Apakah Anak Perempuan Wajib Bertanggung Jawab Pada Ibu dan Ayah Walaupun Selepas Menikah ??


Apakah Anak Perempuan Wajib Bertanggung Jawab Pada Ibu dan Ayah Walaupun Selepas Menikah ??

Islam tak ajar macam tu. Kalau korang anggap begitu pergi la masuk sekolah balik. Kecik2 ustazah dah ajar apa tanggungjawab anak. Kalau ibu miskin, orang susah, kita sebagai anak perempuan wajiblah kerja bantu ibu. Cukupkan keperluan ibu.

Kalau suami tak izin berkerja, tanggungjawab membantu ibu sudah jatuh ke tangan suami. Menantu lelaki pun ada tanggungjawab kepada mertua. Lagi lagi mertua yg miskin. Jangan cakap ibu mertua tu bukan tanggungjawab. Menantu lelaki perlu anggap mertua sama level dgn mak kandung sendiri.

Sedihnya ramai isteri harini lepas diri drpd tanggungjawab seorang anak kerana anggap lepas kawin kena taat suami. Kalau macam tu, siapa yg lahirkan korang? Siapa yg mengaandungkan korang? Siapa yg sekolahkan korang? Siapa yg daftar korang dekat universiti, beli laptop bagi duit belanja..siapa?siapa yg banyak berkorban utk melihat korang jadi anak yg berguna?

Jangan lah kita jadi anak tak kenang budi, anak derhaka dan tak kenang jasa ibu bapa. Ingatlah hari ini hari dia, esok esok hari kita. Kifarah itu berulang ulang. Maybe suatu hari hari nanti anak kita pula abaikan tanggungjawab kepada kita.

Kenapa ibu yg besarkan kita dgn kudrat dan kesusahan dan bila besar, suamilah segalanya. Suami tu esok2 boleh cerai kita, kawen lain. Kita terkapai kapai takde tempat bergantung and at the end balik ke pangkuan ibu tempat mengadu. Aku bukanlah baik tapi aku xpernah cakap ibu aku bukan tanggungjawab aku. Ibu aku besarkan aku, sekolahkan aku, suruh aku jadi cikgu, dan walaupun ibuku lagi kaya daripadaku,

nafkah ibu tak pernah miss..apa lagi kalau ibu orang susah. Suami aku tak dengar cakap ibu aku? Aku ingatkan lagi dia, aku pesan pada dia anggap dan hormati ibuku sebagai mana kau hormati ibumu. kalau tiada wang ringgit, kita masih ada kudrat dan tenaga untuk bantu ibu.bagilah apa yg termampu. Tak senang hidup, dan selamanya hidup miskin kalau terlampau berkira dengan ibu bapa.

suami yg baik tentu menyuruh isteri berbakti kepada ibu. Suami yg jahil anggap isteri miliknya seorang dan semestinya tidak ada adab dgn ibu.

======

Kenali Metode Operasi Abses Payudara

Abses payudara adalah kantung atau benjolan pada payudara yang berisi nanah. Operasi abses payudara bertujuan untuk membuang nanah tersebut sekaligus meredakan gejala yang timbul.

Abses dapat terbentuk di bagian payudara mana pun. Namun, di banyak kasus, abses lebih sering muncul di bawah puting. Kondisi ini disebut dengan abses subareola.

Abses payudara dapat dikenali dengan tanda-tanda berupa payudara mengalami kemerahan, pembengkakan, dan terasa nyeri. Abses payudara juga sering disertai dengan demam dan keluarnya nanah dari puting.

Abses payudara paling sering terjadi pada ibu menyusui. Walau tidak jarang juga kondisi ini dialami oleh pria. Biasanya, abses payudara pada pria disebabkan oleh adanya infeksi bakteri di payudara.

Penanganan abses payudara dengan operasi bertujuan untuk mengeluarkan nanah dari abses dan meredakan gejala yang muncul. Ada beragam jenis operasi yang dapat dokter gunakan untuk menangani abses payudara.

