7 Pengorbanan Istri yang Sering Tidak Disadari Suami, Apa Saja Ya?

421 views


Wanita adalah karunia terindah yang ada dan penting di dunia, tapi banyak perjuangan dan pengorbanan wanita tidak di ketahui pria.

Satu

Ketika suami menikah lagi dan perempuan berusaha menerima (karena alasan ekonomi atau agama atau alasan apapun), ia akan duduk sendiri di setiap malam dalam gelap kamar saat suaminya tengah mendekap mesra seorang perempuan lain di ranjang lain.

Ia akan (mungkin) menangis karena terluka, tapi demi anak-anak ia akan berusaha menerimanya dengan sabar.

Dua

Sebagai isteri ia siap mengorbankan impian-impianny­a demi mengurus suami (yang kadang bersifat kekanak-kanakan­ dan minta diurus) dan anak-anak yang bandel.

Tiga

Ketika suami mencela masakannya, ia akan bersusah payah belajar masak dari siapapun untuk bisa menghidangkan makanan dengan rasa terbaik pada suami dan anak-anaknya.

Empat

Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jam kerjanya tak berbatas. Ia bangun ketika siapapun di rumah belum bangun, mulai bekerja, memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian, lalu mengurus suami sebelum pergi kerja.

Dia juga mengurus anak-anak berangkat sekolah, ketika pakaian kering di jemuran ia akan mengangkatnya dan menyetrika dengan rapi.

Lima

Kemudian setelah begitu capek mengurus rumah tangga, malam giliran memenuhi ini itu suaminya.

Mulianya seorang isteri adalah: tukang masak, tukang cuci, cleaning service, babu dan penghibur suaminya digabung jadi satu.

Enam

Ketika suaminya menginginkan punya anak 4, 5, 6 atau 9 orang, ia sebagai isteri harus siap menderita mengandung anak dan bertarung nyawa melahirkannya.

Suami kadang tidak terlalu paham penderitaan macam begini karena mereka tidak mengalaminya

Tujuh

Meski laki-laki tak paham benar, tapi Allah Maha Mengerti, karena itulah ia memberi reward pada pengorbanan perempuan.

Bagi yang meninggal karena melahirkan anak, Tuhan langsung memberinya surga.

Bagi isteri yang setia bekerja mengurus rumah tangganya, dengan sabar dan ikhlas, maka silahkanlah ia masuk surga dari pintu mana saja ia suka.

Mulialah wanita shalihah. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan. Jika ia wafat, Allah akan menjadikannya bidadari di surga.

Kemuliaan wanita shalihah digambarkan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim).

======

5 Manfaat Greek Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh

Sesuai dengan namanya, greek yoghurt merupakan jenis yoghurt yang berasal dari Yunani. Di balik rasanya yang gurih, greek yoghurt juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan kekuatan tulang.

Berbagai jenis yoghurt, termasuk greek yoghurt, sama-sama berasal dari hasil fermentasi susu sapi. Namun, berbeda dengan jenis yoghurt lainnya, greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dan lebih lembut.

Sama seperti yoghurt biasa, greek yoghurt juga mengandung probiotik. Namun, greek yoghurt mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak protein dibanding yoghurt biasa.

Berkat kandungan nutrisi dan probiotiknya, greek yoghurt cukup banyak dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat dan baik untuk mendukung program diet.

Kandungan Nutrisi pada Greek Yoghurt

Di dalam 100 gram greek yoghurt, terkandung sekitar 70 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 1,9 gram lemak
  • 4 gram karbohidrat
  • 3,5 gram gula
  • 115–120 miligram kalsium
  • 140 miligram fosfor
  • 140 miligram kalium
  • 0,6 miligram zinc
  • 25 miligram kolin
  • 12,5 mikrogram selenium

Greek yoghurt juga mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, dan vitamin K.

Beragam Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat greek yoghurt untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Greek yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari beragam bakteri penyebab penyakit, seperti diare.

Probiotik bekerja dengan cara mengganti bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

2. Menguatkan tulang

Kandungan kalsium, protein, dan vitamin K pada greek yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini menjadikan greek yoghurt baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia guna mencegah osteoporosis.

Selain itu, tekstur greek yoghurt yang lebih kental juga memudahkan orang untuk mengunyahnya, khususnya orang lanjut usia.

3. Menurunkan dan mengontrol berat badan

Greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak dari jenis yoghurt lainnya. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, greek yoghurt bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran bila jenis yoghurt ini baik dikonsumsi untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

4. Menurunkan tekanan darah

Greek yoghurt merupakan salah satu sumber kalium yang baik. Mineral ini merupakan salah satu asupan nutrisi penting yang berperan untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi greek yoghurt baik untuk mencegah dan mengontrol hipertensi.

Namun, bila ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda sebaiknya memilih greek yoghurt tanpa perasa dan rendah lemak karena lebih menyehatkan bagi tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Greek yoghurt merupakan salah satu makanan sehat yang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin menjalani pola makan sehat, termasuk mengonsumsi greek yoghurt, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Hal ini diduga berkat kandungan berbagai nutrisi di dalam greek yoghurt yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam darah. Dengan demikian, Anda pun akan terhindar dari risiko penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah (aterosklerosis).

Cara Menikmati Greek Yoghurt

Konsumsi greek yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga kesehatan tubuh.

