Asmirandah akui murtad masuk Kristen bukan karena pernikahan, justru gegara ini: Kalaupun tidak sama Vano…


Keputusan besar Asmirandah yang pada akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang pemeluk agama Kristen, bukan karena akan menikah.

Pasalnya banyak yang berspekulasi jika keputusan Asmirandah tinggalkan agama Islam karena akan segera menikah dengan calon suaminya saat itu, Vano atau Jonas Rivanno.

Pernyataan itu secara tegas dikatakan oleh Asmirandah. Bahwa ia putuskan untuk memeluk agama Kristen karena kemauannya sendiri.

Menurutnya saat memutuskan berpindah agama, ia telah dewasa dan cukup umur untuk menentukan apa yang menurutnya baik ataupun tidak.

“Aku memilih keyakinan aku itu, udah hak aku dan saat itu usia aku udah lewat dari 17 dan itu emang hak aku untuk memilih,” ungkapnya, dikutip Hops.ID melalui akun instagram @rumpi_gosip pada Selasa, 12 April 2022.

Dituturkan oleh Asmirandah, bahwa seharusnya orang tidak boleh sembarangan untuk menghakimi perihal keputusannya untuk menjadi pemeluk Kristen.

Hal itu diakui oleh Andah, sapaan akrab Asmirandah bahwa penghakiman orang adalah sesuatu yang tidak adil untuknya.

“Pada saat memilih itu, mungkin orang-orang ngelihatnya mau nikah sama Vano,” ungkapnya.

Namun sejatinya, Vano yang kini jadi suaminya tidak pernah membahas agama dengannya, terlepas pada saat itu keduanya masih memiliki keyakinan yang berbeda.

Diakui oleh Andah, sapaannya, meskipun pada saat itu ia tidak berjodoh denga Vano, ia akan tetap pindah agama dengan memeluk agama Kristen.

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra dari masyarakat maupun orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya.

Namun pada saat down seperti itu, Andah percaya bahwa Tuhan pasti akan memberikan jalan yang terbaik untuknya.

“Kenapa aku bisa berdiri pada akhirnya, karena aku tetap percaya gini, ini aku ikut Tuhan bukan karena aku mau menikah tapi aku ikut Tuhan karena aku sendiri yang mau ikut Tuhan,” ungkapnya.

“Kalaupun ternyata aku tidak berjodoh sama Vano, aku yakin aku tetap ikut Tuhan Yesus,” ungkapnya menambahkan.

Dengan begitu, ia mengakui bahwa lebih mencintai Tuhan Yesus sebelum akhirnya mencintai suaminya, Jonas Rivano.

Asmirandah tidak terlalu menghiraukan apa yang dikatakan orang-orang terhadapnya, karena kebahagiaan yang kini dirasakan, tidak akan orang lain rasakan.

“Titik kebahagiaan itu di mana sih, itu kan aku yang ngerasain bukan orang lain gitu kan. Orang lain mungkin bisa ngelihat aku kayak sedih dan enggak bahagia, padahal hidup aku yang jalani,” ungkapnya menegaskan.***

Dinilai permainkan agama, Jonas Rivanno jadi tersangka kini bersyukur: Gue disayang Tuhan

Aktor Jonas Rivanno menceritakan masalah yang pernah ia alami beberapa waktu lalu lantaran dinilai permainkan agama. Pada 2013, suami Asmirandah tersebut dilaporkan oleh Front Pembela Islam (FPI) lantaran dinilai telah melecehkan agama Islam karena menjadi Muslim hanya untuk menikahi istrinya. Setelah dilaporkan, Vanno membantah dirinya pindah agama. Namun, pernyataan Vanno justru berbanding terbalik dengan ustaz yang pernah mengislamkannya.

“Tetapi kalau pernyataan (tidak mualaf) itu dilakukan sungguh-sungguh saya tidak tahu. Kalau itu sungguh-sungguh, dua kalimat syahadat itu tidak berlaku lagi. Tapi mudah-mudahan itu cuma akting,” kata Ustadz Mahari Madarif pada 2013 lalu melansir Okezone.

Jonas Rivanno bersama Asmirandah kemudian menggelar jumpa pers untuk meminta maaf. Ayah satu anak itu mengaku bahwa dirinya pernah menjadi seorang mualaf dan tak berniat untuk mempermainkan agama.

“Saya selaku pribadi mencabut pernyataan saya sebelumnya dan saya membenarkan ya semua memang pernah terjadi, saya pernah menjadi mualaf. Saya meminta maaf yang sedalam-dalamnya, sekiranya pintu maaf dibukakan untuk saya dan juga Andah. Tak ada niatan untuk mempermainkan agama, dan mempermainkan Asmirandah, karena keduanya sudah lama berpacaran,” ucap Jonas Rivanno.

Setelah itu, Jonas Rivanno kembali memeluk agama semula yakni Kristen dan menikah dengan Asmirandah. Tidak mengakui pernah memeluk agama Islam, Jonas Rivanno dinilai telah mempermainkan agama dan dijadikan tersangka. Seperti apa penjelasan lengkapnya? Simak ulasan berikut.

