Anak sakit jangan langsung dibawa kedokter, Para Orang tua harus tau 10 Tips pertolongan pertama untuk anak


ibu dan ayah harus bisa menerapkan tips pertolongan pertama untuk anak berdasarkan jenis penyakitnya, yuk simak penjelasannya

1. Demam

Untuk mengatasi demam pada anak berikan baju tipis, kompres air hangat, balur tubuh dengan bawang merah, berikan madu dan air kelapa muda.

2. Pilek dan hidung tersumbat

Hirup uap air panas yang ditetesi minyak telon/minyak kayu putih. Jaga ruangan kamar agar tetap lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar. Untuk bayi bisa ditempeli di pelipisnya pala bubuk yang ditetesi minyak telon.

3. Batuk

Untuk mengatasi batuk pada anak bisa diberikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing ditambah madu, atau kencur yang diperas dan diberi madu

4. Sakit tenggorokan

Ketika terjadi sakit tenggorokan anak akan cenderung susah makan karena sakit untuk menelan makanan. Untuk anak yang sudah besar bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, air garam mampu membunuh kuman dan mencegah peradangan. Meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu mampu mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan.

5. Diare

Ketika menghadapi anak diare yang harus dilakukan adalah member minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga tidak terjadi dehidrasi. Bisa diberikan oralit campuran air, garam dan gula. Daun jambu biji muda juga dipercaya mampu mengatasi diare. Lakukan diet BRATY (banana, rice, applesauce, toast=roti, yogurt).

6. Sariawan

Sariawan pada anak bisa disebabkan oleh kuman dan kurangnya kebersihan mulut, untuk mengatasi sariawan bisa menggunakan daun saga yang ditumbuk dan ditetesi madu lalu ditempelkan pada sariawan.

7. Cacingan

Cacingan banyak dialami oleh anak-anak, selain menggunakan obat cacing ternyata ada cara alami yang bisa digunakan untuk membunuh cacing dalam perut yaitu petai, kandungan belerang dan tannin pada petai mampu membunuh cacing dalam perut dan mengeluarkannya melalui tinja anak.

8. Mengobati luka lecet

Dari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur, atau lecet karena terjatuh bisa disembuhkan dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada bagian yang luka, diamkan selama beberapa menit lalu ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.

9. Bisul

Untuk mengatasi bisul pada anak bisa menggunakan daun bayam duri yang digiling dan ditambahkan madu lalu tempelkan pada bisul. Setelah bisul kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekas bisul sehingga kulit mulus kembali.

10. Mengatasi anak susah makan

Untuk mengatasi anak susah makan berikan herbal berupa temulawak, temulawak mampu merangsang nafsu makan pada anak.

======

Atasi Rematik Hingga Rambut Rontok, Ini Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun pandan yang memiliki aroma khas ini ternyata memiliki manfaat beragam untuk kesehatan moms. Nah simak baik-baik manfaatnya ya moms!

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun pandan dengan bentuk daun yang memanjang ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk penyedap makanan moms. Manfaat lain dari daun pandan jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Adapun beberapa manfaat daun pandan adalah mengatasi rematik, membasmi racun dalam tubuh, dan dapat menambah nafsu makan.

Kandungan Daun Pandan

Daun pandan yang berwarna hijau dan sedap ini seringkali dijadikan sebagai pewarna alami dan penyedap makanan. Padahal daun pandan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Pada akar dan daun pandan mengandung efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, daun pandan juga memiliki kandungan Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid, yang baik bagi kesehatan tubuh. Nam moms berikut beberapa manfaat daun pandan yang perlu Moms ketahui:

Mengatasi Rematik

Siapa sangka daun yang menyerupai rumput ini memiliki manfaat menuntaskan penyakit rematik moms? Daun pandan yang dikenal dapat membantu meredakan nyeri ini sangat cocok untuk penderita rematik yang disebabkan karena autoimun yang terganggu. Sehingga menyebabkan rematik yang emngakibatkan nyeri sendi, kaku bahkan bengkak pada sendi.

Adapun cara pembuatan ramuan daun pandan ini yakni dipadukan dengan minya kelapa. Caranya dengan merebus daun pandan yang segar, ditambahkan minyak kelapa dan diaduk hingga merata. Dalam hal ini ramuan tidak untuk diminum, melainkan dioleskan pada bagian-bagian yang rematik. Tentunya saat ramuan tersebut sudah dingin ya moms.

Menetralkan Racun

Tanpa disadari, seringkali kita mengonsumsi makanan-makanan yang ternyata merupakan sampah atau racun untuk tubuh moms. Oleh karena itu, kita harus mulai berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, baik melalui kebersihannya maupun cara memasaknya. Kandungan yang ada pada daun pandan, jika diekstrak dan dikonsumsi dapat membantu mendetoksifikasi racun pada bagian hati moms. Dalam hal ini, daun pandan tidak memiliki efek samping, sehingga cocok juga untuk anak-anak juga.

Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Manfaat lain dari daun pandan yang jarang diketahui adalah untuk mengatasi masalah kulit kepala. Salah satunya adalah masalah ketombe. Dalam hal ini kondisi kulit kepala kronis yang menyebabkan timbulnya sel kulit mati pada kulit kepala. Sehingga mengakibatkan terjadinya ketombe yang berdampak gatal-gatal pada kepala dan bahkan dapat merusak rambut. Sedangkan kondisi rambut rontok bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti perubahan hormon, faktor keturunan atau disebabkan karena reaksi medis atau obat-obatan.

Adapun cara mengatasi masalah kulit kepala dengan menggunakan daun pandan yaitu dengan menjadikan daun pandan sebagai bahan dasar masker rambut. Caranya tumbuk daun pandan hingga halus lalu tambahkan air secukupnya. Selanjutnya aplikasikan masker pandan pada rambut dan pijat perlahan. Tunggu beberapa saat selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal moms. Selamat mencoba!

======

7 Cara Mudah Membersihkan Tubuh Dari Racun

Detokfikasi tubuh adalah salah satu cara efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Upaya ini juga akan mempercepat metabolisme serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Matt Dower, Direktur Spa di Mirbeau Inn & di Skaneateles, New York menganjurkan untuk mengurangi jumlah konsumsi gula, termasuk madu, sirup gula, dan jenis pemanis buatan sebagai salah satu cara detoksifikasi.

Jika Anda makan lebih banyak gula, imbuh Dower, tubuh dipaksa untuk memproduksi lebih banyak insulin dan meregangkan pankreas.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat Anda kelelahan, diabetes, terkena kanker, dan kelebihan berat badan. Berikut macam-macam cara mendetoksifikasi tubuh.

Gerakkan Tubuh

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah dan sistem getah bening. Berolahraga juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan menguatkan tubuh.

“Orang yang berolahraga secara teratur memiliki racun total yang jauh lebih sedikit di sistem mereka,” jelas Dower.

Mulailah Dengan Meminum Air

Dower menyarankan agar meminum segelas air dengan perasan air lemon di pagi hari.

“Lemon membantu mengembalikan sistem dan meningkatkan pencernaan, yang mana ini akan melancarkan aliran pencernaan di tubuh Anda,” katanya.

Minum Lebih Banyak Teh

Tidak hanya karena teh mengandung banyak antioksidan, teh juga bisa menghidrasi dan membuat diri menjadi lebih bugar, kata Ashley Karr, seorang peneliti psikologis dan ahli kesehatan.

Makan Makanan Organik

Chad Sarno, peneliti dan development chef untuk inisiatif makan sehat di Amerika menyarankan agar mengatur ulang pola diet.

“Beragam buah dan sayuran seharusnya menjadi fokus utama dalam diet Anda. Tambahkan dengan konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong dan lain sebagainya,” katanya.

Makanlah semua jenis makanan nabati utuh untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda. Sayuran hijau, contohnya, mengandung mikronutisi dan rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Perlu diingat, tambahnya, kandungan kafein dalam teh berbeda dengan kafein yang terdapat dalam kopi, kafein pada teh akan bersifat lebih lembut dan mudah diterima oleh sistem tubuh Anda. Hal ini juga mengurangi rasa gugup Anda.

Hindari Polusi Lingkungan

Jangan lupa bahwa polusi dan alergen ada di sekitar Anda. Tersebar di udara, dan ini dapat memicu gejala alergi seperti bengkak dan mata memerah.

Dr. Travis Stork, pembawa acara program talkshow The Doctors menganjurkan untuk membersihkan saluran hidung dengan Neti Pot.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari efek samping dari polusi udara dan memperlancar pernapasan secara alami.

Jika Anda juga menggunakan Neti Pot sebelum tidur, ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Berkeringat Dengan Sauna

Forbes Riley, pencipta produk kebugaran SpinGym, adalah penggemar berat detoksifikasi. Forbes menyarankan agar bersauna secara teratur, begitulah cara dia mengurangi berat badan pascamelahirkan anak kembarnya di usia 42 tahun.

“Tidak ada cara yang lebih mendetoksifikasi dari pada berkeringat,” lanjutnya.

Pengelupasan Kulit

“Menggosok-gosok kulit dan memijatnya dengan minyak akan membantu mengangkat racun dari kulit Anda serta melancarkan peredarannya,” kata Christina Chodos, seorang konselor kesehatan bersertifikat dan pendidik dari Chicago, IL.

Tags: #atasi rematik dengan daun pandan #jangan langsung di bawa ke dokter #membersihkan tubuh dari racun #pertolongan pertama pada anak