Berbuat Baiklah pada Tetangga, sebab Mereka Penyelamat Terdekat Kita

860 views


Memiliki sosok pahlawan yang sangat berjasa dalam hidupmu? Punya pengalaman titik balik dalam hidup yang dipengaruhi oleh seseorang? Masing-masing dari kita pasti punya pengalaman tak terlupakan tentang pengaruh seseorang dalam hidup kita. Seperti pengalaman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Hero, My Inspiration ini. (Foto cover: ilustrasi, sumber)

Seminggu setelah menikah, aku langsung diboyong pria yang telah menjadi suamiku pergi merantau ke ibu kota. Awalnya tidak mudah bagiku menyesuaikan diri di tempat baru dan orang-orang baru karena kepribadianku yang introver. Untungnya kami tinggal di kawasan kampung Betawi di mana masyarakatnya terkenal baik hati dan ramah pada para perantau.

Suamiku juga selalu berpesan, agar selalu berbuat baik dan menjaga silaturahmi dengan tetangga, karena di rantau ini kami tidak ada keluarga dekat, maka merekalah yang dianggap sebagai keluarga kami. Suamiku berkata benar, ada banyak peristiwa sulit yang aku alami di mana para tetanggaku berperan sebagai penyelamat.

Setelah anak pertamaku lahir, kami kesulitan mencari baby sitter yang bisa dipercaya untuk menjaga bayi kami, padahal waktu cuti melahirkanku akan segera habis. Kami sudah mencari ke mana-mana tetapi masih belum ada yang cocok. Mencari baby sitter memang lebih sulit dibandingkan ART karena tentunya baby sitter harus orang yang telaten menjaga anak dan bisa dipercaya ketika ditinggal berdua saja dengan anak.

Tetangga Menjadi Penyelamat

Di saat kami hampir putus asa dengan sisa cuti melahirkan yang tinggal menghitung hari, tetangga sebelah rumah menawarkan diri untuk membantu. Beliau memang ibu rumah tangga dan kedua anaknya sudah bersekolah, jadi memiliki waktu luang hingga menjelang sore. Suamiku yang sudah tinggal di kawasan kampung Betawi ini sejak kuliah dulu tentunya sudah mengenal baik beliau. Beliau memang sudah terkenal baik dan menyukai anak-anak serta sabar ketika berhadapan dengan anak-anak.

Aku pun setuju. Pada saat itu aku benar-benar bersyukur dan merasa beliau adalah seorang penyelamat.

Di lain waktu, aku dibuat panik dan bingung ketika anak keduaku tiba-tiba demam tinggi. Saat itu aku di rumah hanya bersama anak-anak karena kebetulan suami sedang dinas di luar kota. Aku ingin segera ke rumah sakit tapi hari sudah malam dan tidak ada kendaraan. Di tengah kepanikanku, tetangga depan rumah datang menghampiri mungkin karena mendengar suara ribut-ribut di rumah. Singkat cerita, tetanggaku menawarkan untuk mengantar ke RS terdekat. Alhamdulillah, si adek segera cepat ditangani meskipun diharuskan dirawat di RS. Selama beberapa hari di RS, para tetangga sangat banyak membantuku.

Mulai dari membawakan barang-barang kebutuhan menginap di RS hingga menjenguk dan menemaniku di RS sampai suamiku kembali dari tugas dinasnya.

Ini hanya sedikit cerita dari my neighbors are my heroes. Ada banyak lagi kejadian di mana aku merasa terselamatkan oleh kebaikan tetangga. Sungguh pun kami hidup di rantau tanpa keluarga kandung, tetangga-tetanggaku ini sudah layaknya seperti keluarga sendiri. Ingatlah selalu untuk berbuat baik dan saling bantu dengan tetangga, karena merekalah penyelamat yang paling dekat dan paling cepat untuk membantu di saat sulit.

