8 Cara Menghilangkan Panu yang Menganggu dengan Bahan Alami

480 views


Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Meski bukan jenis penyakit yang membahayakan, moms harus membasmi panu yang menganggu dan tidak sedap dipandang. Artikel ini membahas berbagai tips alami dan berkhasiat untuk membasmi panu.

Panu memang bukan masalah yang serius, tetapi dengan munculnya panu di area kulit tentu sangat mengganggu. Namun moms tidak perlu khawatir tips di bawah ini sangat aman dilakukan untuk membebaskan kulit dari panu, lho.

Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk menambah sedap masakan, tetapi juga berguna untuk menghilangkan panu. Bawang putih memiliki allicin yang berguna sebagai anti bakteri sehingga bisa mengatasi masalah panu akibat jamur, sekaligus bawang putih mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Panu pada bayi pun bisa diatasi dengan bawang putih yang terkenal sebagai anti-jamur, anti-virus, dan anti-bakteri. Potonglah 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan bagian dalam bawang putih pada area yang mengalami panu.

Kunyit
Selain bawang putih, kunyit juga mengandung kurkumin anti-oksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, kunyit mengandung minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamansi. Kombinasi antara kurkumin dan volatile itulah yang berguna mengatasi masalah panu, baik panu putih maupun panu hitam. Cara penggunaan kunyit pada panu yakni dengan menghaluskan kunyit, tempelkan pada panu, diamkan selama 15 menit, terakhir bilas dengan air hangat.

Lengkuas
Bakteri dan jamur yang menyebabkan panu bisa dihilangkan dengan menggunakan lengkuas. Lengkuas sendiri memiliki senyawa baik seperti amilum, kuersetin, dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut bisa mengatasi panu. Cara pemakaiannya mudah cukup gosokkan daging lengkuas ke area kulit yang terkena panu, gosok hingga kulit kemerahan ya moms.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang baik untuk mengatasi panu mulai dari vitamin C, antioksidan, hingga asam sitrat. Selain mengatasi panu, jeruk nipis akan melindungi kulit dari bakteri dan jamur, moms. Moms bisa campurkan jeruk nipis yang telah dibelas menjadi dua dengan belerang, kemudian gosokkan pada area panu.

Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ternyata bermanfaat menghilangkan panu secara alami, moms. Hal tersebut dikarenakan belimbing wuluh mengandung tanin, asam format, glukosa, oksalat, kalsium, saponin, kalium sitrat, dan sulfur. Selain itu belimbing wuluh yang bersifat anti-jamur juga ampuh mengatasi panu. Moms perlu siapkan 1 buah belimbing wuluh, potong menjadi 4 bagian, usapkan pada area yang terkena panu, diamkan selama 5 menit hingga mengering.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit seperti mengecilkan pori-pori maupun mengencangkan kulit. Masalah kulit seperti panu bisa juga diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa moms campurkan dengan madu, lalu oleskan pada panu. Cara tersebut bisa dilakukan sehari 3 kali, ya, moms.

Minyak Oregano
Minyak ini berasal dari tumbuhan oregano sehingga disebut minyak oregano. Minyak oregano sendiri mengandung senyawa carvacrol yang bermanfaat membasmi jamur, bakteri, virus, dan meredakan alergi sehingga dapat mengatasi masalah panu.

Cuka Apel
Zat anti-mikroba yang terkandung di dalam cuka apel bisa menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan panu. Cara menggunakannya cukup oleskan cuka apel di area panu dengan menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Tips Glowing Dengan Bahan Alami Dari Resep dr. Zaidul Akbar

Memiliki wajah glowing bagi setiap wanita merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bukan? Apalagi jika menggunakan cara dan bahan alami. Nah moms yuk simak cara membuat masker untuk wajah glowing ala dr. Zaidul Akbar.

Manfaat Masker
Masker kecantikan ala dr zaidul akbar kini sangat gempar dibicarakan. Salah satunya adalah masker glowing yang memiliki berbagai manfaat ini sangat baik untuk kulit. Adapun manfaat masker glowing selain untuk membuat kulit wajah glowing bercahaya, masker tersebut juga dapat mengatasi masalah jerawat moms.

Masker yang terbuat dari bahan yogurt dan tomat ini dapat membasmi jerawat yang mengganggu. Manfaat lain dari masker ini adalah untuk mencerahkan kulit wajah kusam. Tentunya jika dilakukan secara rutin ya, moms. Nah moms, yuk simak cara pembuatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker wajah glowing ini.

Bahan yang Dibutuhkan
Masker glowing merupakan masker yang dibuat dari bahan alami. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah tomat yang matang yang dapat menghaluskan kulit, selanjutnya natural yogurt atau yogurt murni yang tidak berasa. Madu murni yang dapat mengenyalkan kulit dan garam himalaya yang merupakan garam asli dengan warna merah muda.

Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin A, C dan E dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu kandungan zat anti radang dan likopen dapat mengaktifkan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radiasi bebas yang membahayakan. Oleh sebab itu, tomat dapat digunakan menjadi bahan yang tepat untuk pembuatan masker wajah.

