6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Durian. Bisa Gawat!

484 views


Meski ada beberapa orang yang terganggu dengan baunya yang menyengat, buah durian jadi salah satu yang fenomenal dan cukup banyak penggemarnya. Diklaim punya kadar gula yang tinggi, buah ini baiknya dihindari bagi para penderita diabetes. Mengonsumsinya berlebihan juga bikin perut jadi nggak nyaman, seperti kembung, muntah, dan bahkan diare.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian. Agar kamu lebih waspada lagi, simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Setelah makan daging sapi, kambing, maupun domba, baiknya jangan langsung makan durian

Durian merupakan buah yang memberikan efek hangat atau panas setelah memakannya. Begitu pun daging sapi, kambing, atau pun domba. Jika keduanya dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Menjadi berbahaya juga memakan daging-dagingan ini berdekatan dengan durian ketika kamu punya gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol.

2. Makanan atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya nggak dikonsumsi bersamaan dengan durian

Zat aktif kafein di dalam kopi berpotensi meningkatkan detak jantung sekaligus meningkatkan temperatur tubuh. Nah, mengonsumsi kopi dan durian secara bersamaan menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Hal ini tentu berdampak buruk bagi orang-orang yang menderita insomnia berat, mengidap penyakit tiroid, serta memiliki riwayat serangan jantung.

3. Durian yang kalorinya super tinggi jika dimakan berdekatan waktu dengan kepiting yang kolesterolnya tinggi, apa jadinya?

Kamu yang punya risiko kolesterol, hindari memakan kepiting berdekatan waktunya dengan konsumsi durian. Keduanya memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah, risiko serangan jantung, serangan stroke, hingga kenaikan kadar gula darah secara drastis. Kondisi-kondisi ini tentu berbahaya dan bisa berakibat fatal jika nggak dikendalikan.

4. Ketika mengonsumsi durian ditambah susu, tubuh justru tak lagi bisa berfungsi maksimal dalam mengeluarkan toksin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Manginang dan Hiroshi Gemma dari Tsukuba University, Jepang menghasilkan fakta bahwa kandungan tinggi sulfur yang ada dalam durian mampu menurunkan kinerja Aldehida dehydrogenase, yakni enzim yang berfungsi mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, seperti dilansir dari Dokter Sehat.

Ketika mengonsumsi durian ditambah susu — yang juga tinggi sulfur, tubuh jadi tak maksimal lagi dalam mengeluarkan serta menghancurkan toksin.

5. Terong juga termasuk ‘makanan panas’ yang baiknya jangan dimakan bersamaan atau berdekatan dengan durian

Sama seperti kopi, terong juga bisa menaikkan suhu tubuh ketika dikonsumsi. Jika dimakan bersama-sama dengan durian, maka suhu bakal meningkat drastis dan nggak baik efeknya buat kesehatanmu, terutama yang mengidap sakit jantung.

6. Jika durian dikonsumsi bersamaan dengan alkohol maka berpotensi menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar

Durian mengandung zat yang bisa menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika mengonsumsi durian dalam jumlah yang banyak bisa memicu efek perut kembung dan asam lambung naik, ketika ditambah minum alkohol, masalah kesehatan ini tentu akan menjadi jauh lebih parah.

Daftar makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian memang belum diteliti betul efek buruknya bagi kesehatan. Tapi daripada coba-coba, baiknya dihindari saja deh, ya!

6 Cara Mengatasi Tidur Mangap Tanpa Harus Pakai Plester di Mulut

Mangap saat tidur memang seringnya nggak disadari. Nggak hanya jadi bahan ejekan, tidur dengan mulut terbuka juga menjadi penyebab sekaligus menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah erosi hingga pembusukan gigi lantaran kadar asam yang meningkat saat mulut menjadi kering.

Meski bisa diatasi dengan menerapkan teknik tidur dengan plester di mulut seperti yang telah dipraktikkan oleh keluarga Andien, cara mengatasi tidur mangap bisa ditempuh dengan teknik-teknik berikut.

1. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, coba cari tahu lebih dulu apa penyebabnya

Amandel menjadi salah satu alasan yang menyebabkan tidur dengan mulut terbuka. Bisa juga karena struktur dalam mulut yang tidak sempurna. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsultasikannya dengan dokter agar penyebab mulut terbuka saat tidur terdeteksi dengan jelas.

2. Jika kamu memiliki alergi, cobalah untuk menghindari alergen agar nggak lagi tidur dengan mulut terbuka

Terpapar alergen juga bisa menyebabkan hidung tersumbat sehingga kamu pun terpaksa bernapas lewat mulut — yang akhirnya memicu tidur dengan mulut terbuka. Makanya, rajinlah membersihkan rumah untuk mengusir debu, serbuk tanaman, dan penyebab alergi lain yang bisa menyumbat saluran udara di hidung.

3. Tinggikan kepala dengan bantal atau kasur agar saluran udara dan pernapasan hidung jadi nggak terbatas sehingga kamu bisa tidur tanpa menganga

Tambahkan bantal di bawah kepala agar posisi atas badan jadi lebih tinggi. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi mampu mencegah hidung tersumbat dan membuat saluran udara di hidung terbuka. Dengan begitu, kamu nggak akan lagi tidur mangap dan jadi bahan bercandaan.

4. Supaya nggak mangap, tidurlah dengan posisi tengkurap atau miring ke samping. Bebas kok, mau ke samping kiri atau kanan, senyamannya saja

Tidur telentang bisa memperburuk pernapasan ketika tidur di malam hari. Posisi ini bisa menyebabkan asupan napas menjadi berat sehingga sulit melepas udara melalui hidung. Makanya, kamu disarankan untuk tidur tengkurap atau miring supaya nggak mangap saat tidur.

5. Dengan melatih pernapasan, kebiasaan tidur dengan mulut terbuka lambat laun akan menghilang lo!

Jika sering latihan pola pernapasan, kamu akan terus ingat bahwa bernapas harus lewat hidung, bukan mulut. Latihan pernapasan ini juga bisa kamu biasakan dengan cara menutup mulut lebih dulu dan ambil nafas lewat hidung. Setelah itu, buang nafas yang sudah kamu ambil juga lewat hidung, jangan dari mulut. Lakukan setiap hari agar kamu terbiasa, ya!

6. Olahraga teratur merupakan salah satu kunci agar kebiasan tidur mangapmu perlahan hilang

Olahraga kardio dan yoga merupakan aktivitas fisik yang mampu meningkatkan pernapasan, khususnya lewat hidung. Dengan begitu, kamu jadi terbiasa untuk nggak bernapas melalui mulut. Tapi, pastikan bahwa olahraga yang kamu lakukan nggak berlebihan, ya!

Kebiasaan tidur mangap yang bukan karena gangguan kesehatan serius sebetulnya bisa dikurangi jika kamu rutin melakukan hal-hal di atas. Jadi, jika kamu masih ragu untuk menerapkan tidur dengan plester di mulut, nggak perlu dipaksakan kok~

2 Cara Tepat Konsumsi Pil KB Sesuai Jenisnya. Cegah ‘Kebobolan’ Tanpa Khawatir!

Dari sekian banyak alat kontrasepsi, pil KB adalah salah satu yang populer karena efektif mencegah kehamilan. Tingkat keberhasilan pil KB terbilang sangat tinggi, yakni hingga 99,7%. Selain karena efektivitasnya, kepopuleran pil KB juga didukung oleh cara penggunaan yang mudah, harga yang relatif murah, dan manfaat lainnya seperti dapat membantu mengatasi gejala PMS, mengatur jadwal menstruasi, hingga mengatasi gangguan hormon pada usia subur.

Meski punya tingkat keberhasilan yang sangat tinggi, efektivitas pil KB sejatinya bergantung pada cara konsumsinya loh, Moms. Jika dikonsumsi secara sembarangan, efektivitasnya dalam mencegah kehamilan bisa berkurang. Kalau Moms merasa sudah rajin konsumsi pil KB tapi kehamilan tetap terjadi, mungkin ada yang salah dari caranya. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai cara yang benar.

