Buat yang Sedang H*mil, Amalkanlah 4 Ayat Agar Diberi Kemudahan Dalam B*rsalin Insya Allah


Buat yang Sedang Hamil, Amalkanlah 4 Ayat Agar Diberi Kemudahan Dalam Bersalin Insya Allah

Ketika melahirkan katanya rasanya begitu sakit hingga tak sedikit tenaga yang terkuras habis demi mengeluarkan si jabang bayi, Jeanny mau berbagi info nih buat teman teman yang sekarang sedang hamil dan menantikan hadirnya momongan, bisa amalkan 4 ayat alquran berikut ini yang Insya Allah dapat memperlancar proses kelahiran.. simak penjelasan berikut.

Di dalam Al-Qur’an ada beberapa ayat yang apabila dibaca agar bisa melahirkan dengan mudah. Ayat apa sajakah itu? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk kaum muslimin agar bisa diamalkan.

1. QS. Ar-Ra’d: 8

Ayat pertama yang bisa dibaca untuk memudahkan ibu ketika hari persalinan terdapat dalam QS. Ar-Ra’d ayat 8.

اللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ الْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَيْءٍ عِندَهُ بِمِقْدَارٍ

“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya”

Tidak seorangpun yang telah ditetapkan berumur panjang, kecuali telah ditetapkan Allah lebih dahulu dan tertulis di Lohmahfuz, tidak akan bertambah dan tidak akan berkurang.

Oleh sebab itu, ketika dalam masa persalinan senantiasalah berdoa hanya kepada Allah SWT agar diberi kemudahan.

Sebab Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

2. QS. Fathir: 11

Ayat yang harus dibaca selanjutnya ketika hendak ataupun dalam proses persalinan adalah QS. Fathir ayat 11. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

وَاللَّهُ خَلَقَكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا ۚ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ ۚ وَمَا يُعَمَّرُ مِن مُّعَمَّرٍ وَلَا يُنقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan mengenai kejadian Adam yang diciptakan langsung dari tanah, kemudian keturunannya dijadikan dari mani yang pada hakikatnya juga berasal dari tanah, karena mani itu berasal dari makanan dan makanan yang berupa beras, sayur-sayuran dan lain-lain berasal dari tanah.

Kemudian mereka dijadikan berpasang-pasangan, terdiri dari laki-laki dan wanita. Tidak seorang perempuan yang mengandung atau melahirkan kecuali semuanya diketahui oleh Allah SWT, tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya.Oleh sebab itu, serahkan semua kepada Allah dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

3. QS. An-Nahl: 78

Ketika hendak melahirkan atau sedang dalam prosesi lahiran, bacalah QS. An-Nahl ayat 78 ini agar Allah memudahkan segala sesuatunya. Allah SWT berfirman yang artinya:

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُم مِّن بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

4. QS. Al-Zalzalah: 1 – 8

Ayat terakhir yang dianjurkan untuk dibaca ketika menghadapi persalinan agar dimudahkan terdapat dalam QS. Al-Zalzalah ayat 1-8. Allah SWT berfirman yang artinya:

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا () وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا () وَقَالَ الْإِنسَانُ مَا لَهَا () يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا () بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا () يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ () فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ () وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.”

Demikianlah ulasan mengenai empat Ayat yang dianjurkan untuk dibaca agar bisa melahirkan dengan mudah.

Selain itu, agar mempermudah prosesi persalinan, mintalah kepada suami untuk melakukan amalan-amalan berupa Sholat Fardlu atau Sholat Hajjat adalah Surat Al-Fatihah, Surat Maryam, Ayat Kursi dan perbanyak membaca Istighfar, Sholawat Nabi dan Hamdalah.

Semoga ayat-ayat tersebut bisa membuat ibu dan janin dalam kandungan semakin dekat dengan Allah serta diberi kemudahan dalam melahirkan.

Semoga ayat-ayat tersebut bisa membuat ibu dan janin dalam kandungan semakin dekat dengan Allah serta diberi kemudahan dalam melahirkan.