FATAL Akibatnya Mohon diingat ya Bun 4 Bagian ini Pantang untuk Dipukul Meski Sedang Marah Pada Anak

Nah, ini sering sekali nih dilakukan para orang tua, biasanya nih kalau orang tua sudah marah gara-gara anak nakal, dan darah tinggi naik udah deh gak aturan mukulnya main pukul disembarangan saja

semisalnya di pantat jangan anggap karena pantat banyak dagingnya jadi sasaran pukulan, malah an ada yang yang sering dilakukan setiap orangtua loh, padahal hal ini bisa sebabkan kematian…

Kisah ini adalah peristiwa nyata. Seorang anak perempuan berusia 8 tahun tiba-tiba merasa nggak enak badan, pusing dan muntah-muntah.

Orang tua pun langsung membawanya ke rumah sakit, tapi tidak disangka setibanya di rumah sakit, anak kecil tersebut telah dinyatakan meninggal.

Orang tuanya pun bingung, apa yang membuat anak kecil yang sehat-sehat tiba-tiba meninggal. Sang ibu curiga apakah keracunan makanan.

Tapi hasil otopsi menunjukkan tidak ditemukan adanya racun dalam sistem pencernaan anak.

Setelah dìperìksa, ternyata penyebab kematìannya ìalah luka dì bagìan dalam otaknya, yang dì sebabkan oleh rangsangan darì luar.

Parahnya, yang menyebabkan luka tersebut adalah “1 tìndakan” darì sang ìbu sendìrì. Sang ìbu tìdak sadar bahwa satu pukulan dì belakang kepala anaknya sore ìtu akan merengut nyawa kecìlnya.

Sore ìtu, ìa mengerjakan PR sambìl nonton fìlm kartun. Alhasìl, banyak PR-nya pun salah saat dì perìksa. Sang ìbu yang tak bìsa mengontrol emosì pun memukul sekalì kepala anaknya darì belakang.

Bagìan belakang kepala terdapat batang otak, otak kecìl, medula oblongata dan organ vìtal laìnnya, dì tambah lagì banyak rongga dan susunan tulang yang kompleks, membuat bagìan kepala sangat rentan terhadap serangan darì luar.

Jìka mendapat pukul yang keras, tìdak hanya bìsa menyebabkan gegar otak tapì juga komplìkasì sepertì gagal napas. Karena ìtu, orang tua jangan sampaì memukul bagìan belakang kepala anak.

Tentu saja, selain bagian belakang kepala, bagian berikut ini juga tidak bisa main-main!

1. Bagian pelipis

Tulang di sekeliling bagian pelipis sangatlah lunak dan fatal apabila dipukul. Kalau buka gegar otak yah patah tulang. Saraf optik yang berhubungan ke mata juga bisa rusak dan menyebabkan kebutaan.

2. Bagian pantat

Banyak orang tua pikir kalau pantat itu daging semua, dipukul tidak apa-apa. Tapi tahukah Anda bahwa saraf skiatik (saraf terpanjang dalam tubuh yang memanjang dari sumsum tulang belakang sampai pantat dan daerah pinggul dan di bagian belakang kaki kaki) terletak di pantat? Memukul pantat terlalu keras bukan hanya beresiko merusak saraf ini, tapi juga bisa menyebabkan kelumpuhan.

3. Menarik atau menjambak rambut anak

Menjambak rambut bukan hanya mudah menimbulkan kerontokan, tapi juga kerusakan akar rambut dan kulit kepala.

4. Menjewer telinga

Nah, ini sering sekali nih dilakukan para orang tua. Hati-hati, menjewer terlalu kuat tidak hanya bisa menyebabkan luka pada gendang telinga dan mempengaruhi pendengaran anak, tapi juga mudah menyebabkan perforasi membran timpani yang mempengaruhi perkembangan pendengaran pada bayi.

Selain itu, hidung juga tidak boleh asal dijepit. Pada saluran hidung terdapat banyak selaput lendir dan pembuluh darah, jika dipencet terlalu keras akan menyebabkan berbagai macam masalah pada hidung.

