8 Cara Sederhana Menumbuhkan Kasih Sayang Suami Pada Istri

494 views


8 Cara Sederhana Menumbuhkan Kasih Sayang Suami Pada Istri

Pernikahan yang langgeng tidak terjadi begitu saja tanpa upaya. Pernikahan yang harmonis perlu untuk selalu dibina agar ketentraman dalam rumah tangga dapat terjaga. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meraih hal tersebut adalah dengan cara menumbuhkan kasih sayang suami kepada istri.

Kasih sayang terhadap pasangan itu bagai tanaman. Ia perlu disemai dengan baik, disiram dan dirawat dengan baik agar ia tumbuh subur dan bertambah dan semakin bertambah kasih sayang yang ada.

Selain itu, cinta kepada pasangan juga bisa menjadi usang. Sehingga istri sebagai elemen penting dalam keluarga harus berusaha mempertahakan rasa kasih sayang dan saling cinta dengan suami. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan kasih sayang suami pada istri? Berikut cara sederhana yang bisa anda lakukan.

1. Perbagus Perkataan

Cara sederhana untuk menumbuhkan kasih sayang suami kepada anda adalah dengan memperbagus perkataan saat berbicara dengan suami.

Sopan santun adalah kebijaksanaan dalam berbicara. Maka, sebagai seorang istri di dalam rumah tangga, anda juga harus menerapkan kebiasaan sopan santun saat berbicara atau berkomunikasi dengan suami.

Anggaplah suami anda adalah orang yang sangat penting dan berharga bagi anda. Dengan cara seperti ini, maka anda akan sangat mudah untuk berlaku sopan santun terhadap suami anda.

2. Perbaiki Penampilan

Tampil cantik bagi sang istri, hanyalah dihadapan suami. Begitu pula anjuran dalam Islam.

Kecantikan seorang istri hanya dipersembahkan kepada suami. Kita lihat misalnya, Islam melarang perempuan untuk berdandan berlebihan ketika ingin keluar rumah. Dan sebaliknya, sangat menganjurkan hal demikian jika berada di hadapan suami.

Kasih sayang suami akan semakin bertambah kepada anda jika anda pandai menjaga dan merawat penampilan untuk suami anda.

Niatkan bahwa memperbaiki penampilan di hadapan suami adalah upaya agar suami menjadi senang dan ridha dengan diri anda.

Sesungguhnya suami yang senang dan ridha dengan istrinya akan mendatangkan keharmonisan dan ketentraman dalam rumah tangga. Rumah tangga model seperti ini pun akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

3. Sekecil Apapun Pemberian Suami, maka Berterima Kasihlah

Berterima kasih atas pemberian suami adalah bentuk penghargaan yang sederhana namun sering luput dan dilupakan untuk dilakukan istri kepada suami.

Penghargaan kepada orang lain dalam bentuk ucapan terima kasih akan menumbuhkan rasa kasih sayang diantara dua insan.

Besar atau pun kecilnya pemberian suami dalam bentuk nafkah maka syukurilah dan jangan lupa ucapkan rasa terima kasih kepada suami anda.

Ucapan terima kasih kepada hasil kerja atau pemberian suami memiliki efek yang sangat luar biasa bagi psikologi sang suami.

Efek yang ditimbulkan kebiasaan istri berterima kasih atas pemberian suami adalah suami menjadi semakin bersemangat dalam mencari rezeki untuk keluarganya. Jadi, mulai dari sekarang biasakanlah mengucapkan terima kasih kepada suami.

4. Berilah Pujian yang Tulus

Memberikan pujian atas kerja keras atau sikap-sikap suami yang baik adalah salah satu cara sederhana menumbuhkan kasih sayang dalam rumah tangga.

Berilah pujian kepada suami dengan tulus. Pujian yang tulus kepada pasangan akan membuat hatinya semakin luluh dan sayang kepada anda.

Selain itu, dengan memuji pasangan dengan tulus terutama untuk kebiasaan dan sifat-sifat baik yang dimilikinya akan membantu suami anda menjaga, meningkatkan dan menambah sifat-sifat yang baik di dalam dirinya.

