7 Nasihat Syekh Ali Jaber untuk Para Istri kepada Suami

521 views


Pada hari Kamis, 14 Januari 2021 umat muslim Indonesia telah kehilangan sosok guru besar yang sangat dihormati ilmu agamanya, keteladanannya, serta nasihatnya. Beliau adalah Syekh Ali Jaber. Salah satu ulama di Indonesia yang keilmuannya begitu luar biasa mengetuk hati jamaahnya.

Syeikh Ali Jaber dikenal sebagai ulama yang santun, lembut, penuh kasih, sangat rendah hati, dan tidak pernah lelah mengisi ceramah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ceramah-ceramahnya banyak terdokumentasikan di Youtube dengan berbagai topik bahasan.

Dalam sebuah kesempatan, beliau memberikan sebuah ceramah. Beliau memberikan nasihat-nasihat untuk para istri agar bisa menjadi sosok istri yang dicintai suami.

Sebagai bentuk mengenang sosok Syekh Ali Jaber, Popmama.com akan rangkumkan beberapa nasihat Syekh Ali Jaber untuk para istri kepada suami.

1. Bagaimana pun kondisi suami, istri tidak boleh memarahi suaminya

Nasihat pertama yang Syekh Ali Jaber ingatkan untuk para istri kepada suami adalah untuk tidak mudah marah terhadap suami. Apa pun dan bagaimana pun kondisi suami jangan sekali-kali marah. Mencaci-maki suami juga merupakan sebuah dosa.

2. Saat suami salah, ingatkan suami dengan cara yang baik

Istri yang baik adalah istri yang akan mengingatkan suami ketika suami melakukan kesalahan. Istri yang baik tentu menginginkan imamnya bisa menjadi panutan untuk keluarganya.
Ketika suami belum solat maka ingatkan. Cara mengingatkannya pun harus di waktu yang tepat. Misalkan, di waktu habis makan atau saat suami dipijat.

3. Tidak menasihati suami di hadapan orang banyak

Syekh Ali Jaber juga menasihatkan kepada para istri untuk tidak menasihati suami di hadapan orang banyak. Hal tersebut dapat melukai harga dirinya sebagai laki-laki dan membuat kecewa kepada istrinya. Bahkan, ada sebuah ancaman dalam sebuah hadis,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا مِنْ رَجُلٍ يَدْعُو امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَتَأْبَى عَلَيْهِ إِلاَّ كَانَ الَّذِي فِي السَّمَاءِ سَاخِطًا عَلَيْهَا حَتَّى يَرْضَى عَنْهَا

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak (enggan terhadapnya), maka penghuni langit murka kepadanya hingga suaminya ridha kepadanya.” (HR. Bukhari no. 5194 dan Muslim no.1436).

4. Walaupun suami tidak bisa penuhi kewajibannya, istri tetap harus penuhi kewajibannya

Nasihat penting lainnya dari Syekh Ali Jaber untuk para istri kepada suaminya ialah selalu penuhi kewajibannya.
Walaupun suami tidak memenuhi kewajibannya, tetapi istri tetap wajib memenuhi kewajibannya. Sebab, memenuhi kewajiban antara suami dan istri adalah tanggung jawabnya kepada Allah, bukan semata karena pasangan.
Dalam berumah tangga harus ada yang mengalah di antara salah satunya. Bukan saling menuntut dan saling membalas.

5. Selalu bersabar dalam melayani suami

Dalam ceramah, Syekh Ali jaber menceritakan tentang sosok istri salihah yang menikah dengan sosok suami yang solat saja masih tertinggal. Tetapi, kesalihan perempuan tersebut yang membawanya untuk tetap bersabar dalam melayani suaminya.

Istri tersebut akan selalu menyediakan pakaian suami sampai pakaian itu dipakai suaminya. Selain itu, tidak pernah sekalipun suaminya akan keluar rumah hingga sang istri selesai membersihkan sepatunya dan memakaikannya hingga mencium kakinya.

Berkat kesabaran sang istri, suami tersebut berubah menjadi sosok suami yang salih. Bahkan, suami tersebut juga menjadi sosok ulama. Hal tersebut berkat kesabaran sosok istri.

6. Harus pintar menggoda suami dengan hal yang disukai suami

Seringkali para istri lebih pandai berdandan saat keluar rumah. Lebih terlihat cantik saat di luar rumah dibandingkan di dalam rumah. Padahal, seorang istri harus lebih pandai terlihat cantik di hadapan suami dibandingkan di hadapan orang lain.

Oleh karena itu, Syekh Ali Jaber menyampaikan nasihat untuk para istri agar tahu bagaimana cara menggoda suami agar tidak berpaling kepada perempuan lain.

Lakukanlah apa yang suami sukai. Sebab, seharusnya istrilah yang lebih paham apa yang membuat hati suami akan selalu kembali kepada dirinya.

7. Tidak boleh bosan merasa bosan terhadap suami

Syekh Ali Jaber juga berpesan bahwa tidak boleh para istri merasa bosan kepada suami. Bersegeralah merespon suami. Bersegeralah menghampiri suami. Jangan sampai ada celah sedikit pun di otak suami selain istrinya.

Hal inilah yang menjadi kelebihan istri untuk dapat membuat suaminya tidak berpikir macam-macam hingga membuat suaminya malu. Malu melihat kesalihan istrinya. Malu dengan usaha yang dilakukan istrinya.

Itulah beberapa nasihat Syekh Ali Jaber untuk para istri kepada suaminya agar menjadi sosok istri salihah yang akan selalu membuat hati suami kembali kepadanya.

Semoga nasihat-nasihat yang beliau sampaikan menjadi amalan jariyah karena telah membuat banyak suami istri menjadi pasangan yang penuh keberkahan.

Jurus Sehat ala Rasulullah yang Sudah Terbukti, Patut Ditiru

Jurus sehat Rasulullah ini perlu kita contoh. Sebab seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

Sudah semestinya kita menjaga kesehatan. Musabab sehat adalah nikmat Allah SWT yang harus dijaga. Berikut ini jurus sehat ala Rasullullah SAW yang dikutip dari situs resmi Kemenkes RI.

1. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

3. Tidak Marah

Jurus sehat ala Rasullulah kali ini adalah sabar alias tak gampang marah. Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti menjaga kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak, cara hidup Rasulullah sehari hari tersebut, atau disebut sunnah beliau yang sampai saat ini masih diikuti umatnya.

5. Menjaga Pola Makan

Jurus sehat ala Rasulullah berikutnya adalah di pagi hari suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

7. Bersilaturahim

Jurus sehat ala Rasulullah juga dilakukan dengan menjalin silaturahmi. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori).

Itulah, 8 jurus sehat ala Rasulullah ala Rasulullah Saw. yang perlu kita ikuti. Mulai sekarang jaga pola hidup sehari-hari supaya tidak gampang sakit.

Tags: #jurus sehat ala rasulullah saw #nasehat untuk para istri #nasehat untuk para istri kepada suami #nasihat syekh ali jaber