5 Tempat Wisata Di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan, Bikin Mata Nggak Bisa Berkedip


Salah satu kota tua di Indonesia ini dianugerahi alam yang menawan, Kabupaten Solok memang terkenal memiliki potensi luar biasa pada bidang pariwisatanya. Kunjungan wisatawan yang menjadi lumbung beras bagi Provinsi Sumatera Barat ini bahkan telah ada sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Alasannya tentu saja karena objek wisata alamnya yang memukau, potensi itulah yang terus dikembangkan agar dapat menarik kunjungan wisatawan lebih banyak lagi. Karena alasan itu pula, tidak salah jika anda memasukkan Solok dalam daftar destinasi liburan. Dan inilah tempat wisata di Solok yang wajib untuk dikunjungi.

1. Danau Singkarak

Merupakan danau terluas kedua di Sumatera, danau ini menyajikan pemandangan indah yang tidak akan bosan untuk disaksikan. Danaunya yang luas dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya pasti membuat siapapun merasa dimanjakan. Salah satu tempat wisata di Solok ini termasuk ke dalam danau tektonik yang terbentuk karena adanya aktivitas lempeng bumi.

Karena memang letaknya yang berada di atas bagian sesar Sumatera, lebih tepatnya di antara cekungan Singkarak dan Solok. Danau ini memiliki luas sekitar 11.200 hektar dengan panjangnya yang mencapai 20 kilometer dan kedalaman hingga 264 meter serta lebar maksimal 6.5 kilometer. Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan yang digunakan sebagai sumber daya PLTA.

Terowongan tersebut memiliki panjang 19 kilometer yang menembus bukit barisan. Seorang biologist asal Jerman bernama Erns Haeckel disebut-sebut sebagai orang pertama yang mengenalkan kecantikan Danau Singkarak kepada dunia. Selain sebagai sumber tenaga PLTA, danau ini juga populer di kalangan para turis domestik, apalagi kalau bukan alamnya yang membuat siapapun betah berlama-lama.

Tempat wisata di Solok ini memiliki akses yang mudah dijangkau karena letaknya yang berada di pinggir jalan raya. Walaupun sejauh ini belum ada spot khusus atau wahana permainan yang ada di danau ini. Namun itulah yang membuatnya semakin alami dan berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Wisatawan dapat berkeliling danau menggunakan sampan atau berwisata kuliner di sekitar danau. Tempat wisata ini tak kalah cantiknya dengan tempat tempat wisata di Padang.

2. Kebun Teh Alahan Panjang

Seringkali kabut menyelimuti pucuk-pucuk pohon teh dari pagi hingga sore hari, pemandangan di tempat wisata di Solok ini semakin lengkap dengan perempuan-perempuan yang sedang melakukan aktivitas memetik pucuk daun teh. Teh, memang menjadi salah satu komoditas utama bagi masyarakat di Solok, bahkan perkebunan tersebut telah ada sejak tahun 1928.

Di masanya perkebunan teh ini pernah diperebutkan oleh Belanda dan Jerman, yang pada akhirnya sebagian besarnya dikelola oleh Belanda. Akses menuju tempat wisata ini pun sangat mudah dengan jalanan yang telah teraspal mulus. Setelah menempuh perjalanan, wisatawan akan disambut dengan pemandangan pepohonan teh yang terhampar di atas perbukitan. Tips untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Barat ini adalah gunakan pakaian hangat, karena suhu udaranya yang dingin.

3. Danau Talang

Solok memiliki sebuah destinasi wisata bernama Danau Talang yang lokasinya berada di Kenagarian Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Memang namanya belum sepopuler Danau Singkarak, namun jangan salah karena danau ini juga tak kalah indahnya. Danau Talang dikelilingi oleh perbukitan dengan air danaunya yang sangat jernih.

