6 Tahun Hidup Bareng Mertua, Sering Menangis sampai Berat Badan Turun dan Rambut Rontok


Beredar sebuah video curhatan seorang istri yang tinggal bersama mertuanya. Wanita itu menceritakan dukanya tinggal bersama mertua.

Video tersebut diunggah melalui akun Tiktok pribadinya, Sabtu (10/7/2021).

Dalam video tersebut, wanita itu membeberkan rasanya hidup bersama mertua selama enam tahun.

“Buat kalian yang lebih dari aku, kalian hebat,” tulisnya, dikutip Suara.com.

Wanita itu tampak menjelaskan beberapa dampak yang ia alami.

Berat Badan Turun

Berdasarkan video tersebut, wanita itu mengaku sudah enam tahun tinggal bersama mertua.

Dirinya pun mengalami perubahan dalam hidupnya setelah tinggal bersama mertua.

Wanita itu mengungkap rambutnya sampai rontok lantaran setres.

“Rambut rontok itu berawal dari setres, tekanan mental, dan tekanan batin. Bahkan bisa mengakibatkan kematian yang diikuti asam lambung dan jantung,” ujarnya melalui kolom komentar.

Tak hanya itu, wanita tersebut juga mengalami penurunan berat badan.

Dia juga mengaku sering menangis sendiri selama tinggal bersama mertua.

“Berat badan turun, sering nangis,” jelasnya.

Selain itu, wanita tersebut juga mengungkapkan dirinya menjadi menutup diri dari lingkungan.

Komentar Warganet

Unggahan tersebut pun ramai dikomentari oleh warganet. Mereka memberikan respon terkait curhatan wanita itu.

“Lah sehari aja aku kena mental,” ujar warganet.

“Semangat bun,” timpal warganet.

“Ngapain nahan hati mbak, mending ngontrak, walaupun kecil tapi hati senang,” komentar warganet.

“Meski sering bilang ‘anggap aja orangtua sendiri’ tapi tetep nggak bisa. Beda jauh,” kata warganet lain. Sumber: suara

Tips Hidup Serumah dengan Mertua

Anda telah mengetahui kemungkinan baik dan buruk yang terjadi jika hidup serumah dengan mertua. Nah, untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang berpotensi terjadi di hari depan, berikut tips harmonis hidup serumah dengan mertua yang bisa Anda ikuti:

1. Sayangi mertua, jauhi prasangka

Sejak awal hidup serumah, Anda sebaiknya membuang jauh-jauh pemikiran buruk tentang perlakuan mertua. Berpikir positiflah bahwa Anda mampu hidup rukun dan akrab dengan sang mertua. Lebih dari itu, sayangilah mertua layaknya orangtua Anda, agar hidup dengan mertua terasa menyenangkan dan harmonis.

2. Mengalah dan komunikasikan masalah dengan baik

Ketika terjadi perbedaan pendapat dan kebiasaan, perbanyaklah mengalah kepada mertua. Ingatlah, mengalah bukan berarti kalah. Jika timbul berbagai permasalahan akibat perbedaan pendapat, tidak ada salahnya untuk mengomunikasikan pendapat Anda dengan mertua, tentunya dengan bahasa yang tepat, sopan, lembut, dan tidak menyinggung. Tak lupa, biasakan untuk mencari solusi atas permasalahan bersama-sama.

Hidup Bersama Mertua Tak Selalu Buruk

Hidup bersama mertua tidaklah selalu buruk, jika Anda mau bersabar dan berusaha. Sayangi dan hormatilah mertua Anda seperti orangtua Anda sendiri, bagaimanapun keadaannya. Ingatlah, tanpa sang mertua, tentunya pasangan Anda tak akan lahir ke dunia, bukan?

Sabda Rasulullah, Inilah Anugrah Bagi Orang Tua yang Mempunyai 3 Anak Perempuan

Keutamaan memiliki anak perempuan. Kebanyakan orang ingin mempunyai anak laki-laki, hal ini dikarenakan oleh kepercayaan bahwa anak laki-laki bisa menolong orang tua lebih lagi untuk bekerja. Dengan mempunyai anak laki-laki bisa memperoleh lebih banyak harta, serta anggaran untuk menafkahi anak laki-laki juga lebih mudah ketimbang perempuan. Tetapi contoh tersebut sebaiknya dihindarkan sebab Islam juga mengajarkan keutamaan melahirkan anak perempuan yang nyatanya memiliki banyak fungsi bagi orang tuanya. Tidak hanya tersebut beberapa aliran yang diberikan terhadap anak perempuan bakal bisa sehingga bekal untuknya saat kiamat telah tiba nantinya. Sebab itulah baik halnya apabila orang tua mempunyai anak perempuan contohnya diajarkan oleh beberapa hadits berikut. (foto cover: ilustrasi)

Nah jadi bagaimana keutamaan mempunyai 3 anak perempuan?

