Berdosakah Istri yang Meminta Cerai Pada Suami Karena Tidak Bahagia? Ini Penjelasan Al-Qur’an


Berdosakah Istri yang Meminta Cerai Pada Suami Karena Tidak Bahagia? Ini Penjelasan Al-Qur’an

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, Ustadz saya mau bertanya, berdosakah saya meminta cerai ke suami yang tidak pernah membahagiakan saya lahir batin dari awal pernikahan kami.

Bagaimana hukumnya suami yang jarang mengasih uang belanja serta di lain hari mempertanyakan uang yang pernah dikasihnya tersebut.

Apakah benar kata ibu mertua saya bahwa di zaman seperti ini sudah tidak berlaku lagi istri meminta uang belanja kepada suami, karena istri sudah punya penghasilan sendiri? [Ika]

Jawaban:

Ibu. Isteri boleh menuntut cerai, jika ada sebab yang memperbolehkannya. Diantaranya karena ada aib pada suami, seperti empoten, belang, lepra dan penyakit menular lainnya. Atau suami tidak melaksnakan kewajiban kepada isterinya.

Seperti tidak memberi nafkah lahir atau bathin. Jika isteri tidak ridla, maka boleh dan tidak berdosa isteri minta cerai, tapi kalau tidak ada sebab syar’i, maka isteri tidak boleh menuntut cerai.

Dalam kehidupan suami isteri ada hak dan kewajiban. Diantara kewajiban suami kepada isteri adalah memberi nafkah lahir dan bathin. Allah SWT berfirman:

لِيُنفِقْ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِ ۖ وَمَن قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. At-Thalaq:65)

Ibu. Jika benar suami tidak pernah membahagiakan anda lahir batin dan tidak memberi belanja, maka anda atidak berdosa untuk minta cerai.

Dan suami anda berdosa kalau tidak melaksnakan kewajiban memberi nafkah apalagi setelah meberi masih diminta lagi, itu terlalu dan termasuk suami yang pelit, padahal seharusnya suami memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Ibu. Tidak benar ucapan mertua anda yang mengatakan bahwa di zaman sekarang seorang isteri sudah tidak berlaku lagi minta uang belanja, karena isteri tetap mempunyai hak untuk mendapatkan belanja dari suami.

Bahkan kalau isteri bekerja dan hasilnya digunakan untuk belanja rumah tangga itu artinya isteri sudah sedekah kepada suami.

Rasulullah menikah dengan siti Khadijah yang kaya, tapi Rasulullah tetap memberi belanja kepada isterinya.

Ibu. Namun sebelum anda menuntut cerai, coba pertimbangkanlah dahulu matang-matang dan komonikasikan dengan suami permasalahan anda atau minta bantuan oarnag lain (hakam) untuk menjadi mediasi.

Barangkali masih bisa diperbaik rumah tangga anda karena paling dibenci oelh Allah SWT sesuatu yang halal adalah thalaq (abghodul halali indallahi at-thalaq).

Semoga Allah memberi jalan ke;uar yang baik bagi rumah tangga anda. Amiin

Oleh: KH. Abdurrahman Navis Lc, MHI
Direktur Aswaja Center Jawa Timur

======

6 Manfaat Thai Massage yang Sayang untuk Dilewatkan

Selain untuk mengatasi rasa lelah atau pegal setelah beraktivitas, ternyata masih ada banyak manfaat Thai massage untuk kesehatan tubuh. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai manfaat Thai massage pada artikel ini.

Thai massage atau Thai yoga merupakan salah satu bentuk terapi pijat tradisional Thailand yang telah dikenal manfaatnya sejak ribuan tahun silam. Berbeda dari pijat pada umumnya, Thai massage dilakukan dengan berbaring di atas matras, berpakaian lengkap, dan mengharuskan Anda ikut bergerak aktif.

Dalam Thai massage, terapis menggunakan tangan, lutut, atau bahkan kakinya untuk membantu menggerakan Anda melalui serangkaian posisi. Biasanya, Thai massage menggunakan teknik peregangan, penarikan, dan gerakan seperti yoga.

Manfaat Thai Massage untuk Kesehatan

Teknik yang dilakukan pada Thai massage dipercaya dapat memberikan banyak manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah manfaat Thai massage yang bisa Anda dapatkan:

1. Meredakan sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala tegang atau migrain, Anda bisa memanfaatkan Thai massage untuk meredakannya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa metode pengobatan alternatif dengan Thai massage dapat meredakan kedua jenis sakit kepala ini.

Manfaat tersebut diduga berkaitan dengan efek relaksasi yang diperoleh dari Thai massage.

2. Mengurangi sakit punggung

Nyeri punggung merupakan penyakit yang tergolong umum. Jika tidak segera diatasi penyakit ini bisa menurunkan kinerja otot, bahkan otot selain otot punggung, sehingga aktivitas sehari-hari pun akan terhambat.

Melakukan Thai massage selama sekitar 15 menit terbukti dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke otot sekaligus meningkatkan kelunturan otot dan mengurangi nyeri. Dengan begitu, Thai massage bisa menjadi pengobatan alternatif Anda untuk meredakan nyeri punggung.