Dalam menentukan jenis operasi yang tepat, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan gejala, riwayat kesehatan, USG payudara, dan biopsi.

Jenis Operasi Abses Payudara

Berikut ini adalah beberapa jenis operasi yang dapat digunakan dokter untuk menangani abses payudara:

1. Penyedotan nanah dengan jarum (aspirasi jarum)

Aspirasi jarum umumnya digunakan untuk mengatasi abses yang ukurannya kecil (kurang dari 3 cm). Dalam prosesnya, dokter akan mengeluarkan cairan dan nanah pada abses dengan jarum suntik. Prosedur ini bisa dilakukan dengan atau tanpa panduan USG.

Kelebihan dari aspirasi jarum adalah masa penyembuhan luka yang cepat dan secara kosmetik lebih baik. Hanya saja, abses yang ditangani dengan metode ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk kambuh, yaitu hingga 59%.

2. Pemasangan kateter

Untuk abses payudara yang berdiameter lebih dari 3 cm, penanganannya dapat dilakukan dengan pemasangan kateter. Metode ini menggunakan selang kecil khusus yang dimasukkan ke dalam abses untuk mengeluarkan nanah.

Kekurangan dari pemasangan kateter adalah nanah dapat sulit dikeluarkan bila teksturnya terlalu kental. Selain itu, pada kasus abses payudara yang berjumlah banyak, nanah sering kali masih tersisa setelah tindakan.

3. Vacuum‐assisted breast biopsy (VABB)

VABB umumnya digunakan untuk menegakkan diagnosis kanker payudara. Namun, metode ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan nanah pada abses payudara.

VABB dilakukan dengan pembiusan lokal. Setelah bius diberikan, dokter akan membuat sayatan kecil berukuran 5 mm di kulit payudara dengan panduan USG. Selanjutnya, nanah pada abses akan disedot dengan alat vakum khusus.

Metode VABB memiliki beberapa kelebihan, yaitu dapat menyedot nanah yang kental dan tidak bisa dikeluarkan dengan aspirasi jarum biasa dan dapat membersihkan banyak kantung nanah yang sulit dikeluarkan dengan kateter.

4. Insisi dan drainase terbuka

Tindakan bedah terbuka dengan metode sayatan (insisi) dan mengeluarkan nanah (drainase) digunakan untuk menangani abses payudara yang berukuran besar, yaitu lebih dari 5 cm, berjumlah banyak, kondisinya parah dan sudah berlangsung lama, atau ketika metode lain gagal mengatasi abses payudara.

Abses yang ditangani dengan tindakan bedah terbuka ini lebih kecil kemungkinannya untuk kambuh. Pasalnya, selain dapat mengeluarkan nanah pada abses, metode ini juga dapat digunakan untuk membersihkan jaringan payudara yang mati.

Kekurangan dari insisi dan drainase terbuka adalah proses penyembuhannya lebih lama, memerlukan penggantian perban secara rutin, dan kurang memuaskan secara kosmetik.

Komplikasi Operasi Abses Payudara

Masing-masing operasi abses payudara dapat menimbulkan komplikasi yang berbeda. Misalnya, pada metode aspirasi jarum dan penempatan kateter, masih ada kemungkinan abses untuk kambuh.

Untuk metode vakum, ada risiko terjadi perdarahan dan penumpukan darah di dalam payudara. Sedangkan, pada metode insisi dan drainase terbuka, ada risiko terjadi puting yang tertarik ke dalam dan timbul rasa nyeri.

Oleh karena itu, jika setelah menjalani operasi abses payudara Anda kembali mengalami tanda-tanda abses payudara, payudara terasa tidak nyaman, atau muncul rasa nyeri, segera periksakan ke dokter agar bisa secepatnya ditangani.

======

Ketahui Penanganan Bisul yang Tepat

Bisul yang disebut juga furunkel adalah benjolan pada kulit yang berisi nanah dan terasa sakit. Penanganan bisul umumnya dapat dilakukan secara mandiri di rumah, tetapi ada juga beberapa kondisi bisul yang perlu ditangani oleh dokter.

