7 Efek Begadang ini Mengintaimu yang Suka Tidur di Atas Jam 11 Malam

478 views


“Eh, jam berapa nih?”

“Jam 11 kurang 10 menit. Kenapa sih?”

“Waduh, aku harus tidur sekarang. Oke, sampai besok, ya!”

“Dih, dasar anak rumahan. Baru jam segini aja udah tidur…”

Sadarkah kamu? Tubuh kita punya pola rutinitas kehidupan yang mengatur segala aktivitas yang dilakukan organ tubuh dengan semestinya. Itulah kenapa kita terbiasa beraktivitas di siang hari dan beristirahat di malam hari.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang harus rela tidur selepas tengah malam dalam rangka menjalankan tugas atau karena nggak terbiasa? Untungnya, jam biologis bisa menyesuaikan pola rutinitas yang dijalani terus-menerus. Tapi, alangkah baiknya kamu nggak memaksakan ritme yang sudah terbentuk dengan tidur nggak tertib. Karena tidur yang baik adalah selambat-lambatnya sebelum pukul 11 malam. Hati-hati, ini efek begadang bagi kesehatan maupun berat badan jika kamu kerap tidur di atas jam 11 malam.

1. Jam biologismu jelas terganggu dan kesulitan untuk mengontrol aktivitas harian, dampaknya nggak baik untuk kondisi fisik dan mental

Jam biologis adalah waktu di mana organ tubuh akan bekerja secara optimal untuk mengatur segala aktivitas termasuk selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang.

Jam biologis ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan baik fisik maupun mental. Faktanya, jam tidurmu telah diatur mulai pukul 11 malam. Perhatikan siklus jam biologis di waktu selama kamu dianjurkan untuk beristirahat, berikut:

21.00 – 23.00 WIB
Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa.

23.00 – 01.00 WIB
Jam piket organ jantung sedang lemah, sedangkan kantung empedu sedang bertugas mengeluarkan cairan untuk pencernaan. Sebaiknya beristirahat di jam ini agar kantung empedu dapat berfungsi maksimal dalam memproduksi cairan, begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

01.00 – 03.00 WIB
Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolisme tubuh secara maksimal. Nggak heran kalau umumnya orang mengantuk pada jam-jam ini karena hati memang sedang membutuhkan banyak darah untuk menjalankan fungsinya.

03.00 – 05.00 WIB
Jam piket organ paru-paru kuat. Terjadi proses pembuangan limbah atau racun pada organ ini. Setelah bangun tidur dianjurkan melakukan olahraga agar fungsi paru-paru maksimal.

Nah, ketahuan kan efek begadang bagi tubuh kalau kamu sering tidur di atas jam 11 malam? Otak akan mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol aktivitas organ dalam karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental, dengan kerusakan hati sebagai dampak terburuknya. Ih, jangan sampai deh!

2. Karena jam biologis yang kacau, kamu bakal kesulitan untuk tidur di jam-jam yang dianjurkan. Alhasil, insomnia!

Ketika jam biologismu terlanjur kacau karena tidurmu yang melewati jam yang dianjurkan, maka kamu akan menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam.

Kamu akan kesulitan tidur hingga pagi menjelang. Efek begadang bagi remaja ini jika dibiarkan bakal bikin lemas saat bangun karena nggak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

3. Produktivitas dalam menjalani aktivitas sehari-hari menjadi menurun, kamu akan mudah lelah dan mengantuk

Tidur yang cukup di malam hari adalah faktor terpenting dalam kemampuan seseorang untuk mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi, mengatasi stres, dan merasakan kepuasan dalam hidup. Tidur yang cukup berdampak langsung pada suasana hati dan emosi kita, kemampuan kita untuk berpikir kreatif dan merespon dengan cepat.

Efe begadang setiap hari, kamu akan selalu mengantuk dan kurang konsentrasi selama beraktivitas sehingga menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas.

