Baru masuk Islam, mualaf cantik ini langsung diamanahi ayahnya untuk bangun 1000 Masjid


Dialah Fitria Yusuf, putri dari pengusaha kaya raya yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), yang merupakan perusahaan pengola jalan tol. Yups, Jusuf Hamka.

Nama Jusuf Hamka sendiri sudah tidak asing lagi. Kesuksesannya lah yang membuat namanya dikenal hingga masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

Tapi kisah hidupnya puluhan tahun lalu tak kalah mencuri perhatian. Dimana pada tahun 1981 atau di usia 23 tahun, Jusuf Hamka dimualafkan oleh Buya Hamka, yang tiga bulan kemudian resmi menjadi anak angkat Buya Hamka.

Dan siapa menyangka, pada 12 Maret 2020 putrinya yang bernama Fitria juga ikut menyusulnya, memeluk agama Islam.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, hari ini tanggal 12/3/2020 jam 10 pagi bertempat di Masjid Lautze, putri saya, Fitria Jusuf telah mengucapkan dua kalimat Syahadat dengan dibimbing Ustaz Zaitun Rusmin (Majelis Ulama Indonesia),” tulis keterangan Jusuf Hamka dalam akun Instagramnya, @jusufhamka.

Kebahagiaan menyelimuti Jusuf Hamka. Bahkan saking bahagianya, dia langsung mengamanahi putrinya untuk membangun 1000 masjid, yang sejak lama sudah dicita-citakannya.

Seperti dilansir muslim.okezone.com, sejauh ini Jusuf Hamka baru mendirikan 5 masjid, salah satunya adalah masjid dengan arsitektur Tiongkok yang diberi nama Masjid Babah Alun di Kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, di Jalan Papanggo, Jakarta Utara.

======

5 Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Pernahkah kamu melihat kunyit yang bagian dalamnya berwarna kehitaman? Kendati kunyit hitam tidak sepopuler kunyit kuning atau putih, manfaat kunyit hitam untuk kesehatan ada banyak, lho. Selain mencegah infeksi, kunyit hitam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Kunyit, termasuk kunyit hitam, masih termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean sehingga bentuknya terlihat mirip dengan jahe. Kunyit hitam memiliki permukaan kulit berwarna cokelat dengan daging berwarna ungu kehitaman.

Tanaman jenis rimpang dengan nama latin Curcuma caesia Roxb ini juga dikenal sebagai kali haldi dan sudah digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, termasuk Asia Tenggara.

Kunyit hitam mengandung kamper, ar-turmerone, (Z)-ocimene, ar-curcumene, 1,8-cineole, elemene, borneol, dan bornyl asetat. Kesamaan antara kunyit kuning, kunyit putih, dan kunyit hitam adalah sama-sama mengandung senyawa kimia kurkumin yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Manfaat kunyit hitam bagi kesehatan ada beragam, di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Kunyit hitam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antiosidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, seperti asap rokok, polusi, dan asap kendaraan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, kamu dapat lebih terlindungi dari penyakit jantung dan liver.

2. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam dipercaya dapat bertindak sebagai analgesik. Bila diolah dengan cara yang tepat, kunyit hitam bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi dan keseleo, serta bisa menurunkan demam.

3. Menurunkan risiko terjadinya infeksi

Sama halnya dengan kunyit kuning dan putih, kunyit hitam juga bersifat antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Staphylococcus aureus, dan jamur Candida albicans, yang bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.

4. Membantu mencegah terjadinya peradangan

Konsumsi kunyit hitam dipercaya mampu membantu tubuh mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. Meski demikian, kamu tetap perlu untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat, karena pola makan yang buruk juga bisa memicu terjadinya peradangan.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Penyakit kanker bisa terjadi ketika sel-sel di tubuh mengalami pertumbuhan abnormal, yang disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit hitam memiliki senyawa antimutagenik yang bisa mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

Ada beragam manfaat kunyit hitam bagi kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, jangan mengandalkan kunyit hitam saja, sebab manfat-manfaat yang sudah disebutkan di atas masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bila kamu ingin menggunakan kunyit hitam sebagai obat atau pendamping obat, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

======

5 Penyakit Kulit di Kaki yang Perlu Diketahui

Penyakit kulit di kaki dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari iritasi, reaksi alergi, hingga infeksi. Penyakit ini ada yang bersifat ringan, ada pula yang serius. Penanganannya pun berbeda-beda tergantung penyebab yang mendasarinya.

