemon bisa membantu mencegah terjadinya anemia pada anak.

3. Mendukung kesehatan kulit

Kandungan nutrisi pada buah lemon mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang bertugas untuk mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

Di samping itu, kolagen juga merupakan komponen yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka. Nah, di masa pertumbuhan ketika Si Kecil sedang aktif-aktifnya, penyembuhan luka yang lebih cepat akan sangat bermanfaat untuknya.

4. Menghidrasi tubuh

Jika Si Kecil tidak terlalu suka minum air, Bunda bisa memberikan ia campuran irisan buah lemon dan air minum atau yang lebih dikenal dengan istilah infused water. Selain itu, pilihan lainnya dalah Bunda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air putih untuk ia konsumsi.

Kehadiran lemon pada air minum anak dapat menambah sedikit rasa. Jadi, diharapkan Si Kecil jadi lebih suka minum air untuk menghidrasi tubuhnya. Agar Si Kecil lebih tertarik untuk minum, masukkan air campuran tersebut kedalam botol minum yang bentuknya lucu.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sebuah lemon berukuran sedang mengandung sekitar 2 gr serat. Serat yang terkandung pada buah lemon adalah jenis serat larut, misalnya pektin. Kandungan serat ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan usus, memperlambat pencernaan gula dan pati, serta menurunkan risiko terjadinya sembelit.

Karena manfaatnya tersebut, lemon juga dianggap bisa mengontrol kenaikan berat badan pada anak, sehingga mencegah terjadinya obesitas.

Kandungan serat buah lemon banyak ditemukan pada bagian bulirnya. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini secara optimal, jangan buang bulir-bulir atau serat yang keluar saat memeras lemon, Bun. Cukup sisihkan biji lemon, kemudian masukkan bulir dan serat lemon bersama perasan airnya.

Kendati ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan anak, hindari untuk memberikan Si Kecil buah lemon secara berlebihan ya, Bun. Karena sifatnya yang asam, lemon bisa merusak enamel gigi Si Kecil sehingga membahayakan kesehatan giginya.

Selain itu, pada sebagian anak, buah lemon bisa menyebabkan iritasi, seperti dermatitis. Bila Si Kecil mengalami gejala berupa kulit kemerahan, kering, dan perih, terutama di sekitar mulutnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

======

Ini 4 Manfaat Senam Hamil yang Perlu Bumil Ketahui

Senam hamil adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Namun, tahukah Bumil bahwa masih banyak manfaat senam hamil, terutama dari segi kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Segala perubahan yang terjadi saat kehamilan bisa menyebabkan Bumil menjadi mudah lelah dan enggan untuk melakukan aktivitas apa pun. Kendati seperti itu, jangan biarkan hamil menjadi alasan Bumil untuk bermalas-malasan, ya.

Walau sedang hamil, Bumil tetap dianjurkan untuk aktif bergerak dan rutin berolahraga. Nah, salah satu jenis olah raga yang dianjurkan untuk para ibu hamil adalah senam hamil.

Sederet Manfaat Senam Hamil

Senam hamil merupakan senam yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Segala gerakan senam ini dibuat dengan mempertimbangkan proporsi tubuh ibu hamil sehingga mudah untuk dilakukan dan tidak membahayakan kondisi ibu dan janin.

Berikut adalah beberapa manfaat senam hamil yang bisa Bumil peroleh:

1. Meningkatkan stamina dan kekuatan otot

Manfaat senam hamil yang pertama adalah meningkatkan stamina ibu hamil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, segala perubahan yang terjadi saat hamil bisa menguras energi yang Bumil miliki.

Nah, senam hamil mampu memperkuat jantung dan melancarkan aliran darah, sehingga tubuh Bumil bisa tidak mudah lelah dan lebih berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu, senam hamil juga mampu meningkatkan kekuatan otot Bumil.

2. Memperbaiki suasana hati

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa berpengaruh terhadap suasana hati ibu hamil. Terkadang Bumil sangat bahagia, tapi beberapa menit kemudian Bumil mungkin saja akan merasa sedih hingga menangis.

Sebenarnya ini adalah hal yang normal dan umum terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi, perubahan suasana hati yang tidak dapat terkontrol dengan baik tentu bisa mengganggu kesibukan Bumil.

Salah satu cara untuk mengontrol suasana hati saat hamil adalah dengan rutin berolahraga, seperti melakukan senam hamil. Olahraga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stres, karena saat berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yakni zat kimia otak yang bisa menimbulkan perasaan senang.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Ada banyak alasan mengapa ibu hamil susah tidur, antara lain perubahan yang terjadi pada fisik dan mental, termasuk sering buang air kecil, serta rasa mual atau morning sickness yang dialami sepanjang hari.

Guna mengatasi keluhan susah tidur, Bumil dianjurkan untuk melakukan senam hamil atau olahraga lainnya. Olahraga dipercaya bisa membuat otak menghasilkan lebih banyak sinyal untuk tidur, sehingga Bumil bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan begitu, Bumil bisa mendapatkan waktu istirahat yang optimal.

4. Menjaga berat badan ideal selama kehamilan

Mengalami pertambahan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Ketika hamil, nafsu makan Bumil akan meningkat, sehingga Bumil jadi mudah lapar. Selain itu, terkadang, menahan keinginan untuk makan akan terasa sangat susah.

Agar berat badan selama hamil tidak melonjak drastis, Bumil dianjurkan untuk rutin berolahraga. Olahraga seperti senam hamil dan berjalan kaki diketahui mampu menjaga nafsu makan. Selain itu, olahraga juga dapat menyeimbangkan pembakaran kalori yang dan membantu menjaga berat badan tetap ideal saat hamil.

Setelah membaca informasi di atas, kini Bumil sudah mengetahui apa saja manfaat senam hamil yang sayang jika Bumil lewatkan. Senam hamil sangat baik untuk kesehatan Bumil dan bisa mengatasi berbagai keluhan yang terjadi saat hamil.

Meski demikian, ada hal lain yang perlu Bumil ketahui, yaitu sebagian ibu hamil dengan kondisi medis tertentu, seperti pernah mengalami pendarahan dan keguguran, memiliki leher rahim yang lemah, atau memiliki riwayat persalinan prematur, mungkin tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan gerakan tertentu.

Jika ragu akan kondisi kehamilan Bumil, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan senam hamil atau olahraga apa pun. Dokter bisa memberi saran mengenai gerakan senam hamil yang aman dan yang perlu dihindari, sesuai kondisi Bumil.

Tags: #ciri pasangan suami istri tetap bersama sampai tua #manfaat lemon untuk kesehatan anak #manfaat senam hamil