4. Tidur lebih dari jam 11 malam menurunkan kekebalan tubuh, efeknya tubuhmu jadi ringkih dan gampang sakit

Ketika kamu tidur terlambat, tubuhmu akan rentan terhadap infeksi. Hal ini terjadi karena pada jam 9 sampai jam 11 malam ada proses detoksifikasi pada kelenjar getah bening.

Jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, namun jika terganggu maka kinerja otak ikut terhambat. Efek begadang bagi hati terutama, terbukti menurunkan sistem imun, sehingga kamu berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

5. Karena kerja jantung yang terganggu, risiko kardiovaskular juga akan mengintaimu

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidur di atas jam 11 malam mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Gangguan tidur yang sudah sangat kronis merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung, tekanan darah tinggi, dan juga stroke.

Jam piket organ jantung akan melemah saat malam hari, jadi pastikan kamu mendapatkan cukup tidur di waktu-waktu yang tepat agar terhindar dari efek begadang bagi jantung.

6. Nggak cuma kardiovaskular, penyakit kanker juga akan terpicu kemunculannya karena jam biologis yang terganggu

Tidur selepas jam 11 malam berisiko terkena penyakit kanker. Efek begadang bagi wanita maupun pria ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

7. Lagi, kamu yang suka tidur larut malam bakal mengalami kegemukan. Nah lo!

Efek begadang bagi berat badan juga mengancam mereka yang seringkali tidur larut malam. Hal ini disebabkan karena pada waktu tidur terjadi penurunan leptin (pemberi sinyal kenyang ke otak serta merangsang nafsu makan), dan peningkatan ghrelin (perangsang rasa lapar).

Mereka yang sering tidur larut malam, bukan hanya nafsu makannya saja yang terangsang, tapi juga timbul hasrat yang kuat untuk menyantap berbagai jenis makanan tanpa terkontrol, seperti makanan berlemak atau makanan berkarbohidrat tinggi. Padahal kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas.

Meski beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang tidur selepas tengah malam lebih kreatif dan produktif karena penggunaan jam malam untuk berkreativitas, baiknya kamu tetap memerhatikan dari sisi kesehatan. Bahwa tidur malam lebih dari jam 11 itu punya dampak yang nggak sembarangan. Nggak main-main, efek begadang bagi wajah juga bakal mengintaimu lantaran kulit yang harusnya beregenerasi malah dibiarkan tak istirahat. Yuk, mulai sekarang tidur tertib, ya!

=====

6 Bekal Penting Menyusui buat Ibu yang Segera Melahirkan. Mudah Dipraktikkan!

Jelang trimester akhir, biasanya para ibu hamil akan semakin gencar dalam mempersiapkan segala printilan bayinya. Saking semangatnya, kadang banyak ibu yang sampai lupa mempersiapkan hal yang paling esensial, yaitu mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menunjang proses menyusui nanti. Nah lo, padahal ini adalah salah satu kebutuhan esensial bayi yang sangat berpengaruh pada tahap penting awal kehidupannya.

Sebelum kamu terlanjur salah persiapan, kali ini Hipwee Young Mom akan mengulas seputar apa saja persiapan ASI yang dibutuhkan jelang kelahiran. Ingat, jangan sampai persiapannya terlambat dan kamu malah kelabakan setelah bayinya sudah lahir. Meng-ASI-hi itu memang nggak mudah, tapi dengan persiapan yang cukup baik akan membantu mengurangi stres di bulan-bulan pertama saat menjadi ibu baru.

1. Luangkan waktu khusus untuk konsultasi dengan konselor ASI yang sudah lebih berpengalaman. Ini lo alasannya…

Kalau dulu mungkin berkonsultasi dengan konselor ASI itu hanya dilakukan saat proses meng-ASI-himu bermasalah, kini menghubungi konselor ASI lebih awal justru akan mencegah masalah yang bisa terjadi pasca melahirkan nanti. Memperoleh edukasi dan dukungan yang tepat seputar meng-ASI-hi sebelum melahirkan akan membantumu lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan setelah melahirkan nanti.