3. Meredakan nyeri sendi dan otot

Thai massage dinilai efektif dalam membantu pemulihan otot yang mengalami cedera, nyeri, atau kaku saat bergerak. Sejumlah penelitian juga membuktikan manfaat ini pada penderita radang sendi lutut dan osteoartritis lutut. Bahkan, Thai massage juga menjadi salah satu metode pemulihan alternatif bagi para atlet.

4. Meningkatkan fleksibilitas

Jika Anda seorang atlet atau Anda merasa rentang gerak dan kelenturan tubuh Anda terbatas, Anda bisa mencoba Thai massage untuk memperbaikinya. Berdasarkan penelitian, atlet yang melakukan Thai massage sebanyak 3 kali dalam 10 hari menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

Manfaat ini diduga karena Thai massage memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot, sehingga rasa sakit dan kekakuan otot akan berkurang. Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa Thai massage dapat meningkatkan kecepatan dan ketangkasan atlet.

5. Meredakan kecemasan

Meski Thai massage melibatkan gerakan dan terkesan lebih tidak menenangkan daripada jenis pijat lainnya, terapi pijat ini telah tebukti dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres, serta menyatukan ketenangan badan dan pikiran.

6. Mengembalikan energi

Gerakan Thai massage yang mirip dengan yoga membuat banyak orang yang menjalani pijat ini tak hanya merasa rileks, tetapi juga seperti terlahir kembali. Banyak pula dari mereka yang mengatakan bahwa Thai massage dapat menyegarkan pikiran serta mengembalikan energi ke tubuh mereka.

Manfaat Thai massage memang sangat menguntungkan, apalagi bagi orang dengan tingkat stres tinggi dan jarang berolahraga. Namun, jenis terapi pijat ini tidak aman untuk semua orang.

Jika Anda sedang hamil, mengalami gangguan perdarahan, trombosis, luka bakar, dan trombositopenia, sebaiknya hindari melakukan Thai massage.

Untuk memastikan Thai massage aman untuk Anda, Anda bisa memeriksakan diri dan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, terutama bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, hipertensi, osteoporosis, diabetes, atau kanker.

======

Inilah Tanaman Herbal yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak orang yang suka mengonsumsi tanaman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, baik itu dalam bentuk jamu, teh, maupun obat tradisional. Namun, di antara beragamnya tanaman herbal di Indonesia, mana sajakah yang terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh?

Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19 perlu dilakukan agar risiko Anda untuk terkena penyakit ini bisa berkurang. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi tanaman herbal.

Namun, tentunya Anda perlu mengonsumsi tanaman herbal yang memang telah terbukti efektif secara ilmiah dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Pilihan Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut ini adalah 3 tanaman herbal yang telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah sakit:

Meniran

Meniran atau Phyllanthus niruri telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit di banyak negara. Ada bermacam-macam senyawa kimia yang dikandungnya, antara lain phyllanthin dan tannin.

Senyawa-senyawa ini terbukti bisa berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetes, dan antikanker, sehingga ampuh digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa herba ini efektif dalam mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Daun kelor

Dalam daun kelor, terdapat banyak sekali senyawa dan nutrisi penting yang juga efektif untuk meningkatkan imunitas dan mencegah infeksi, antara lain flavonoid, anthraquinon, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada daun kelor bahkan 7 kali lebih banyak daripada yang ada pada jeruk.

Kunyit

Dalam kunyit, terkandung senyawa aktif bernama kurkumin. Senyawa yang memberikan warna kuning secara alami ini sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan sistem penyerapan tubuh kita. Selain itu, kurkumin juga memiliki manfaat antiinflamasi dan bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti halnya meniran dan daun kelor, kunyit juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Cara Lain untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain mengonsumsi meniran, daun kelor, dan kunyit, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu:

1. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan berolahraga, peredaran sel darah putih menjadi lancar, sehingga tubuh dapat mendeteksi penyakit dengan lebih cepat.

2. Konsumsi makanan sehat

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat, Anda harus membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Contoh makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah brokoli, bayam, yogurt, pepaya, kiwi, kerang, dan daging tanpa lemak.

3. Tidur yang cukup

Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan protein yang berfungsi untuk melawan infeksi. Maka dari itu, kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jadi, atur pola tidur dengan baik agar imunitas tubuh tetap terjaga.

4. Kelola stres dengan baik

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, kadar hormon kortisol yang tinggi dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi, usahakan untuk selalu mengendalikan stres, misalnya dengan melakukan meditasi atau relaksasi setiap kali beban pikiran menumpuk.

Terapkanlah cara-cara di atas agar kesehatan Anda tetap terjaga. Untuk mendapatkan manfaat meniran, daun kelor, dan kunyit dalam meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat memasukkan ketiga tanaman herbal tersebut ke dalam masakan atau makanan yang akan Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga bisa memperolehnya dari suplemen herbal yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Tags: #istri minta cerai karena tidak bahagia #manfaat thai massage bagi kesehatan tubuh #tanaman herbal yang dapat meningkatkan imun tubuh