Banyak Yang Belum Tahu, Begini Buang Air Kecil Jongkok dan Manfaatnya dalam Medis


Para ulama sepakat akan kesahihan hadits ini. Namun yang lebih afdhal, kencing itu dilakukan dengan cara duduk. Karena demikianlah yang sering dilakukan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Dan ini lebih menutupi aurat, dan lebih aman dari terkena percikan ari kencing.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 6/352).

Syaikh Muhammad bin Sholih al ‘Utsaimin menjelaskan,

والبول قائمًا جائز، ولا سيَّما إذا كان لحاجة، ولكن بشرطين: الأوَّل: أن يأمن التلويث. الثاني: أن يأمن الناظر

 

“Kencing sambil berdiri hukumnya boleh. Terlebih bila ada kebutuhan. Akan tetapi dengan dua syarat; pertama aman dari terkena najis, kedua aman dari pandangan orang lain.” (Syarah al Mumti’ 1/115-116).

Bila dikhawatirkan air seni akan terpercik pada pakaian atau badan, maka tidak boleh. Karena di antara sebab adzab kubur, adalah tidak menjaga dari percikan air kencing disebabkan karena kecerobohan sewaktu hidup.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيْرٍ، بَلَى إنَّهُ كَبِيْرٌ: أمَّا أَحَدُهُمَا، فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيْمَةِ، وَأمَّا الآخَرُ فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ

“Sesungguhnya dua mayit ini sedang disiksa, dan tidaklah mereka disiksa karena perkara yang susah ditinggalkan. Namun sesungguhnya itu adalah perkara besar! Untuk yang pertama, dia suka melakukan adu domba, sedang yang kedua, ia tidak menjaga diri dari air kencingnya.” (Muttafaqun ‘alaih, dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma).

Mengutip Republika, Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Natar Lampung, KH. Ahmad Ghazali Assegaf mengatakan, kencing sambil berdiri bagi laki-laki diperbolehkan jika ia tidak khawatir terkena percikan air najis, serta merasa aman dari penglihatan orang lain.

Akan tetapi, menurutnya, lebih afdhol (utama) jika kencing dilakukan sambil jongkok atau duduk. Sebagaimana dijelaskan oleh Aisyah ra dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi.

Aisyah r.a mengatakan, “Jika ada orang yang mengatakan bahwa Nabi SAW buang air kecil sambil berdiri, maka jangan engkau percaya, karena Nabi SAW tidak pernah kencing kecuali sambil duduk.”

“Di sini mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh kencing sambil berdiri. Jika bisa duduk atau jongkok, maka lebih baik kencing sembari duduk atau jongkok,” kata Ustaz Ahmad.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre di Belanda menemukan fakta bahwa terlalu sering kencing sambil berdiri ternyata dapat memicu berbagai macam penyakit di sekitar saluran kencing pria.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 tersebut menyerukan agar laki-laki kencing sambil jongkok. Hal ini disebut dapat membantu pria terhindar dari masalah prostat.

Selain itu, mengutip dari Times of India, kencing dengan posisi jongkok dinilai lebih higienis jika dibandingkan dengan kencing dengan posisi berdiri. Pasalnya, urine atau air kencing yang keluar saat buang air kecil sambil berdiri akan menyebar ke bagian lain selain toilet.

Hal itu tentu akan menimbulkan bau tak sedap. Area toilet yang terkena urine juga akan menjadi sarang kuman. Penyebaran penyakit juga sangat mungkin terjadi, sehingga dapat mengancam kesehatan orang lain.

Berkemih dengan posisi jongkok juga disebut dapat memaksimalkan proses pengosongan kantung kemih Anda. Kantong kemih yang kosong sempurna dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih. Kesehatan genital juga dapat terjaga dengan baik.

Temuan tersebut juga dikaitkan dengan kualitas hubungan seksual dengan pasangan yang lebih baik. Saat bercinta dengan pasangan, Anda mungkin tak akan sering terganggu oleh masalah kecil seperti sulit menahan buang air kecil.

======

Sayuran Ini Bisa Memperlancar Buang Air Kecil

Setiap manusia yang sempurna tentu membutuhkan adanya pemasukan dan pengeluaran pada tubuhnya. Pemasukan tersebut dapat berupa oksigen maupun makanan atau pun minuman.

Sedangkan bentuk pengeluaran itu bisa melalui keringat, buang air besar dan kecil. Jika hal tersebut tidak berjalan dengan baik, tentu terdapat permasalahan pada tubuhnya. Salah satu masalah dalam pengeluaran yakni sukar sulit pipis. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi sukar kencing, cobalah untuk banyak mengonsumsi sayuran (lobak dan sawi), sayur jagung muda, bawang mentah yang sudah dikupas, minum air rebusan daun meniran, minum air kelapa hijau. Cara ini bisa jadi dapat menyembuhkan penyakit sulit pipis yang Anda alami.

Ada juga cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sulit pipis. Ambillah sesendok akar alang-alang yang sudah dilembutkan. Setelah itu rebuslah ramuan tersebut dengan 2 gelas air bersamaan dengan beberapa batang hang kwe. Kemudian biarkan airnya tinggal separuh. Setelah itu air tersebut disaring kemudian diminum.

