Air Kelapa Ternyata Bisa Berbahaya, Ini 6 Dampak yang Bisa Ditimbulkan

913 views


Memiliki rasa segar dan gurih, membuat air kelapa mudah diterima masyarakat Indonesia. Terlebih kelapa sangat mudah ditemui di berbagai daerah Indonesia.

Tak hanya itu, air kelapa yang diketahui mengandung banyak kebutuhan nutrisi tubuh manusia, menjadikan minuman ini semakin diminati.

Dalam air kelapa rata-rata terdapat 17 kalori per 100 gram. Air kelapa juga memiliki kandungan enzim yang mampu mengurangi sifat racun atau tanin.

Air kelapa juga merupakan buah yang mengandung vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, zat besi, fosfor.

Rasa manis pada kelapa muda ialah karena kandungan gula yang terdiri atas glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Sementara kandungan airnya sendiri sekitar 95,5 gram per 100 gram.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, air kelapa memang memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, meski kaya manfaat, ternyata air kelapa juga bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut enam bahaya air kelapa bagi tubuh:

1. Berisiko Menyebabkan Diare

Air kelapa memiliki kadar lemak yang rendah, hal ini mampu mempercepat penurunan berat badan.

Sayangnya, kandungan lemak tersebut justru menyebabkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Bukan Pengganti Cairan Tubuh yang Mutlak

Dikenal sebagai pengganti ion tubuh yang hilang, air kelapa nyatanya tak cukup mampu mengatasi kelelahan pada tubuh.

Cairan tubuh tidak serta merta didapatkan dari air kelapa saja, tetapi mengonsumsi makanan dan minuman bergizi turut berperan dalam penggantian energi tubuh.

3. Berbahaya Bagi Penderita Gangguan Ginjal

Pada penderita gangguan atau penurunan fungsi ginjal, akan kesulitan untuk melakukan proses sekresi zat di dalam tubuh. Apalagi kandungan makanan yang mengandung kalium dan elektrolit di dalam air kelapa, tidak bisa disaring dengan benar karena penyakit ginjal.

Akibatnya bisa terjadi hyperkalemia di dalam darah. Oleh sebab itu, bagi penderita dengan gangguan penurunan fungsi ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa.

Selanjutnya bisa terjadi komplikasi yang sampai membahayakan organ jantung.

4. Menimbulkan Kejang Otot

Saat sedang berada dalam perjalanan jauh, air kelapa justru tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, kandungan kalsium di dalam air kelapa justru dapat menimbulkan efek samping berupa kejang otot dan membuat tubuh lebih merasa kelelahan.

5. Tidak Membuat Tubuh Menjadi Kebal Terhadap Penyakit

Memang benar kandungan di dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi jangan salah mengartikan bahwa hal ini berarti air kelapa bisa membuat tubuh terlepas dari berbagai penyakit.

Air kelapa hanya membantu meningkatkan daya imun, tetapi risiko terpapar penyakit masih bisa terjadi. Sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi lainnya serta membiasakan untuk gaya hidup sehat.

6. Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin

Secara khusus, air kelapa ternyata berbahaya apabila dikonsumsi oleh wanita yang hamil terutama bagi janin yang dikandungnya.

Wanita yang sedang hamil, umumnya pada usia kehamilannya yang masih muda (trimester pertama/ tiga bulan pertama) dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa karena bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Terlebih pada awal-awal kehamilan wanita biasanya masih sering mengalami mual muntah (emesis) sehingga dikhawatirkan dengan mengkonsumsi air kelapa justru akan memperparah mual muntah tersebut.

Hal ini juga diperparah oleh keadaan hormon kehamilan.

Ada juga yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air kelapa saat sedang hamil bisa menyebabkan keguguran, akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena penyebab keguguran bisa jadi oleh karena berbagai faktor termasuk faktor janin maupun ibu sendiri.

Oleh sebab itu, dianjurkan apabila wanita hamil ingin minum air kelapa lebih baik pada usia kehamilan yang sudah lebih tua atau sekitar enam bulan ke atas. Dan juga jangan mengkonsumsi air kelapa berlebihan.

7 Rekomendasi Teh Herbal yang Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Ringan, dari Kram Haid Sampai Sakit Tenggorokan

Kesehatan adalah salah satu aset hidup penting yang perlu dijaga. Selain menjaga tubuh agar tetap fit dengan rajin mengonsumsi makanan sehat dan aktif bergerak, minum minuman yang bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi beragai keluhan tubuh yang kadang menyerang juga penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beragam teh herbal yang nggak cuma menyehatkan tapi juga memberikan rasa nyaman.