Hadits keutamaan mempunyai anak perempuan

Kisah yang pertama berasal dari A’isyah radhiyallahu‘anha yang menceritakan bahwa ia berjumpa dengan seorang bunda yang mempunyai dua orang anak perempuan & mereka meminta sesuatu.

Sayangnya pada saat tersebut A’isyah sedang tidak mempunyai apapun tidak hanya suatu kurma saja. Tetapi saat diberikan kepadanya, bunda tersebut justru membagi kurma yang hanya suatu tersebut menjadi dua yang lalu diberikan pada anaknya.

Saat hal tersebut diceritakan terhadap rasulullah maka dijawab mengenai keutamaan merawat anak perempuan yang bakal menjadi tameng bagi orang tuanya di neraka, itulah sebab untuk mempunyai anak perempuan.

Selain hadits keutamaan anak perempuan, ada pula hadits tentang keutamaan memiliki anak perempuan dari Anas yang berbicara bahwa orang tua yang memelihara serta memberikan nafkah dengan baik terhadap dua anaknya yang perempuan hingga saatnya baligh maka hubungan orang tua tersebut dengan rasulullah bakal menjadi dekat di hari kiamat layaknya jari-jari tangan yang dekat satu dengan yang lainnya., seperti yang dilansir oleh ruqoyyah.com

Ada lagi hadits tentang keutamaan anak perempuan lainnya dari Ibnu Abbas yang menyebutkan bahwa siapapun yang mempunyai anak perempuan serta memelihara & tidak membunuhnya dengan cara dikuburkan dalam keadaan hidup, serta tidak menghina anak perempuan, atau lebih mengunggulkan anak laki-laki daripada anaknya yang perempuan, dengan demikian keutamaan mengasuh anak perempuan yang bakal membawanya ke surga.

Ada pula Uqbah yang berbicara hadits dari rasulullah yang menceritakan bahwa orang tua yang memelihara 3 anaknya perempuan dengan sabar serta memberinya makan & minum juga pakaian yang berasal dari kesuksesan usahanya, dengan demikian anak-anaknya yang perempuan tersebut yang bakal sehingga tameng baginya dihari kiamat maupun di neraka.

Siapa yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar, memberinya makan, minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari kiamat. (HR. Ahmad 17403, Ibnu Majah 3669, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Hadits keutamaan anak perempuan yang terbaru berasal dari Anas yang berbicara bahwa orang tua yang mempunyai dua atau tiga orang anak perempuan atau bahkan saudara perempuan serta menafkahi mereka hingga saatnya mereka menikah maupun hingga mereka meninggal maka hubungan orang tua tersebut dengan rasulullah bakal menjadi dekat di hari kiamat contohnya jari-jari yang dekat satu dengan yang lainnya. Demikianlah keutamaan mempunyai anak perempuan.

“Siapa yang menafkahi dua atau tiga anak perempuan atau saudara perempuan, hingga mereka menikah atau sampai dia mati, maka aku dan dia seperti dua jari ini.” Beliau berisyarat dengan dua jari: telunjuk dan jari tengah. (HR. Ahmad 12498 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Kita bisa melihat dari beberapa hadits keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam menurut islam yang telah disebutkan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa mempunyai anak perempuan merupakan hal yang baik. Hal tersebut dikarenakan anak perempuan bisa menyelamatkan orang tua mereka dari siksa api neraka.

Bukan hanya hal tersebut, orang tua juga harus memberikan nafkah yang benar terhadap anak perempuan mereka hingga mereka akhirnya menikah dengan sabar. Mereka juga tidak boleh merasa marah serta terhina saat mempunyai anak perempuan, sebab hal tersebut benar-benar kurang baik.

Kita lihat ada banyak keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam yang dijelaskan dalam hadits di Al-Quran yang pasti saja merupakan salah satu hukum yang harus diikuti dengan baik oleh semua umat muslim.

Kesimpulan keutamaan anak perempuan dan keutamaan mendidik anak perempuan:

  • Anak perempuan akan menjadi tameng bagi orang tuanya di neraka
  • Mengasuh 3 anak perempuan maka akan menjadikan tameng saat kiamat
  • Anak perempuan wajib mengasuh orang tuanya.

Itulah artikel keutamaan punya 3 anak perempuan, dan ternyata keutamaan anak perempuan dalam islam itu harus merawat dan menyayangi anak perempuan. Wallahu A’lam…

Tags: #anugrah punya tiga orang anak perempuan #curhat hidup dengan mertua #sering menangis dan berat badan turun #tips hidup serumah dengan mertua