6 Hal Sepele Ini Sering Banget Dilakukan Orang Tua Pada Bayinya, Padahal Efeknya Bisa Fatal


Lahirnya buah hati ke dunia tentunya merupakan kebahagiaan yang besar buat para orangtua. apalagi perawakan bayi yang sangat lucu dan gemesin gitu, pengennya disayang- sayang, diajak main terus, dan gak mau si bayi menderita.

Nah, tapi orangtua seringkali tidak memperhatikan efek sampingnya lebih dalam. Sadar gak sadar, ada 6 hal yang selalu dianggap sepele dan sering banget dilakukan orangtua pada bayinya, padahal sebenarnya hal- hal tersebut bisa membahayakan si bayi!

Yuk, simak bersama ulasannya dibawah ini:

1. Mengunyah makanan dulu, lalu diberikan kepada anaknya untuk dimakan..

Pas baca berasa agak geli gitu sih, tapi kebiasaan ini masih kerap terjadi, lho! Mungkin maksud orangtua itu baik, mereka kunyah dulu makanannya, biar makanan menjadi lebih lembut saat diberikan kepada anak. Tapi sebenarnya hal ini benar- benar merupakan 『jalan besar』 buat penularan bakteri dan penyakit, apalagi anak kecil masih rentan gitu daya tahan tubuhnya.

Untuk solusi, kamu bisa pake sendok atau blender buat menghaluskan makanan anak, lebih praktis juga kan?

Meniup makanan waktu panas juga bisa menularkan penyakit, lho! Hati- hati, yaa…

2. Anak dicekoki jamu, katanya sih biar nafsu makan meningkat…

Siapa yang masa kecilnya pernah ngalamin hal ginian? Niatnya sekali lagi memang baik, anaknya disuruh minum jamu, biar nafsu makan bisa meningkat. Tapi bagaimana pun juga, hal ini tetap namanya ‘pemaksaan’, kalau tidak hati- hati, si anak bisa tersedak dan saluran pernafasannya terganggu, lho!
Solusinya, musti sabar… kasih anak makanan yang sewajarnya aja, jangan buru- buru paksa anak makan terlalu banyak atau terlalu cepat.

3. Membiarkan anak tidur di lantai.

Kadang habis main lari- larian, anak bisa capek trus tertidur dilantai. Karena liat anaknya tidur terlalu pulas, orangtua biasanya gak tega bangunin. Tapi mesti diperhatikan, pada dasarnya tidur di lantai emang gak sehat , selain bikin anak kedinginan, bakteri di lantai bisa memicu batuk pilek. Hal ini akan menjadi lebih buruk kalau anak memiliki riwayat bronkitis atau alergi udara.

Jadi kalo liat anak tertidur di lantai, segera pindahin aja ke kamar tidur, yaa… Si anak juga bisa tidur lebih nyenyak di permukaan yang empuk.

4. Membiarkan anak kebiasaan duduk dengan posisi W

Kebanyakan anak kecil demen banget nih duduk dengan posisi diatas, dan biasanya orangtua juga jarang complain, padahal duduk dengan posisi W gini bisa berakibat buruk bagi masa pertumbuhan anak. Kemungkinan terburuknya, si anak bisa mengalamin gangguan ortopedi atau dislokasi panggul (displasia).

Jadi, kalo liat anaknya duduk dengan posisi salah, segera ajarin buat duduk secara wajar, misalnya bersila atau kaki selonjor.

5. Membiarkan anak nangis waktu tidur

Jangan kira membiarkan anak nangis waktu tidur bisa buat dia mandiri, tindakan diemin anak waktu dia nangis itu justru bisa bikin anak mengalami aDHD (attention Deficit Hyperactivity Disorder), perilaku antisosial, dan IQ yang rendah.

Anak yang nangis itu pertanda kalo dia butuh ditenangi dan dilindungi.

6. Melempar- lempar keatas!

Namanya orangtua, pasti seneng lah ya bermain sama buah hati sampe dilempar- lempar keatas… Yah, mainan kayak gini emang bikin si anak ketawa- ketawa sih, tapi sebenarnya aksi lempar- lempar tetep sangat berbahaya! Belum lama ini, udah ada nih korbannya di Thailand, kepala anak terkena kipas angin waktu ayahnya melemparnya keatas, sampe jidatnya kegores parah! Duh, miris banget….

Yuk, segera bagikan informasi penting ini kepada para orangtua! Semoga bermanfaat!

Alami Penyumbatan Arteri? Ternyata Puasa Dapat Mengatasinya Lho!

Puasa nampaknya dapat memberikan beberapa manfaat yang sungguh baik bagi kesehatan.

