Angelina Sondakh minta maaf ke ayah karena berhijab: Semoga Tuhan beri Daddy kekuatan untuk mengasihi Angie


Lucky Sondakh sempat mengungkapkan rasa malunya melihat putrinya, Angelina Sondakh pindah agama ke Islam dan berhijab.

Sambil menangis, Angelina Sondakh pun memberikan tanggapan mengenai hal itu.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Angelina Sondakh di hadapan Lucky Sondakh melalui YouTube Keema Entertainment.

“Angie sudah mendengarkan komentar daddy di YouTube dan itu bikin Angie malah lebih sedih lagi,” ungkap Angelina Sondakh dikutip Hops.ID pada Senin, 7 Maret 2022.

“Karena walaupun Daddy kecewa, walaupun Angie sudah mempermalukan keluarga besar, tapi Daddy masih menerima Angie sebagai anak,” sambung Angie masih sambil menangis.

Wanita yang akrab disapa Angie itu mengaku bahwa keputusan untuk berhijab diambil ketika tengah berada di dalam penjara selama sepuluh tahun.

Walaupun sang ayah sudah menerima dan menghargai keputusan Angie, ia tetap memohon maaf karena telah membuat malu sang ayah.

“Angie tahu Angie melukai mami, papi, dan keluarga besar. Angie minta maaf dengan keputusan Angie berhijab. Angie tahu pasti papi sebagai anak pendeta, pasti dipermalukan (dengan keputusan Angie).”

“Angie minta maaf, tapi Angie bersyukur karena papi bisa menerima keputusan Angie,” tutur Angelina Sondakh.

Istri almarhum Adjie Massaid itu sadar bahwa hal tersebut tidak mudah untuk diterima dengan lapang dada.

Kendati demikian, Angie berharap sang ayah diberi kekuatan untuk tetap menyayanginya dengan tampilan barunya kini.

“Walaupun Angie tahu itu berat sekali, itu bukan hal yang mudah. Mudah-mudahan Tuhan memberikan kekuatan untuk daddy untuk tetap mengasihi Angie dengan tampilan Angie yang seperti ini,” ungkapnya.

Lucky Sondakh pun memberikan tanggapannya. Memang diakuinya sangat berat melihat sang putri masuk Islam dan berhijab.

Namun pada akhirnya, ia menghargai keputusan Angie dan berbicara soal semangat toleransi dalam kehidupan.

“Toleransi dan ikuti kata hati. Nggak usah bicara soal agama atau apa-apa. Bertanyalah, apa yang bisa kita berikan pada Republik ini. Jangan kita bertanya apa yang kita mau dapat dari Republik ini,” ujar Lucky.

“Tuhan akan memberikan, membantu kita, melalui cara-cara yang ajaib,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Angelina Sondakh mendapatkan cuti menjelang bebas hingga diperbolehkan keluar penjara pada Kamis, 3 Maret 2022.

Belum sepenuhnya bebas, Angie dikenakan wajib lapor dua minggu sekali sampai dinyatakan bebas murni pada 1 Juni 2022.***

Angelina Sondakh merasa bikin orang tua malu dengan agama baru, dia dicibir: Setelah mualaf hidup makin hancur

Terpidana kasus korupsi Wisma atlet Angelina Sondakh kembali membuat pengakuan. Kali ini dia menyampaikan permohonan maaf pada orang tuanya yang telah malu dengan berpindahnya keyakinan putrinya, dan menjadi dikucilkan karenanya.

Merasa membuat orang tua malu dengan keyakinan baru

”Saya minta maaf ke orang tua saya karena saya mungkin secara tidak langsung kan, apa ya, membuat mereka juga malu dengan keyakinan saya seperti ini akhirnya membuat mami dan papi itu ya mungkin dikucilkakan,” kata Angelina Sondakh seperti dikutip Hops.ID dari kanal Youtube Ummu TV pada Minggu 6 Maret 2022.

Angie, sapaan akrab Angelina Sondakh, yang memutuskan menjadi mualaf atau memeluk agama Islam pada 2008 itu menyadari jika banyak kritikan yang datang pada dirinya juga orang tuanya.

Keluarga besar sempat mengucilkan orang tua Angie. Ini karena memang keluarga besarnya adalah pemeluk Kristen yang taat.

Bahkan, kakeknya adalah seorang pendeta. Sementara ayahnya, Lucky Sondakh, adalah pemimpin gereja selama 15 tahun terakhir.

Angelina Sondakh dan keluarga dihina

Tak hanya kritikan, kata Angie, namun juga hinaan kerap dia dan keluarganya terima. ”Banyak sekali kritikan-kritikan bahkan hinaan gitu kan,” ujar wanita yang berpindah agama sebelum menikah dengan Adjie Massaid itu.

