Begini Cara Mudah Keluarkan Semua Dahak dan Lendir Dalam Tubuh Dengan Mudah


Tubuh bisa saja mengeluarkan lendir berupa ingus dan dahak yang mengganggu aktivitas kita di kemudian hari. Lendir ini bisa membuat aktivitas saluran pernafasan kita terganggu, akibatnya kita mengalami sesak nafas hingga berpotensi mengalami batuk.

Salah satu hal agar kita terbebas dari masalah ini, yaitu kita harus mengeluarkan dahak dengan cara alami seperti berikut.

Perpaduan Lemon dan Madu

Lemon mengandung vitamin C yang diakui sebagai antioksidan baik bagi tubuh. Antioksidan yang ada dalam vitamin C buah lemon ini, sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal serangan bakteri dan virus penyebab penyakit, serta membantu mengurangi lendir yang menumpuk.

Caranya:

Siapkan 1 sdm air perasan lemon dan 1 sdm madu. Campurkan bahan menjadi satu. Minum 3x sehari agar dahak dan lendir cepat bersih.

Racikan Jahe dan Merica

Jenis rimpang Jahe dipercaya mengandung bermacam nutrisi penting yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Kandungan utama dari jahe ini, yaitu sebagai anti inflamasi dan juga pencegah jamur pada tenggorokan, yang bisa menyebabkan kita batuk menggigil dan adanya dahak yang menumpuk.

Nah, kamu bisa membuat ramuan jahe seperti berikut untuk mengatasi masalah lendir dan dahak di tenggorokan.

  • Siapkan jahe sebanyak 10 irisan
  • Rebus jahe menggunakan 2 gelas air hingga mendidih
  • Tambahkan merica sebanyak 1 sdt
  • Biarkan hingga mendidih dan mengeluarkan aroma
  • Angkat ramuan tersebut dan biarkan mendingin
  • Saring ramuan ini dan minum 1x sehati secara rutin.

======

Minum Air Putih Hangat Di Pagi Hari itu Ternyata Manfaatnya Sangat Dahsyat

1. Mencegah penuaan dini.

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan.

2. Mengurangi rasa sakit.

Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan berat badan.

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Ternyata ini benar adanya. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

4. Memperbaiki pencernaan.

Segelas air hangat merangsang sistem pencernaan Anda dan membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna makanan.

5. Melancarkan sirkulasi darah.

Segelas air hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan melancarkan aliran darah.

6. Mengurangi sembelit.

Banyak dari Anda telah mengalami efek konstipasi yang tidak nyaman dan menyebalkan. Masalah perut yang umum ini terjadi saat seseorang memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pergerakan usus. Seringkali, penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Sebelum Anda makan apapun, konsumsi segelas air hangat untuk membantu memperbaiki gerakan usus Anda, sehingga “urusan ke belakang” lebih lancar.

======

Masuk Surga karena Amalan Atau Rahmat Allah? Simak Penjelasannya

Sebagian orang menilai, bahwa manusia masuk surga karena amal saleh yang diusahakannya. Hal ini diperkuat oleh firman-Nya: (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam Keadaan baik oleh Para Malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun ‘alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan”. (QS An- Nahl [16]: 32)

Juga ayat lainnya:

وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

 

“Dan diserukan kepada mereka: “ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.” (QS. Al A’raf [7]: 43)

Dua ayat di atas dan juga hadits-hadits yang membicarakan amal-amal menuju surga, menunjukkan bahwa amal saleh -lah sebagai penentunya. Namun, ada pihak yang mengatakan bahwa manusia dimasukkan ke dalam surga adalah karena rahmat Allah Ta’ala semata, bukan karena amalnya. Mereka berdalil dengan beberapa hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَنْ يُنَجِّيَ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللَّهُ بِرَحْمَةٍ

 

“Tidak seorang pun di antara kalian yang akan diselamatkan oleh amal perbuatannya.” Mereka bertanya: “Engkau pun tidak, wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmatNya kepadaku.” (HR Al-Bukhari No. 6463 dan Muslim No. 2816)

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, aku mendengar bahwa Rasulullah bersabda:

لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ وَلَا يُجِيرُهُ مِنْ النَّارِ وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنْ اللَّهِ

 

” Amal saleh kamu tidaklah memasukkan kamu ke dalam surga dan tidak pula menjauhkan dari api neraka, tidak pula aku, kecuali dengan rahmat dari Allah.” (HR. Muslim No. 2817)

Demikian alasan masing-masing pihak. Selintas dalil-dalil mereka nampak bertentangan (ta’arudh) secara lahiriyah satu sama lain. Al-Qur’an menyebut bahwa manusia masuk surga karena amal shalihnya, tetapi Al Hadits menyebut manusia masuk surga karena rahmat Allah Ta’ala semata. Bukan karena amal shalihnya di dunia.

