Cara Membuat Pewangi Ruangan Yang Tahan Lama dan Bikin Betah Seisi Rumah

327 views


Pengharum atau pewangi ruangan bisa menjadi solusi penghilang bau di ruangan. Berbagai merk pun makin banyak di pasaran. Bentuknya juga semakin beragam, ada yang semprot, padat dan bahkan ada penyemprot otomatisnya.

Harga yang ditawarkan pun beragam, ada yang murah ada yang mahal. Nah daripada beli, pengharum ruangan ini bisa dibuat sendiri lho. Bahannya pun lebih murah dan dijamin tahan lama.

Bahan-bahan :

  • 1 Sachet downy pewangi pakaian
  • Cuka makan secukupnya
  • Air setengah gelas
  • Botol semprot

Cara membuatnya :

  • Masukkan 1 sachet downy ke air lalu tambahkan cuka sekitar 2 sendok makan. aduk kedua cairan sampai tercampur.
  • Masukkan ke dalam botol semprot, bisa bekas botol parfum atau botol pembersih kaca.
  • Semprotkan pewangi ruangan ke sudut-sudut rumah atau bagian yang berbau.

Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat ya!

======

Saran Ahli Kanker soal Seberapa Sering Boleh Makan Mie Instant Dalam Sepekan

Kisah seorang pria asal Bogor berinisial T ini viral lantaran mengaku divonis dokter tidak bisa mengonsumsi mi instan lagi seumur hidupnya. T diketahui mengonsumsi mi instan setiap hari, bahkan dikatakan setengah kardus mi instan bisa habis dalam sepekan.

Kebiasaannya ini membuatnya harus mengalami radang kerongkongan hingga muntah darah. Ia pun dipantang tidak makan mi instan seumur hidup karena khawatir kondisinya bisa berkembang menjadi kanker.

dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk-Rad dari Siloam Hospitals MRCCC Semanggi dan telekonsultasi di dokterkankerku.com, mengatakan kandungan dalam mi instan yang beredar di pasaran seharusnya aman karena sudah melewati izin edar BPOM. Namun ada hal yang sering dilupakan seperti kandungan natrium dan MSG.

Selain itu, dr Denny menegaskan aman untuk konsumsi mi instan dalam sepekan satu hingga dua mi instan.

“Jadi kalau dimakan dalam jumlah yang cukup sesekali misalnya dalam seminggu satu atau dua, masih oke, tapi ya jangan pagi, siang, sore, makan mi instan,” jelasnya, Rabu (24/6/2020).

“Orang nggak bisa dibatasin satu hari boleh makan mi instan karena variasai mi instan kan banyak sekali jadi kita harus lebih cermat kalau makan sesuatu di belakang kan ada ingredientnya, di ingredient itu ada tulisannya kadar natrium dari jenis mi instan yang kita makan kadang beda merek, beda rasa pun kandungan natriumnya beda, kandungan MSG-nya beda, persentasenya beda, di belakang ada tulisan angka kecukupan gizi,” lanjut dr Denny.

“Kalau tulisan itu misalnya kadar natriumnya itu setara dengan kebutuhan seseorang satu hari mencapai 50 persen, artinya dengan sebungkus mi instan kalau dia makan dua, dalam hari itu udah nggak boleh makan garam,” pesan dr Denny.

Lain halnya jika kadar garam yang tertera dalam mi instan adalah 10 persen. Menurut dr Denny, artinya orang tersebut masih boleh mengonsumsi garam.

“Kalau misalnya tulisannya di belakang kadar garamnya adalah 10 persen artinya dari makanan lain dia masih boleh makan senilai 90 persen sisanya, jadi dilihat keseimbangan komposisinya,” pungkasnya.

Catat tiga hal penting saat konsumsi mi instan menurut dr Denny.

1. Kadar natrium

dr Denny menjelaskan hal penting yang perlu diperhatikan salah satunya adalah kadar natrium. “Mi instan itu diawetkan dengan cara mengandung garam, kadar natrium atau kadar garam yang terlalu tinggi itu dapat menyebabkan radang tenggorokan, sakit tenggorokan,” jelasnya.

2. MSG

Kandungan Monosodium Glutamat atau penyedap juga disebut dr Denny tidak baik dikonsumsi berlebihan karena bisa memicu penyakit kanker.

“Di dalam mi instan itu kan ada penyedap rasa, kalau dimakan dalam jumlah sedikit atau batasan yang boleh dimakan oleh orang nggak apa-apa, tetapi kalau orang itu makan secara berlebihan maka MSG ini berisiko atau berpotensi bikin kanker,” lanjut dr Denny.