Penyakit kulit di kaki dapat menimbulkan gejala berupa rasa nyeri dan munculnya ruam kemerahan, serta kulit kaki pecah-pecah dan mudah terkelupas.

Umumnya, keluhan tersebut bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda perlu waspada jika penyakit kulit di kaki tidak kunjung sembuh atau bahkan semakin memburuk.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit di Kaki yang Perlu Diketahui

Ada beberapa penyakit kulit di kaki yang paling umum terjadi, antara lain:

1. Athlete’s foot

Athlete’s foot atau kutu air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini biasanya dialami oleh mereka yang sering menghabiskan waktu di lingkungan yang basah dan lembap, seperti perenang, atau yang gemar melakukan sauna.

Keluhan yang dapat muncul akibat penyakit kutu air adalah ruam merah di telapak kaki, kulit pecah-pecah, dan melepuh.

2. Scabies

Scabies atau kudis adalah penyakit kulit di kaki yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabies. Rasa gatal dapat muncul di area tempat kutu bersembunyi dan semakin terasa gatal saat malam hari.

Scabies dapat menular dengan cepat melalui kontak fisik, sehingga perlu segera diobati. Penyakit ini umumnya ditangani menggunakan krim atau salep, seperti permethrin, untuk membunuh kutu dan telur-telurnya.

3. Eksim dishidrotik

Eksim dishidrotik atau pompholyx adalah penyakit kulit yang umumnya terjadi di telapak kaki dan jari kaki. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan eksim dishidrotik, yaitu paparan logam tertentu, reaksi alergi, dan kaki yang sering lembap.

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah munculnya ruam berair di kaki yang terasa gatal atau panas, kemudian mengering dan bersisik hingga menyebabkan kulit pecah-pecah.

Perawatan untuk eksim dishidrotik dapat dilakukan menggunakan kompres dingin dan mengoleskan pelembap.

4. Blister

Ketika Anda berjalan terlalu lama, memakai sepatu yang kekecilan, atau kaki terasa lembap dan berkeringat, dapat memicu munculnya kantong berisi cairan di kaki. Kondisi ini disebut juga dengan blister.

Blister bukanlah penyakit kulit di kaki yang serius dan dapat ditangani secara mandiri di rumah. Lepuhan yang terbentuk di kaki dapat mengecil dengan sendirinya. Untuk menghindari rasa nyeri yang muncul akibat gesekan, Anda dapat menggunakan plester.

Jika lepuhan sudah pecah, gunakan salep antibiotik dan menutupnya dengan perban untuk mencegah infeksi.

5. Mata ikan

Mata ikan adalah kondisi menebalnya kulit akibat gesekan atau tekanan berulang di kaki. Penyakit ini juga dapat terjadi akibat mengenakan sepatu yang terlalu sempit.

Mata ikan umumnya bersifat ringan dan ditandai dengan munculnya benjolan keras atau lunak pada kulit yang terasa sakit saat ditekan. Jika tidak menimbulkan gejala dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, mata ikan dapat sembuh tanpa pengobatan.

Penanganan terhadap kelima penyakit kaki di kulit tersebut tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, penyakit kulit di kaki yang disebabkan oleh alergi logam tertentu atau cuaca, dapat ditangani dengan menghindari faktor pemicunya.

Sementara itu, penyakit kulit di kaki akibat infeksi jamur, dapat diobati dengan salep antijamur. Anda juga dapat membantu proses penyembuhan dengan rutin mencuci kaki menggunakan sabun tanpa pewangi dan hindari menggaruk bagian kaki yang sakit.

Jika penyakit kulit di kaki tidak kunjung sembuh atau semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat meresepkan salep atau krim untuk mengobati penyakit kulit di kaki yang Anda alami.

Tags: #manfaat kunyit hitam bagi kesehatan #mualaf yang diamanahi bangun 1000 masjid #penyebab penyakit kulit di kaki