Ameer Azzikra Kritis Sebelum Meninggal, Ini Gejala Infeksi Liver, Sandiaga Uno Ungkap Janji Ameer Azzikra Sebelum Meninggal


Putra almarhum Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra meninggal dunia pada Senin dini hari, 29 November 2021 pukul 01.05 di RS EMC Sentul. Kabar duka yang begitu mendadak ini cukup mengagetkan banyak pihak, terlebih mendiang kerap terlihat sehat dan bugar selama ini.

Namun rupanya, almarhum sempat kritis dan dirawat di ruang ICU akibat infeksi liver yang dialaminya. Kabar tersebut dibeberkan oleh sang kakak, Alvin Faiz melalui akun instagram pribadinya.

“Innalillahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra. Mohon dimaafkan segala kesalahan amer, insyaAllah berkumpul di surga sekarang bersama Abi, Aamiin,” tulis Alvin dalam akun @alvin_411.

Bicara mengenai liver atau hati, merupakan organ kecil yang berada tepat di bawah tulang rusuk di bagian sisi kanan perut. Hati sangat penting untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, infeksi pada hati dapat disebabkan akibat diturunkan (genetik) oleh anggota keluarga. Masalah hati lainnya juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus, penggunaan alkohol, dan obesitas.

Seiring waktu, kondisi yang merusak hati dapat menyebabkan jaringan parut (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati, kondisi yang mengancam jiwa. Tetapi pengobatan dini dapat memberikan waktu bagi hati untuk sembuh.

Gejala dini

Sayangnya, infeksi hati tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala yang nyata. Jika tanda dan gejala penyakit hati memang terjadi, mungkin berkaitan dengan:

  • Kulit dan mata yang tampak kekuningan (jaundice)
  • Sakit perut dan bengkak
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna tinja pucat
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kecenderungan mudah memar

Jika tanda-tanda tersebut Anda temui, terlebih merasa sakit perut tak tertahankan, segera temui dokter terdekat.

Penyebab

Infeksi

Parasit dan virus dapat menginfeksi hati, menyebabkan peradangan yang mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau air mani, makanan atau air yang terkontaminasi, atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Jenis infeksi hati yang paling umum adalah virus hepatitis, termasuk Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, dan Kelainan sistem imun

Autoimun

Penyakit di mana sistem kekebalan Anda menyerang bagian tertentu dari tubuh Anda (autoimun) dapat mempengaruhi hati Anda. Contoh penyakit hati autoimun meliputi Hepatitis autoimun, Kolangitis bilier primer, Kolangitis sklerosis primer, dan genetika.

Genetik

Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orang tua Anda dapat menyebabkan berbagai zat menumpuk di hati Anda, yang mengakibatkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik meliputi Hemokromatosis, Penyakit Wilson, Kekurangan antitripsin alfa-1, Kanker dan pertumbuhan lainnya.

======

Putra dari almarhum Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra meninggal dunia pada hari ini, Senin, 29 November 2021. Ameer meninggal dunia di rumah sakit di daerah Sentul, Jawa Barat. Sebelum meninggal dunia, Ameer dikabarkan mengidap infeksi liver.

Kabar mengenai meninggalnya Ameer Azzikra menarik perhatian banyak masyarakat khususnya orang-orang terdekat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, juga merasa berduka atas meninggalnya Ameer.

Melalui Instagram pribadinya, Sandiaga Uno tampak mengunggah video yang menampilkan Ameer tengah memberi ceramah. Dalam video itu, Ameer mengenakan pakaian berwarna putih.

Melalui caption yang ditulis dalam unggahannya itu, Sandiaga Uno memberi doa terbaik untuk Almarhum Ameer Azzikra. Menurut Sandiaga Uno, Ameer telah menjadi tauladan yang baik untuk generasi muda saat ini.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun… Allahummagfirlahu warhamhu, @ameer_azzikra, putra almarhum guru dan sahabat saya Ustadz Arifin Ilham. Semangatnya untuk berdakwah meneruskan perjuangan sang ayah, menjadi tauladan bagi generasi muda saat ini,” tulis Sandiaga Uno.

“Pesan yang saya ingat dari dakwah ananda adalah orang bertakwa selalu bahagia. Insya allah kita semua tergolong dalam orang-orang yang bertakwa, bahagia di dunia dan akhirat,” tulisnya menambahkan.

Sebelum meninggal dunia, Ameer sempat akan bertemu dengan Sandiaga Uno untuk membahas pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi umat. Namun Tuhan berkehendak lain, Ameer meninggal dunia sebelum pertemuan itu terjadi.

“Beberapa waktu lalu, kami sempat berjanji untuk bertemu, membahas pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi umat, khususnya di Pesantren Az-zikra, namun Allah belum takdirkan,” tulis Sandiaga Uno.

“Mari kita do’akan bersama semoga ananda Ameer husnul khotimah. Aamin YRA,” tulisnya menambahkan.