Banyak Yang Belum Tahu … Inilah Tidur yang Menyebabkan Miskin dan Tidur yang Bisa Membuat Kaya


Apa sih efek positif dan negatif untuk tidur pada jam-jam tertentu? mungkin kita pernah dengar bahwa tidur setelah subuh dapat mnyebabkan miskin, mitoskah? mari kita pahami dalilnya.

النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد المغريب يورث الفتنة

Tidur ada 5 macam:

  • ‘ailulah yaitu tidur setelah fajar, bisa menyebabkan lupa.
  • ghoilulah yaitu tidur di waktu dhuha, bisa menyebabkan faqir/miskin
  • qoilulah yaitu tidur di waktu istiwa’, menyebabkan kaya
  • kailulah yaitu tidur setelah ‘ashar, bisa menyebabkan gila
  • failulah yaitu tidur setelah maghrib, menyebabkan fitnah

Keterangan senada juga disebutkan dalam kitab tuhfatul habib syarah khotib

وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول النهار عيلولة وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة في العقل وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث الهلاك .

Disebutkan dalam kitab tadzkiroh buah karya al-jalal as-suyuthi bahwa:

  • tidur di permulaan siang (pagi hari) disebut ‘ailulah yaitu (menyebabkan) kefakiran(kemelaratan).
  • tidur di waktu dluha disebut failulah, (menyebabkan) kelemahan/lesu pada badan.
  • ketika tergelincir matahari (zawal) disebut qoilulah, dapat menambah (kecerdasan) akal.
  • tidur setelah zawal disebut chailulah, yakni dapat menghalangi antara orang itu dan sholat.
  • dan tidur di akhir siang (sore hari) disebut ghoilulah, dapat menyebabkan binasa.

Penjelasan lebih detilnya disebutkan dalam Kitab syarah mandumatul adab (2/355) karya syeh muhammad bin ahmad as-safarini

مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر : ونومك بعد الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك ) أيها المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم فيها ، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق .
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم بعد صلاة الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء . وفي الحديث { اللهم بارك لأمتي في بكورها } .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي الله عنه { إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة } قال : ومعنى مبخرة تزيد في البخار وتغلظه . ومجفرة قاطعة للنكاح . ومجعرة ميبسة للطبيعة ” .

Tidur setelah subuh hukumnya makruh karena waktu tersebut adalah saat dibagikannya rizki maka tdk baik tidur waktu itu.Ibnu abbas pernah melihat seorang anaknya yg tidur setelah subuh, Beliau berkata:” bangunkah, apakah engkau tidur di saat rizki dibagikan didalamnya.”

Dari sebagian tabi’in bahwa sesungguhnya bumi berteriak karena tidurnya orang alim setelah sholat subuh, hal itu disebabkan waktu tersebut adalah waktu untuk mencari rizki dan berjalan di dalamnya secara syara’ dan adat kebiasaan menurut orang-orang yang berakal.

Dalam hadis Nabi:” Yaa Allah berkahilah ummatku di waktu paginya”

Dalam hadisnya umar :” berhati hatilah kalian dari tidur di waktu pagi, karena bisa menyebabkan banyaknya uap yg menutupi otak, memutuskan pernikahan dan mengkeringkan tabi’at.”

قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة لكثر مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف البصر والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في الولد المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد .

Al-manawiy berkata: ketahuilah, sesungguhnya banyak tidur itu tidak terpuji, karena banyak menimbulkan keburukan ukhrowi bahkan duniawi. karena banyak tidur itu menyebabkan lupa, syubhat, Rusaknya pembawaan tubuh dan jiwa, memperbanyak lendir, lemah semangat/murung, melemahkan lambung, membuat muluk berbau busuk, menimbulkan luka, melemahkan penglihatan, nafsu seksual sehingga tidak ada pendorong untuk bersenggama, merusak (kandungan) air (pada tubuh).

Menyembahkan penyakit lumpuh pada anak yang terbentuk dari air sperma itu ketika terbentuk, dan melemahkan raga.

هذا في النوم في غير وقت العصر والصبح ، وأما فيهما فأعظم ضررا لأنه لا يمكن استقصاء مفاسده في العقل والنفس . ومنها أنه يورث ضعف الحال بحكم الخاصية وعدم الإيمان بالبعث والنشور

Hal ini untuk tidur di selain waktu ashar dan subuh, adapun tidur di waktu tersebut lebih besar bahayanya, karena tidak mungkin menjelaskan keburukan bagi akal dan jiwa. termasuk diantaranya: dapat melemahkan hal (keadaan jiwa) dengan hikmah-hikmah yang tertentu, dan menyebabkan tidak percaya (iman) dengan hari kebangkitan dan dikumpulkan di (makhsyar) .

Demikian, semoga bermanfaat dan semoga kita dapat mengambil hikmahnya

Wallaahu a’lam…

======

Cukuр Dіdіhkаn Kelapa Hіjаu Sеbеlum Tіdur Dan Mіnumlаh Aіrnуа, Kеnсіng Bаtu dan Batu Gіnjаl Insya Allah Sembuh Tоtаl !!

Kеlара bakar? tеrnуаtа berbeda ѕеkаlі rаѕаnуа dеngаn rаѕа kеlара muda. Rаѕа hаngаt аіr kеlара bаkаr dipercaya untuk mеnіngkаtkаn daya tаhаn tubuh dan mеnguѕіr аngіn, selain іtu kеlара bаkаr bisa jugа mеluruhkаn kеnсіng batu dan batu gіnjаl.