Greek Yogurt
Greek yogurt merupakan salah satu jenis yogurt yang banyak ditemukan di swalayan. Yogurt dengan tekstur kental dan lembut ini mengandung protein yang dapat menghaluskan kulit. Selain itu, yogurt juga mengandung asam laktat yang dapat membantu mengelupaskan kulit bekas jerawat, dan mencegah timbulnya tanda penuaan dini pada wajah moms.

Madu Murni
Sejak dahulu, madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pengendali kesehatan tubuh, madu juga baik untuk kesehatan kulit moms. Kandungan antimikroba dan antioksidan pada madu dapat bermanfaat menenangkan kulit. Selain itu juga dapat melawan radikal bebas pada kulit. Sehingga kulit akan terasa lebih lembut dan nyaman.

Garam Himalaya
Garam himalaya memiliki warna yang berbeda dengan garam biasanya. Garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia. Garam yang berada di pegunungan himalaya ini memiliki manfaat lebih banyak daripada garam dari tambang laut biasa. Adapun salah satu manfaatnya yakni kandungan mineral yang tinggi dan detoksifikasi yang baik untuk tubuh.

maka dari itu, garam himalaya juga digunakan untuk bahan pembuatan masker glowing ini. Karena kandungannya baik untuk kesehatan kulit.

Cara Pembuatan
Cara pembuatannya sangat mudah moms, moms hanya perlu menghaluskan tomat hingga lembut, selanjutnya masukkan ke dalam sebuah mangkuk. Tambahkan yogurt, dan madu. Aduk hingga merata. Selanjutnya tambahkan garam himalaya dan aduk hingga rata. Tahap selanjutnya, sebelum mengaplikasikan pada wajah, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Selanjutnya aplikasikan pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Begini Cara Atasi Rematik Hingga Rambut Rontok, Ini Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun pandan yang memiliki aroma khas ini ternyata memiliki manfaat beragam untuk kesehatan moms. Nah simak baik-baik manfaatnya ya moms!

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan
Daun pandan dengan bentuk daun yang memanjang ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk penyedap makanan moms. Manfaat lain dari daun pandan jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Adapun beberapa manfaat daun pandan adalah mengatasi rematik, membasmi racun dalam tubuh, dan dapat menambah nafsu makan.

Kandungan Daun Pandan
Daun pandan yang berwarna hijau dan sedap ini seringkali dijadikan sebagai pewarna alami dan penyedap makanan. Padahal daun pandan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Pada akar dan daun pandan mengandung efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, daun pandan juga memiliki kandungan Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid, yang baik bagi kesehatan tubuh. Nam moms berikut beberapa manfaat daun pandan yang perlu Moms ketahui:

Mengatasi Rematik
Siapa sangka daun yang menyerupai rumput ini memiliki manfaat menuntaskan penyakit rematik moms? Daun pandan yang dikenal dapat membantu meredakan nyeri ini sangat cocok untuk penderita rematik yang disebabkan karena autoimun yang terganggu. Sehingga menyebabkan rematik yang emngakibatkan nyeri sendi, kaku bahkan bengkak pada sendi.

Adapun cara pembuatan ramuan daun pandan ini yakni dipadukan dengan minya kelapa. Caranya dengan merebus daun pandan yang segar, ditambahkan minyak kelapa dan diaduk hingga merata. Dalam hal ini ramuan tidak untuk diminum, melainkan dioleskan pada bagian-bagian yang rematik. Tentunya saat ramuan tersebut sudah dingin ya moms.

Menetralkan Racun
Tanpa disadari, seringkali kita mengonsumsi makanan-makanan yang ternyata merupakan sampah atau racun untuk tubuh moms. Oleh karena itu, kita harus mulai berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, baik melalui kebersihannya maupun cara memasaknya. Kandungan yang ada pada daun pandan, jika diekstrak dan dikonsumsi dapat membantu mendetoksifikasi racun pada bagian hati moms. Dalam hal ini, daun pandan tidak memiliki efek samping, sehingga cocok juga untuk anak-anak juga.

Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok
Manfaat lain dari daun pandan yang jarang diketahui adalah untuk mengatasi masalah kulit kepala. Salah satunya adalah masalah ketombe. Dalam hal ini kondisi kulit kepala kronis yang menyebabkan timbulnya sel kulit mati pada kulit kepala. Sehingga mengakibatkan terjadinya ketombe yang berdampak gatal-gatal pada kepala dan bahkan dapat merusak rambut. Sedangkan kondisi rambut rontok bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti perubahan hormon, faktor keturunan atau disebabkan karena reaksi medis atau obat-obatan.

Adapun cara mengatasi masalah kulit kepala dengan menggunakan daun pandan yaitu dengan menjadikan daun pandan sebagai bahan dasar masker rambut. Caranya tumbuk daun pandan hingga halus lalu tambahkan air secukupnya. Selanjutnya aplikasikan masker pandan pada rambut dan pijat perlahan. Tunggu beberapa saat selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal moms. Selamat mencoba!

Tags: #cara alami mengatasi panu #mengatasi rambut rontok dengan cara alami #mengatasi rematik dengan cara alami #tips glowing dengan bahan alami