6 Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kalsium untuk Dongkrak Imunitas

248 views


Imunitas menjadi hal utama yang harus dijaga saat pandemi. Berikut ini enam makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk tingkatkan imunitas.

Vitamin D dan kalsium selama ini dikenal sebagai ‘pasangan’ nutrisi yang konsumsinya bagus untuk menyehatkan tulang. Selain itu, ternyata vitamin D dan kalsium memiliki peran masing-masing untuk mendongkrak imunitas.

Dikutip dari Alodokter (28/7), sebuah studi menunjukkan orang dengan kadar vitamin D rendah memiliki peluang 7,2 persen lebih tinggi untuk terinfeksi virus Corona. Karenanya para ahli menyarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D agar terhindar dari virus berbahaya ini.

Sementara itu, peranan kalsium untuk imunitas adalah menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disampaikan peneliti di NYU Langone, Amerika Serikat.

Saat ini suplemen vitamin D dan kalsium ini banyak dijual dengan harga yang begitu tinggi akibat permintaan pasar yang melonjak selama pandemi Covid-19. Sebenarnya kedua nutrisi ini bisa didapatkan secara alami melalui bahan makanan yang lebih murah dibandingkan dengan harga suplemen yang semakin meningkat.

Berikut ini 6 makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk meningkatkan imunitas, menurut Times of India:

1. Salmon dan tuna
Beberapa jenis ikan memiliki lemak baik yaitu asam lemak omega 3, vitamin D, kalsium serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Jenis ikan seperti salmon dan tuna bahkan dikatakan memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Menurut para ahli, mengonsumsi ikan salmon atau tuna secara rutin membantu memenuhi kebutuhan vitamin D untuk mengaktifkan sel-sel imunitas dan memperkuat perlindungan tubuh.

2. Susu
Susu sudah sejak lama dikenal sebagai bahan makanan yang paling dibutuhkan untuk tulang terutama pada masa pertumbuhan. Susu dan olahan lainnya seperti keju memiliki fungsi untuk memadatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang.

Konsumsi susu sapi ternyata bukan hanya baik untuk pertumbuhan tulang, melainkan juga memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan imunitas. Susu segar tanpa bahan tambahan lainnya begitu disarankan untuk dikonsumsi secara rutin terutama di pagi hari.

3. Sayuran

Sayuran punya kandungan serat, nutrisi, vitamin dan mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya sayuran hijau yang punya segudang nutrisi.

Sayuran seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya bahkan dikatakan mengandung kalsium yang sangat baik dan direkomendasikan untuk menjaga imunitas selama pandemi Covid-19. Tetapi perlu diwaspadai karena bayam yang juga termasuk sayuran hijau berdaun justru memiliki kandungan asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

4. Tahu dan Susu Kedelai
Terbuat dari biji kedelai utuh, tahu dan susu kedelai mengandung vitamin penting untuk tubuh. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai memang diakui oleh ahli dapat memperkuat tulang serta membantu mengaktifkan sel-sel imun tubuh sebagai pelindung kesehatan.

Kedelai disebut sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Konsumsi kacang kedelai atau produk olahannya banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang disarankan sehingga dapat membantu mengaktifkan sel-sel imunitas agar bekerja dengan efektif.

5. Kuning Telur

Kuning telur sering dihindari karena dianggap dapat memicu kolesterol. Tetapi kuning telur justru menjadi bagian telur yang paling kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan kuning telur termasuk makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Putih telur yang tinggi akan protein sebenarnya melengkapi kuning telur yang mengandung kalsium serta vitamin D yang sangat tinggi. Mengonsumsinya dalam batas kadar aman yaitu 1 butir telur utuh per hari justru sangat dianjurkan. Telur juga bisa dijadikan sebagai camilan yang lebih sehat misalnya dengan diolah sebagai telur rebus.

6. Jamur
Jamur yang dibudidayakan ternyata mengandung vitamin dan mineral yang baik. Jamur yang sengaja ditanam dan dibudidayakan untuk dikonsumsi mengandung sterol ergosterol yang berasal dari tumbuhan inangnya.

Kandungan sterol ergosterol tersebut merupakan sumber pembentuk vitamin D yang ada di dalam jamur. Selain itu kepadatan vitamin D yang terkandung dalam jamur juga dihasilkan secara alami melalui produksi vitamin saat jamur terpapar sinar matahari. Itu tadi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium yang bagus dikonsumsi sehari-hari.

Tags: #makanan dongkrak imun tubuh #makanan sehat #mengandung kalsium #mengandung vitamin D #meningkatkan imun tubuh