Benarkah 2 Orang Ini Biang Eril Anak Ridwan Kamil Meninggal: Orangnya Sotoy, Otak Dipakai Dong


Meninggalnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril anak Ridwan Kamil menyeret nama-nama KBRI Swiss dan seorang tur guide Eril lho. Tahu kan ada video yang diduga Eril sebelum renang sempat viral kan.

Menurut akun digembok, sebuah akun pembocor, Eril bisa kena musibah lantaran tur guide yang dipilih KBRI Swiss nggak cermat melihat situasi. Tur guide Eril ceroboh.

Akun itu merasa tur guide yang menemani Eril, adiknya, Zara dan Atalia ke Sungai Aare teledor. Sebab informasinya nih, tur guide itu malah nantangin Eril dan rombongan untuk berenang.

Tur guide Eril yang nantangin renang benarkah
Padahal pada Kamis 26 Mei 2022 saat Eril berenang bersama keluarga, warga lokal tak ada yang berani berenang karena tahu suhu air masih dingin gitu.

Akun pembocor @ddggmmbbkk menguraikan kekesalannya pada oknum tur guide Eril saat menyusuri Sungai Aare.

Jadi tur guide itu membawa serta anaknya yang seumuran dengan Eril. Di lokasi, anak tur guide itu nantangin Eril untuk berenang. Malah versi pembocor ini, anak tur guide ini yang pertama nantangin renang di Sungai Aare.

Jadi Eril dan rombongan kala itu ditemani tur guide dan anaknya tuh. Tur guide itu merupakan warga Indonesia yang sudah lama mukim di Swiss. Infornya tur guide ini disediakan KBRI sono lho.

Sayangnya, menurut akun itu, tur guide itu teledor kenapa juga nantangin renang saat suhu air Sungai Aare masih dingin.

“Kejadian jam 9 pagi waktu setempat. Trus masih spring yah. Air Sungai Aare yah pasti dinginnya seanjing2. Yah otaknya tolong dipakai. Orang lokal aja gak ada yg berenang. Ini guide aneh nyuruh berenang,” tulis akun itu dikutip Hops.ID, Minggu 5 Juni 2022.

Tur guide Eril dikatain sotoy
Warga lokal Bern Swiss saja nggak berani renang di Sungai Aare saat suhu 19 derajat. warga lokal nunggu suhu air lebih anget dulu.

Makanya heran benar nih akun pembocor sama tur guide dan anaknya yang ia sebut sotoy.

“Sungai Aare sdh 19 derajat. Nunggu tuh air sungai anget dikit. Lah ini melayu yg tinggal di swiss sotoy ajakin berenang jam 9 pagi. Ini sih kelalaian yg menyebabkan kematian IBU YUN dan AL,” tulia akun itu.

Nama Ibu Yun dan anaknya, Al merupakan inisial nama samaran yang dipakai akun pembocor itu untuk menamai oknum tur guide yang temani Eril dan rombongan.

Nah ada sebuah postingan perempuan WNI yang sudah mukim lama di Swiss juga heran siapa yang ngajakin Eril berenang. Seorang WNI itu penasaran apakah Eril renang itu inisiatif pribadi atau enggak sih.

“Karena jika ada yang ngajakin apakah dia orang yang sering berenang di Aare, berpengalaman? Jika tidak alangkah cerobohnya!,” tulis WNI itu dalam tangkapan layar.

WNI itu pun ngaku sering lho ngelarang teman dari luar Swiss yang ingin renang di Sungai Aare, saat waktunya belum tepat. Karena kan saat suhu masih dingin memang tak direkomendasikan renang.

Selain itu, insiden Eril hanyut hilang di Sungai Aare terjadi pada pukul 09.00 waktu setempat kenapa baru dilaporkan 1,5 jam kemudian. Waktu 1,5 jam jelas terbuang, kata akun tersebut.

Nah itu salah satu perspektif insiden Eril ya, soal tur guide yang dianggap ceroboh. Apakah ada komentar dari bestie Hopers, silakan tuliskan ya di bawah ini.***

Turut Merasakan Kehilangan Eril, Denny Sumargo Minta Maaf Jika Podcastnya Disebut Jadi Kutukan

Masyarakat Indonesia masih bersedih dengan kabar wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz, Putra sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Namun, ditengah momen kehilangan ini, podcast milik Denny Sumargo kembali dikaitkan netizen dengan kehilangan yang dirasakan oleh keluarga Ridwan Kamil itu.

