6 Fakta Bius Epidural, Menyisakan Trauma Seumur Hidup Bagi Wanita yang Melahirkan Caesar


Anastesi epidural (suntikan obat bius lewat tulang belakang), yang biasanya digunakan utk operasi Caesar. Prosesnya tidak sampai 10 menit, tapi menyisakan trauma seumur hidup.
Bagi yang sering nyinyir dengan mengatakan “ibu yg tidak melahirkan normal belum menjadi wanita sempurna”, Monggo kapan-kapan cobain SC ya biar tau rasanya.

Berikut fakta-faktanya!

Ternyata yang membuat ibu melahirkan ceasar sering sakit pinggang dan nyyit nyyit sakit di punggung itu efek ini lho.

Pembiusan yang biasa dilakukan pada tahap awal operasi. Selanjutnya ketika obat bius sudah masuk, perlahan-lahan tubuh bagian bawah mati rasa dan tim bedah mulai membuat sayatan demi sayatan hingga rahim terbuka dan bayi bisa dikeluarkan.

Anastesi epidural (suntikan obat bius lewat tulang belakang), berikut fakta-faktanya;

1. Bius lokal yang biasa digunakan untuk membuat bagian tertentu pada tubuh seseorang jadi mati rasa.

Dilansir dari hellosehat.com, epidural adalah salah satu bentuk bius lokal yang biasa digunakan untuk membuat bagian tertentu pada tubuh seseorang jadi mati rasa.

Nah, epidural nggak akan membuat kamu hilang kesadaran sepenuhnya, karena fungsinya hanya untuk menawar rasa sakit (analgesia). Saat epidural disuntikan ke area saraf tulang belakang, impuls-impuls saraf sensoris tulang belakang akan diblokir.

2. Epidural nggak bisa sembarangan diberikan

Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti dan tentunya epidural sulit didapatkan kalau kamu memilih persalinan di klinik bersalin biasa (yang tidak punya dokter anestesi) atau melahirkan di rumah.

Untuk operasi caesar, epidural akan diberikan sebelum operasi dimulai.

3. Epidural punya 2 pilihan, bervariasi tergantung ‘kekuatannya’ untuk menahan rasa sakit.

Epidural pertama: Merupakan epidural biasa yang diberikan dengan cara disuntikkan pada bagian punggung ibu bersalin melalui otot punggung, hingga analgesia tersebut mencapai rongga epidural dan akan ditambahkan setelah satu atau dua jam berikutnya

Jenis epidural kedua: adalah kombinasi spinal epidural, di mana biasanya obat bius diinjeksi pada membran yang melapisi tulang belakang sehingga mencapai rongga epidural.

Nah, kemudian selang atau kateter akan dipasang pada jalur tersebut sehingga lebih mudah untuk diinjeksi lagi.

4. Padahal prosedurnya ternyata nggak sesimpel yang kamu pikirkan

Prosedur injeksi epidural dilakukan dalam beberapa tahap.

Untuk memulai prosesnya, biasanya pasien akan diminta untuk berbaring menyamping dengan membungkukkan punggung (bungkuk udang). Duduk dengan tubuh sedikit membungkuk juga bisa menjadi pilihan. Setelah ini, proses injeksi akan mulai dilakukan.

Injeksi ditujukan untuk menahan rasa sakit selama melahirkan, sehingga kateter akan dibutuhkan agar obat bisa diberikan secara berdosis.

Pada prosedur ini, kateter akan dibiarkan selama proses kelahiran berlangsung untuk memastikan bahwa dosis bisa ditingkatkan saat diperlukan.

Kateter baru akan dilepas ketika proses selesai dan sang ibu sudah akan menuju ruang penyembuhan.

5. Selama epidural diberikan, rasa sakit persalinan akan jauh berkurang.

Ada beberapa keuntungan epidural diantaranya;

Bagi yang menjalani operasi caesar,

  • epidural tak akan membuatmu tak sadarkan diri sehingga kamu masih bisa mengikuti jalannya persalinan.
  • Epidural yang telah diberikan juga akan membantu mengurangi rasa sakit yang muncul pasca operasi.
  • Karena rasa sakit berkurang atau hilang sama sekali, ibu bersalin bisa menjalani proses persalinan dengan pikiran yang lebih tenang dan tidak panik

6. Memang sih rasa sakit melahirkan berkurang, tapi ada risiko yang wajib kamu ketahui.

Biasanya sih epidural nggak akan disarankan pada pasien yang mengalami perdarahan atau tekanan darah rendah, sedang mengalami infeksi terutama di bagian punggung dan menggunakan pengencer darah karena banyak resikonya.

