Bahaya Besar Tabarruj Yang Tidak Disadari Kaum Wanita, No. 3 Sering Dilakukan Tapi Jadi Trending


Bahaya Besar Tabarruj Yang Tidak Disadari Kaum Wanita. Kesadaran kaum wanita ingin berpakaian menutup auratnya meningkat tajam dewasa ini. Berbagai model jilbab bertebaran dengan beraneka motif dan desain. Betapa gembiranya hati wanita ketika mengenakan jilbab yang beraneka desain itu hingga tanpa disadari bahwa yang dipakainya termasuk Tabarruj yang dilarang.

Larangan Bertabarruj
Allah melarang para wanita yang beriman melakukan tabarruj seperti tabarrujnya wanita Jahiliyah yang dahulu. Allah Ta’ala berfirman:

“Hendaklah kalian (para wanita) tetap tinggal di rumah kalian, dan janganlah kalian bertabarruj seperti tabarruj-nya kaum Jahiliyah yang dahulu …..” (QS. Al-Ahzab : 33)

Makna Tabarruj
Imam Asy-Syaukani dalam Kitab Fathul Qadir berkata :
“At-Tabarruj ialah wanita yang menampakkan perhiasan (aurat) dan kecantikannya yang seharusnya ditutupi, yang memancing syahwat pria.”

Dalam pengertian lain at-Tabarruj adalah wanita yang senang berhias, berdandan dan berpakaian berlebihan atau yang tidak layak menurut syariat.

Tabarruj Dalam Hal Pakaian
Berikut adalah katagori tabarruj di dalam hal pakaian yang bahaya besarnya tidak disadari kaum wanita, yakni berpakaian yang :

1). Tidak Menutup Auratnya
Masih sering kita jumpai wanita-wanita berpakaian tetapi tidak menutup seluruh auratnya. Hal ini dilarang karena wanita harus menutup seluruh auratnya kecuali yang boleh ditampakkan.
Allah Ta’aala berfirman :

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita beriman, supaya mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (aurat-nya) kecuali yang (biasa) terlihat ……” (QS. An Nur : 31)

2). Jilbab Gaul dan Over Modis
Pakaian jenis ini sangat beraneka design umumnya wanita memakainya lantaran mengikuti trend mode agr terlihat modis dan tampak menarik. Akhirnya bukannya menutup aurat tujuan utamanya, namun sekedar mempertontonkan pesona yang berlebihan.

3). Berbahan Tipis Transparan
Meskipun menutup aurat namun pakaian jenis ini kalau dikenakan tampak seperti telanjang sehingga mengundang sahwat pria. Wanita yang gemar memakainya tidak akan bisa mencium bau surga. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sungguh banyak wanita yang telanjang berpakaian tipis merangsang dan berlenggak – lenggok. Mereka tidak bisa masuk surga dan tak bisa mencium baunya.” (HR. Bukhari)

4). Ketat dan Berbahan Jatuh
Pakaian jenis ini apabila dikenakan akan menggambarkan lekuk-lekuk tubuh sang pemakainya dn menggoda syahwat pria Syaikh Muhamad Nashiruddin Al-Albani berkata :

Memakai hijab dengan pakaian ketat dan pakaian berbahan jatuh, meski menutup aurat namun menggambarkan lekuk-lekuk tubuh yang menggoda syahwat laki-laki.” (Kitab Jilbabul Mar’atil)

5). Menyerupai Pakaian Pria
Wanita yang suka mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian pria dilaknat oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam melaknat pria yang berpakaian menyerupai wanita dan wanita yang berpakaian menyerupai pria.” (H.R. Ibnu Majah, Abu Dawud, dan Ahmad)

6). Tidak Lazim Dipakai (Syuhrah)
Adalah jenis pakaian yang kurang lazim dipakai laum wanita kecuali hanya untuk mencari sensasi semata. Di akhirat Allah akan memakaikan pakaian kehinaannya itu yang dinyalakan dengan api neraka. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa yang memakai pakaian syuhrah didunia maka Allah akan memakaikan padanya pakaian kehinaan dihari kiamat lalu dinyalakan kepadanya api neraka.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Bahaya tabarruj lainnya
Selain dalam hal pakaian ada kebiasaan wanita yang termasuk at-tabarruj, yakni mereka yang suka :

1). Berhias Berlebihan (Over Solek)
Seorang wanita boleh saja berhias ketika keluar dari rumahnya, namun hendak lah tidak berlebihan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Seorang wanita dilarang berhias (berlebihan) untuk diperlihatkan kepada selain suaminya.” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

2). Memakai Wewangian Berlebihan
Seorang wanita yang memakai wewangian (berlebihan) yang melewati sekumpulan laki-laki supaya tercium bau wanginya, ia bagaikan seorang pelacur. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa wanita yang memakai wewangian (berlebihan) lantas melewati sekumpulan laki-laki supaya tercium bau wanginya maka ia bagai pelacur” (HR An Nasa’i, Hakim, Ibnu Hibban).

3). Mentatto Badan, Mencukur Bulu Alis dan Mengikir Gigi
Banyak wanita senang mentatto bagian tubuhnya mencukur alisnya dan mengikir giginya agar terlihat indah. Hal ini upaya mengubah ciptaan Allah yang dilarang. Dari Abdullah bin Mas’ud r.a, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Allah melaknat wanita-wanita yang mentatto dirinya, mencukur bulu alisnya dan yang mengikir giginya supaya tampak indah dan mengubah ciptaan Allah.” (HR. Bukhari no. 4886, Muslim no. 2125)

4). Menyambung Rambut
Wanita yang menyambung rambut, apapun tujuannya baik berupa kucir, wig maupun konde akan dilaknat Allah. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang meminta agar disambungkan rambutnya.” (HR. Bukhari no. 5589)

Semoga Bermanfaat

Tags: #tabaruj #tabaruj wanita #tabaruj wanita yang sering dilakukan #tabaruj yang jadi trending