Greek yoghurt dapat dinikmati langsung, tetapi beberapa orang yang belum terbiasa dengan rasa asam pada yoghurt dapat mencoba mengonsumsinya dengan buah-buahan atau sayuran. Greek yoghurt juga baik dikonsumsi dengan roti gandum saat sarapan.

Greek yoghurt memiliki beragam manfaat bagi kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Anda dapat mengonsumsinya dengan beberapa cara di atas atau disesuaikan dengan selera.

Greek yoghurt merupakan salah satu pilihan makanan yang baik dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari. Namun, jika Anda memiliki kondisi tertentu, misalnya memiliki alergi terhadap yoghurt atau intoleransi laktosa, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi greek yoghurt.

======

Manfaat dan Bahaya Sparkling Water bagi Kesehatan Tubuh

Sparkling water sering dianggap sebagai pengganti soda yang baik, sehat, dan menyegarkan. Namun, tak sedikit juga yang menganggap bahwa minuman ini memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sparkling water, simak artikel ini.

Sparkling water adalah air yang berkarbonasi atau mengandung gelembung gas karbondioksida. Ada dua tipe sparkling water, yaitu sparkling water alami dan sparkling water buatan.

Sparkling water alami diambil dari sumber mata air asli yang sejak awal telah berkarbonasi serta mengandung berbagai mineral dan senyawa sulfur.

Sementara sparkling water buatan merupakan air minum yang diberikan tambahan karbondioksida menggunakan mesin bertekanan. Beberapa produk sparkling water buatan juga mengandung tambahan mineral serta gula atau sirup tinggi fruktosa.

Fakta Seputar Bahaya Sparkling Water

Tak hanya soda, saat ini banyak orang yang juga percaya bahwa air berkarbonasi seperti sparkling water bisa berdampak buruk bagi kesehatan tulang dan gigi, serta meningkatkan risiko irritable bowel syndrome (IBS). Benarkah demikian?

Jenis minuman soda tertentu diketahui dapat mengurangi kepadatan mineral pada tulang, karena minuman ini mengandung fosfor yang dapat meningkatkan pembuangan kalsium lewat urine. Meski sama-sama berkarbonasi, sparkling water tidak mengandung fosfor sehingga tidak memiliki efek yang sama.

Sparkling water yang murni juga tidak mengandung asam sitrat dan tambahan gula berlebih yang dikhawatirkan dapat merusak lapisan luar gigi. Jadi, kekhawatiran bahwa minuman ini dapat merusak gigi hanya berlaku untuk sparkling water yang mengandung tambahan asam sitrat dan gula.

Keresahan lain juga muncul dari kandungan karbondioksida dalam sparkling water yang dianggap bisa berubah menjadi asam karbonat, sebuah asam kuat yang dapat merusak gigi. Faktanya, karbondioksida pada sparkling water hanya berupa gas yang terbukti tidak dapat merusak gigi.

Dalam kasus irritable bowel syndrome (IBS), memang benar minuman berkarbonasi seperti sparkling water dapat menyebabkan kembung dan gas yang dapat membuat gejala IBS kambuh. Namun, minuman ini tidak menyebabkan IBS pada orang yang tidak memilikinya.

Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sparkling water berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya, minuman ini justru bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Sparkling Water bagi Kesehatan

Jika Anda tidak suka minum air biasa, sparkling water yang bebas gula dan kalori bisa menjadi pilihan tepat. Minuman ini bisa membantu mencegah dehidrasi layaknya air biasa, tetapi memberikan sensasi gelembung yang menyenangkan.

Selain itu, sparkling water juga menawarkan beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Mengontrol berat badan

Jika Anda sedang menjalani program diet, asupan air yang cukup merupakan salah satu kunci untuk menjaga berat badan ideal. Daripada mengonsumsi minuman manis seperti soda, jus, atau teh manis, minum sparkling water tanpa gula tambahan adalah pilihan yang lebih baik.

Selain dapat menjadi asupan untuk memenuhi kebutuhan air, sparkling water termasuk jenis minuman yang dapat menunda lapar dengan menahan rasa kenyang lebih lama di dalam perut. Dengan kemampuannya ini, nafsu makan atau porsi makan Anda akan lebih terkontrol.

Meredakan sembelit

Rutin minum sparkling water juga terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gejala sembelit. Sayangnya, penelitian yang membuktikan manfaat sparkling water ini masih terbatas sehingga perlu dilakukan penelitian dengan skala yang lebih besar.

Meningkatkan kemampuan menelan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa minum sparkling water dapat meningkatkan kemampuan menelan dengan merangsang kerja saraf yang bertanggung jawab untuk menelan. Hal ini akan menguntungkan bagi orang lanjut usia yang mengalami kesulitan menelan.

Tak hanya itu, mengonsumsi minuman ini juga dapat membersihkan dan meningkatkan rasa lega pada tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat sparkling water dan menghindari dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh, pastikan Anda selalu membaca tabel nutrisi pada kemasan minuman ini. Hindari membeli produk sparkling water yang mengandung asam sitrat, natrium, gula, dan pemanis buatan.

Hindari minum sparkling water jika Anda memiliki masalah perut atau sering mengalami nyeri setelah minum air berkarbonasi. Bila perlu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi sparkling water, untuk memastikan minuman ini aman untuk Anda.

Tags: #manfaat greek yoghurt bagi kesehatan tubuh #manfaat sparkling bagi kesehatan tubuh #pengorbanan istri yang tidak disadari suami