Anda Pernah Mimpi Merasa Ingin Terjatuh? Simak Fakta Berikut Ini

426 views


Pernah alami kaget saat tidur lelap? Banyak orang berpikir kondisi ini terjadi karena alasan mistis, seperti diganggu makhluk halus. Padahal sebenarnya, ini adalah salah satu kondisi medis yang disebut sebagai hypnic jerk.

Apa Itu Hypnic Jerk?
Hypnic jerk adalah suatu kondisi di mana tubuh secara tiba-tiba mengalami kontraksi kuat dalam waktu singkat saat Anda tertidur.

Jika Anda tidak pernah merasa kaget saat tidur, contoh lain dari hypnic jerk adalah cegukan.

Hypnic Jerk adalah sentakan tak disengaja dari satu atau lebih otot yang terjadi ketika seseorang tertidur. Ini cenderung terjadi tepat ketika orang tersebut beralih dari kondisi sadar ke kondisi tidur.

Kekuatan sentakan hypnic jerk dapat bervariasi. Beberapa orang mungkin tak menyadari kedutan tersebut. Namun, di lain waktu, kejang bisa cukup kuat hingga sanggup untuk mengejutkan dan membangunkan Anda.?

Hypnic jerk merupɑkɑn kondisi dimɑnɑ ɑdɑnyɑ kedutɑn otot yɑng sering terjɑdi pɑdɑ sɑɑt kitɑ tidur. Orɑng yɑng mengɑlɑmi hɑl tersebut biɑsɑnyɑ ɑkɑn merɑsɑ terjɑtuh, pɑdɑhɑl iɑ sedɑng tidur. Nɑh sɑɑt itu, iɑ ɑkɑn merɑsɑ terkejut dɑn lɑngsung terbɑngun. Oiy, ɑndɑ pernɑh mengɑlɑmi hɑl ini
” tidɑk? ‘

Hypnic jerk biɑsɑnyɑ terjɑdi pɑdɑ seseorɑng yɑng merɑsɑ kelelɑhɑn kɑrenɑ ɑktivitɑs yɑng pɑdɑt sehɑriɑn. Selɑin itu, kondisi stres, cemɑs, kɑfein, dɑn ɑlkohol jugɑ bisɑ menjɑdi penyebɑb hypnic jerk. Bɑgi ɑndɑ yɑng tidɑk merɑsɑ nyɑmɑn dengɑn kondisi ini jɑngɑn khɑwɑtir, hypnic jerk bisɑ dicegɑh kok.

Menurut beberɑpɑ pɑkɑr kesehɑtɑn, hypnic jerk sebenɑrnyɑ bisɑ dicegɑh meskipun ɑndɑ merɑsɑ kelelɑhɑn sɑɑt ingin tidur. Cɑrɑnyɑ yɑitu, cukup menerɑpkɑn polɑ mɑkɑn sehɑt sertɑ memenuhi kebutuhɑn mɑgnesium dɑlɑm tubuh. Nɑh, jikɑ sudɑh menerɑpkɑn hɑl ini, mɑkɑ secɑpek ɑpɑpun ɑndɑ sɑɑt ingin tidur, ɑndɑ bisɑ terhindɑr dɑri hypnic jerk.

Anda mungkin mengalami gejala-gejala lain bersamaan dengan hypnic jerk, seperti berikut ini.

  • Merasa seolah-olah terjatuh.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Pernapasan cepat.
  • Berkeringat.
  • Bermimpi tentang jatuh.

Kepada KlikDokter, dr. Arina Heidyana menjelaskan bahwa sebagian besar yang mengalami kondisi ini adalah orang dewasa. Bukan berarti anak bayi atau anak-anak tidak mengalaminya, hanya saja sangat jarang untuk terjadi.

Ini Penyebab Seseorang Alami Hypnic Jerk!
Ada beberapa penyebab sering kaget saat tidur alias hypnic jerk, seperti:

Rasa Cemas dan Stres yang Berlebihan
Padatnya jadwal pekerjaan ditambah kesibukan lain yang membuat Anda tertekan, bisa membuat otak dan pikiran cemas dan stres.

Saat Anda stres dan cemas yang berlebih, otak tetap terjaga sepanjang waktu, meski bagian tubuh lain sudah masuk dalam tahap relaksasi.

Otak yang tetap aktif sepanjang malam akan mengirimkan sinyal waspada pada tubuh. Alhasil, bukan tidak mungkin, Anda jadi terbangun dan kaget saat tidur.

Waktu Olahraga yang Terlalu Dekat dengan Jam Tidur
Malam hari memang jadi waktu olahraga yang baik. Pasalnya, ketika sudah lelah berolahraga, Anda bisa langsung istirahat tanpa harus bekerja lagi setelahnya.

Namun kenyataannya, memiliki waktu olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur bisa buat tubuh jadi lebih tegang. Hal ini membuat otak jadi aktif. Kondisi ini juga nantinya bisa memicu hypnic jerk.

Waktu Tidur yang Kurang
Dijelaskan oleh dr. Arina, memiliki waktu tidur yang kurang juga bisa jadi alasan lainnya mengapa Anda sering mengalami kaget saat tidur.

“Ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka insomnia bisa terjadi. Saat insomnia terjadi, tubuh akan merasa lelah, tapi tidak pada pikiran. Hal inilah yang nantinya buat Anda jadi terkejut saat tidur karena kurangnya relaksasi pada bagian otak,” tutur dr. Arina.