Panduan konsumsi pil KB kombinasi

Sebelumnya, Moms harus tahu dulu kalau pil KB itu dibagi menjadi dua jenis berdasarkan kandungan di dalamnya. Pertama ada pil KB kombinasi, kedua adalah pil KB progestin atau pil mini. Nah, dua jenis pil ini punya aturan minum yang berbeda-beda, Moms.

Untuk pil KB kombinasi yang umumnya mengandung hormon estrogen, progesteron dan beberapa pil aktif yang nggak mengandung hormon (plasebo), aturannya adalah dikonsumsi sebanyak satu butir setiap hari. Pil ini bisa Moms konsumsi mulai kapan saja, tapi disarankan dimulai dalam lima hari setelah menstruasi dimulai. Dengan ini, pada saat menstruasi selesai, pil KB kombinasi sudah bisa bekerja mencegah kehamilan.

Namun, jika Moms ingin mengonsumsi pil ini pada saat tidak sedang menstruasi, waktu terbaik adalah tujuh hari sebelum pil tersebut bisa benar-benar mencegah kehamilan. Pada rentang waktu ini, Moms disarankan untuk tetap menggunakan kontrasepsi lain ketika berhubungan int*m.

Pil KB kombinasi ini tersedia dalam banyak merek dengan paket yang variasi juga loh, Moms. Di antaranya adalah pil KB kombinasi 21 hari, 28 hari, 91 hari dan 365 hari. Seperti dilansir dari Alodokter, paket 21 hari berisi 21 pil untuk dikonsumsi selama tiga minggu. Memasuki minggu keempat, Moms nggak perlu minum pil karena itu adalah waktu menstruasi. Baru setelah minggu keempat Moms bisa mulai konsumsi paket pil ini lagi.

Kalau paket 28 hari berisi pil untuk dikonsumsi setiap hari selama empat minggu, termasuk pada waktu menstruasi. Hanya saja pada waktu menstruasi, yang akan Moms konsumsi hanyalah pil plasebo yang biasanya tersedia empat hingga tujuh butir dalam satu paket.

Sementara paket 91 hari berisi pil untuk dikonsumsi setiap hari selama tiga bulan. Sama seperti paket sebelumnya, pada paket 91 hari ini juga tersedia pil plasebo sebanyak tujuh butir, yang mana artinya Moms hanya akan menstruasi setiap tiga bulan sekali. Sedangkan paket 365 berisi pil aktif yang bisa mencegah menstruasi selama satu tahun. Paket ini juga untuk dikonsumsi selama satu tahun penuh.

Panduan konsumsi pil KB progestin

Pil KB progestin yang mengandung hormon progesteron sintetik ini biasanya dikonsumsi oleh perempuan berusia lebih dari 35 tahun, perempuan yang punya efek samping terhadap hormon estrogen, sedang menyusui, atau merokok. Pil KB ini biasanya juga akan dianjurkan untuk dikonsumsi perempuan dengan penyakit tertentu, seperti gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, hingga dermatitis.

Pil KB progestin ini biasanya hanya dijual hanya dalam paket 28 hari. Spesialnya pil ini adalah dapat memberikan perlindungan mencegah kehamilan lebih cepat dari pil KB kombinasi, yaitu dua hari setelah dikonsumsi.

Aturannya, pil KB progestin dikonsumsi sebanyak satu butir setiap hari, dengan catatan harus diminum pada waktu yang sama atau paling lambat tiga jam dari waktu awal. Misalnya Moms mengonsumsi pil ini pada pukul tujuh pagi, maka keesokan harinya juga harus pada waktu yang sama, atau paling lambat pukul 10 pagi.

Hal penting lainnya yang perlu Moms ketahui adalah semua pil KB, baik pil KB kombinasi maupun pil KB progestin punya efek samping masing-masing. Kecocokannya pun berbeda pada setiap perempuan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengonsumsi pil KB, Moms harus melakukan konsultasi dengan dokter. Dengan ini dokter dapat memastikan jenis pil KB yang cocok, atau merekomendasikan pilihan alat kontrasepsi lain jika pil KB ternyata tidak cocok untuk Moms.

Tags: #cara mengatasi tidur tanpa mengap #cara tepat konsumsi pil KB #makanan tidak boleh makan bersama dengan durian #mengatasi tidur tanpa mengap