Awalnya Dikira Konyol Saat Mencampur Sabun dengan Sprite, Tapi Pas Tahu Manfaatnya Banyak yang Ikutan


Sabun dapat membuat tubuh menjadi bersih dan segar. Tapi selain untuk membersihkan badan ternyata sabun juga mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari kita lho!

Seperti yang dilansir oleh pastiseru.com, sabun batangan juga dapat digunakan sebagai pengharum lemari atau laci, membuat kacamata bebas embun dan juga dapat meredakan gatal karena gigitan serangga. Lalu, ada satu hal lagi manfaat dari sabun yang belum diketahui banyak orang.

Pertama-tama siapkan satu buah sabun batangan dan cutter. Kemudian, iris-iris sabun batangan menggunakan cutter. Lalu tambahkan kira-kira setengah botol Sprite dan sedikit air dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan agar irisan sabun sudah larut sepenuhnya dan tercampur rata.

Setelah tercampur rata, tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke tempat-tempat atau barang yang sulit untuk dibersihkan.

Misalnya keran air, kaca jendela, cermin dan barang-barang rumah tangga lainnya. Semprot saja dan cukup lap menggunakan kain bersih, dan semua peralatan rumah tangga pun jadi bersih dan kinclong!

======

Perlu Diketahui Inilah Bahaya Kertas Coklat Kalau Terlalu Sering Digunakan

Kertas berwarna cokelat atau yang sering disebut dengan kertas minyak ini pasti sudah tak asing lagi.

Nah, kertas ini sering kamu jumpai untuk membungkus makanan. Mulai dari nasi, gorengan hingga jajanan tertentu.

Kertas ini dipilih karena harganya yang relatif murah dan simpel menggunakannya. Jika diperhatikan kertas ini juga dilapisi plastik tipis di satu sisinya.

Namun, tak disangka kertas yang dipakai banyak penjual nasi untuk membungkus makanan ini bisa mengganggu kesehatan.

Sejumlah penelitian menemukan kertas ini memiliki kandungan BPA yang berbahaya bagi tubuh.

BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia yang sering digunakan sebagai pembuat wadah makanan, bukan hanya plastik tapi juga kertas.

Nah, awalnya kandungan BPA digunakan pada wadah makanan kaleng.

Hal tersebut dilakukan agar kaleng tidak mudah karatan. BPA ini mulai digunakan untuk melapisi kertas.

Hal itu bertujuan agar kertas lebih tahan terhadap panas. Bahaya penggunaan kertas minyak juga pernah disampaikan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Lisman Suryanagara, Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial LIPI mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dengan kertas nasi yang dipakai untuk membungkus makanan.

Lisman menambahkan, zat kimia yang ada di kertas tersebut berdampak negatif bagi tubuh.

Selain itu, bisa memicu berbagai penyakit seperti kanker, kelenjar getah bening dan gangguan reproduksi hingga mutasi gen.

Menurutnya, bahan yang umum digunakan sebagai bungkus makanan dari masa ke masa antara lain adalah keramik, kaca, plastik, alimunium foil, hingga yang berbahan dasar kertas.

Nah, lebih baik jika kamu membeli makanan dan dibungkus kertas ini. Langsung pindahkan saja ke piring yang biasa.

======

Nasi Di Rice Cooker Sering Jadi Kuning dan Kering? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

Di zaman sekarang ini, mungkin sudah tidak ada lagi orang yang memasak nasi dengan menggunakan kompor dan panci. Kebanyakan orang sudah beralih pada rice cooker untuk memasak nasi dengan lebih cepat dan mudah.

Namun, memasak nasi menggunakan rice cooker juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu biasanya nasi menjadi kuning dan kering bila dibiarkan di dalam rice cooker dalam waktu yang lama.

Nah, agar hal ini tidak terjadi lagi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan trik-trik tertentu pada saat memasak nasi.

