Apakah Boleh Istri Mengambil Uang di Dompet Suami Tanpa Izin?

488 views


Seorang suami punya kewajiban untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Mencukupi semua kebutuhan istri mulai dari makan, kebutuhan rumah tangga.

Seorang suami punya kewajiban untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Mencukupi semua kebutuhan istri mulai dari makan, kebutuhan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Ini merupakan salah satu kewajiban suami yang menjadi hak seorang istri. Biasanya, setiap bulan, atau setiap mendapatkan rizki, suami akan menyerahkan hasil nafkahnya kepada istri untuk dibelanjakan sebagaimana mestinya.

Namun demikian, tidak sedikit dari seorang istri yang kesusahan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari dikarenakan memiliki suami yang pelit dan bahkan kikir. Suami dengan tipe ini sangat berhati-hati sekali untuk mengeluarkan uang yang diminta istri dengan alasan tidak memiliki uang.

Dalam kondisi seperti ini seorang istri biasanya akan nekat untuk mengambil uang secara diam-diam dari dompet suami. Tentu maksud dan tujuannya baik, karena ia membutuhkan uang yang dimiliki suami untuk memenuhi kebutuhan dirinya, anaknya, dan tentu suaminya sendiri.

Bagaimanakah jika hal ini terjadi? Bolehkah seorang istri membuka dompet, dan mengambil uang darinya?

Kisah di atas ternyata pernah terjadi di zaman Nabi Muhammad. Adalah Hindun, istri dari Abu Sufyan pernah mengadu dan bertanya kepada Nabi tentang sifat kikir suaminya yang menyimpang uangnya. Karena Hindun membutuhkan uang tersebut untuknya dan anaknya, ia pun kemudian mengambil uang dari suaminya sebagaimana yang diceritakan dalam hadis riwayat Bukhari yang artinya:

Dari ‘Aisyah Ra, ia berkata, “Hindun Binti ‘Utbah, isteri Abu Sufyan menemui Rasulullah SAW seraya berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan seorang laki-laki yang pelit (kikir), ia tidak memberikan nafkah kepadaku yang tidak mencukupi (kebutuhanku) dan anakku kecuali (dari) apa yang aku ambil dari hartanya tanpa sepengetahuannya. Apakah aku berdosa karena hal itu.?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Ambillah dari hartanya dengan ‘ma’ruf’ (semestinya) apa yang cukup buatmu dan anakmu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, begitu juga yang disampaikan oleh Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari, bahwa diperbolehkan untuk mengambil uang dari suaminya tanpa sepengetahuan suaminya. Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah keperluan yang dimaksud oleh istri dalam kaitannya dengan kebutuhan sehari-hari.

Kebolehan ini hanya bersifat pada kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan pokok dan sifatnya urgen. Oleh sebab itu, redaksi hadis di atas menyebutkan “yang mencukupimu dan anakmu sebagaimana mestinya (ma’ruf)”.

Konteks ini juga berlaku pada penyebutan kata syahih yang berarti kikir atau sangat pelit, yang itu berarti bukan karena bertujuan menabung. Jika seorang istri sudah diberikan uang belanja sebagaimana mestinya, dan itu cukup, akan tetapi ia ingin membeli kebutuhan yang lain, yang itu sifatnya tersier seperti make up, baju baru, perhiasan, mobil, dan lain-lain maka hadis ini tidak bisa menjadi pembenaran atas perbuatan tersebut.

======

Anda Punya Masalah dengan Nyeri Menstruasi, Para Wanita Bisa Minum Campuran Ini Setiap Hari

Suatu hal yang lumrah ketika seorang wanita mengalami nyeri saat menstruasi.

Namun, tak ada salahnya bila Anda mencoba meringankan gejala sindrom pramenstruasi dengan cara yang alami.

Campuran kedua bahan yang biasa kita temukan di dapur ini dapat digunakan untuk itu.

Jahe dan gula merah sering sekali digunakan untuk bahan masakan.

Biasa juga untuk bahan pembuat minuman, tidak diragukan lagi jika jahe punya cita rasa yang khas.

Selain berguna dalam melezatkan makanan atau minuman, ternyata jahe punya mnfaat yang tidak main-main, lo bagi kesehatan kita.

Bukan hanya bisa menghangatkan tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe juga bisa memberikan efek luar biasa bagi tubuh.

Setelah dibuat menjadi teh, Anda pun bisa menambahkan peppermint, madu, lemon, atau gula merah alias gula kelapa, untuk menutupi rasa jahe.

Berikut ini manfaat kesehatan dari ramuan jahe dan campurannya tersebut.