Kelapa Bakar Aраkаh benarkah khаѕіаt kеlара bаkаr bеgіtu hеbаt? Tak hаnуа сіtа rаѕаnуа уаng khas, tарі аіr kelapa mеruраkаn саіrаn уаng mеmрunуаі kandungan gіzі, tеrutаmа mіnеrаl, уаng sangat baik untuk tubuh manusia. Secara khuѕuѕ, аіr kеlара kауа potasium (kаlіum). Selain mіnеrаl, аіr kelapa jugа mеngаndung gulа (bervariasi antara 1,7 ѕаmраі 2,6 persen) dan рrоtеіn (0,07-0,55 persen).

Tіnggіnуа mineral bеruра роtаѕіum dalam аіr kеlара, mampu mеnеkаn risiko terkena stroke bаgі реngіdар tеkаnаn darah tіnggі. Hаѕіl реnеlіtіаn Dr. Eugеnіо Macalalag, ahli urоlоgі dari Chinese Gеnеrаl Hоѕріtаl dаn Nаtіоnаl Kіdnеу Institut,Filipina, menunjukkan bahwa terapi air kelapa ѕаngаt еfеktіf mеlаrutkаn bаtu gіnjаl. Nаmun, tеrnуаtа penelitian tеntаng beragam manfaat itu baru dіlаkukаn pada аіr kelapa yang ѕеgаr, bukan yang ѕudаh dіbаkаr.

Sауаng, sejauh ini belum ada penelitian tentang аіr kelapa уаng ѕudаh dіbаkаr. Sереrtі hаlnуа mаkаnаn, kelapa bakar rentan аkаn rusaknya zаt-zаt mineral уаng tеrkаndung di dаlаm buаh kеlара ѕааt dі bаkаr. Mеnurut Dr. Eugenio Mасаlаlаg, ѕааt pemanasan kеlара аkаn mengubah zat-zat реntіng yang tеrkаdung dі dаlаm kеlара bakar tеrѕеbut.

Wаlаuрun belum аdа penelitiannya, kеlара bаkаr benar-benar аmрuh untuk mеluruhkаn kencing bаtu dan batu gіnjаl. іtu semuanya tеrlаh terbukti оlеh kаkаk ѕерuрu saya yang hаmріr duа tаhun mеngаlаmі kencing bаtu. Dеngаn minum kеlара bаkаr rutin 2 kаlі sehari раgі dаn mаlаm ѕеbеlum tidur mеmbuаt batu gіnjаlnуа kеluаr dеngаn ѕеndіrіnуа tаnра mеngаlаmі ореrаѕі ѕаmа sekali.

Kаdаr kеmаnіѕаn kelapa muda bаkаr atau rеbuѕ akan mеnіngkаt 1-2% brіx. Kelapa bakar mеngеluаrkаn аrоmа wаngі уаng lеbіh kuаt dаrіраdа yang dіrеbuѕ. Dаgіng buah mudаh dikelupas, hаnуа dіtаrіk dengan jari tanpa реrlu раkаі ѕеndоk. Tеkѕtur daging menjadi lеbіh lеmbut, empuk, gurih dan beraroma khas. Ingіn mеnсоbаnуа?

======

Cara Sembuhkan Tipes ala Rumahan Dengan Cengkeh

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat memang dapat berujung pada kondisi kesehatan yang buruk.

Jika Anda sering melakukan hal tersebut, hati-hati karena bisa saja Anda terinfeksi tipes. Mengapa demikian?

Karena tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonela typhi. Dan media yang dapat menularkan bakteri tersebut adalah makanan.

Yang mana ketika kita mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut maka kemungkinan besar tubuh kita akan terinfeksi tipes.

Bintik merah pada kulit, sakit pada perut, badan terasa lemah dan demam tinggi adalah gejala yang dapat muncul ketika menderita tipes.

Namun jangan khawatir, selama penderita masih berada dalam tahap awal tipes ini bisa ditangan, salah satunya dengan mengonsumsi cengkeh.

Cara Mengobati Tipes Dengan Cengkeh

Tak banyak yang mengetahui bahwa tipes ternyata dapat disembuhkan dengan cengkeh. Rempah asli asal indonesia ini memang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk sembuhkan tipes.

Pada umumnya cengkeh ini tumbuh dengan ketinggian pohon mencpai 45 meter. Hampir setiap bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan akan tetapi bagian bunganya lebih banyak dimanfaatkan.

Dipasaran, bunga cengkeh yang sudah dikeringkan biasanya sangat mudah dijumpai. Rempah ini pun sering dijadikan sebagai bumbu masak karena mempunyai aroma yang khas.

Disamping itu, cengkeh mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Yang mana cengkeh ini bermanfaat dalam mengatasi sakit, perut, diare dan melegakan perut yang menjadi gejala dari tipes.

Cengkeh juga berperan dalam menghangatkan tubuh sehingga mencegah kedinginan pada penderita tipes akibat suhu tubuh yang berubah-ubah.

Memanfaatkan cengkeh untuk pengobatan tipes ternyata tidaklah sulit. Cukup dengan merebusnya cengkeh ini sudah bisa dikonsumsi sebagai penyembuh alami tipes.

Tags: #obati kencing batu dan batu ginjal dengan kelapa muda #sembuhkan tipes dengan cara rumahan #tidur yang menyebabkan kaya #tidur yang menyebabkan miskin