Bukan Sekadar Muncul Saja, 8 Posisi Jerawat ini Menandakan Anda Punya Penyakit Ini!


Tahukah kamu? Tubuh kita terhubung dengan segala macam jalur yang berbeda untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sama halnya dengan jerawat. Ternyata benda kecil menyebalkan ini nggak cuma nongol seenaknya. Jerawat juga membawa sinyal bahwa bagian organ dalam tubuh kita sedang bermasalah. Nah, pemetaan posisi jerawat berdasarkan gangguan kesehatan diadaptasi dari teori pengobatan kuno di China. Tiap titik yang ada di permukaan wajah terhubung dengan organ tertentu, mirip seperti titik-titik pada akupunktur.

Berikut Hipwee Tips paparkan posisi jerawat yang menandakan penyakit, seperti yang dilansir oleh Daily Mail berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh John Tsagaris, Dokter Pengobatan Tradisional China, dan pemaparan oleh Dr. Michael Shapiro, selaku ahli kulit dalam youbeauty.com. Simak baik-baik, ya!

1. Jerawat di dahi: gangguan pada sistem pencernaan karena timbunan lemak dan kurang tidur

Jerawat yang tumbuh di dahi menandakan bahwa terjadi gangguan proses pencernaan dalam tubuh karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Kondisi ini juga dikarenakan kurangnya porsi tidur malam yang memungkinkan proses pencernaan jadi nggak lancar. Ketika kita tidur, sistem pencernaan bekerja sesuai fungsinya, sehingga jika kita kekurangan tidur maka akan terganggu pula proses mencerna makanan ini.

  • Kurangi makanan berlemak, makanan cepat saji atau olahan, perbanyak makanan bergizi, buah dan sayuran.
  • Minum banyak air putih secara teratur, hindari soda dan minuman berkafein. Pilih teh hijau sebagai alternatif untuk menetralisir racun dalam tubuh.
  • Tidur malam teratur sebelum jam 23.00 selama 7 hingga 9 jam perhari.

2. Jerawat di antara alis mata: berhubungan dengan kesehatan hati dan reaksi alergi terhadap makanan tertentu

Jerawat di posisi ini menandakan kerja hati yang terlalu berlebihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, makanan berminyak dan berbahan dasar susu. Selain itu juga bisa dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu.

  • Kurangi konsumsi makanan berminyak, susu dan alkohol. Ganti dengan banyak mengonsumsi sumber protein nabati seperti tahu, tempe, jamur, kacang almond, brokoli, dan alpukat.
  • Olahraga ringan seperti berjalan-jalan dengan teratur selama 30 menit setiap hari.
  • Jika diperlukan, konsumsi suplemen yang baik untuk hati.

3. Jerawat di sekitar mata dan di telinga: Ginjalmu mengalami gangguan karena dehidrasi

Kulit di sekitar mata terhubung dengan ginjal. Disinyalir kamu mengalami gangguan pada organ ini. Penyebabnya bisa karena dehidrasi akibat kurang minum air putih, merokok, konsumsi kopi, minuman bersoda, makanan atau minuman manis, dan konsumsi garam yang berlebih atau kurang berkualitas. Begitu pula dengan jerawat yang ada di sekitar telinga juga erat kaitannya dengan masalah ginjal.

  • Banyak minum air putih minimal 8 gelas tiap hari, lebih banyak lebih baik.
  • Kurangi minuman berkafein, minuman bersoda, makanan atau minuman manis, dan merokok.
  • Mengganti konsumsi garam meja dengan garam dapur yang diolah secara alami dari laut.

4. Jerawat di area pipi atas: sistem pernapasan yang terganggu akibat asap rokok dan polusi udara

Kebiasaan merokok maupun terpapar asap rokok bisa jadi penyebab terganggunya sistem pernapasan. Selain itu, polusi udara dan alergi yang berkaitan dengan saluran pernapasan seperti asma juga bisa jadi penyebabnya. Jerawat yang muncul di area pipi atas ini menjadi pertanda betapa paru-parumu kelelahan karena bekerja terlalu keras untuk menyaring udara.

  • Berhentilah merokok atau hindari paparan asap rokok bagi perokok pasif.
  • Hindari tempat-tempat yang berpolusi, selalu gunakan masker supaya pernapasanmu nggak terganggu.
  • Jika memiliki alergi seperti penderita asma, hindari hal-hal yang memicu terganggunya pernapasanmu seperti debu, udara dingin, makanan yang dilarang, dan lain sebagainya.
  • Perbanyak makan sayuran hijau yang baik untuk membantu membersihkan paru-paru.

5. Jerawat di area pipi bawah atau rahang: gangguan kesehatan gigi dan mulut, terutama yang melibatkan gusi

Bagian area pipi bawah atau di rahang yang sering berjerawat berhubungan dengan kesehatan gigi, terutama yang berhubungan dengan gusi. Bisa jadi ada gigi yang berlubang, infeksi, atau setelah melakukan perawatan gigi ke dokter.

  • Menyikat gigi secara teratur setiap pagi dan sebelum tidur.
  • Rajin membersihkan gigi dari noda atau plak yang menempel.
  • Menghindari makanan dan minuman manis, makanan yang dingin atau panas, atau apapun yang meninggalkan noda di gigi.

6. Jerawat di hidung: masalah kesehatan jantung dan pembuluh karena tekanan darah atau kolesterol

Kamu yang sering berjerawat di hidung, sebaiknya cek tekanan darahmu. Kemungkinan besar hal ini mengindikasikan ada masalah pada jantung karena tekanan darah atau kolestrol tinggi, kekurangan protein atau vitamin B.

  • Konsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin B, kurangi makanan pedas dan kurangi konsumsi daging merah dan garam.
  • Lakukan olahraga teratur, perbanyak menghirup udara segar di pagi hari
  • Perbanyak makan buah, sayuran dan makanan yang mengandung omega 3 seperti kacang, alpukat dan ikan.

7. Jerawat di sekitar mulut: terjadi perubahan hormon atau efek stres yang berkepanjangan

Lokasi ini adalah zona yang menandakan bahwa kamu mengalami stres atau sedang terjadi perubahan hormon. Penyebabnya kadang nggak bisa dihindari, apalagi pada cewek jika sedang berada pada siklus menstruasi. Selain itu, hormon tubuh di luar kendali kita.

  • Istirahat malam yang cukup.
  • Kurangi beban pikiran dengan meditasi atau relaksasi agar nggak memicu stres.
  • Minum banyak air, perbanyak makan sayur dan buah, dan diet seimbang.
  • Olahraga teratur dan jaga kesehatan kulit agar tetap bersih dan lembab.

8. Jerawat di dagu: masalah pada perut terutama organ usus karena pencernaan kurang lancar

  • Perbanyak asupan serat, dengan konsumsi buah dan sayuran atau gandum.
  • Minum banyak air putih secara teratur dan teh herbal untuk membantu memperlancar pencernaan dan membuang racun tubuh.
  • Olahraga teratur dan tidur tepat waktu.

Nah, itulah beberapa titik kemunculan jerawat yang perlu kamu perhatikan. Jika jerawat terus muncul di daerah yang sama, berarti kamu harus meningkatkan kebersihan di area kulit tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

10 Manfaat Bunga Pepaya yang Jarang Diketahui, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Manfaat pepaya cukup terkenal bagi orang Indonesia. Menariknya, manfaat tersebut tidak hanya datang dari buahnya saja tetapi juga dari akar, daun, getah, hingga bunga pepaya.

Nutrisi yang ada dalam bunga pepaya

Meskipun memiliki rasa yang cukup pahit. Namun dalam setiap 100 gram bunga ini terkandung beberapa nutrisi penting seperti:

  • Energi 45 kkal
  • Protein 2,6 gr
  • Lemak 0,3 gr
  • Karbohidrat8,1 gr
  • Kalsium 290 mg
  • Fosfor 113 mg
  • Zat besi 4,2 mg
  • Vitamin B1 0,01 mg
  • Vitamin C 23,3 mg

10 Manfaat bunga pepaya untuk tubuh

1. Melancarkan sistem pencernaan

Tanin dalam bunga pepaya dapat membantu organ pencernaan menjalankan fungsinya secara optimal. Kandungan inilah yang membuat bunga ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

2. Meningkatkan nafsu makan

Bila anak-anak kurang nafsu makan, tak ada salahnya bila Anda memanfaatkan bunga ini sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makannya yang hilang. Cara ini telah banyak digunakan di beberapa negara di Asia termasuk Indonesia.

3. Menghilangkan radikal bebas

Bunga pepaya mengandung berbagai unsur antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis dan penyakit degeratif seperti serangan jantung, alzeimer, stroke, dan kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka mengonsumsi bunga ini secara teratur bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan Anda. Zat di dalam bunga ini sangat berguna untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh dan membantu menormalkan kembali tekanan darah.

5. Mencegah kanker

Senyawa flavonoid dan antioksidan yang terkandung dalam bunga ini dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab berbagai jenis kanker. Flavonoid dan antioksidan juga memiliki fungsi lain untuk menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh kita.

6. Mengobati diabetes

Bunga pepaya dipercaya membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh sebagai penyebab utama diabetes.

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa bunga pepaya dapat menyembuhkan diabetes. Namun zaman dahulu banyak orang yang mengonsumsi bunga ini untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh mereka.

Dilansir dari Dr Health Benefits, Dr. Shika Sharma seorang dokter di sebuah lembaga kesehatan juga menyetujui hal ini. Ia mengungkapkan bahwa memang bunga pepaya mengandung banyak vitamin dan elemen yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk diabetes.

Namun sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu bila Anda ingin memanfaatkan bunga ini sebagai obat diabetes.

7. Penurunan berat badan

Bunga ini mengandung serat, vitamin A, B dan C yang memadai, meski tidak sebanyak pada buahnya. Dengan berbagai kandungan ini, bunga pepaya memiliki manfaat untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

8. Menurunkan kolesterol

Kandungan folat dan antioksidan di dalam bunga ini yang dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Ketika Anda mengonsumsi bunga ini, kandungan folat dan antioksidan di dalamnya sangat bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat.

9. Mencegah penyakit stroke

Bunga ini mengandung nutrisi yang bisa mencegahpenyumbatan pembuluh darah akibat sirkulasi darah yang buruk. Sehingga gejala stroke akibat penyumbatan pembuluh darah bisa dihindari.

10. Mencegah serangan jantung

Seperti dijelaskan sebelumnya, manfaat kesehatan bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang dapat membantu sirkulasi darah. Secara lebih lanjut, hal ini dapat membantu jantung tetap sehat dan terjaga dari risiko serangan jantung.

Tags: #letak jerawat menandakan penyakit #manfaat bunga pepaya bagi kesehatan