Nah, itu langkah-langkah atau beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan dalam saluran pembuangan. Di mana zat yang tidak dibutuhkan tubuh sukar untuk dikeluarkan. Semoga, langkah-langkah tersebut dapat meringankan penyakit sulit pipis yang Anda alami.

======

Buah Anti Kanker dan 10 Faktanya

MUNGKIN tidak banyak yang tahu bahwa ternyata ada buah anti kanker yang pernah diungkap Alquran dan sains. Buah ini konon bisa membunuh sel kanker. Buah ini sebenarnya sangat akrab dengan umat Islam, apalagi ketika menginjak bulan Ramadhan. Buah tersebut adalah kurma. Selain rasanya enak, kurma juga memiliki banyak khasiat kesehatan.

Buah anti kanker yang berasal dari Jazirah Arab ini memang dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dalam hal kesehatan. Kurma mampu melindungi tubuh dari racun, mengandung zat antikanker, memiliki kadar gula yang tinggi, serta sebagai sumber protein.

Berdasarkan keterangan ahli kesehatan, kurma memiliki komposisi 70 persen zat gula, 20 persen protein, dan 3 persen lemak. Kurma mengandung zat besi dan mengandung vitamin B serta C.

Fakta yang membuktikan kurma adalah buah anti kanker bersumber dari sebuah penelitian di Mesir yang mengungkap bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang mematikan sel kanker.

Mayoritas penduduk jazirah Arab atau yang tinggal di wilayah sahara atau oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok. Buah anti kanker ini adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, sehingga dapat menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Di samping manfaat yang dimiliki, kurma ternyata memiliki keistimewaan tersendiri karena disebutkan di dalam kitab suci Alquran. Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 25-26.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’.”

Dikutip dari buku ‘Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, dijelaskan bahwa dalam sebuah hadits sahih Bukhari, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah, tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu.”

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sendiri memiliki kebiasaan memakan kurma masak. Kurma masak ini memiliki nilai gizi tinggi, bisa memperkuat lever, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

Selain fakta kurma sebagai buah anti kanker di atas, ada beberapa fakta lain terkait buah kurma, diantaranya:

1. Buah anti kanker ini telah menjadi salah satu makanan tradisional khas Timur Tengah dan Afrika Utara sejak 7.000 tahun lalu. Kurma bahkan telah menjadi salah satu hasil pertanian unggulan masyarakat Timur Tengah selama kurang lebih 5000 tahun.

2. Makanan ini mengandung beragam nutrisi esensial dan vitamin seperti vitamin A, B, D, gula (fructose). Kandungan nutrisi inilah yang membuat kurma menjadi salah satu makanan yang dapat dijadikan sumber energi.

3. Keistimewaan kurma lainnya adalah masa kedaluwarsa yang cenderung lama. Kurma yang telah dikeringkan, bisa bertahan hingga beberapa tahun. Tidak heran jika buah ini digunakan oleh masyarakat zaman dahulu saat sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan perahu, atau ketika melintasi padang pasir.

4. Seseorang dapat bertahan hidup dengan hanya mengonsumsi buah anti kanker ini setiap hari. Sebab, kurma mengandung semua mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

5. Masyarakat Oman memiliki sebuah tradisi unik, ketika kaum perempuan melahirkan seorang bayi laki-laki mereka akan menanam pohon kurma. Pohon kurma ini pun menjadi simbol bahwa keluarganya tidak akan pernah menderita kelaparan.

6. Uni Emirat Arab memilih dari 199 jenis kurma dengan keunikannya masing-masing. Negara ini juga memiliki sekitar 44 juta pohon kurma, dan 98% dari jumlah tersebut menghasilkan sekitar 900.000 ton buah kurma per tahun.

Di posisi kedua ada OMAN yang memiliki 8 juta pohon kurma dan menghasilkan 268.000 ton buah kurma setiap tahun. Nah, untuk penghasil buah kurma terbesar di dunia siapa lagi kalau bukan Mesir, diikuti oleh Arab Saudi, dan Iran. Ada lebih dari 1.000 jenis buah kurma yang tersebar di seluruh dunia.

7. Selain dikonsumsi, buah kurma dapat digunakan untuk membuat sabun dan peralatan kosmetik seperti eyeliners. Cukup banyak produk kecantikan yang membuat kurma menjadi bahan produknya.

8. Tidak hanya buahnya saja, pohon kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Daunnya bisa digunakan untuk membuat keranjang, karpet, dan nampang. Batangnya bisa digunakan sebagai pilar tenda atau membuat furniture lainnya.

Serat yang terdapat pada pohon kurma bisa digunakan untuk membuat tali, perangkap ikan, sikat, atau sebagai isian kasur dan bantal.

9. Mengingat popularitasnya yang semakin dikenal luas di seluruh dunia, sebagian orang mulai berkreasi membuat berbagai hidangan lezat dari buah kurma. Salah satu produk paling unik adalah sirup kurma yang diproduksi oleh masyarakat Oman.

Selain mengandung vitamin dan mineral, minuman ini juga memiliki banyak zat besi, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Sirup kurma biasanya dicampurkan dengan yogurt, es krim vanilla, atau smoothies.

10. Pohon kurma sering dijuluki “tree of life” mengingat semua bagian tanaman bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Tags: #buah anti kanker #manfaat buang air kecil sambil jongkok #sayuran memperlancar buang air kecil