Jonas Rivanno permainkan agama
Hadir dalam YouTube Daniel Mananta Network, Jonas Rivanno ditemani oleh Asmirandah. Ia menceritakan banyak hal, termasuk sempat dijadikan tersangka lantaran dinilai mempermainkan agama. Namun, statsus tersangka itu gugur. Kata Vanno, masalah itu membuat dirinya dibully banyak orang dalam waktu yang cukup lama.

“Kita mau menikah aku melakukan kesalahan, aku bahkan dijadikan tersangka dalam mempermainkan agama. Setelah masalah itu pun orang masih judge gue ‘ini yang mempermainkan agama’ dan lain sebagainya, dan itu judgenya enggak sehari dua hari, itu lumayan panjang,” kata Jonas Rivanno dilansir HopsID pada Senin (13/12/21).

Atas masalah itu, Vanno kini lebih banyak bersyukur. Hal tersebut karena Vanno mengerti bahwa penyertaan Tuhan itu nyata.

“Tapi entah kenapa, sekarang aku bersyukur. Karena dari situ aku benar-benar tahu apa yang namanya penyertaan Tuhan, ketika Tuhan serta itu bukan berarti Tuhan angkat masalahnya bikin orang lain lupa, tapi justru di situ gue didewasakan,” tuturnya.

Merasa disayang Tuhan
Pasalnya, Jonas Rivanno merasa tidak stres ketika mendapat masalah itu. Pemeran sinetron Samudra Cinta ini justru merasakan damai sejahtera meski diterpa masalah yang cukup besar pada saat itu.

“Tapi bukan berarti lu enggak layak lagi untuk Tuhan. Justru di tengah kesalahan itu gue jadi sadar, gue jadi mengerti kalau ternyata gue ini adalah anak yang disayang sama Tuhan. Kenapa? Karena di tengah-tengah masalah yang harusnya bikin gue super down, dijudge banyak orang tapi Tuhan kasih gue damai sejahtera, di tengah masalah gue enggak terlalu stres banget enggak,” ungkap Jonas Rivanno.

Jonas Rivanno justru merasa disayang Tuhan. “Gue lihat penyertaan Tuhan satu per satu, mungkin kalau gue enggak mikirin penyertaan Tuhan dalam hidup gue mungkin gue akan stres ‘aduh gue besok kerja apa, besok gimana kalau gue ketemu orang, apa yang orang pikirkan’ itu enggak terjadi sama sekali di hidup gue, ketika gue sadar banget gue disayang sama Tuhan.”

Kini, Jonas Rivanno semakin religius dan menyadari bahwa Tuhan tidak pernah marah.

“Gue melakukan kesalahan gue tahu, pada saat itu gue mungkin belum mengerti kasih Tuhan yang sesungguhnya. Gue ngerasa ‘gue melakukan kesalahan, mungkin Tuhan marah ini konsekuensi yang gue terima’ seiring berjalannya waktu, semakin gue mengenal Tuhan, gue jadi sadar, Tuhan enggak pernah marah,” pungkas Jonas Rivanno.

Rajin diundang ke gereja, Jonas Rivanno dan Asmirandah blak-blakan soal honor mereka

Pasangan Jonas Rivanno dan Asmirandah diketahui memang sering memberikan kesaksian di Gereja. Kisah keduanya dianggap inspiratif dan banyak menggugah keimanan orang lain.

Saat itu, Jonas tak enampik ada keinginan untuk hengkang dari dunia hiburan. Pasangan ini mengaku tak merencanakan kesaksian mereka. Keduanya merasa hal itu mengalir begitu saja dan seperti diatur oleh Tuhan.

“Kita bersaksi di mana-mana, kita diundang di mana-mana, istilahnya berbagi kesaksian kita di mana-mana. Dan itu bener-bener gak kita rencanakan, gak juga kita jadwalin, ‘Oke jadi kita stop yang lain-lainnya, kita pelayanan dulu aja,’ enggak,” kata Jonas dilansir dari kanal YouTube Daniel Manantan Network pada Senin, (13/12/21).

Berstatus sebagai artis, Jonas menyebut dirinya selalu ditanya soal honor atau bayaran untuk datang ke gereja. “Jadi selalu ada dua pertanyaan yang undang kita, yang pertama, ‘Kalau ngundang Asmirandah sama Jonas, PK-nya (honor) berapa?’ dan yang kedua, ‘Mau gak ya diundang ke daerah ini?’,” ucapnya.

Jonas mengaku dirinya dan Asmirandah selalu menerima tawan ke gereja asalkan ada waktunya. Mereka tak memungut biaya sepeser pun.

“Jawaban kita cuma satu, asalkan waktunya ada available waktunya, kita pasti berangkat. Yang lainnya gak usah dipikirin.”

Bukan isapan jempol semata, Jonas Rivanno dan Asmirandah sudah rutin melakukan pelayanan dari satu gereja ke gereja lainnya selama 5 tahun. Belum lagi hal itu dilakukan hampir setiap hari. Tak disangka, keduanya justru kembali mendapatkan tawaran untuk syuting dan kembali ke dunia hiburan.

“Ketika kita kembali ke dunia entertainment, entah kenapa semuanya kayak udah diatur sama Tuhan. Waktu itu lagi gak ada jadwal pelayanan ke mana-mana, lagi kosong, dan tiba-tiba produser telepon, ‘Vano, Andah udah mau main sinetron apa enggak?” pungkasnya.