Selain 4 bagian fatal diatas berikut 11 titik yang juga fatal jika dipukul

Ada beberapa titik di tubuh yang ternyata berbahaya bila mendapat pukulan atau hantaman wajib kita tahu, supaya kita dapat melindunginya secara lebih seksama dan berhati-hati. Nah di mana saja bagian tubuh itu, berikut 11 bagian dan penjelasannya :

1. Perut

Sekilas, secara umum perut adalah bagian yang aman. Tapi jangan salah sangka bila perut terpukul juga berakibat fatal. Karena di dalam perut ada lambung. Bila lambung terluka otomatis pencerna an kita akan terganggu dan bila terpukul kuat-kuat bisa menyebabkan muntah darah.

2. Punggung

Di dalam punggung ada sumsum tulang belakang sebagai saraf. Bila dipukul kuat-kuat bukan hanya muntah darah tetapi bisa juga terputusnya tulang belakang. Bisa diobati dengan cara operasi.

3. Dada

Dada adalah bagian yang paling sering dipukul. Didalam dada terdapat paru-paru. Didalam dada juga terdapat tulang rusuk untuk melindungi paru-paru. Akan sangat berbahaya bila paru-paru tersebut rusak, pernapasan akan terganggu dan bisa menyebabkan kematian.

4. Dagu

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa dagu disebut bagian vital bila dipukul? bisa coba sendiri, sakit rasanya bila dipukul dibagian dagu. Itu karena dagu tersambung oleh rahang. Bila dipukul kuat-kuat bisa menyebabkan tergesernya rahang.

5. Hidung

Hidung terdiri dari tulang rawan. Bila dipukul akan sangat rawan untuk berdarah, dan bila sudah rusak akan mengganggu pernapasan.

6. Telinga

Telinga juga terdiri dari tulang rawan. Apa yang akan terjadi bila telinga dipukul??? Bila telinga terpukul akan menyebabkan cairan didalam telinga bergoyang dan membuat pusing dan akhirnya pingsan.

7. Mata

Ini cara yang AJIB untuk melumpuhkan lawan cuma 2 serangan + gak makan waktu banyak. Mata adalah indra penglihatan satu-satunya kita. Bila mata dipukul kuat-kuat, mata akan rusak dan bahkan bisa buta. Coba bayangkan, dicolok saja sakit apalagi dipukul.

8. Kepala

Kepala kita berguna melindungi OTAK. Jangan sesekali coba2 pukul kepala (kecuali terdesak), karena kepala adalah sistem saraf pusat dan bila terbentur, bisa menyebabkan gagar otak. Dan bila udah bener-bener parah, korban / lawan akan mati seketika.

9. Belakang leher

Di belakang leher / tengkuk terdapat sistem saraf tulang belakang. Bila sistem saraf itu putus, kita tidak bisa melakukan apa2 lagi alias kaku.

10. Alat kelam1in

Kalian pasti sudah tahu, ini bagian vital yang paling parah bila terpukul. Sebagai contoh alat kelam 1n pria. Bila salah satu buah pel1r itu pecah, akan mengakibatkan mandul.

11. Jakun

Jangan sekali-kali pukul bagian ini, kecuali dalam keadaan terdesak. Coba agan tekan dikit saja jakun / leher kamu. Akan terasa sakit. Apalagi dipukul kuat-kuat bisa menyebabkan rusaknya sistem pernafasan, pencernaan dan pita suara akan rusak dan korban pun bisa mati.

Ingat! Kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, malah dapat menyebabkan tekanan psikolog is pada anak, mempengaruhi kecerdasan, merenggangkan hubungan dengan orang tua dan jika sudah kelewatan, anak akan menjadi sangar dan tumbuh besar menjadi seperti contoh orang tuanya.

Jika anak berbuat salah, berilah hukuman yang “sepantasnya”. Bicara baik-baik dan jelaskan ke pada anak supaya anak mengerti, jangan pakai kekerasan. Semoga kejadian jangan sampai terjadi pada anak dan orang tua manapun!

Tags: #berbuat baik pada tetangga #dilarang memukul bagian ini saat marah #saat marah pada anak #tetanggaku penyelamatku