Di sebagian besar kasus, bisul terbentuk akibat adanya infeksi bakteri pada tempat tumbuhnya rambut (folikel rambut). Bisul dapat terbentuk hampir di bagian tubuh mana pun, termasuk di wajah, bagian belakang leher, ketiak, paha, dan bokong.

Bisul juga dapat muncul dalam jumlah banyak lalu membentuk area infeksi yang terhubung di bawah kulit. Kondisi ini disebut bisul sabut atau karbunkel. Jika dibiarkan tanpa penanganan, bisul maupun karbunkel dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti abses pada otak dan sepsis.

Penanganan bisul disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Penanganan tersebut dapat berupa perawatan mandiri di rumah, penggunaan antibiotik minum, atau operasi.

Bisul yang ditangani dengan Perawatan Mandiri

Bisul yang berukuran kecil, hanya berjumlah satu, dan tidak disertai penyakit lain umumnya bisa diatasi hanya dengan perawatan mandiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa perawatan mandiri yang bisa dilakukan untuk mengatasi bisul:

Kompres hangat

Berikan kompres hangat pada bisul atau rendam bisul dalam air hangat dengan suhu sekitar 38–40 derajat Celcius selama 15–20 menit. Cara ini akan mengurangi rasa sakit dan mempercepat pecahnya bisul.

Bersihkan bisul dengan sabun antibakteri

Setelah bisul pecah dan mulai mengering, bersihkan bisul dengan sabun antibakteri sampai semua nanahnya hilang, lalu bersihkan kembali dengan kain atau kapas yang dibaluri alkohol. Selanjutnya, oleskan salep antibiotik (antibiotik topikal) dan tutup luka bekas bisul dengan perban.

Antibiotik topikal yang dapat diberikan antara lain asam fusidat, clindamycin, dan mupirocin. Oleskan antibiotik tersebut ke luka bekas bisul 2–3 kali sehari, dan pastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu tiap kali ingin memberikan obat.

Hindari memecahkan bisul

Jangan memecahkan bisul secara sengaja dengan jarum atau benda apa pun. Pasalnya, tindakan ini justru dapat memperburuk infeksi, bahkan dapat menyebabkan infeksi menyebar ke bagian tubuh lain.

Bisul yang ditangani dengan antibiotik minum

Dokter dapat meresepkan antibiotik minum untuk menangani bisul yang disertai dengan munculnya demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan infeksi kulit (selulitis).

Antibiotik minum yang biasa diberikan adalah penicillin. Obat ini umumnya dikonsumsi 2 kali sehari selama beberapa minggu.

Jika antibiotik minum tidak efektif, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mendeteksi jenis bakteri penyebab infeksi serta menentukan metode pengobatan yang sesuai untuk menanganinya.

Bisul yang perlu dioperasi

Segera temui dokter jika bisul yang Anda miliki menimbulkan rasa nyeri yang hebat, berjumlah lebih dari satu, atau berukuran besar dan tidak kunjung pecah. Dalam hal ini, penanganan bisul mungkin perlu dilakukan dengan pemberian antibiotik serta operasi.

Dalam menangani bisul dengan operasi, dokter akan membuat sayatan pada bisul dan membuat saluran untuk mengeluarkan nanah (drainase). Untuk infeksi yang dalam dan tidak dapat sepenuhnya dibersihkan pada proses operasi, dokter akan menaruh kain kasa steril pada bisul guna menyerap dan mengeluarkan sisa nanah.

Jika luka bekas bisul terasa nyeri setelah operasi, mengeluarkan darah, atau menimbulkan tanda-tanda infeksi, segera periksakan kembali ke dokter agar bisa secepatnya diberikan penanganan.

Tags: #anak perempuan wajib bertanggungjawab kepada ayah dan ibu setelah menikah #metode operasi abses payudara #penanganan bisul yang tepat