7 Curug Untuk Melepas Penat di Bogor, Tak Lengkap Kalau Tidak Mandi

49 views


Tak usah jauh-jauh, traveler bisa mengunjungi banyak wisata curug di daerah Jawa Barat. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut 7 Curug di Bogor untuk melepas penat.

1. Curug Cibaliung
Curug Cibaliung kerap disebut dewi cantik yang bersembunyi, karena letaknya berada di pelosok. Tepatnya, curug ini berlokasi di Desa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju curug yang tersembunyi ini, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari tempat parkir. Namun ketika sampai, keindahan curug akan menyambut wisatawan.

Tak jauh dari Curug Cibalung, ada empat curug lain yang juga bisa wisatawan kunjungi, yaitu, Curug Leuwi Hejo, Leuwi Liek, Leuwi Ciung, Leuwi Cepet.

2. Curug Ciherang
Curug Ciherang memiliki keistimewaan, yaitu bentuk air terjun yang berundak tiga. Airnya pun jernih dan segar.

Curug Ciherang berlokasi di Desa Warga Jaya, Kecamatan Suka Makmud, Kabupaten Bogor. Keunikan lain di curug ini yaitu wahana air yang lucu untuk anak-anak.

Traveler yang suka berfoto juga bisa berpose di spot Instagramablenya, yaitu rumah pohon yang dilengkapi jembatan gantung. Dari sana, kamu bisa mengabadikan pemandangan air terjun dan gugusan gunung yang cantik.

3. Curug Bidadari
Curug Bidadari dikelola oleh Paradise Park Sentul. Berbeda dengan biasanya, akses jalan untuk wisatawan sudah bagus karena banyaknya perumahan di sekitar curug.

Berlokasi di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Mandang, Bogor, Jawa Barat, Curug Bidadari sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata.

Traveler bisa menyewa ban untuk berenang atau bisa juga bersantai di tepian curug untuk menikmati segarnya percikan air.

4. Curug Pangeran
Konon, katanya curug yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Desa Gunung Picung ini menjadi tempat pemandian bagi para pangeran. Jarak antara area parkir ke curug hanya sekitar 150 m dengan akses yang nyaman.

Air curug yang berwarna kebiruan dan jernih telah tampak dari kejauhan. Wisatawan bisa berenang di sini karena arusnya tak begitu deras. Tapi tetap, wisatawan diimbau tak mendekati pusat aliran air.

5. Curug Balong Endah
Masih berlokasi di Taman Nasional gunung Halimun Salak (TNGHS), Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, air terjun yang dimiliki Balong Indah begitu jernih dan berwarna kebiruan. Wisatawan bisa berenang di bawah air terjun atau sekedar bersantai menaiki pelampung.

Untuk sampai di kawasan curug, traveler memerlukan waktu 1,5-2 jam dari pusat kota Bogor. Curug Balong Endah memiliki pemandian air panas, kolam pemandian hingga bumi perkemahan.

6. Curug Cibulao
Curug Cibulao terletak paling atas dari curug lainnya. Bagi warga sekitar, Curug Cibulao adalah sumber air untuk minum dan kebutuhan dapur lainnya.

Berlokasi di kawasan Megamendung, Puncak, nama Cibulao diambil dari warna air yang kebiru-biruan menyerupai blao. Nah, keindahan itulah yang membuat wisatawan terus berdatangan ke tempat ini.

Curug ini memiliki dua leuwi atau kolam dengan kedalaman yang berbeda. Leuwi pertama memiliki kedalaman hingga delapan meter, sedangkan yang kedua kedalamannya sekitar lima meter.

7. Curug Putri Kencana
Jika Curug Cibulao memiliki air berwarna biru, Curug Putri Kencana memiliki air dengan warna tosca. Kedalamannya sekitar 1,5-2 meter. Lokasinya berada di Jalan Gunung Wangun, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Tags: #curug di bogor #curug untuk melepas penat