5 Tahun Ibundanya Idap Penyakit Kanker, Kiki Farrel Akui Pasrah : Kami Ikhlas Kalau Mama Harus Pergi


Tak tega terus-terusan melihat kondisi ibunya yang menderita kanker usus, Kiki Farrel pun mengaku sudah pasrah.

Kiki Farrel pun mengaku sudah sempat lewaga apabila sang ibu, Dahlia, harus kembali ke pangkuan Ilahi.

Sebab sebagai anak, dirinya pun mengaku tak tega melihat kondisi sang ibu yang kian memprihatikan.

Bahkan sang ibu sudah melantur saat berbicara.

Diketahui, Dahlia menderita kanker usus sejak tahun 2017.

Ia pernah dalam kondisinya sangat memprihatinkan.

Di tengah kondisi sang ibu itulah Kiki Farrel mengaku sudah ikhlas.

Ia mengaku sudah pasrah jika sang ibunda harus pergi karena kanker usus yang dideritanya.

“Melihat mama kayak kemarin itu, jujur kami ikhlas kalau mama harus pergi,” kata Kiki Farrel dilansir dari Tribunnews.com, Senin (9/5/2022).

Dengan kondisi sang ibunda, Kiki Farrel pun mengaku sulit untuk berdamai.

Kiki Farrel mengaku masih tak bisa terima dengan penyakit yang dialami ibundanya tersebut.

“Enggak bisa menerima kenyataan, mama sakit begini,” ucap Kiki.

Kendati demikian, Kiki bakal tetap mengupayakan pengobatan yang terbaik untuk sang ibunda.

Apalagi melihat semangat Mama Dahlia yang bertahan atas penyakitnya sampai sekarang, Kiki optimis ibunya bisa sembuh.

“Positif thinking lagi mama bisa disembuhin,” tandasnya.

Sebelumnya, di sosial media miliknya Kiki Farrel sempat membagikan kisah pilu saat menjaga ibundanya di rumah sakit.

Bahkan, ia menyebut kala itu ibundanya sudah melantur berbicara.

‘Mama Gak Kuat’

Diwartakan sebelumnya, Ibunda Kiki Farrel, Mama Dahlia kembali dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (16/4/2022).

Pasalnya, sel Kanker yang sejak 2017 diidapnya kembali menjalar di tubuh wanita yang akrab disapa Mama Dahlia itu.

Kiki Farrel pun mengabarkan kondisi sang ibunda kini drop karena penyakit tersebut.

“Kondisi mama sekarang lagi di rumah sakit dari dari Sabtu memang kondisinya drop banget,” kata Kiki Farrel, dikutip dari YouTube Insert Trans TV, Rabu (20/4/2022).

“Sebelum Sabtu pun beberapa hari yang lalu sempat bolak-balik masuk rumah sakit,” sambungnya.

Awalnya, Kiki Farrel merasa yang dialami Mama Dahlia efek dari obat yang dikonsumsinya.

Akan tetapi, lantaran kondisi kesehatannya yang kian menurun, Kiki akhirnya memutuskan membawa ibunya ke rumah sakit.

“Ya dipikir pengaruh obat yang dia minum selama ini, karena ada mual-mual gitu,” ujar Kiki Farrel.

“Ternyata ada sakit lainnya sampai mama nggak bisa makan sama sekali,” sambungnya.

Pria 35 tahun ini menyebut kalau Mama Dahlia sudah tidak bisa mengonsumsi makanan langsung melalui mulut.

Menurut Kiki, sang ibunda dibantu dengan selang untuk memasukkan makanan ke dalam tubuhnya.

“Kondisi mama yang udah beberapa waktu ini nggak masuk makanan, nutrisi selama ini nggak nerima sama sekali,” kata Kiki.

“Jadi benar-benar di booster nutrisi itu melalu selang, jadi makannya dari hidung,” tambahnya.

Akibat sulit makan, kini berat badan Mama Dahlia turun drastis menjadi 30 kilogram.

“Berat mama drop banget, beratnya cuma 30 kilogram,” terang Kiki Farrel.

Pemain sinetron Kiki Farrel berharap ibunya segera sembuh dari sakit.

Sejak lima tahun lalu hingga saat ini ibu Kiki Farrel masih menjalani kemoterapi untuk menghilangkan Kankernya itu.

“Setiap mau kemoterapi, mama selalu bilang nggak kuat.”

“Berat badannya terus menurun karena tidak mau makanan,” kata Kiki Farrel ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Dokter terus berupaya memasukkan makanan ke tubuh ibu Kiki Farrel supaya berat badannya bertambah.

“Kalau berat badan mama naik, dokter bisa menjalani tindakan lagi. Sekarang belum bisa,” ucap Kiki Farrel seraya menyebut bahwa ibunya kuat melawan kanker.

“Mama juga nggak mau kelihatan sedih dan tegar didepan anaknya. Padahal dalam hatinya mama pasti hancur,” ujar Kiki Farrel.

