Akhirnya Umi Pipik Bertemu Putra dari Istri Siri Uje, Sempat Khawatir Saling Jatuh Cinta dengan Adiba


Pengakuan Umi Pipik soal dirinya dipoligami oleh mendiang sang suami, Ustaz Jefri Al Buchori (Uje) sempat menjadi sorotan publik.

Kabarnya Umi Pipik sudah bertemu dengan anak dari istri siri Ustaz Uje yang sempat menghantui melalui mimpi tidurnya.

Namun sayang Umi Pipik tidak ingin membagikan pengalamannya saat bertemu dengan anak dari istri siri Ustaz Uje. Istri sah Ustaz Uje itu hanya mengangguk seolah membenarkan bahwa ia sudah bertemu dengan anak tirinya.

“Alhamdulillah, alhamdulillah (sambil mengangguk),” kata Umi Pipik dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam kanal YouTube Indosiar pada Senin 27 September 2021.

Beberapa waktu lalu, Umi Pipik mengaku bahwa Ustaz Uje memiliki tiga istri, dan salah satunya memiliki seorang putra.

Umi Pipik pernah mengatakan ingin sekali bertemu dengan putra Uje, ia ingin memastikan bahwa anak tersebut baik-baik saja.

Di lain kesempatan, Umi Pipik sudah berinisiatif mengajak anak-anaknya dari Uje untuk mencari anak tirinya, ia tak ingin jika anak tiri yang belum terkuak identitasnya malah telantar.

Tujuan lain Umi Pipik mencari identitas anak tirinya juga didasari adanya rasa khawatir, mengingat Umi Pipik mempunyai anak perempuan yakni Adiba Khanza.

“Ini kan anak laki-laki ya, kalau dia sudah besar lalu bertemu dengan anak gadis saya, tanpa mereka tahu satu darah, ini bahaya, ini enggak boleh dalam agama,” tutur Umi Pipik.

Umi Pipik tak ingin jika Adiba Khanza kelak bertemu dengan anak tirinya, lalu saling jatuh cinta.

Wanita 43 tahun itu ingin mempertemukan anak gadisnya dan putra tirinya bertemu dan berhubungan secara kekeluargaan.

Terkait pengakuan soal poligami Uje, Umi Pipik mengaku tidak bermaksud untuk membuka aib sang suami.

======

Ini 5 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Zat yang merupakan turunan vitamin A ini memang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, retinol juga memiliki beragam manfaat lain untuk kulit wajah.

Retinol termasuk dalam kelompok retinoid. Di pasaran, retinol dapat Anda temukan dalam berbagai jenis dan merek produk perawatan kulit wajah. Jenis-jenis produk yang mengandung retinol antara lain serum, toner, atau pelembap.

Produk-produk berbahan retinol ini umumnya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah.

Beragam Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Retinol dikenal sebagai bahan perawatan kulit wajah yang ajaib karena beragam manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat retinol untuk kulit wajah:

1. Membuat kulit wajah tampak awet muda

Retinol dapat memperlambat proses penuaan kulit karena mampu memelihara fungsi lapisan kulit terluar atau epidermis sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Manfaat inilah yang membuat kulit wajah tampak awet muda.

2. Memperbaiki tekstur kulit

Retinol memiliki molekul yang kecil sehingga dapat masuk ke bawah lapisan epidermis. Saat berada di lapisan tengah kulit, retinol akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Dengan demikian, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Penggunaan retinol diketahui dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

4. Memudarkan bintik hitam

Paparan sinar matahari berlebih bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah dan salah satunya adalah munculnya bintik hitam. Retinol diketahui dapat memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari.

Selain itu, manfaat retinol untuk kulit wajah juga dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.

5. Mencegah munculnya jerawat

Retinol mengandung agen komedolitik yang dapat mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah. Selain itu, retinol juga dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Retinol

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, retinol tak lepas dari efek samping. Umumnya, orang yang menggunakan retinol akan merasakan efek samping berupa kulit kering dan iritasi, terutama jika baru pertama kali mencoba.

Efek samping ini juga bisa terjadi, jika retinol digunakan bersamaan dengan bahan lain, seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Selain kulit kering dan iritasi, efek samping lain yang dapat muncul dari penggunaan retinol meliputi:

  • Kulit kemerahan
  • Peradangan
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Gatal-gatal

Sebenarnya, efek samping ini bersifat sementara dan akan membaik dalam beberapa minggu setelah Anda terbiasa menggunakan retinol. Namun, jika efek samping ini terjadi terus-menerus dan justru memperburuk kondisi kulit wajah, segera hentikan penggunaannya.