Podcast milik Denny Sumargo disebut waraganet sebagai kutukan setelah mengundang Kang Emil beberapa bulan lalu.

Tudingan ini mencuat setelah Denny Sumargo mengajukan pertanyaan pada Ridwan Kamil untuk memiih istri atau anak.

Dengan tegas, Ridwan Kamil menentukan pilihannya pada sang istri, Atalia Praratya.

Sontak, warganet menilai jika podcast milik mantan pebasket nasional ini membawa kutukan karena membuat orang lain celaka.

Bukan hanya sekali, beberapa bintang tamu disana juga merasakan hal serupa.

Sebut saja, mendiang Vanessa Angel dan suami, Laura Anna, hingga Dorce Gamalama.

Salah satu netizen juga memberikan komentar yang menohok

“Bang kalau bikin podcast jangan mengajukan pertanyaan yang nggak mungkin dijawab. Aneh-aneh saja di podcast sama pak RK nanya pilih istri apa anak,” tulis netizen tersebut.

“Dari dulu podcastmu selalu bikin orang celaka dll. Pertanyaan yang realistis saja jangan ngejar viewers banyak tapi malah pertanyaanmu bikin jadi doa jelek buat yang ditanya. Semoga dibaca yah @sumargodenny,” sambungnya.

Setelah video lawas tersebut viral kembali, Denny Sumargo akhirnya meminta maaf karena podcastnya disebut sebagai kutukan atau keramat.

Dilansir dari Instagram @lambegosip, Minggu (5/6/2022), Denny Sumargo meminta maaf sambil menahan tangis.

“Kepada teman-teman netizen semua, saya akui khilaf, saya berjanji tidak akan mengulangi lagi. Saya minta maaf, semoga kalian bisa memaafkan saya,” ucap Denny Sumargo sedih.

Video ucapan permintaan maaf Denny itu sontak dibanjiri komentar dari netizen, ada yang menilai jika suami Olivia Allan itu tak bersalah dan semua kejadian sudah memiliki tadirnya masing-masing.

“Sudah takdir, cuma kebetulan itu,” tulis salah satu netizen.

“Semua itu udah ada suratannya bukan karena podcast mah, mungkin bang Denny Sumargo lah tempat curhat pesan-pesan terakhir almarhum almarhumah,” timpal lainnya.

Dalam unggahan lain , Denny Sumargo juga mengaku pasrah saat dirinya disalahkan, ia rela melakukan itu jika bisa membuat netizen lega.

“Dan kalau ada yg merasa lega menyalahkan saya atas kehilangan ini, silahkan tempat dan waktu di kolom komentar, salahkan saya, kalau itu bisa membuat kesedihan kalian hilang. Terima Kasih!” tulis Denny Sumargo dalam unggahan Instagramnya.

Sama seperti kebanyak orang, Denny Sumargo juga mengaku sangat terpukul dengan kabar kehilangan Eril.

Ia juga menjadi salah satu orang yang menantikan kabar baik mengenai Eril.

“Kehilangan adalah hal yg paling menyakitkan bagi kita semua! sudah seminggu ini, gue menunggu kabar baik, sayangnya itu tidak menjadi kenyataan buat gue, dan yg lebih membuat gue patah hati adalah yg hilang adalah anak dari seorang yg gue hormati.

Membayangkan beliau dan keluarganya kehilangan anak yg begitu dia sayangi, membuat gue tidak bisa fokus beberapa hari ini,” jelas Denny Sumargo.

“Pernah gak kalian merasa tidak berdaya bahkan air mata pun tidak cukup? Itulah yg gue rasakan sekarang. Tdk bisa berbuat apa apa, hati ini hanya bisa berdoa kiranya Tuhan Memberikan tempat yg tenang dan damai untuk Eril, serta kekuatan bagi keluarganya untuk bisa melewati kehilangan ini, serta Rahmat-NYA menyertai keluarga Bapak Ridwan Kamil,” sambungnya.

“Saya Denny sumargo dan istri @oliviasumargo mengucapkan turut berduka cita sebesar2nya,” tutupnya.