Tempat wisata ini pun masih sepi, dengan ekosistem ikannya yang tidak terlalu banyak dan bebatuan yang tersebar disekitar danau. Akses menuju danau ini memang terbilang cukup sulit, dan lebih baik jika menggunakan kendaraan sepeda motor. Namun hal mengasyikkan dari tempat ini adalah cuacanya yang terasa sangat sejuk karena lokasinya yang berada di dataran tinggi.

Jika ingin mencapai bibir danau, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak ditengah rerumputan dan tanaman liar. Tidak jarang wisatawan akan berjumpa dengan penduduk lokal yang mencari ikan dengan sampan, katanya ikan di danau ini terkenal besar-besar. Bahkan kecantikannya tak kalah dengan Danau Maninjau yang merupakan tempat wisata di Bukittingi.

4. Puncak Guguak Sarai

Dikelilingi oleh perbukitan membuat Kabupaten Solok memiliki pesona tersendiri, salah satu untuk menikmati pemandangannya adalah melalui ketinggian. Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Kota Solok dari atas adalah di Puncak Gaguak Sarai. Tempat ini cukup terpencil, sehingga wisatawan yang ingin bertandang pun harus sering bertanya kepada warga lokal.

Patokan paling mudah untuk dikenali adalah SD Negeri 05 Gaguak Sarai, di sana ada sebuah gang dengan jalan menanjak yang berada tepat di depan sekolah tersebut, nah itulah jalan menuju puncak bukit. Jika dari Kota Padang membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan, sedangkan jika dari Sawahlunto hanya sekitar 30 menit saja. Namanya saja puncak, tentu butuh perjuangan untuk sampai di sana, kendaraan roda empat agak sulit untuk sampai di area ini, sehingga wisatawan dapat menggunakan jasa ojek dari warga sekitar.

Dari titik pemberhentian wisatawan harus berjalan kaki dan memanjat tebing sebum akhirnya sampai di puncak tertinggi. Puncak Guguak Sarai ini sering disebut dengan Puncak Happy oleh warga sekitar. Salah satu spot paling populernya adalah tebing batu, namun harus berhati-hati ya, karena tidak ada pagar pembatas di puncak bukitnya. Dari atas Puncak Gaguak Sarai wisatawan dapat menyaksikan hamparan perbukitan, sawah, jalanan berliku dan tentu saja rumah-rumah penduduk. Jika tidak ingin sampai ke atas puncak, wisatawan juga bisa melihat pemandangan yang tak kalah cantiknya dari pos pemberhentian. Eiitts, saat berkunjung ke SumBar jangan lupa untuk menyempatkan sedikit waktu berkunjung ke tempat wisata di Pariaman.

5. Danau Di Atas dan Danau Di Bawah

Serupa tapi tak sama itulah kata yang tepat untuk Danau Di Atas dan Danau Di Bawah yang berada di Solok, Sumatera Barat. Kedua danau ini letaknya berdampingan dan hanya dipisahkan oleh bukit yang memiliki lebar 300 meter saja. Keindahan alam Ranah Minang pasti akan memanjakan setiap pelancong yang sedang dalam perjalanan menuju danau ini.

Walaupun namanya Danau Di Atas dan Danau Di Bawah, namun keduanya memiliki permukaan danau pada ketinggian yang sama, hanya saja kedalaman danau yang membedakannya. Aksesnya pun sangat mudah dijangkau, bahkan mobil bisalangsung diparkirakan di tepi danau. Berbagai aktivitas wisata pun dapat dipilih oleh wisatawan, misalnya bersantai sambil menyantap sajian khas minang di warung-warung tepi danau, menyewa perahu untuk berkeliling danau, hingga melakukan aktivitas outbound dan trekking.

Itulah lima tempat wisata di Solok yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, agar liburan lebih seru tidak ada salahnya untuk mengajak serta sahabat maupun keluarga. Tunggu apalagi, yuk segera sisihkan uang anda untuk jalan-jalan menikmati panorama cantik dari salah satu tempat wisata di Indonesia ini.

Tags: #pemandangan alam yang indah #wisata di solok