Berbuat Baiklah Pada Tetangga Ya Makkk, Karena Mereka Lah Penyelamat Terdekat Yang Kita Miliki


Memiliki sosok pahlawan yang sangat berjasa dalam hidupmu? Punya pengalaman titik balik dalam hidup yang dipengaruhi oleh seseorang? Masing-masing dari kita pasti punya pengalaman tak terlupakan tentang pengaruh seseorang dalam hidup kita. Seperti pengalaman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Hero, My Inspiration ini.

***

Oleh: Siska – Depok

Seminggu setelah menikah, aku langsung diboyong pria yang telah menjadi suamiku pergi merantau ke ibu kota. Awalnya tidak mudah bagiku menyesuaikan diri di tempat baru dan orang-orang baru karena kepribadianku yang introver. Untungnya kami tinggal di kawasan kampung Betawi di mana masyarakatnya terkenal baik hati dan ramah pada para perantau.

Suamiku juga selalu berpesan, agar selalu berbuat baik dan menjaga silaturahmi dengan tetangga, karena di rantau ini kami tidak ada keluarga dekat, maka merekalah yang dianggap sebagai keluarga kami. Suamiku berkata benar, ada banyak peristiwa sulit yang aku alami di mana para tetanggaku berperan sebagai penyelamat.

Setelah anak pertamaku lahir, kami kesulitan mencari baby sitter yang bisa dipercaya untuk menjaga bayi kami, padahal waktu cuti melahirkanku akan segera habis. Kami sudah mencari ke mana-mana tetapi masih belum ada yang cocok. Mencari baby sitter memang lebih sulit dibandingkan ART karena tentunya baby sitter harus orang yang telaten menjaga anak dan bisa dipercaya ketika ditinggal berdua saja dengan anak.

Tetangga Menjadi Penyelamat

Di saat kami hampir putus asa dengan sisa cuti melahirkan yang tinggal menghitung hari, tetangga sebelah rumah menawarkan diri untuk membantu. Beliau memang ibu rumah tangga dan kedua anaknya sudah bersekolah, jadi memiliki waktu luang hingga menjelang sore. Suamiku yang sudah tinggal di kawasan kampung Betawi ini sejak kuliah dulu tentunya sudah mengenal baik beliau. Beliau memang sudah terkenal baik dan menyukai anak-anak serta sabar ketika berhadapan dengan anak-anak. Aku pun setuju. Pada saat itu aku benar-benar bersyukur dan merasa beliau adalah seorang penyelamat.

Di lain waktu, aku dibuat panik dan bingung ketika anak keduaku tiba-tiba demam tinggi. Saat itu aku di rumah hanya bersama anak-anak karena kebetulan suami sedang dinas di luar kota. Aku ingin segera ke rumah sakit tapi hari sudah malam dan tidak ada kendaraan. Di tengah kepanikanku, tetangga depan rumah datang menghampiri mungkin karena mendengar suara ribut-ribut di rumah. Singkat cerita, tetanggaku menawarkan untuk mengantar ke RS terdekat. Alhamdulillah, si adek segera cepat ditangani meskipun diharuskan dirawat di RS. Selama beberapa hari di RS, para tetangga sangat banyak membantuku. Mulai dari membawakan barang-barang kebutuhan menginap di RS hingga menjenguk dan menemaniku di RS sampai suamiku kembali dari tugas dinasnya.

Ini hanya sedikit cerita dari my neighbors are my heroes. Ada banyak lagi kejadian di mana aku merasa terselamatkan oleh kebaikan tetangga. Sungguh pun kami hidup di rantau tanpa keluarga kandung, tetangga-tetanggaku ini sudah layaknya seperti keluarga sendiri. Ingatlah selalu untuk berbuat baik dan saling bantu dengan tetangga, karena merekalah penyelamat yang paling dekat dan paling cepat untuk membantu di saat sulit.

======

Inilah 6 Manfaat Rhubarb yang Perlu Diketahui

Rhubarb memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat rhubarb bagi kesehatan tidaklah sedikit? Tanaman ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Tiongkok, Arab, dan Yunani sejak ribuan tahun lalu sebagai pengobatan berbagai penyakit.

Rhubarb (Rheum rhabarbarum) adalah jenis sayuran yang tumbuh di daerah pegunungan dan beriklim sedang, seperti Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara.