3. Bungkus mi instan

Zat pembungkus mi instan juga berbahaya jika larut dalam mi. Tidak kalah berbahaya dengan konsumsi kandungan natrium atau MSG yang berlebihan.

“Mi instan ada yang ditaro di plastik ada yang di cup kita tahu sterofoam, nah sterofoam ini kan punya ambang batas terhadap suhu, kalau kita kasih dia air panas di dalamnya, dia ada sebagian yang meleleh kena panas, nah dan sterofoam yang kena panas ini ada sebagian yang terlarut dalam yang kita makan, di dalam kuahnya, di dalam minyak, itulah yang lebih berbahaya dibanding natrium atau msg yang orang jadi kena kanker,” pungkasnya.

======

8 Manfaat Jus Belimbing Untuk Kecantikan, Bikin Kulit Bercahaya

Belimbing merupakan salah satu buah dengan rasa asam, manis, dan sepat di lidah. Buah ini memilki kandungan antioksidan dan kaya akan nutrisi dan beberapa vitamin lainnya.

Belimbing ternyata memiliki manfaat bagi kecantikan dan bisa kamu jadikan jus untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

Jus belimbing memiliki kadnungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit sehat dan bercahaya.

2. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Rutin mengkonsumsi jusa belimbing dapat melindungi kulit kamu dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan.

Karena belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Ternyata jus belimbing juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga kelembapan kulit dari dalam.

4. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Jus belimbing merupakan minuman serta yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama serta dapat menurunkan berat badan.

5. Menjadikan Rambut Kuat

Nutrisi pada jus belimbing dapat merawat rambut rontok dengan menjadikan rambut lebih kuat.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan pada belimbing dapat mencegah proses terjadinya penuaan dini jika kamu rutin mengkonsumsi jus belimbing.

7. Membantu Mencegah Jerawat

Masalah jerawat pada wajah juga bisa kamu atasi dengan rutin minum jus belimbing. Karna sifat antimikroba dari kandungan ini bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam.

8. Menyembuhkan Masalah Kulit

Selain itu kandungan dan nutrisi pada belimbing mampu membantu menyembuhkan masalah kulit, jadi kamu harus rutin minum jus belimbing.

======

Jangan Sampai Rugi Tidak Suka Makan Terong! Berikut 8 Manfaat Makan Terong

Bagi penikmat sayur-sayuran, Terong pasti masuk jadi sayuran favoritnya. Terong yang memiliki tekstur unik dan rasa yang netral membuat kita leluasa dalam mengolah dan membumbuinya. Selain itu Terong juga kaya nutrisi yang tentunya baik bagi kita yang mengonsumsinya.

Anda tidak suka Terong? Mungkin ulasan berikut akan merubah pendapat Anda.
Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda harus menyertakan terong dalam menu Anda sehari-hari.

1. Mengkonsumsi terong secara teratur akan mencegah pembekuan darah, ini berkat kandungan vitamin K dan bioflavonoid dalam Terong.

2. Terong dapat menurunkan buruk (LDL) kolesterol Anda jika dimasak dengan benar. Sebaiknya TErong tidak digoreng karena akan menyerap banyak minyak, sebaiknya terong dipanggang saja.

3. Berkat kandungan serat yang kaya membuat terong dapat melindungi sistem pencernaan Anda dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

4. Mengkonsumsi terong secara teratur akan meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan Anda, ini karena terong menyediakan fitonutrien yang dibutuhkan otak, yang sebagian besar terdapat dalam kulitnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak mengupas kulitnya saat masak terong.

5. Mengkonsumsi terong dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengontrol diabetes karena Terong rendah karbohidrat dan tinggi akan kandungan serat larut.

6. Terong juga dapat mengatur tekanan darah Anda karena kandungan flavonoid yang tinggi.

7. Terong mengandung jumlah yang tepat dari besi, kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Mengkonsumsi terong sangat bagus untuk mengurangi berat badan karena Terong hampir tidak memiliki kalori (35 kkal per cangkir). Terong juga tidak mengandung lemak dan kaya akan serat yang membuatnya menjadi menu ideal bagi mereka yang ingin melakukan penurunan berat badan.

Tags: #manfaat jus belimbing untuk kecantikan #manfaat terong bagi kesehatan #membuat pewangi ruangan yang tahan lama