Bagaimana mengkompromikan dalil-dalil yang tampak bertentangan ini? Berikut penjelasan Ustaz Farid Nu’man Hasan yang menukil perkataan Imam An-Nawawi rahimahullah.

وَفِي ظَاهِر هَذِهِ الْأَحَادِيث : دَلَالَة لِأَهْلِ الْحَقّ أَنَّهُ لَا يَسْتَحِقّ أَحَد الثَّوَاب وَالْجَنَّة بِطَاعَتِهِ ، وَأَمَّا قَوْله تَعَالَى : { اُدْخُلُوا الْجَنَّة بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ } { وَتِلْك الْجَنَّة الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ } وَنَحْوهمَا مِنْ الْآيَات الدَّالَّة عَلَى أَنَّ الْأَعْمَال يُدْخَل بِهَا الْجَنَّة ، فَلَا يُعَارِض هَذِهِ الْأَحَادِيث ، بَلْ مَعْنَى الْآيَات : أَنَّ دُخُول الْجَنَّة بِسَبَبِ الْأَعْمَال ، ثُمَّ التَّوْفِيق لِلْأَعْمَالِ وَالْهِدَايَة لِلْإِخْلَاصِ فِيهَا ، وَقَبُولهَا بِرَحْمَةِ اللَّه تَعَالَى وَفَضْله ، فَيَصِحّ أَنَّهُ لَمْ يَدْخُل بِمُجَرَّدِ الْعَمَل . وَهُوَ مُرَاد الْأَحَادِيث ، وَيَصِحّ أَنَّهُ دَخَلَ بِالْأَعْمَالِ أَيْ بِسَبَبِهَا ، وَهِيَ مِنْ الرَّحْمَة . وَاَللَّه أَعْلَم .

 

“Menurut zhahir hadits-hadits ini ada petunjuk bagi ahlul haq, bahwasanya seseorang tidak berhak mendapat pahala dan surga karena amal ibadahnya. Adapun firman Allah Ta’ala: (Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan) dan (Itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan) dan yang semisal keduanya dari beberapa ayat Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa amal ibadah itu dapat memasukkan ke dalam surga, maka semua itu tidak bertentangan dengan beberapa hadis ini. Akan tetapi, ayat-ayat itu bermakna bahwa masuknya seseorang ke dalam surga karena amal ibadahnya, kemudian mendapat taufik untuk melakukan amal ibadah itu dan mendapat hidayah untuk ikhlas dalam ibadah sehingga diterima di sisi Allah, adalah berkat rahmat Allah dan karuniaNya. Maka, yang benar adalah tidaklah seseorang dimasukkan ke dalam surga semata-mata amal ibadahnya. Yang benar adalah adalah bahwa seseorang masuk ke surga dengan amal-amalnya yaitu dengan sebab-sebabnya, dan itu adalah bagian dari rahmat itu sendiri.” Wallahu A’lam. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/197. Mawqi’ Ruh Al Islam)

Syekh Ismail Haqqi Al Istambuli Al Hanafi rahimahullah menjelaskan:

أي : ولا أنا أدخل الجنة بعمل إلا برحمة الله. وليس المراد به توهين أمر العمل ، بل نفي الاغترار به وبيان أنه إنما يتم بفضل الله

 

Yaitu: tidak pula saya dimasukkan ke surga karena amal, kecuali dengan rahmat Allah. Maksudnya bukan berarti meremehkan urusan amal, tetapi ini dalam rangka meniadakan keterpedayaan dengan amal tersebut, dan penjelasan bahwa amal itu disempurnakan dengan karunia Allah. (Tafsir Ruh Al Bayan, 8/334)

“Jadi, tidak ada pertentangan antara ayat-ayat dan hadits-hadits tersebut. Manusia dimasukkan ke dalam surga karena rahmat-Nya yang diperoleh melalui sebab-sebab yakni amal shalih yang dilakukannya, bahkan amal saleh itu sendiri adalah bagian dari rahmat dan karunia Allah Ta’ala. Kita bisa ibadah, menuntut ilmu, bukankah itu bagian rahmat Allah kepada kita?” terang Ustaz Farid Nu’man.

Wallahu A’lam

Tags: #cara mudah keluarkan dahak dan lendir #manfaat minum air putih hangat di pagi hari #masuk surga karena amalan atau rahmat