Bisa di Coba Sendiri Dirumah, Baju Kelunturan Kembali Cling Tanpa Pudar Warna !


Sering kesel baju kesayangan kamu kena lunturan baju lain? Warnanya pasti jadi belang-belang nggak jelas ya, apalagi kalau itu baju baru. Rasanya Menyesal setengah mati kan nggak hati-hati nyucinya? Banyak sih detergen khusus untuk noda luntur, tapi harganya pasti mahal. Jangan khawatir ladies, Pasti Seru bakal kasih kamu tips menghilangkan noda luntur sendiri cuma dengan cara-cara sederhana. Gimana caranya? Yuk, simak!

1. Larutan vetsin atau msg (monosodium glutamat) dan detergen.

Cara yang cukup mudah dan sederhana adalah dengan mencampur detergen dengan vetsin/msg, perbandingannya 2 : 3 untuk detergen : vetsin. Lalu tambahkan air panas/hangat, sesuai dengan pakaian yang akan anda rendam. Anda harus memastikan pakaian berwarna tadi terendam secara utuh dalam larutan. Diamkan selama 30 menit dan kucek. Kemudian cuci lagi dengan detergen saja untuk menghilangkan sisa-sisa msg yang menempel dan bilas hingga bersih.

2. Larutan cuka, garam dan detergen.

Anda juga bisa memanfaatkan bahan dapur lainnya, yakni cuka. Tambahkan garam dan detergen dengan perbandingan cuka yang sama banyak dengan sabun detergen. Tambahkn air panas ke dalam ember hingga setidaknya seluruh bagian pakaian terendam.Bila tidak terendam semua, maka noda luntur akan bergerak ke arah bagian yang tidak terendam. Diamkan pakaian di dalam ember selama 30 menit dan lihat hasilnya setelah dibilas.

3. Larutan citrun dengan detergen.

Satu lagi larutan asam yang cukup populer digunakan dalam mengatasi noda luntur yaitu larutan citrun. Bubuk citrun ini terkenal sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan noda tinta yang biasanya sangat sulit dihilangkan.
Cukup dengan memadukan bubuk citrun dan detergen lalu tambahkan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga seutuhnya terendam. Diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan detergen, kemudian bilas hingga bersih. Akan lebih baik kalau anda menambahkan sedikit garam yang akan menambah kinerja larutan tadi.

4. Baking soda dengan deterjen.

Bila noda luntur di baju anda tidak terlalu parah, hanya mengenai beberapa bagian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka anda bisa menggunakan campuran detergen dengan baking soda. Meski tidak seefektif cairan cuka atau vetsin, tapi cara ini juga cukup banyak diminati karena bahannya lebih mudah didapatkan.

5. Merebus pakaian dengan deterjen

Tips yang terakhir ini hanya memakai deterjen anti noda dan air saja lalu direbus seperti anda memasak air. Setelah air mendidih, kecilkan api lalu masukkan pakaian yang terkena luntur dan aduk hingga beberapa menit. Biasanya setelah diaduk dan tunggu beberapa menit, air akan berubah warna sesuai noda luntur pada pakaian anda. matikan kompor dan tunggu hingga air dingin lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi pakaian atau baju yang luntur tapi tanpa menggunakan deterjen. Jika anda mempuyai baju baru atau lama yang rawan luntur, maka rebus dengan air saja (tanpa deterjen) dan dijamin baju anda tidak akan luntur apalagi sampai melunturi pakaian yang lainnya. Seperti kata pepatah : mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi sebelum ada pakaian yang melunturi pakaian yang lain, alangkah baiknya jika anda mengatasi pakaian rawan luntur terlebih dahulu. Karena meskipun tidak begitu sulit mengatasi noda luntur pada pakaian berwarna anda, tapi memaksa anda untuk menyediakan waktu yang cukup lama dan melelahkan untuk mengatasi noda luntur tersebut.

======

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Cantengan, Kuku yang Tumbuh Seenaknya Sendiri

Mungkin di antara kamu ada yang sudah akrab dengan istilah cantengan, atau kuku yang tumbuh secara liar menembus daging terutama di bagian jempol kaki. Namun bisa juga kamu malahan belum pernah mendengarkan, karena penyakit ini cukup jarang diderita dan bersifat tidak menular.

Tidak pernah menderita cantengan, bukan berarti kamu bebas tidak mau tahu tentang penyakit ini lho. Justru kamu harus lebih berhati-hati karena ada kebiasaan yang justru bisa membuat kukumu menjadi cantengan.