Berikut ini trik yang bisa Anda lakukan pada saat memasak nasi agar nasi tidak menjadi kering dan kuning jika dibiarkan terlalu lama.

Pertama, perhatikan batas maksimal memasak nasi di rice cooker, karena memasak nasi terlalu banyak dan melebihi batas volume rice cooker akan menyebabkan proses memasak nasi menjadi tidak sempurna, nasi menjadi terlalu lembek dan akhirnya cepat basi.

Kemudian, pastikan Anda juga tidak memasak nasi terlalu banyak sehingga harus menyimpan nasi hingga sehari semalam. Pastikan nasi yang Anda masak di pagi hari bisa habis dalam sekali makan atau setidaknya untuk sehari makan. Jadi nasi akan selalu fresh setiap harinya.

Jika masih ada nasi yang tersisa di malam hari, pastikan Anda mematikan listrik rice cooker Anda, sehingga nasi tidak terus terpapar udara panas dan menyebabkannya mengering.

Keesokan harinya, meski nasi sudah menjadi dingin, tapi masih bisa dibuat nasi goreng karena masih empuk dan tidak kering.

Selain itu, pastikan juga Anda menutup rapat rice cooker setiap mengambil nasi. Udara yang keluar masuk dari celah rice cooker yang tidak ditutup dengan rapat akan menyebabkan nasi cepat basi.

Pada saat memasak nasi, Anda bisa menambahkan sedikit perasan air lemon atau daun pandan yang dapat menambah wangi pada nasi. Selain itu, kadar asamnya juga dapat melindungi nasi dari suhu panas.

Terakhir, aduk nasi sesaat setelah nasi matang, sehingga uap air yang ada di sela nasi bisa tersebar dengan rata. Hal ini bisa mengurangi resiko nasi jadi cepat kering.

======

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Hindari Sebelum Terlambat

Diketahui bedasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 264 juta orang di seluruh dunia terkena depresi. Perawatan farmasi yang paling umum adalah dengan pemberian antidepresan seperti Prozac untuk meningkatkan kadar serotonin di otak yang mampu meningkatkan suasana hati.

Wah, Ternyata Ini Jamur Ajaib yang Disebut Bisa Atasi Depresi!

Sayangnya, jenis antidepresan ini tidak bekerja baik pada semua orang dan biasanya akan diresepkan sebagai pengobatan jangka panjang untuk mempertahankan efektivitas.

Sebaliknya, obat-obatan psikedelik dapat dengan cepat mengubah fungsi otak kita. Itulah sebabnya obat ini dapat berpotensi mengobati pasien hanya dalam beberapa dosis saat dikombinasikan dengan pelaksanaan terapi. Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, perawatan semacam itu dapat menargetkan berbagai kondisi kesehatan menGinjal memiliki peran yang penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi, menghilangkan kelebihan air, serta mengendalikan kadar mineral dalam darah.

Untuk itu penting mengurangi risiko terkena penyakit gagal ginjal dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk ini.

Berikut adalah 10 kebiasaan yang dianggap sepele tapi dapat merusak ginjal.

1. Menahan Kencing

Sering menahan kencing menjadi salah satu penyebab masalah ginjal. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, bakteri akan berkembang biak lebih cepat.

Apalagi jika Anda menahann kencing dalam jangka waktu yang lama. Kebiasaan ini akan menyebabkan risiko terjadiya infeksi ginjal dan inkontinensia urin (ngompol).

2. Duduk Lama

Aktivitas fisik yang teratur sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa normal yang menjadi faktor penting dalam menjaga kesehata ginjal.

Duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa bergerak dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal hingga 30 %.

Jika Anda adalah pekerja yang menghabiskan waktu 8 jam sehari untuk duduk di kursi tempat kerja, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan kegiatan sehat lain.

