Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi dan Memutihkan Gigi Kuning dengan Cepat

462 views


Memiliki gigi putih, bersih dan bebas dari plak merupakan dampan setiap orang. Gigi yang sehat membuat seseorang menjadi lebih percaya untuk berkomunikasi, baik dengan sahabat atau rekan kerja. Namun, tidak sedikit orang yang mempermasalahkan karang gigi yang sukar hilang. Karang gigi dan plak merupakan dua masalah pada gigi yang dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut yang tidak sedap, gigi berlubang dan membuat gusi berdarah. Sebab, karang gigi merupakan tempat yang nyaman bagi kuman untuk bersarang. Selain itu, karang gigi juga tempat bakteri melekat pada gigi, sehingga mengakibatkan hilangnya gigi selain gigi berlubang.

Tahukah jika karang gigi juga dapat memicu penyakit jantung? Pasti setiap orang tidak ingin mengalami hal tersebut. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi karang gigi dan plak yang mengganggu.

Sikat Gigi Minimal 2x Sehari

Menggosok gigi dua kali sehari, di pagi hari sesudah sarapan dan sebelum tidur dapat mencegah karang gigi dan plak. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar menggosok gigi dengan benar agar hasilnya maksimal. Gosok gigi bagian atas ke bawah, dari kanan ke kiri. Jangan lupa untuk membersihkan gusi dan sisa makanan yang menyangkut pada sela – sela gigi seusai makan. Tak hanya itu, berkumur dengan cairan pembersih mulut dapat menambah kebersihan gigi, sehingga gigi tampak menjadi putih dan bersinar.

Batu Bata dan Arang

Batu bata dan arang sudah sejak dahulu digunakan oleh orang pedesaan sebagai pengganti pasta gigi dan terbukti ampuh membuat gigi terlihat putih. Caranya, tumbuk batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, kemudian gosokan pada gigi dengan tangan atau dengan sikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih.

Biji Asam

Ternyata biji asam juga dapat membersihkan karang gigi dan plak. Caranya, siapkan biji asam kawak atau yang sudah lama disimpan. Cuci bersih, lalu tiriskan hingga kering. Kemudian sangrai sampai matang, lalu haluskan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk. Nah, setelah menjadi bubuk, gunakan sebagai pengganti pasta gigi seperti sedang menggosok gigi. Jangan lupa berkumur ya!

Buah Apel

Selain mendapatkan nutrisi yang dikandungnya, mengkonsumsi buah apel juga dapat membersihkan gigi dari plak dan karang gigi. Yuk mulai dari sekarang konsumsi buah apel, agar gigi tetap bersih dan putih.

Cengkeh

Caranya, ambil 7 buah cengkeh, lalu tumbuk hingga halus atau bisa menggunakan blender. Kemudian, gunakan bubuk cengkeh sebagai pengganti pasta gigi. Selain dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi, bubuk cengkeh juga dapat digunakan untuk berkumur, setelah itu baru sikat gigi.

Nah, itulah tadi tips membersihkan gigi dari karang gigi dan plak dengan bahan alami. Jadi, kebersihan gigi patut dijaga, minimal dengan menggosok gigi dua kali sehari dan rajin memeriksa kebersihan gigi dari sisa makanan.

Untuk membersihkan sisa makanan dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran yang berdaging renyah dan berserat seperti apel.

======

Menjaga Kesehatan Org4n Kew4nit4an dengan Baking Soda, Begini Caranya dan Catat Waktu yang Paling Tepat!

Banyak jenis sabun organ kewanitaan yang tersedia di pasar yang menjanjikan membuat wanita sehat dan bebas bau “di bawah sana”.

Tapi, tunggu dulu! Sebelum Anda memilih, ketahuilah bahwa sebagian besar sarat dengan bahan kimia yang ternyata keras untuk daerah lembut dan sensitif ini.

Organ kewanitaan bisa mencuci sendiri, dan itu tidak terlalu sulit. Jika punya baking soda di rumah, cobalah gunakan.

Baking soda, cara alami menjaga bakteri organ kewanitaan dan bebas bau.

Tingkat pH organ kewanitaan yang sehat adalah khas antara 3,5 – 4,5. Ini berarti daerah tersebut sedikit asam.

Jika tingkat pH naik atau turun, itu berarti akan ada sejumlah masalah.

Beberapa masalah yang terjadi karena ketidakseimbangan pH dalam organ kewanitaan adalah: infeksi jamur, keputihan yang berlebihan, bau busuk, gatal, dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Namun, dengan menggunakan baking soda untuk membersihkan daerah tersebut, ini dapat mengembalikan keseimbangan pH.

Alasannya, karena baking soda adalah alkali di alam.

Ketika zat alkalin dicampur dengan sesuatu yang asam, maka akan menetralkan.

Jadi, ketika baking soda digunakan untuk mencuci daerah organ kewanitaan, ini akan membantu mengembalikan keseimbangan pH dan membawanya ke tingkat optimal.

Bagaimana caranya menggunakan baking soda?

