7 Bahan Alami yang Dipercaya Dapat Mencegah Kehamilan, Banyak Yang Belum Tahu


Banyak pasangan muda memilih untuk menunda kehamilan, rasa kekhawatiran dalam membesarkan anak terkadang muncul dikarenakan pasangan baru ini belum memiliki banyak pengalaman. Tapi bagaimana cara mencegah kehamilan yang aman? Dengan konsumsi makanan sebenarnya bisa lho moms, tapi makanan apa sajakah itu? Yuk, simak pemaparannya!

Dilansir dari HaiBunda, terdapat beberapa makanan yang bisa moms konsumsi untuk menunda kehamilan, antara lain:

Pepaya
Pepaya dapat menjadi salah satu obat KB yang efektif untuk mencegah kehamilan. Pasalnya, dengan konsumsi pepaya dapat mengurangi jumlah sperma pada pria. Selain itu, mengosumsi pepaya juga dipercaya dapat menimbulkan kontraksi pada serabut otot rahim sehingga memicu menstruasi. Pepaya juga memiliki kandungan enzim bernama papain yang dapat menekan progesteron sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan setelah berhubungan intim.

Jahe
Alasannya jahe dapat menjadi pencegah kehamilan adalah karena tanaman rimpang ini mampu menginduksi tubuh moms sehingga memungkinkan terjadi menstruasi. dipercaya bisa dikonsumsi untuk mencegah kehamilan. Cara membuat ramuan jahu cukup mudah yakni dengan menambahkan parutan jahe ke dalam panci berisi air mendidih selama 5 menit saring airnya tambahkan madu kemudian minum.

Aprikot
Aprikot adalah buah yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah implantasi janin atau munculnya tanda awal kehamilan secara alami. Dengan mengkonsumsi buah aprikot 5 sampai 10 biji buah aprikot sehari setelah berhubungan badan maka dapat mencegah terjadinya kehamilan.

Nanas
Sama halnya buah aprikot nanas juga berkhasiat mencegah implantasi janin. Selain itu, nanas juga sebagai agen pencegahan abortifasien, dan bersifat embriotoksik yang dapat mencegah kehamilan. Cukup dengan mengonsumsi nanas mentah selama 2-3 hari setelah berhubungan maka kehamilan dapat dicegah.

Mangga
Hasil temuan peneliti dari University of California, Berkeley menunjukan dua senyawa bernama Pristimerin dan Lupeol pada mangga yang bila digabungkan bisa menjadi senyawa ampuh untuk menutup jalan sperma ke arah sel telur. Kedua senyawa ini juga ampuh mencegah kehiperaktifan sperma. Hasilnya sperma akan susah menemukan jalannya ke arah sel telur, sehingga mampu mencegah kehamilan secara alami.

Peterseli
Peterseli, bumbu dapur yang digunakan untuk pemberi aroma makanan ini ternyata juga merupakan obat rumahan yang efektif untuk mencegah kehamilan. Dengan konsumsi peterseli dalam jumlah banyak dipercaya dapat menebabkan kontraksi uterus. Maka dari itu petersel dianggap sebagai salah satu bahan alami yang untuk mencegah kehamilan bahkan tanpa menimbulkan efek samping.

Kayu Manis
Dari dulu kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang dapat merangsang rahim, dan dapat menyebabkan keguguran makanya ibu hamil dilarang mengkonsumsinya. Walau begitu sebenarnya efek kayu manis tidak berfungsi secara instan. Jadi harus dikonsumsi secara teratur untuk jangka waktu yang lama. Jadi bila ingin mencegah kehamilan konsumi secara teratur kayu manis dalam jangka waktu yang lama.

Moms itulah beberapa cara alami mencegah kehamilan. Nah, walau berkategori aman tetaplah penting untuk mendiskusikan apa yang moms konsumsi dengan dokter kandungan, agar kondisi badan tetap prima. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags: #bahan alami mencegah kehamilan #cara alami mencegah kehamilan #mencegah kehamilan