Seperti berolahraga setidaknya 2-3 kali seminggu. Atau sekedar jalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

3. Olahraga Berlebih

Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis adalah kondisi otot yang mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut menyebabkan lepasnya pigmen miglobin dari otot ke dalam darah. Mioglobin ini dapat membahayakan ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Berhati-hatilah jika Anda mengalami nyeri dan urin berwarna gelap. Segera cek ke dokter.

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Obat Nyeri

Meskipun obat anti-inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen aman dalam jumlah sedang, namun penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal bahkan gagal ginjal total.

Hal ini terjadi karena proses yang menyebabkan penurunan aliran darah ke ginjal dan memperburuk fungsi ginjal.

Selalu kontrol penggunana obat nyeri/penghilang rasa sakit sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter.

5. Kurang Konsumsi Air Putih

Kurang mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan masalah yang serius termasuk batu ginjal.

Kebutuhan normal konsumsi air putih yang diperlukan tubuh adalah 1,5-2 liter. Kebutuhan air putih tercukupi jika urin yang dihasilkan berwarna kuning muda.

Warna yang lebih gelap menjadi indikasi adanya kemungkinan kerusakan ginjal.

6. Kurang Tidur

Istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, cukup tidur akan membantu dalam menjaga keehatan ginjal.

Siklus tidur akan berpengaruh terhadap fungsi ginjal. Jaringan organ hanya akan diperbarui ketika Anda sedang tidur.

Tidur yang kurang akan merusak proses tersebut dan meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Posisi tidur ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Posisi yang salah dapat menyebabkan asteosklerosis atau penyumbatan arteri.

Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah dan membebani ginjal. Sehingga gijal akan rentan mengalami masalah.

7. Minum Soda

Konsumsi soda berhubungan erat dengan terjadinya masalah ginjal.

Pada tahun 2009, sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 wanita yang minum dua atau lebih soda setiap hari memiliki penurunan fungsi ginjal yang signifikan.

8. Mengkonsumsi Daging

Konsumsi protein hewani yang berlebih dapat meningkatkan asam dalam darah.

Peningkatan ini akan menyebabkan asidosis yaitu kondisi ginjal dimana ia tidak dapat menjada keseimbangan pH dalam tubuh.

Gangguan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan ginjal yang kronis. Asupan protein harian yang dianjurkan adalah sekitar 1-1,6 g/kg berat badan.

Kurangi konsumsi daging dan perbanyaklah konsumsi sayur juga buah.

9. Berlebihan Mengkonsumsi Garam dan Gula

Ginjal berfungsi dalam metabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi seseorang.

Jika konsumsi garam berlebih, organ ginjal akan bekerja berlebih untuk menyingkirkan kelebihan natrium.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Konsumsi gula berlebih juga dapat memicu peningkatan tekanan darah dan menyebabkan obesitas.

Kondisi ini menjadi risiko diabetes, ketiga hal tersebut merupakan penyebab utama gagal ginjal.

Asupan garam yang dianjurkan adalah sekitar 3,75 gram (3/4 sendok teh) sehari. Sementara untuk konsumsi gula dianjurkan 25-38 gram (6-9 sendok teh).

Perhatikan pula saat membeli bahan-bahan makanan di supermarket, biasanya kandungan gula dan garam dalam bahan tersebut cukup tinggi.

10. Mengabaikan Batuk, Pilek dan Flu

Sebagian orang akan mengabaikan ketika mengalami kondisi ini. Padahal saat kondisi ini, tubuh membuat antibodi untuk melawannya.

Molekul-molekul tersbeut buasanya menetap pada filtrasi di ginjal dan menyebabkan peradangan.

Sehingga jika kondisi ini berlangsung lama, ginjal dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu segera obati jika mengalami kondisi ini. Perbanyak istirahat dan tidur.al, termasuk kecemasan, kecanduan, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Tags: #bahaya kertas coklat untuk membungkus makanan #kebiasaan yang dapat merusak ginjal #manfaat mencampur sabun dengan sprite #tips agar nasi di rice cooker tidak kuning dan kering