Saat ibunya mencoba kuat, Kiki Farrel justru sering sedih melihat orang tuanya tersebut terbaring lemah di rumah sakit.

“Mama pakai selang dimana-mana. Saya menangis kalau menemani mama sambil urut-urut kakinya,” ujar Kiki Farrel yang pernah pingsan karena terus memikirkan kesehatan ibunya.

Di sisi lain, Kiki Farrel harus terus bekerja untuk pengobatan ibunya.

Pasrah Ibunda Kena Kanker, Kiki Farrel Tetap Usahakan Berobat ke Malaysia

Kiki Farrel sedang berjuang buat kesehatan sang ibunda. Diketahui ibunda Kiki yang akrab disapa Mama Dahlia mengidap kanker usus. Ada rencana Kiki Farrel akan membawa Mama Dahlia buat berobat ke Malaysia.
Beberapa pekan terakhir kondisi kesehatan Mama Dahlia menurun. Di malam Lebaran Kiki sempat curhat soal kepanikannya karena mendadak sang bunda tak bisa buang air kecil. Mama Dahlia memang sudah divonis kanker usus sejak 2017 dan sempat sembuh. Namun 2019 ternyata sel kanker tumbuh lagi hingga kini ada tumor yang menutupi saluran kencing.

Kiki Farrel disebut-sebut sampai menjual barang-barangnya buat menambah uang untuk pengobatan sang bunda. Untuk rencana berobat ke Malaysia, dia yakin tabungannya masih aman. Meski tak dipungkiri olehnya akan ada biaya tambahan lainnya nanti.

“Alhamdulillah masih aman masih pake duit tabungan, cuma nanti kan tindakan-tindakan besarnya belum. Karena masih awal-awal,” kata Kiki Farrel kala ditemui di kawasan Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (10/5/2022).

Rencananya Kiki Farrel akan membawa Mama Dahlia berobat ke Penang. Namun rencana ini belum diutarakan kepada keluarga termasuk Mama Dahlia sendiri.

“Belum ngomong langsung ke Mama. Karena kondisinya ngomong ke arah serius enggak bisa. Mama mau pipis (masih) sakit. Efek tiduran terus, (jadi) enggak enak (untuk bicara). Kadang kalau lagi sakit kita enggak tidur. Mama cuma minta dipijitin, (jadi hingga saat ini) belum ada omongan,” ungkapnya.

Meski begitu Kiki Farrel mengakui sedang mempersiapkan segala kebutuhan untuk pengobatan ke Malaysia. Terutama berkas-berkas penting yang diperlukan.

“Kalo ke Penang sih, lagi nunggu berkasnya dulu, dikirimkan. Abis itu konsultasi. Nanti dari dokter sananya gimana, memungkinkan berangkat atau enggak itu setelah konsultasi,” pungkasnya.

Kiki Farrel Banting Tulang Demi Pengobatan Mamah Dahlia

Kiki Farrel banting tulang syuting untuk mengumpulkan dana, demi pengobatan mamah Dahlia yang sedang sakit. Namun ia mengaku selalu kepikiran saat meninggalkan sang mamah saat bekerja.
“Ya pasti kepikiran lihat orang tua sakit seperti itu pasti kepikiran. Tapi kita tetep kerja semuanya karena butuh biaya juga untuk pengobatan,” kata Kiki Farrel ditemui di kawasan Rawalumbu, Bekasi Jawa Barat.

Kiki juga menjabarkan dirinya setiap hari harus membeli oksigen dan obat-obatan. Jika tidak bekerja maka tidak akan ada uang untuk membeli itu semua.

“Karena setiap hari beli oksigen dan obat-obatan hari terus dibeli setiap hari jadi kalau nggak kerja bingung juga,” ungkapnya.

“Di rumah ada kakaknya mamah ada adik yang ikut ngebantu. Aku kan dari dari dulu kita itu orang yang biasa yang nggak punya apa-apa dan kerja yang tujuan untuk orang tua terutama untuk mamah dan sekarang memang butuh biaya banyak untuk pengobatan mau nggak mau harus kerja,” tambahnya.

Membagi waktu antara syuting dan menjaga ibunya, Kiki akui sulit. Bahkan Kiki kerap melamun dan pingsan.

“Kaya kemarin awal pas syuting hari keberapa gitu subuh subuh mamah harus dibawa ke rumah sakit yadh sementar aku harus berangkat jam 7 pagi. Itu dah bingin dan ga konsentrasi banget apalagi pas di lokasi syuting dikabarin mamah harus di rawat di situ lemes banget. Tapi aku harus konsen dengan kerjaan pas break pun aku banyak bengong awal mamah masuk rumah sakit stress berat sempet pingsan depan rumah,” bebernya.

“Pas hari terakhir selesai syuting dateng ke rumah sakit aku kaget dengan kondisi mamah… Kalo sekarang sudah bisa nerima ya mau ga mau harus menerima walaupun kondisi sekarang napasnya setengah setengah tapi kalo mamah masih kuat hidup kita harus tetap fokus masalah kerjaan,” pungkasnya.