Penting diingat, bukan cuma ibu saja yang wajib mengikuti kelas konseling laktasi tapi juga ayah dan bahkan ibu atau mertua yang kelak akan menjadi supporter-mu selama menyusui nanti. Kamu bisa mendapatkan konseling laktasi ini dari rumah sakit tempat kamu biasa kontrol atau googling yayasan AIMI ASI terdekat di kotamu.

2. Pahami tubuhmu dengan baik. Proses meng-ASI-hi itu bukan proses yang mudah, tapi juga nggak sesulit yang kamu bayangkan asalkan kamu sudah paham dasarnya

Dilansir dari Today’s Parent, salah satu persiapan penting jelang melahirkan adalah memahami kondisi tubuhmu dengan baik. Memahami bentuk payudara dan put*ngmu sangat penting, agar kamu tahu trik mempersiapkan ASI-mu nanti. Misalnya nih, sejak awal kamu sudah tahu cara menyiasati put*ng yang masuk ke dalam agar tetap bisa menyusui dengan normal. Selain itu kamu juga perlu membuat daftar, makanan atau hal apa saja yang bisa jadi ASI booster-mu kelak.

3. Mulai berburu barang-barang yang bisa mendukungmu untuk meng-ASI-hi. Jangan sampai telat belanjanya pas adik bayi sudah lahir!

Yuk, mulai persiapkan barang-barang pendukung untuk proses menyusui. Dari sekarang kamu bisa mulai mencari referensi dan review seputar alat pompa ASI, kantong ASI perah, alat-alat sterilizer sampai bantal menyusui yang bisa mendukung proses menyusuimu nanti. Jangan lupa sesuaikan dengan bujet kamu juga ya, yang penting kualitasnya baik sehingga bisa bertahan lama.

4. Persiapkan mentalmu dan pasangan untuk menghadapi berbagai hal seputar ASI. Siap-siap dengan plan B atau plan C, jaga-jaga seandainya plan A nggak berhasil

Mental juga perlu dipersiapkan. Jangan lupa strateginya juga dibuat, supaya kamu siap dengan segala kemungkinan. Jangan terlalu kaku juga, kalau memang seandainya nanti kamu butuh donor ASI, persiapkan dari sekarang.

5. Luangkan waktu di dua minggu pertama pasca melahirkan untuk benar-benar fokus memberikan ASI dan beristirahat saja di rumah

Kesampingkan dulu sifat perfeksionismu dan jangan gengsi untuk minta tolong dengan keluarga atau sahabat dekat untuk membantumu saat mereka berkunjung ke rumah. Komunikasikan juga jauh-jauh hari dengan suami, untuk bisa bekerja sama dan jika memungkinkan mencari orang yang bisa bantu-bantu di rumah, terutama di minggu-minggu pertama agar kamu bisa fokus menyusui dan beristirahat.

6. Sediakan spot khusus yang nyaman dan bisa mengakomodasi kebutuhanmu selama menyusui agar bisa mendukung proses ASI ekslusif buat bayimu nanti

Sediakan sudut yang yang nyaman tempatmu bisa duduk atau setengah berbaring menyusui si kecil. Termasuk juga meja atau rak khusus tempatmu bisa menjangkau barang atau keperluan yang dibutuhkan selama menyusui, seperti buku, camilan atau speaker musik yang akan menemanimu menyusui.

Last but not least, jangan lupa untuk selalu berusaha berpikiran positif selama menjalani masa-masa akhir kehamilan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, kamu nggak sendirian kok menjalani masa-masa menyusui. Memiliki komunitas atau teman yang bisa diajak berbagi seputar menyusui juga bagus untuk menemani perjalananmu. Intinya sih, nikmati saja masa-masa kehamilan dan pasca melahirkanmu nanti, jangan sampai stres dan baby blues karena justru bisa menghambat proses menyusui nanti. Semangat, ya!

Tags: #bekal penting ibu menyusui #efek negatif begadang #jangan begadang