Resiko-resiko seperti sakit punggung dan susah buang air kecil karena mati rasa pasca kelahiran serta banyak resiko lainnya.

Yang pasti, mau dihadapi bagaimanapun, yang penting ibu dan bayi selamat.

Dan jangan lagi mengecap ibu yang melahirkan dengan operasi caesar bukan ibu seutuhnya.

Karena operasi caesar tak semudah yang kamu bayangkan, perjuangan antara hidup dan mati saat melahirkan sama-sama mereka rasakan.

Dalam Hubungan Apapun, Kejujuran, Kepercayaan, dan Komunikasi Adalah Kunci Menuju Langgeng

Sebenarnya sangatlah sederhana bumbu untuk membangun hubungan apapun itu langgeng, ntah itu persahabatan, persaudaraan, atau bahkan pernikahan, cukup jagalah kejujuran, kepercayaan, dan komunikasi.

Karena dengan kejujuran, kepercayaan, serta terjaganya komunikasi yang baik maka setiap masalah atau ujian yang hadir akan terselesaikan dengan bijaksana.

Lebih-lebih Pernikahan, Akan Terus Awet Jika yang Menjadi Andalannya Adalah Kejujuran

Apalagi lebih-lebih sebuah hubungan rumah tangga, semua itu akan terus awet jika yang menjadi andalan keduanya adalah kejujuran, tidak pernah ada yang ditutupi dari suami mau pun istri.
Namun ketika kejujuran sudah tidak dibiasakan, terlalu sering ada yang ditutup-tutupi, maka jangan heran jika ada masalah sedikit saja nanti selalu curigaan dan selalu muncul konflik.

Akan Selalu Indah Sebuah Hubungan Jika Saling Percaya Selalu Menjadi Jembatan Untuk Saling Setia

Selain itu harus biasakan pula saling percaya satu sama lain, karena hubungan akan selalu indah jika kepercayaan menjadi jembatan untuk saling setia.

Setia? iya, kesetiaan akan terjaga dengan baik jika yang menjadi landasannya bersama adalah kejujuran dan kepercayaan yang selalu dijaga dengan baik.

Kamu Akan Selalu Kuat Menghadapi Ujian Apapun, Jika Komunikasi yang Baik dan Terjaga Menjadi Pengikatnya

Dan siapapun akan selalu kuat menghadapi ujian yang hadir dalam rumah tangganya, jika komunikasi yang baik dan terjaga menjadi pengikatnya setiap saat.

Karena dengan komunikasi yang baik kamu akan mengerti dan bisa memahami setiap hal yang terjadi dengan bijaksana, sehingga untuk saling menguatkan tercipta dengan mudahnya.

Kamu Akan Selalu Dewasa Memaknai Hubungan, Jika Saling Mengerti dan Memahami Menjadi Jembatanmu Untuk Bertahan

Kamu akan selalu dewasa memaknai hubungan yang ada, jika saling mengerti dan saling memahami selalu menjadi jembatanmu untuk bertahan dalam kondisi seperti apapun.

Untuk itu, berusahalah untuk selalu bisa memahami dan mengerti pasanganmu dengan baik, belajarlah untuk selalu bisa mengendalikan emosimu tatkala ada hal yang tidak kamu senangi.

Karena Semakin Kamu Berusaha Terus Respek Setiap Saatnya, Maka Disitulah Jalan Menuju Awet dan Langgeng

Karena semakin kamu berusaha terus respek kepada pasanganmu disetiap saatnya, maka disitulah jalan menuju awet atau langgeng dalam kebersamaan.

Jadi, berusahalah saling menjaga kejujuran, kepercayan, dan berkomunikasilah dengan baik seperti apapun hubunganmu, agar kamu bisa selalu memaknai indahnya kebersmaan yang ada.