Meski bukan kondisi yang gawat darurat, hypnic jerk bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi jika kondisi ini sering Anda rasakan. Salah satu dampak paling terasa adalah gangguan tidur di malam hari.

“Pada umumnya, ketika mengalami hypnic jerk, orang tersebut akan bangun dengan perasaan kaget, jantung berdebar, dan cemas. Bila kondisi ini sering terjadi, tak heran jika Anda sering alami gangguan tidur atau insomnia,” ujar dr. Arina.

“Nah, kondisi gangguan tidur atau insomnia inilah yang nantinya bisa ‘membuka jalan’ untuk penyakit lainnya masuk dalam tubuh,” dia menambahkan.

Cara Anda Terhindar dari Hypnic Jerk
Tak ingin hal tersebut terjadi, lantas apa dong yang bisa dilakukan untuk menghindarinya? Seperti dilansir dari Sleep Advisor, berikut beberapa yang bisa Anda lakukan.

Kurangi Asupan Kafein
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk terhindar dari hypnic jerk adalah dengan mengurangi asupan kafein harian.
Kandungan kafein dalam kopi atau teh bisa buat jantung jadi berdebar sehingga buat tubuh jadi aktif. Jika biasanya Anda bisa minum 3-4 cangkir kopi dalam sehari, kurangilah kebiasaan itu jadi 1-2 gelas per hari. Hindari pula minuman berkafein mendekati waktu tidur.

Hindari Meminum Alkohol
Selain bisa merusak lambung, ginjal, dan anggota tubuh lainnya, minum alkohol juga bisa buat seseorang jadi lebih mudah mengalami hypnic jerk.

“Alkohol adalah jalan menuju kondisi depresan. Jika kebiasaan buruk ini terus berlanjut, tidak heran apabila tubuh jadi sering alami kaget saat tidur,” kata dr. Arina.

Olahraga secara Rutin
“Berolahraga itu sangat bagus untuk tubuh Anda. Namun, ada waktu yang tepat untuk berolahraga. Jika Anda melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur, ini dapat dengan mudah menyebabkan hypnic jerk,” jelas dr. Arina.
Jika Anda memilih malam hari untuk berolahraga, pastikan kegiatan ini tidak terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Berikan jarak sekitar 2-3 jam antara olahraga dan waktu tidur Anda.

Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain

Dalam memilih calon pasangan, kadang orang-orang disekitar kita memberi pendapat, dan jika kamu dalam posisi demikian, hati-hati.

Kamu yang akan menjalani kehidupan bersamanya, maka jangan terkecoh oleh komentar orang lain. Jangan sampai kamu salah pilih hanya karena banyaknya saran yang telah masuk pada telingamu, padahal kamu tidak membutuhkannya.

Pilihlah Ia yang Sekiranya Bisa Selalu Kompak Menjalani Kehidupan Bersamamu
Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain. Karena orang lain hanya akan melihat hasilnya, mereka tidak akan peduli seberapa besar kamu berjuang bersamanya, karena yang mereka tahu hanyalah menilai.

Oleh karenanya, pilihlah ia yang sekiranya bisa selalu kompak menjalani kehidupan bersamamu, yang selalu siap diajak bersamamu baik dalam keadaan senang ataupun sedih.

Jangan Menolaknya Hanya Karena Ia Kurang Tampan Atau Kurang Cantik Menurut Orang Lain, Bila Hatinya Sudah Baik. Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain

Dan ingat, bila memang menurutmu dia telah baik, ntah agamanya, ilmunya, dan akhlaqnya, jangan pernah bodoh menolaknya hanya karena ia kurang tampan atau kurang cantik menurut orang lain.

Karena sesungguhnya kebaikan fisik hanya pelipur mata sesaat, tapi kebaikan hati, agama, akhlaq, dan yang berilmu akan selalu menjadi pelipur hati setiap saatnya.

Kamulah yang Tahu Bagaimana Hatimu Membutuhkannya
Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain. Ketahuilah dengan bijak, bahwa mereka tentunya memiliki pandangan berbeda denganmu dalam tujuan hidup dimasa depan. Maka pastikan kamu memilih sesuai dengan apa yang memang kamu butuhkan untuk menopang masa depanmu bersamanya, bukan lagi menurut mereka.

Berhentilah Menyibukkan Diri Dengan Terus Menganggap Penilaian Orang Lain Adalah yang Utama
Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain. Yang terpenting adalah jagalah gengsimu, dan berhentilah menyibukkan diri dengan terus menganggap penilaian orang lain adalah yang utama.

Jadi, tak mengapa bila akahirnya orang lain mengeluh karena kamu memilihnya hanya menurut mereka dia kurang sempurna secara fisik, asal kamu tahu bahwa dengan hidup bersamanya bahagia bisa kamu capai.

Pilihlah yang Menurutmu Baik, Bukan yang Menurut Orang Lain Baik, Tapi Kamu pun Harus Perhatikan Baik-baik
Kamu yang Akan Menjalani Hidup Bersamanya, Maka Jangan Salah Pilih Hanya Karena Komentar Orang Lain

Ingat ya, pilihlah yang menurutmu baik, memnag sudah baik, bukan yang menurut orang lain baik. Tetapi kamu pun harus perhatikan baik-baik bagaimana kamu harus memilih, agar nanti kamu tidak menyesal.

Tags: #cara menghindari mimpi merasa terjatuh #jangan salah pilih pasangan karena komentar orang lain #mimpi merasa terjatuh #penyebab mimpi merasa terjatuh