Bahkan, ada pihak yang sampai mencibirnya dengan perkataan yang membuatnya begitu terkejut. Ini karena dia disebut semakin hancur hidupnya setelah pindah agama.

Dikatai hidupnya hancur setelah pindah agama

“Bahkan ada yang mencibir setelah begini (pindah agama) kan hidup kamu makin hancur gitu lho ibarat katanya, ya kan,” kenangnya.

Memang Angie sempat mengalami cobaan bertubi-tubi, diantaranya meninggalnya suaminya Adjie Massaid pada 5 Februari 2011, itu setelah mereka mengarungi bahtera rumah tangga berdua selama dua tahun.

Kemudian, dia tersangkut kasus korupsi Wisma Atlet saat duduk sebagai anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat.

Suami meninggal dan terjerat kasus korupsi

Dia pun akhirnya resmi menjadi tahanan KPK pada 27 April 2012. Angelina Sondakh divonis 4,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Di tingkat kasasi, hukumannya diperberat Mahkamah Agung (MA) jadi 12 tahun penjara.

Keputusan kasasi yang memperberat hukuman yang diterimanya, sempat membuatnya kecewa.

Sempat kecewa pada Allah

”Saya kecewa sama Allah, selama 2 tahun karena kasasi itu kan 2 tahun ya, saya enggak pernah lepas shalat tahajud saya berusaha menjalani ini, kenapa itu kenapa hasilnya seperti begini,” keluhnya.

“Ternyata Allah sedang mengajarkan aku bahwa niatkanlah ibadahmu bukan untuk mengharapkan apa yang kamu mau,” imbuhnya.

Angie akhirnya bisa sedikit bernapas lega karena Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan dikabulkan MA. Hukumannya dipotong jadi 10 tahun penjara.

Angelina Sondakh pilih ganti denda Rp 4 M dengan dipenjara, Mahfud MD: Koruptor lebih takut miskin daripada..

Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet, Angelina Sondakh memilih untuk dipenjara lebih lama dibanding bayar denda. Seharusnya istri mendiang Adjie Massaid itu bisa bebas lebh cepat jika dia membayar denda lebih dari Rp 4 Miliar.

Berdasarkan rilis dari Kementrian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Angelina Sondakh sudah membayar denda atau ganti kerugian negara Rp 8.815.972.722. Sementara sisa uang yang seharusnya dibayar adalah Rp 4.538.027.278.

Angelina Sondakh pilih dipenjara lebih lama

Angelina Sondakh memilih untuk melunasi sisa denda dengan tambahan kurungan penjara. “Subsidair 4 Bulan 5 hari( belum dibayar, diganti dengan menjalanakan pidana kurungan),” tulis rilis tersebut seperti yang dikutip dari Suara jaringan media Hops.ID pada Minggu, 6 Maret 2022.

Ibu satu anak ini itu telah menyelesaikan tambahan hukuman tersebut. Sebab lewat remisi program cuti menjelang bebas (CMB), Putri Indonesia 2001 itu seharusnya bebas pada Oktober 2021.

Namun, disebabkan tambahan kurungan penjara maka kebebasan ibu Keanu Massaid itu dimundurkan menjadi 3 Maret 2022.

Mahfud MD sebut koruptor lebih takut miskin daripada dipenjara

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan jika koruptor sebetulnya tidak takut dipenjara, melainkan yang mereka lebih takuti adalah kemiskinan.

“Yang ditakuti koruptor itu sebenarnya bukan penjara, tapi kemiskinan,” katanya.

Menurutnya, bagi para koruptor lebih baik dipenjara asal dompet masih tebal dan keluarga bisa menikmati harta hasil korupsinya. ”Bahkan, Seolah-olah penjara tidak menjadi soal bagi mereka, asal dompetnya masih tebal, anak istri masih hidup enak, masih bisa jalan-jalan ke luar negeri karena aset hasil korupsi masih bisa disembunyikan untuk kemudian digunakan,” ujar Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menerangkan jika pengembalian aset hasil tindak pidana korupsi merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Dari laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ditemukan masih maraknya modus pemindahan aset hasil korupsi ke luar negeri.

“Aset tersebut kemudian hanya dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan komersial para koruptor secara pribadi,” ungkapnya.

Banyak harta hasil korupsi dilarikan ke luar negeri

Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur ini menandaskan fenomena tersebut harus ditindaklanjuti baik secara nasional, regional, hingga internasional. “Agenda G20 bisa jadi momentum untuk bisa mendeteksi berbagai modus penyembunyian aset yang dilakukan para koruptor,” tuturnya.

Dia menyebut modus pencucian uang hasil korupsi bisa dilakukan dengan transaksi dagang internasional, modus penyelundupan uang tunai, modus perdagangan saham, dan lai-lainnya.