6 Hal yang Harus Dilakukan Muslimah Setelah Aktifitas Khusus bersama Suami

361 views


Setelah aktifitas khusus bersama suami, muslimah yang peduli dengan adab dan kesehatan perlu melakukan enam hal berikut ini.

1. Bersyukur
Setelah mengakhiri aktifitas khusus bersama suami, bersyukurlah kepada Allah. Ucapkan hamdalah. Sebab telah mendapatkan nikmat dari Allah yang sekaligus berpahala. Jika mensyukuri nikmat Allah, maka akan ditambah dan diberkahi nikmat itu.

2. Berterima kasih kepada suami
Mengucapkan terima kasih kepada suami akan semakin menambah romantisme dan keharmonisan keluarga. “Terima kasih sayang, engkau telah memberikan yang terbaik untukku” dan kata-kata semisalnya bisa dibisikkan kepada suami.

Jika ini dilakukan, insya Allah suami akan sangat senang. Ia merasa dihargai, merasa menjadi laki-laki yang gagah dan akan semakin cinta serta sayang kepada istri.

3. Mandi atau Wudhu
Ketika beraktifitas khusus, seseorang menjadi berhadats besar. Ia wajib mandi dan tidak boleh menundanya tanpa alasan yang jelas. Sebab, jika ia menunda tanpa alasan yang jelas, malaikat rahmat tidak mau mendekat. (Baca: Menunda Mandi Junub, Ini Ancamannya)

ثَلَاثَةٌ لَا تَقْرَبُهُمُ الْمَلَائِكَةُ الْجُنُبُ وَالسَّكْرَانُ وَالْمُتَضَمِّخُ بِالْخَلُوْقِ

“Tiga orang yang tidak didekati oleh malaikat (rahmat): orang junub, orang mabuk dan orang yang berlumuran minyak wangi khaluq.” (HR. Al Bazzar; shahih)

Bagaimana jika cuaca sangat dingin atau kendala lainnya? Ia boleh menunda mandi junub namun berwudhu dulu sebelum tidur.

Mandi junub, selain wajib juga banyak manfaat secara medis. Di antaranya membersihkan diri dan bagian khusus sehingga terhindar dari bakteri dan kotoran. Jika mandinya ditunda, maka sebelum wudhu tetap perlu membersihkan bagian khusus tersebut.

4. BAK
Dengan BAK, bakteri bisa keluar dari dalam tubuh. Sehingga disarankan untuk BAK meskipun tidak terlalu ingin.

5. Berganti Pakaian Bersih
Jangan lupa berganti pakaian bersih setelah mandi junub. Bahkan kalaupun menunda mandi junub, tetap perlu mengganti pakaian dengan pakaian yang bersih dan bisa menyerap keringat dengan baik. Jika perlu, tidak memakai CD agar tidak lembab.

6. Minum Air Putih
Ini perlu dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan kesegaran tubuh. Sebab aktifitas khusus tersebut telah menyita banyak energi.

14 Profil Suami Teladan, Yuk Berusaha Mencapainya!

Amatullah binti Abdul Muthallib dalam kitab Rifqan bil Qawarir mendeskripsikan profil suami teladan. Ada 14 poin yang seharusnya dilakukan oleh suami agar menjadi suami teladan.

Untuk para muslimah, 14 poin ini bisa memandu memilih calon suami. Namun jika sudah menikah, para muslimah hendaknya membantu suaminya mencapai 14 poin ini.

1. Suami teladan itu istimewa karena jujur dan terus terang sejak kali pertama berjumpa. Tak ada kebohonan sejak masa khitbah.

2. Bertaqwa kepada Allah, saat sendiri maupun bersama banyak orang. Setiap berbicara kepada istrinya, pembicaraannya menenteramkan. Ia pun memberikan nafkah yang baik kepada istrinya.

3. Suami teladan itu menjadikan agama dan akhlak sebagai standar pilihan, lebih mengutamakannya daripada kecantikan dan penampilan luar.

4. Tidak membebani istri dengan pekerjaan yang melelahkan. Permintaannya pun logis dan tidak berat membantu istrinya.

5. Ia mampu menyelesaikan pertikaian dan memiliki hikmah dalam menghadapinya serta tidak mencari-cari masalah yang terpendam.

6. Ia memperhatikan kebersihan dan penampilan dirinya, tidak hanya menuntut istri untuk melakukannya.

7. Pandai memanfaatkan waktu sehingga seimbang untuk pekerjaan, keluarga, istri dan anak-anaknya. Ia juga turut mendidik anak-anaknya.

8. Tidak banyak bepergian tanpa mengajak keluarga kecuali ada sebab-sebab tertentu yang mengharuskannya. Jika bepergian untuk waktu yang lama, ia mengajak istri dan anak.

9. Suami teladan mengijinkan dan memfasilitasi istri untuk mengikuti taklim dan menghadiri majelis ilmu.

10. Percaya pada akhlak dan kesucian istrinya. Bahwa istri senantiasa menjaga kehormatan dirinya dan kepercayaan dari suami. Ia juga tidak berburuk sangka kepada istrinya hanya karena sebab-sebab yang remeh.

11. Menjaga rahasia keluarga sehingga tidak membua aib kepada siapa pun.

12. Menghindari mencela, menjelekkan, menghardik, apalagi memukul istrinya.

13. Memberikan nafkah kepada istrinya secara pertengahan; tidak kurang tidak pula berlebihan.

14. Berbicara dengan lembut kepada istrinya dan memilih kata-kata yang baik. Sebab setiap kata akan berpengaruh dalam jiwa. Ia juga pandai mendengarkan istrinya dan menghargai pendapatnya.

Demikian 14 poin suami teladan, semoga setiap suami muslim bisa memilikinya dan setiap istri muslimah membantu suami masing-masing untuk mencapainya.

Tags: #aktifitas khusus bersama suami #profil suami teladan #setelah aktifitas khusus bersama suami #yang dilakukan setelah aktifitas khusus bersama suami