Sungguh, sangat indah kehidupan rumah tangga jika suami memiliki banyak kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dan itu bisa dimulai dengan memberikan pujian yang tulus kepada suami anda. Praktekkanlah hal sederhana ini.

5. Pahami Kondisi Suami

Memahami kondisi suami sangat perlu guna membangun rumah tangga yang harmonis. Pahami kelebihan, kelemahan dan kondisi yang dihadapi suami anda.

Jangan terlalu menuntut sesuatu yang tidak bisa diraih oleh suami. Sebaliknya, berilah support atau dukungan kepada suami dalam segala hal yang dia perjuangkan jika memang itu baik.

Pahami pula dengan baik, kondisi dimana suami anda sedang capek, bete, bosan atau kelihatannya perlu sendiri. Memahami kondisi suami dengan baik, mampu untuk memperbaiki hubungan di dalam rumah tangga.

6. Cintailah Keluarga Suami

Anda harus memahami bahwa, terkadang kasih sayang suami tidak sepenuhnya untuk anda. Suami anda memiliki keluarga. Dan biasanya, konsentrasi dan kasih sayangnya ia juga harus bagi kepada keluarganya, entah itu kepada orang tuanya, saudara-saudaranya ataupun sanak famili lainnya.

Agar anda semakin disayang suami, maka perlakukanlah keluarga suami anda dengan baik pula. Berusahalah untuk larut dan menjadi bagian dari keluarga besar suami anda.

Cintailah keluarga suami sama seperti anda berusaha untuk selalu mencintai keluarga anda. Usahakanlah jangan ada perbedaan kasih sayang kepada keluarga suami anda.

Mencintai keluarga suami akan mendatangkan kasih sayang suami kepada anda.

7. Jangan Sungkan Memberi Hadiah

Di dalam hadits Nabi Muhammad SAW dikatakan bahwa salah satu cara untuk mendapatkan kasih sayang dari manusia adalah dengan cara saling memberi hadiah.

Begitupula untuk mendapat dan menumbuhkan kasih sayang suami pada istri, maka berilah sesekali hadiah yang berkesan kepada suami anda.

Hadiah bisa berkesan karena hadiah itu sendiri spesial atau hadiah menjadi berkesan walau sangat sederhana jika diberikan pada waktu atau momentum yang spesial.

8. Jadikan Saat bersama dengan Suami untuk Bercengkrama

Selalu menyempatkan diri untuk bercengkerama dengan suami, bisa mendatangkan rasa kasih sayang suami kepada anda.

Bercengkeramalah dengan suami pada kondisi yang santai. Mengobrollah dengan suami, saat suami sedang minum kopi di teras rumah.

Bicarakanlah banyak hal. Dan beri pula kesempatan kepada suami anda untuk membicarakan tentang apa yang ia alami selama sepekan atau seharian. Dorong dan usahakan suasana mengobrol menjadi santai dan saling terbuka satu sama lain.

Nah, inilah 8 kebiasaan sederhana yang bisa anda praktekkan untuk menumbuhkan kasih sayang suami kepada anda. Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda.

======

Mengenal Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Sunburn

Sunburn atau kulit terbakar dapat terjadi ketika kulit terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung. Nah, bila Anda seorang pekerja lapangan atau sering beraktivitas di luar ruangan, ada beberapa cara mengatasi sunburn yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Matahari memancarkan sinar ultraviolet atau sinar UV. Tak hanya matahari, beberapa alat untuk menggelapkan warna kulit, seperti tanning bed, juga dapat memancarkan sinar UV.

Sinar matahari ini sebenarnya baik untuk kesehatan karena dapat merangsang pembentukan vitamin D pada kulit. Namun, paparan sinar UV yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kulit karena dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar.

Ketahui Penyebab dan Gejala Sunburn pada Kulit

Anda bisa mengalami sunburn apabila berjemur terlalu lama di bawah terik matahari. Biasanya, diperlukan waktu sekitar 20–30 menit atau lebih hingga muncul gejala kulit terbakar.