1. Untuk mencuci organ kewanitaan

Campur dua sendok teh baking soda ke dalam cangkir berisi air suam-suam kuku. Gunakan campuran ini untuk membersihkan seluruh daerah organ kewanitaan, vulva atau bibir kelamin luar, labia minora atau bibir bagian yang lebih kecil dan lubang vagina. Lalu, bilas dengan air biasa dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Gunakan sebagai garam mandi

Tambahkan satu setengah cangkir baking soda ke ember penuh air suam-suam kuku. Tuang air di bak mandi dan usahakan tubuh bagian bawah (sampai ke pinggang) berendam di dalamnya setidaknya 20 menit.

Pastikan, organ kewanitaan terendam baik di dalam air.

3. Membuat minuman

Dalam segelas campuran air dengan setengah sendok teh baking soda dan minum sebelum berhubungan seks atau saat mencuci tidak mungkin.

Mungkin minuman ini tidak enak, tapi ini bisa membantu meminimalkan gejala bau busuk dan gatal-gatal. Kapan sebaiknya menggunakan baking soda dan air untuk membersihkan organ kewanitaan?

1. Setelah menstruasi

Darah haid memiliki ph 7,5 yang meninggalkan daerah kering dan gatal setelah menstruasi berakhir.

2. Sebelum dan sesudah berhubungan s*ks.

Sp*rma memiliki pH 7,1 – 8.

3. Setelah menggunakan pewangi organ kewanitaan

Jika menggunakan pencuci organ kewanitaan setiap kali sesudah berhubungan seks, maka Anda akan mengalami kekeringan di organ kewanitaan. Karena sebagian besar produk itu memiliki pH 8.

Jadi, setelah berhubungan seks, sebaiknya gunakan larutan soda kue dan air untuk mengembalikan keseimbangan pH dalam organ kewanitaan.

4. Jika menderita fluktuasi hormonal

Menopause, kehamilan, atau masalah kesehatan lainnya dapat mengganggu keseimbangan pH organ kewanitaan. Dalam situasi seperti tersebut, obat alami ini akan berguna.

5. Jika merasa bau, basah, dan gatal di area bawah

Ini adalah gejala Anda mungkin menderita infeksi jamur. Coba jinakkan secara alami dengan baking soda. Namun, jika Anda mengalami gatal, bau busuk, dan pengeluaran cairan yang berlebihan setelah menggunakan obat alami ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan.

======

4 Cara Mudah Dan Efektif Mengatasi Biduran Tanpa Obat Antihistamin

Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana manajemen biduran alias ‘Cholinergic Urticaria’ tanpa antihistamin, baik antihistamin produk farmasi mapun herbal.

Dengan empat cara mudah dan efektif mengatasi biduran tanpa antihistamin ini, diharapkan banyak penderita terbantu.

Paling tidak tersiksa karena biduran yang gatal berkurang.

Berikut ulasannya yang bisa dicoba di rumah.

1. Kompres dingin

Kompres dingin bisa meringankan rasa gatal yang datang saat biduran. Cara ini pun, melansir Intisari,id (22 September 2020), dapat membantu mengurangi peradangan bersamaan dengan mengurangi rasa gatal.

Pada beberapa orang, kenaikan suhu tubuh dapat menghasilkan histamin kimia. Histamin melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Asyiknya kompres dingin bisa dilakukan berulang. Beda dengan obat, yang sebaiknya tidak digunakan berulang, tanpa petunjuk dokter.

2. Meditasi

Percayalah, stres dapat memicu masalah pada kulit, tak terkecuali munculnya biduran. Nah, dengan melakukan meditasi dapat menenangkan pikiran, dan juga sekaligus menurunkan kadar kortisol Anda.

3. Ganti pakaian

Pakaian bisa sebabkan gatal-gatal Untuk diketahui, kain termasuk baju bisa menjadi penyebab gatal-gatal. Nah, saat gatal mendera hindari pakaian ketat, dan pakaian dalam yang tidak memungkinkan kulit untuk bernapas.

Kain wol cenderung mengiritasi kulit dan bisa memperburuk rasa gatal yang sedang dirasakan. Karenanya, penderita biduran baiknya mengganti pakaian dengan yang berbahayan katun, kapas, kain lembut, dan pakaian yang longgar.

Penting dicatat, poliester dan kain sintetis dan bahkan logam dengan kobalt, seperti arloji dapat menyebabkan gatal-gatal.

4. Hindari produk yang bisa mengiritasi kulit

Gunakan sabun mandi tanpa bahan kimia. untuk mengatasi biduran. Beberapa jenis sabun bisa mebuat kulit kering. Sehingga biduran makin terasa gatal.

Jika mengalami biduran, gunakan sabun khusus kulit sensitif. Biasanya sabun jenis ini tidak berbau dan tanpa bahan kimia lainnya yang dapat memicu iritasi.

Nah, losion pun perlu menghindari berbagai losion. Begitu juga kosmetika kulit yang yang bisa memicu iritasi. Jadi gunakanlah yang hanya untuk kulit sensitif.

Bagaimana, mudah kan mengatasi biduran juga rasa gatal yang ditimbulkannya?

Tags: #bersihkan karang gigi dengan cepat #memutihkan gigi kuning dengan cepat #menjaga organ kewanitaan #menjaga organ kewanitaan dengan bahan alami