Kali ini Hipwee telah merangkum 6 rekomendasi racikan teh herbal yang bisa bantu atasi masalah kesehatan ringan yang kamu hadapi di tengah kondisi cuaca yang sedang tak menentu ini. Tenang, bahan-bahannya relatif bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat kok! Yuk siap-siap catat bahannya agar bisa dipraktikkan segera di kost atau di rumah!

1. Lemon Ginger Tea atau teh lemon dan jahe bisa jadi minuman hangat yang tak sekadar memberi rasa nyaman tapi juga bantu redakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat

Segelas teh hangat berisi racikan lemon, jahe dan madu bisa bantu atasi tenggorokan yang sedang sakit dan hidung tersumbat. Rasa hangat dari jahe akan membuat tenggorokan lebih baik setelah mengonsumsinya. Lemon yang mengandung vitamin C dan antioksidan juga bisa bantu meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh bisa lebih cepat pulih. Buat kamu yang sedang menstruasi, teh ini juga ampuh mengatasi kram perut lho.

2. Mint tea juga ampuh lho mengatasi masalah tenggorokan sakit dan pencernaan yang kurang baik

Peppermint tea siap pakai dapat dengan mudah kamu jumpai di supermarket. Tapi berhubung harganya relatif lebih mahal, kamu juga bisa meracik teh mint sendiri dengan membeli daun spearmint di supermarket terdekat. Spearmint tea baik untuk atasi masalah digestif seperti heartburn, kembung, mual dan pencernaan kurang lancar. Teh ini juga bisa bantu atasi masalah tenggorokan sakit lho, jadi cocok dikonsumsi saat flu dan batuk. Plusnya lagi, daun mint bisa mengurangi nafsu makan berlebih lho~

3. Coba deh seduh segelas chamomile tea yang bisa bantu tidur lebih nyaman dan nyenyak serta meredakan rasa nggak nyaman di perut

Teh kamomil merupakan sumber yang cukup baik dari magnesium serta dikenal sebagai herba yang ampuh untuk menenangkan dan memberikan rasa nyaman. Untuk kamu yang gampang terserang insomnia, sedang nggak enak badan atau pencernaan sedang kurang baik bisa coba konsumsi teh kamomil hangat satu sampai dua kali sehari.

4. Bunga lavender nggak cuma ampuh tangkal nyamuk atau indah dipajang lho. Saat diracik menjadi teh, bisa jadi minuman yang menenangkan dan meredakan masalah pencernaan

Selain kerap digunakan sebagai bahan pembasmi nyamuk dan pewangi ruangan, memanfaat lavender dalam racikan teh juga ternyata bisa memberikan efek baik untuk kesehatan. Lavender dapat menenangkan tubuh dan pikiran, meredakan migrain, masalah pencernaan serta membuat tidur lebih nyenyak. Kamu bisa mencampur lavender dan mint dalam racikan tehmu. Oya, teh ini bisa kok kamu beli online di lapak jualan lokal~

5. Sering melihat rosella tea biasa dijajakan di supermarket ‘kan? Coba deh beli dan sajikan panas-panas saat kram menstruasi, demam atau batuk berdahak

Teh rosella termasuk teh yang mudah kamu dapatkan di berbagai supermarket. Selain punya cita rasa unik khas bunga yaitu asam-asam kecut bercampur manis, teh ini juga baik untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus, dan rahim, serta bekerja seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing. Untuk yang sedang demam dan batuk berdahak juga teh ini bisa bantu mengatasinya lho.

6. Lemongrass and lemon tea nggak cuma punya cita rasa unik yang menyenangkan, tapi juga meredakan nggak enak badan, flu dan sakit kram menstruasi

Coba deh racik teh dengan campuran serai dan madu. Minuman ini bisa bantu meredakan masalah ringan seperti kram perut saat menstruasi, rasa nggak enak badan karena masuk angin, flu, baik untuk pencernaan dan membantu penurunan berat badan berlebih.

7. Fennel tea atau teh adas bisa bantu turunkan berat badan, meringankan kram saat menstruasi sampai memperkuat imunitas

Kaya akan kandungan vitamin C, racikan teh dengan biji adas atau fennel bisa bantu memperkuat imunitas tubuh di tengah cuaca yang nggak menentu seperti ini lho. Selain itu, teh dengan racikan biji adas juga bantu mengurangi rasa kram perut yang dapat menyerang saat sedang datang bulan.

Yuk coba racik teh herbal kamu sendiri di rumah. Jangan lupa, minumnya secukupnya saja ya, karena apapun yang berlebihan jelas tidak baik untuk tubuh. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan selalu ya

Tags: #6 bahaya air kelapa #air kelapa berbahaya #khasiat teh herbal