Untuk mengurangi risiko efek samping, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan retinol, di antaranya:

  • Gunakan retinol setidaknya 30 menit setelah mencuci muka
  • Gunakan retinol sedikit demi sedikit sebanyak 2 kali seminggu untuk meningkatkan toleransi kulit wajah terhadap berbagai kandungan dalam retinol.
  • Hindari mengaplikasikan retinol di area sekitar mata dan mulut serta jangan lupa mengoleskan pelembap, misalnya niacinamide, setelahnya.
  • Hindari pula menggunakan retinol di pagi atau siang hari, karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jika Anda sedang menyusui atau memiliki gangguan pada kulit, seperti rosacea atau eksim, sebaiknya jangan menggunakan retinol. Ibu hamil juga tidak dianjurkan menggunakan retinol, karena bahan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kecacatan pada janin atau keguguran.

Perlu diingat bahwa manfaat retinol untuk kulit wajah tidak bisa didapatkan secara instan. Diperlukan waktu beberapa minggu bahkan hingga 6–12 bulan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Sebelum menggunakan retinol, pastikan Anda memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM agar terjamin keamanannya.

Bila Anda ingin tahu lebih jauh seputar manfaat retinol untuk kulit wajah atau mengalami masalah kulit dan ingin menggunakan retinol untuk mengobatinya, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

======

5 Manfaat Lobak untuk Ibu Hamil

Manfaat lobak untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Sayuran yang memiliki nama latin Raphanus sativus ini menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil, lho.

Lobak terdiri dari beberapa jenis yang bisa dibedakan dari warnanya, yakni lobak putih, lobak merah, dan lobak hitam. Apa pun jenisnya, lobak tetap mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain karbohidrat, protein, air, kolin, antioksidan, dan serat.

Selain bergam nutrisi tersebut, lobak juga mengandung mineral kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zinc, dan zat besi, serta aneka vitamin, termasuk folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Lobak juga tergolong rendah kalori sehingga baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Daftar Manfaat Lobak untuk Ibu Hamil

Karena kandungan nutrisinya tersebut, mengonsumsi lobak bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil, di antaranya:

1. Meringankan keluhan kram kaki

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Ketika mengalaminya, Bumil tentu akan merasa tidak nyaman atau bahkan sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Guna meredakan kram kaki, Bumil dianjurkan untuk tetap aktif berolahraga, cukup minum air putih, serta mencukupi asupan nutrisi tertentu, seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Asupan tersebut bisa Bumil peroleh dari beragam jenis makanan dan minuman sehat, seperti lobak, bayam, kentang, ubi jalar, pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, serta susu ibu hamil.

2. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi makanan rendah kalori dan berserat, seperti lobak, dapat membantu ibu hamil dalam mengontrol kenaikan berat badannya.

Selama kehamilan, peningkatan berat badan yang ideal adalah sebesar 11–16 kg bagi ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan normal. Sementara itu, untuk ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih, peningkatan berat badan saat hamil yang dianjurkan adalah sebesar 7 hingga 12 kg.

Untuk mencegah berat badan meningkat terlalu banyak selama kehamilan, Bumil perlu mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan kalori yang tidak berlebihan. Salah satu makanan tersebut adalah lobak.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Selain bisa mengontrol kenaikan berat badan, mengonsumsi lobak juga baik untuk menyehatkan dan melancarkan pencernaan Bumil, lho. Ini karena lobak termasuk sayuran yang banyak mengandung air dan serat. Dengan tercukupinya asupan tersebut, Bumil bisa terhindar dari keluhan sembelit saat hamil.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada lobak mampu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Kedua kandungan ini sangat baik untuk memperkuat sistem imun, agar Bumil tidak mudah sakit.

Selain itu, vitamin C penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi, agar Bumil terhindar dari anemia. Vitamin ini juga baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dan membangun jaringan kulitnya.

5. Menurunkan kadar gula darah

Riset menunjukkan bahwa lobak juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Efek ini menjadikan lobak bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional.

Dengan gula darah yang terkontrol, Bumil akan berisiko lebih rendah untuk melahirkan bayi berukuran terlalu besar yang dapat mengganggu proses persalinan.

Mengingat manfaat lobak untuk ibu hamil sangat banyak, mulai sekarang tidak ada salahnya bila Bumil menambahkan lobak ke dalam menu harian, ya. Sayur ini bisa diolah menjadi beragam makanan, mulai dari lumpia goreng, sup, tumisan, serta acar.

Kendati memiliki segudang manfaat kesehatan untuk ibu hamil, Bumil perlu mencuci dan memasak lobak hingga matang sebelum mengonsumsinya, ya. Pasalnya, sayuran yang masih kotor dan belum matang bisa mengandung parasit dan bakteri, seperti Toxoplasma, E. Coli, Salmonella, dan Listeria, yang bisa membahayakan kesehatan Bumil dan janin.

Jika merasa ragu untuk mengonsumsi lobak atau masih bingung untuk memilih makanan yang baik dikonsumsi saat hamil, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis dan porsi makanan yang sesuai kondisi dan kebutuhan Bumil.

Tags: #manfaat lobak untuk ibu hamil #manfaat retinol untuk kulit wajah #umi pipik bertemu anak dari istri siri uje