Secara harfiah, puasa didefinisikan sebagai pantangan untuk makan dan minum selama periode tertentu.

Orang yang berpuasa juga memiliki beberapa alasan untuk melakukannya.

Misalnya untuk alasan praktik keagamaan, menurunkan berat badan, membersihkan racun, atau mengobati kondisi medis tertentu.

Puasa Intermiten
Puasa intermiten merupakan pengaturan pola makan yang menerapkan siklus puasa, alias makan hanya di jangka waktu tertentu dalam sehari.

Beberapa metode puasa intermiten yang umum adalah sebagai berikut:

1. Metode 16/8
Ini adalah metode puasa selama 16 jam setiap hari.

Metode ini melibatkan puasa setiap hari selama 14-16 jam.

2. Makan-Berhenti-Makan
Ini melibatkan puasa 24 jam, baik sekali atau dua kali per minggu.

Misalnya, Anda dapat berpuasa untuk tidak makan malam pada suatu hari dan malam berikutnya Anda makan malam.

3. Diet Prajurit
Metode ini melibatkan makan sedikit buah-buahan dan sayuran mentah di siang hari dan kemudian sekali makan besar di malam hari.

4. Diet 5:2
Metode ini memiliki pola untuk berpuasa selama 2 hari per minggu.

Metode ini melibatkan makan secara normal 5 hari dalam seminggu sambil membatasi kalori pada dua hari sisanya.

Kalori yang dibutuhkan adalah 500 kalori untuk wanita dan 600 kalori untuk pria.

Puasa Untuk Mengobati Arteri yang Tersumbat
Menurut sebuah penelitian, seseorang yang berpuasa selama satu hari setiap bulan dapat mengurangi risiko tersumbatnya arteri hingga 40 persen.

Para peneliti dari Pusat Medis Intermountain dan Universitas Utah melakukan survei terhadap 515 orang di mana 92 ​​persen di antaranya adalah penderita penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, hasil mengungkapkan bahwa ketaatan puasa bulanan ada kaitannya dengan kesehatan kondisi jantung.

Bahkan jika para peneliti telah menyesuaikan beberapa faktor seperti berat badan, usia, dan status kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes masih ada perbedaan antara mereka yang puasa dan yang tidak.

Hal ini karena saat puasa tubuh berhenti mengonsumsi makanan dan gula.

Akibatnya adalah tubuh juga berhenti memproduksi insulin, yang dapat mengarah pada pencegahan perkembangan sensitivitas insulin yang terkait dengan diabetes Tipe 2 (faktor risiko penyakit jantung).

  • Manfaat Puasa yang Didukung Ilmu Pengetahuan
  • Dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh
  • Menginduksi berbagai proses perbaikan sel
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2
  • Dapat membantu mencegah kanker
  • Bagus untuk otak
  • Dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer
  • Membantu Anda untuk dapat hidup lebih lama

Aneka Resep Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Cara yang Benar

Tips mengecilkan pori-pori wajah dengan cara yang benar.

1. Pilih make-up dengan bahan yang tepat

2. Gunakan tabir surya setiap hari

Dengan menggunakan tabir surya berspektrum luas yang tahan air, kita dapat mencegah timbulnya kerusakan pada kulit, akibat paparan sinar matahari.

3. Bersihkan wajah dua kali sehari

Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu sumbatan tersebut tidak hanya hilang, namun juga mencegah pori-pori kembali tersumbat, dan mengurangi produksi minyak di wajah.

4. Cari produk kecantikan yang mengandung retinol

Kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau retinyl palmitate.

Namun bagi beberapa orang produk yan mengandung retinol dapat menimbulkan iritasi di kulit. Agar iritasi tak terjadi, kamu dapat mencuci wajah terlebih dahulu, dan tunggu 30 menit, sebelum mengoleskan retinol ke wajah.

5. Pilih pembersih wajah yang berbahan gel

Pembersih yang mengandung mouisturizeratau pelembab, umumnya dapat membuat kulit semakin berminyak.

Pembersih berbahan gel dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori dari minyak yang dihasilkan, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

6. Atasi jerawat di wajah

Gunakan pembersih non-comedogenic saat pagi hari, dan pakai pembersih yang mengandung asam salisilat sebelum tidur.

7. Rutin lakukan eksfoliasi (pengelupasan)

Melakukan proses eksfoliasi di kulit dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di wajah.

Jika setelah mencoba berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah di atas, keluhan masih belum juga teratasi, berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit terdekat.

Dengan begitu, dokter dapat memberikan solusi sesuai kondisi kulit.

Tags: #hal sepele tapi bisa fatal #hal sepele yang dilakukan orang tua pada anaknya #mengecilkan pori-pori wajah #puasa bisa mengatasi penyumbatan arteri