Daun rhubarb tidak dapat dikonsumsi karena mengandung racun dan asam oksalat yang tinggi. Oleh karena itu, bagian dari rhubarb yang dapat dikonsumsi hanyalah bagian batangnya saja yang berwarna kemerahan. Jika dicicipi, rhubarb akan memberikan cita rasa asam yang menyegarkan.

Nutrisi yang Terkandung di Dalam Rhubarb

Di dalam 100 gram rhubarb, terkandung sekitar 70 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 18 gram karbohidrat
  • 1,5 gram serat
  • 0,8 gram protein
  • 14 gram gula
  • 75 miligram kalsium
  • 0,2 miligram zat besi
  • 10 miligram magnesium
  • 10–15 miligram fosfor
  • 230 miligram kalium
  • 5,5 miligram kolin
  • 5,5–6 miligram vitamin C

Rhubarb juga mengandung nutrisi lain, yaitu selenium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K, walau jumlahnya sedikit. Sayuran ini juga mengandung antioksidan, seperti polifenol, antosianin, likopen, serta lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Rhubarb untuk Kesehatan

Selain dapat dikonsumsi sebagai aneka hidangan, seperti salad dan tumisan, rhubarb juga dapat dikonsumsi sebagai tanaman herba. Berikut ini adalah berbagai manfaat rhubarb untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Makanan yang mengandung serat, seperti rhubarb, dapat membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi rhubarb atau makanan berserat lainnya diketahui baik untuk mencegah dan mengobati sembelit.

2. Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Rhubarb mengandung serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Berbagai studi menunjukkan bahwa konsumsi rhubarb secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sebanyak 9% dan kolesterol total sekitar 8%.

Penurunan kadar kolesterol dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, rhubarb juga mengandung kalium yang berperan penting untuk mengontrol tekanan darah.

Oleh karena itu, rhubarb baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K pada rhubarb bermanfaat untuk mendukung proses pembentukan jaringan tulang. Oleh karena itu, rhubarb baik dikonsumsi untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, serta menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

4. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat rhubarb yang juga tak kalah penting adalah dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Kandungan antioksidan pada rhubarb diketahui bermanfaat untuk melawan radikal bebas, salah satu pemicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Meredakan peradangan

Di beberapa negara, seperti Tiongkok dan Yunani, rhubarb telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan pada tubuh.

Manfaat tersebut juga didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa rhubarb mengandung zat antiradang, sehingga bermanfaat untuk meredakan peradangan di dalam tubuh.

6. Menyehatkan mata

Rhubarb mengandung vitamin A dan antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan likopen, yang baik untuk kesehatan mata. Asupan di dalam rhubarb tersebut diketahui baik untuk mencegah kerusakan mata dan menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain berbagai khasiat di atas, rhubarb juga dipercaya bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, mencegah obesitas, serta membasmi bakteri dan parasit.

Sayangnya, berbagai manfaat rhubarb tersebut baru diketahui melalui penelitian berskala kecil. Hingga saat ini, belum ada studi klinis yang mengkaji efektivitas manfaat rhubarb bagi kesehatan dan fungsinya sebagai pengobatan. Oleh karena itu, data terkait manfaat rhubarb bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Rhubarb

Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, rhubarb juga mengandung kalsium oksalat, terutama di bagian daunnya.

Jika dikonsumsi berlebihan, kalsium oksalat dapat menyebabkan hiperoksaluria, yaitu penumpukan kristal kalsium oksalat di berbagai organ. Kondisi ini dapat memicu terbentuknya batu ginjal dan risiko terjadinya gagal ginjal.

Jika ingin mengonsumsi rhubarb, Anda dianjurkan untuk membatasi asupannya agar tidak berlebihan dan hindari mengonsumsi daun rhubarb yang mengandung racun. Jangan lupa pula untuk mengolah rhubarb hingga matang sepenuhnya agar kadar asam oksalatnya berkurang dan lebih sehat dikonsumsi.

Manfaat rhubarb bisa Anda peroleh jika Anda menambahkannya dalam menu makan sehat sehari-hari. Namun, jika ingin mengonsumsi rhubarb sebagai suplemen atau obat herba, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tags: #berbuat baiklah pada tetangga #manfaat rhubarb bagi kesehatan