Pada jam 10 pagi hingga 2 siang, Anda bahkan bisa mengalami sunburn meski hanya berjemur selama 15–30 menit, terlebih jika Anda tidak menggunakan tabir surya.

Jika kulit Anda mengalami sunburn, berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat muncul:

  • Kulit terasa panas dan perih saat disentuh
  • Kulit melepuh dan bengkak
  • Kulit mengelupas
  • Pusing

Pada kasus yang parah, sunburn bisa menimbulkan gejala lain seperti demam dan mati rasa pada kulit. Kulit yang terbakar juga sering kali muncul disertai gangguan lain, seperti heatstroke dan dehidrasi. Gejala tersebut bisa muncul dalam waktu beberapa menit atau beberapa jam setelah Anda terpapar sinar matahari.

Dalam jangka panjang, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu terjadinya penuaan dini pada kulit. Kondisi ini dapat membuat kulit menjadi kering, berkeriput, dan muncul flek kehitaman. Paparan sinar matahari berlebih pada kulit juga lama-kelamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Kenali Cara Mengatasi Sunburn

Sebenarnya, kondisi sunburn dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tergantung seberapa parah kondisi yang Anda alami. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi sunburn berikut ini:

1. Kompres kulit dengan air sejuk

Salah satu cara untuk mengatasi sunburn pada kulit adalah mengompres area kulit yang terbakar dengan air yang sejuk. Gunakan kain berbahan lembut dan bersih untuk mengompres kulit.

Tak hanya mengompres, Anda juga bisa menggunakan air yang sejuk untuk mandi atau berendam. Setelah selesai, hindari mengeringkan tubuh dengan cara menggesek handuk ke kulit untuk mencegah iritasi. Anda cukup menepuk-nepuk kulit secara lembut dan perlahan hingga kering.

2. Gunakan lidah buaya

Untuk mempercepat proses penyembuhan kulit serta meredakan gejala nyeri dan bengkak akibat kulit terbakar sinar matahari, Anda bisa menggunakan lidah buaya atau produk pelembap, losion, dan gel yang mengandung lidah buaya.

Lidah buaya mengandung zat yang bersifat antiradang sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Bila Anda hendak menggunakan lidah buaya segar untuk mengatasi sunburn, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, ya.

3. Jangan memecahkan atau menyentuh lepuhan yang muncul di kulit

Kondisi kulit terbakar yang cukup parah bisa menimbulkan lepuhan berisi cairan dan luka di kulit. Jika Anda mengalaminya, jangan memecah atau menyentuh lepuhan karena berisiko menyebabkan iritasi dan infeksi. Lepuhan tersebut biasanya dapat kempes dengan sendirinya seiring proses penyembuhan kulit.

4. Lindungi area kulit yang terbakar sinar matahari

Kenakan pakaian yang menutupi kulit saat berada di luar ruangan. Pastikan pakaian yang Anda kenakan aman, nyaman, lembut, dan tidak tembus cahaya matahari.

Jika sunburn menyebabkan rasa perih yang mengganggu, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk meredakan nyeri.

Cara Mencegah Terjadinya Sunburn

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit terbakar saat berada di bawah sinar matahari langsung, antara lain:

  • Jika Anda ingin berjemur di bawah sinar matahari pagi, cukup lakukan selama 10–15 menit saja.
  • Ketika Anda harus beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, kenakan pakaian yang nyaman dan menutupi seluruh kulit. Gunakan pula kacamata dengan UV-Protector.
  • Bila Anda hendak ke luar rumah, gunakan selalu sunscreen atau tabir surya yang cocok dengan kulit, terutama di area tubuh yang mudah terpapar matahari. Ulangi pemakaian jika Anda mudah berkeringat atau ketika Anda sedang berenang.

Sinar UV memang memberikan manfaat bagi tubuh, tetapi terlalu lama terpapar sinar UV juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama pada kulit. Oleh karena itu, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama.

Bila gejala sunburn yang Anda alami disertai demam, sakit kepala, pusing, dan mual, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: #cara sederhana menumbuhkan kasih sayang suami pada istri #penyebab dan mengatasi sunburn