Agar tahu lebih jauh tentang penyakit yang bikin susah tidur dan sakit di jari ini, yuk simak artikel Hipwee sampai habis. Cantengan, sebuah penyakit bawaan yang berciri kuku tumbuh ke arah yang salah. Iya, selain cowok, kuku juga bisa salah

Cantengan adalah sebuah penyakit kelainan arah tumbuhnya kuku. Kalau kuku harusnya tumbuh ke ujung terluar, tapi pada penderita cantengan bisa tumbuh ke arah samping.

Bagian kuku yang kena cantengan seringnya adalah jempol kaki, tetapi nggak menutup kemungkinan bahwa kuku yang lain juga bisa kena. Salah arah tumbuhnya kuku ini bisa mengakibatkan bengkak, nanah, dan terkumpulnya pusat rasa sakit pada bagian yang ‘tertembus’ kuku.

Tebakanmu benar! Kuku cantengan itu tumbuh menembus daging dan susah bisa berhenti tumbuh selayaknya kuku normalKuku yang terkena cantengan, sudah tak tahu arah, nggak mau berhenti tumbuh pula! Kerjaan dia hanya terus menyakiti dan menyakiti. Pokoknya nggak kalah sakitnya sama di-phpin gebetan deh.
Si canteng itu terus tumbuh menembus daging dan membuat penderitanya merasakan pegal dan aneka kerugian lain.

Penderitanya bisa sampai merasakan sakit dan pegal-pegal di seluruh jari yang kena cantengan. Bahkan di beberapa kasus bisa sampai berdarahPenderita kuku cantengan bisa merasakan hal-hal seperti bengkak, kuku bernanah sampai berdarah, dan kesakitan yang luar biasa.

Makannya, kalau sudah merasakan kuku tumbuh abnormal, sebaiknya langsung digunting secara hati-hati agar tumbuhnya tidak semakin liar dan menyakiti. Termasuk nggak boleh pakai alas kaki tertutup dulu. Sakit, tahu!Memakai sepatu dengan ujung lancip adalah hal yang nggak bisa dilakukan oleh penderita cantengan. Bagaimana tidak?

Memelihara rasa sakit dalam kekangan ujung sepatu sama saja menambah penderitaan menjadi dua kali lipat. Untuk itu, meliburkan sepatu-sepatu cantik dengan ujung lancip adalah mutlak perlu.

Penyebab cantengan antara lain adalah faktor keturunan, salah menggunting kuku, dan kurang menjaga kebersihan kaki. Kamu yang hati-hati yaPenyebab kuku cantengan adalah faktor keturunan, kurang jaga kebersihan dan salah menggunting kuku. Nah, yang dua terakhir ini perlu diperhatikan nih.

Banyak di antara kita yang saking gemesnya dengan kuku, bagian yang pinggir-pinggir kuku ikutan digunting. Padahal daerah situ harusnya dibiarkan saja untuk menjadi pembatas tepi kuku. Bagaimana kalau digunting secara berlebihan? Ya bisa jadi si kuku akan bingung arah tumbuh. Yang tadinya tumbuh ke arah luar, bisa tumbuh ke arah samping deh.

Kalau sudah terlanjut cantengan, tindakannya harus dengan operasi pengangkatan kuku. Hiyy, serem!Jika kuku cantangen harus dirawat dengan reguler, apa jadinya kalau sudah terlalu parah?

Misalnya jika kuku sudah jauh menembus daging, operasi adalah satu-satunya jalan.

Operasi ini dilakukan dengan cara mengangkat seluruh kuku dan membiarkannya tumbuh jaringan kuku yang baru.
Selama jaringan itu belum tumbuh, artinya kamu harus memakai perban setiap hari dan nggak boleh pakai sepatu cantik dulu.

Bagaimana? Mending operasi atau merawat kuku saja?

Nah, maka dari itu mulailah untuk disiplin menjaga kebersihan dan potong kuku dengan benar yukBersyukurlah jika kukumu itu tidak berbakat cantengan. Namun kalau iya, baiknya kamu mulai sadar dan aware dengan kebersihan kuku serta cara yang benar dalam menggunting kuku.

Salah satunya adalah jangan terlalu brutal menggunting tepian kuku. Karena bisa berakibat cantengan itu tadi. Kuku memang sekilas menjadi bagian minor dalam tubuhmu. Namun tanpa kuku apalah kamu? Ngupas jeruk saja harus pakai kuku. Oleh karena itu, jaga baik-baik ya

Tags: #baju kelunturan kembali cling tanpa warna pudar #kuku yang tumbuh seenaknya sendiri #penyakit centengan