Yuk kita simak bersama.

1. Meringankan Mual

Jika Anda sering merasa mual ketika dalam perjalanan, ramuan ini bisa jadi solusi tepat untuk mengatasinya.

Minum secangkir teh jahe, menurut indiatimes, sebelum bepergian dapat membantu mencegah mual dan muntah yang berhubungan dengan mabuk perjalanan.

Anda juga dapat minum secangkir jahe pada tanda mual pertama untuk meredakan gejalanya.

2. Tingkatkan Kinerja Perut

Banyak dari kita yang merasa kembung setelah makan.

Hal itu bisa terjadi karena kita terlalu banyak makan.

Berguna dalam meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan, campuran jahe dan gula merah juga bisa meredakan kembung setelah makan terlalu banyak.

3. Kurangi Peradangan

Nyeri sendi bisa menyerang kapan saja, dan jika itu terjadi benar-benar membuat kita merasa tidak nyaman.

Tidak banyak yang tahu, jika jahe bisa menjadi salah satu pilihan dalam menanganinya, lo.

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang menjadikannya obat rumah yang ideal untuk masalah otot dan persendian.

Selain minum teh jahe, Anda juga bisa menggunakannya untuk merendam sendi yang meradang.

4. Perangi Masalah Pernapasan

Teh jahe dapat membantu meringankan kemacetan terkait dengan flu biasa.

Cobalah secangkir teh jahe untuk gejala pernapasan yang terkait dengan alergi lingkungan.

5. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Vitamin, mineral, dan asam amino dalam teh jahe dapat membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu mengurangi kemungkinan masalah kardiovaskular.

Jahe dapat mencegah penumpukan lemak di arteri yang membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Meringankan Nyeri Menstruasi

Yang ini untuk semua wanita yang menderita kram menstruasi.

Cobalah merendam handuk dalam teh jahe hangat dan oleskan ke perut bagian bawah.

Ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengendurkan otot.

Pada saat yang sama, minumlah secangkir teh jahe dengan gula merah.

7. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Saat cuaca tak menentu seperti sekarang, tubuh rentan terkena penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Teh jahe dapat membantu memperkuat kekebalan Anda karena tingginya tingkat antioksidan dalam jahe.

8. Meringankan Stres

Teh jahe memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu menurunkan stres dan ketegangan Anda.

Ini diduga karena kombinasi dari aroma yang kuat dan sifat penyembuhan.

======

Inilah Racikan Jamu Untuk Bersihkan Rahim Selepas Datang Haid Untuk Cegah Lebihan Darah Kotor Berkumpul Dan Tersumbat

Minum Air jamu ini sangat bagus untuk membersihkan rahim selepas haid, bertindak untuk membuang angin dan memecah lemak serta mengatasi masalah bau badan. Selain masalah senggugut, ada juga yang mengalami masalah haid tidak teratur dan hal ini akan mengganggu hormon seorang wanita.

Bila anda amalkan air jamu ini. Selain merawat masalah senggugut ketika haid, ia juga dapat mengurangkan keputihan jika ditambah daun sirih. Cara untuk membuatnya juga mudah.

Bahan-bahannya :

2sm halia
2sm kunyit
2 batang serai
2 helai daun pandan
3 cawan air
Gula batu atau madu sesuai selera

Cara buatnya :

  1. Basuh halia dan kunyit. Boleh dihiris jika mahu. Masukkan juga serai dan daun pandan.
  2. Masukkan air dan biarkan ia mereneh seketika.
  3. Selepas air mengering dan dianggar menjadi satu cawan, tutupkan api. Biarkan suam sebelum ditambah madu atau gula batu ketika mahu diminum.
  4. Anda boleh tambahkan sebiji buah manjakani untuk merapatkan bahagian intim (tetapi tidak sesuai untuk anak dara). Untuk mengurangkan masalah keputihan, bolehlah ditambah dua helai daun sirih

Air jamu ini baik untuk :

  • Membersihkan rahim selepas haid
  • Mengeluarkan angin dalam badan
  • Memecahkan lemak di perut
  • Mengurangkan masalah bau badan

Amalkan air ini sebulan sekali dan ingin diingatkan, air ini tidak sesuai untuk ibu mengandung. Air jamu ini tidak pahit bahkan harum. Cuma jika ditambah biji manjakani akan menjadi sedikit pahit. Jangan amalkan berlebihan kerana sirih dan kunyit berlebihan akan menyebabkan cepat putus haid.

Tags: #campuran mengatasi nyeri menstruasi #hukum istri mengambil uang dari dompet suami #racikan jamu membersihkan rahim