======

5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Anak

Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu Si Kecil tumbuh lebih optimal. Salah satu caranya adalah dengan memberinya minyak hati ikan kod. Selain menyehatkan fisik anak, minyak hati ikan kod juga berdampak baik bagi kesehatan mental anak.

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstrasi dari hati ikan kod. Jenis ikan kod yang sering digunakan adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. Biasanya, minyak hati ikan kod dikonsumsi dalam bentuk kapsul.

Khasiat Minyak Hati Ikan Kod untuk Anak

Minyak hati ikan kod merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Selain itu, suplemen ini juga mengandung kadar vitamin A dan D yang sangat tinggi. Berkat kandungan nutrisinya inilah minyak hati ikan kod dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anak.

Berikut ini adalah manfaat memberikan suplemen minyak hati ikan kod kepada anak:

1. Mencegah rakitis

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting dalam masa pertumbuhan, karena vitamin ini dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfat guna membentuk tulang yang kuat. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin D, anak akan berisiko mengalami rakitis.

Kondisi ini membuat tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga muncul kemungkinan tulang tumbuh dengan bentuk yang tidak normal. Nah, minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit ini.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang gejalanya sudah bisa dirasakan sejak kanak-kanak. Untuk mencegah Si Kecil mengalami kondisi ini, Bunda bisa rutin memberikan suplemen minyak hati ikan kod.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen minyak hati ikan kod atau suplemen lain yang tinggi vitamin D dapat menurunkan risiko anak mengalami diabetes tipe 1. Meski penelitian ini masih perlu dikaji lebih lanjut, tidak ada salahnya memberikan suplemen ini kepada Si Kecil.

3. Mencegah pilek dan flu

Mengalami pilek dan flu tentu dapat mengganggu kenyamanan anak. Untuk mencegahnya, rutinlah memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil. Mencukupi asupan vitamin D dari suplemen minyak hati ikan kod dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga anak tidak rentan terserang pilek dan flu.

Bahkan, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa anak yang diberikan minyak hati ikan kod secara rutin akan berisiko lebih rendah mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) selain pilek dan flu, misalnya sinusitis dan radang tenggorokan.

4. Menjaga kesehatan mata

Mata merupakan organ yang memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, kesehatan mata Si Kecil harus senantiasa dijaga dengan rutin memberinya minyak hati ikan kod.

Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak hati ikan kod dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata, sehingga mata bisa tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, vitamin A dalam minyak hati ikan kod juga bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan mata yang dapat berakhir dengan glaukoma.

5. Mencegah depresi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami depresi, lho. Depresi pada anak tentu dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang serta kehidupan sosialnya.

Dengan rutin memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil, risikonya untuk mengalami depresi bisa menurun. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak hati ikan kod yang mampu memperbaiki suasana hati dan menjaga fungsi otak secara keseluruhan.

Bunda, itulah beragam manfaat minyak hati ikan kod untuk anak. Suplemen ini tersedia dalam banyak merek dagang dan bisa Bunda dapatkan tanpa resep dokter di apotek atau toko obat.

Jika Si Kecil tidak menyukai suplemen minyak hati ikan kod, Bunda bisa menyiasatinya dengan mencampurkan suplemen ini pada madu atau makanan yang disukai Si Kecil. Selain itu, pilihlah suplemen minyak hati ikan kod yang telah ditambahkan rasa penetral, seperti mint, jahe, atau kayu manis.

Penting untuk Bunda ingat, minyak hati ikan kod bermanfaat baik bagi kesehatan anak jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Efek samping yang mungkin muncul dari konsumsi suplemen ini secara berlebihan adalah bau mulut, mulas, hingga mimisan.

Jadi, sebelum memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil, pastikan Bunda membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan produknya, ya. Bila masih bingung, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan takaran yang tepat, sesuai kondisi kesehatan Si Kecil.

Tags: #ayat diberikan kemudahan saat bersalin #manfaat minyak hati ikan kod bagi anak