Seorang Istri Akan Tetap Cantik Jika Suami Tidak Berhenti Mencintainya Dengan Segala Kekurangannya

Ada yang bilang, seberapa lama usia pernikahan itu berjalan maka istri akan tetap cantik dan menawan di mata suaminya tatkala suaminya selalu tidak lupa memodali sang istri untuk tetap cantik, memberi dana yang cukup untuk tetap indah merias diri.

Padahal, semua itu tidak terlalu berpengaruh, karena wanita yang cantiknya alami pun akan tetap cantik dimata lelakinya, jika sang lelaki itu sendiri selalu melihat kecantikan wanitanya dengan rasa cinta yang selalu tanpa batas.

Jadi ingatlah dengan baik, istrimu itu akan tetap cantik jika kamu sebagai suami tidak pernah berhenti mencintainya dengan segala kekurangannya.

Hati-hati Menjaga Hati, Jangan Sampai Hatimu Berkata “Ah, istriku Sudah Tidak Cantik Lagi”, Karena Artinya Rasamu Sudah Berubah

Maka untukmu parasa suami, hati-hatilah menjaga hati, jangan sampai keluar dari bibirmu kata-kata eluhan “ah, istriku sudah tidak cantik lagi”, karena itu artinya rasamu sudah berubah.

Sungguh dia akan tetap cantik jika kamu selalu memandangnya dari kebaikan dan ketulusannya yang terus mengurusmu, mengurus anak-anakmu, dan mengurus rumah agar tetap indah saat kamu pulang bekerja.

Tidak Peduli Dalam Keadaan Seperti Apapun, istrimu Akan Selalu Nampak Cantik di Matamu Bila Kamu Selalu Bersyukur Atas Kehadirannya

Karena tidak peduli dalam keadaan seperti apapun, istrimu itu akan selalu nampak cantik di matamu bila kamu selalu bersyukur dan terus berusyukur atas kehadirannya yang senantiasa tulus mengurusmu.

Walau kenyataannya dia tidak seterawat awal kamu jumpa dengannya, tapi sungguh semua itu berubah karena memang dia terlalu fokus membahagiakanmu, membahagiakan anak-anakmu, maka jangan sampai tega hati menggerutui perubahannya.

istrimu Akan Selalu Nampak Baik-baik Saja di Matamu, Tatkala Kamu Selalu Melihat Kelebihannya Dengan Sempurna

intinya, istrimu akan selalu nampak baik-baik saja di matamu, tatkala kamu selalu melihat kelebihannya, kebaikannya, ketulusannya, dan pengorbanannya dengan sempurna.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah menjaga gejolaknya rasa bosan di dalam sebuah hubungan, karena katanya yang demikian ini pasti semua orang merasakannya, dan semoga kamu selalu bisa melawannya dengan kebijaksanaan hatimu.

Kekurangan istrimu Akan Tertutupi Dengan Sangat Baik, Apabila Kamu Sendiri Selalu Menerimanya Dengan Ketulusan

Sekali lagi, kekurangan istrimu itu akan tertutupi dengan baik, apabila kamu sendiri memang selalu menerimanya dengan ketulusan ynag memadai.

Lantas tuluslah dalam setiap saatnya, agar sampai kapanpun rasa cinta yang bersemayam di hatimu tidak pernah pudar dan tidak membuatmu mengeluh.

Cinta yang Tulus Akan Menghantarkan Pemiliknya Pada Rasa Menghargai dan Kasih Sayang yang Tiada Batas

Ketahuilah, cinta yang tuus akan menghantarkan pemiliknya pada rasa menghargai dan kasih sayang yang tiada batas, maka pastikan kamu selalu mencintai istrimu dengan tulus.

Dan begitu pula sebaliknya, cintailah suamimu dengan tulus dengan segala kekurangannya, hargailah segala usahanya dalam membahagiakanmu, serta bersyukurlah seperti apapun pemberiannya.

Tags: #bagi wanita melahirkan caesar #bius epidural #cintai istrimu dengan segala kekurangannya #menyisakan trauma seumur hidup #resep pernikahan awet