Ciri Istri Shaleha yang Menyenangkan Hati Suami dan Dosa Istri terhadap Suami yang Harus Dihindari


Nah, taukah anda seperti apa ciri-ciri istri sholehah menurut islam?

Dosa Istri Kepada Suami yang Perlu Dihindari

1. Selalu melacak keberadaan suami

Cinta istri untuk suaminya baik-baik saja, asalkan itu masuk akal, namun, jika seorang istri terus meneror suaminya dengan pertanyaan “Di mana Anda? Siapa itu? Apa yang Anda lakukan?”

Setiap hari beberapa kali, ini bisa menunjukkan sikap posesif yang mungkin masuk ke level berlebihan dan membuat pasangan merasa dipenjara, Kecuali suami yang bahagia dan benar-benar bahagia diperlakukan seperti itu oleh istrinya.

2. Selalu berkata kasar

Seorang istri soleha tentu saja tidak marah kepada suaminya, apalagi menyindir dan memberi tahu suaminya dengan keras dengan alasan bahwa itu dilakukan atas dasar cinta, seharusnya, istri Soleha tidak melakukan hal seperti itu, istrinya yang baik tetap manis dan sopan terhadap suaminya.

3. Jauhkan suami dari ibu atau keluarganya

Kesal dengan ipar? Lalu jauhkan suami dari keluarganya sendiri? Tentu saja istri Soleha akan menghindari hal-hal seperti ini. Tetap pertahankan persahabatan antara suami dan keluarga Anda, dan juga hubungan antara suami dan keluarga Anda.

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257.)

2. Berbakti pada suami

Istri yang solehah akan selalu berbakti kepada suaminya. Karena istri sadar bahwa untuk mendapatkan berkah Tuhan, mereka harus membuat suami mereka bahagia kepadanya.

Karena itu nabi mengajar umatnya untuk mencari istri karena agama mereka, bukan karena kecantikan, kekayaan, atau kedudukan mereka. Karena hanya wanita yang memiliki agama yang baik dapat menciptakan keluarga yang bahagia.

4. Jaga rahasia suami

Menjaga rahasia keluarga adalah hal mutlak yang harus dilakukan seorang wanita, terutama terkait dengan hubungan suami-istri. Jika ada kekurangan masing-masing pasangan dilarang memberi tahu siapa pun. Ini sesuai dengan hadits

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَلاَ تَفْعَلُوا، فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِثْلُ الشَّيْطَانِ لَقِيَ شَيْطَانَةً فِي طَرِيْقٍ فَغَشِيَهَا وَالنَّاسُ يَنْظُرُوْنَ

“Jangan lagi kalian lakukan, karena yang demikian itu seperti syaithan jantan yang bertemu dengan syaitan betina di jalan, kemudian digaulinya sementara manusia menontonnya.” (HR. Ahmad 6/456,).

5. Rias diri Anda hanya untuk suami

Tidak seperti saat ini di mana ada banyak perempuan ketika meninggalkan rumah, perempuan hanya akan berpakaian ketika mereka di rumah dengan suami mereka. Karena ketika keluar rumah seorang wanita wajib menutupi aurat dan menyembunyikan kecantikannya.

Mereka para wanita sholehah berdandan untuk menyenangkan hati suaminya sehingga mendapatkan pahala dari apa yang dilakukannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417).

6. Melayani suami Anda di rumah

Wanita yang baik adalah yang melayani suaminya dengan baik. Bahkan dalam Islam mengajarkan seorang istri dilarang melakukan ibadah sunnah seperti puasa, safar, atau ibadah lainnya tanpa persetujuan suaminya, dikhawatirkan hal ini akan mencegah suaminya dari istimta ‘bersama istrinya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

“Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”. (HR. Al-Bukhari – Muslim).

7. Mensyukuri pemberian suami

Salah satu alasan banyaknya perempuan yang masuk neraka adalah kekufuran (tidak bersyukur) dengan apa yang telah diberikan suami mereka kepada mereka. Saat ini ada banyak istri yang memberontak terhadap suami mereka.

Mereka mendapatkan yang baik dari suami mereka selama setahun penuh dan ketika mereka menemukan yang buruk dari suami mereka, mereka berkata “Aku belum pernah melihatmu dengan baik”.

Oleh sebab itu sebagai seorang wanita sholehah wajib bersyukur dengan apa yang telah suami berikan. Karena azab yang sangat pedih telah Allah siapkan pada istri yang durhaka pada suaminya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَى امْرَأَةٍ لاَ تَشْكُرُ لِزَوْجِهَا وَهِيَ لاَ تَسْتَغْنِي عَنْهُ

“Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur kepada suaminya padahal dia membutuhkannya.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa.)

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang

======

5 Manfaat Cempedak untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang manis dan enak disantap, ada banyak manfaat cempedak yang bisa kita dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi di dalam cempedak menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Cempedak (Artocarpus integer) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sekilas buah ini mirip sekali dengan buah nangka. Bedanya, ukuran buah cempedak cenderung lebih kecil, manis, gurih, dan lembut daripada buah nangka.

Tak hanya sebagai santapan lezat, cempedak merupakan sumber energi alami dan sering dimanfaatkan juga untuk meningkatkan kesehatan sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi Cempedak

Di dalam 100 gram cempedak terkandung sekitar 115 kalori. Berikut adalah beragam nutrisi yang ada dalam cempedak:

  • 25 gram karbohidrat
  • 2,5 gram protein
  • 0,4 gram lemak
  • 3,5 gram serat
  • 40 miligram kalsium
  • 1 miligram zat besi
  • 18 miligram vitamin C

Buah cempedak juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, serta berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karoten dan xanthone. Salah satu jenis flavonoid unik yang dimiliki oleh cempedak adalah senyawa artoindonesianin.

Ragam Manfaat Cempedak

Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat cempedak untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengobati malaria

Ekstrak buah cempedak sudah terkenal sebagai obat malaria yang cukup efektif. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya yang ada di dalam daging buah cempedak.

Pada sebuah penelitian, terbukti bahwa ekstrak buah cempedak dapat membunuh parasit penyebab malaria, yaitu Plasmodium falciparum. Namun, pemanfaatan buah cempedak sebagai obat utama malaria masih tidak aman untuk dilakukan.

2. Mengurangi risiko kanker

Senyawa artoindonesianin dalam buah cempedak bisa membunuh parasit malaria karena aktivitas sitotoksik (mematikan sel) yang dimilikinya. Dengan aktivitas yang sama, khasiat ini juga dinalar bisa berefek serupa pada sel kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa artoindonesianin memiliki potensi dalam menghambat sel kanker darah leukemia. Namun, mekanisme kerja senyawa ini belum diketahui sehingga belum bisa dikembangkan lebih lanjut.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat cempedak berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena buah cempedak kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan yang memiliki peran besar terhadap kesehatan jantung.

Nutrisi-nutrisi tersebut mampu mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan 2 faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Cempedak bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalam cempedak diketahui mampu meningkatkan kerja usus dalam menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri baik (probiotik) di dalam usus.

Selain serat, manfaat cempedak yang satu ini juga didukung oleh kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan xanthone yang diketahui bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, misalnya dengan membantu menyembuhkan tukak saluran pencernaan.

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cempedak tidak hanya berasal dari daging buahnya, tapi juga bisa dari bijinya. Biji cempedak diketahui bisa diolah menjadi tepung dan dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti tepung terigu.

Dibandingkan tepung biasa, tepung biji cempedak memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi, serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada tepung roti. Dengan begitu, tepung biji cempedak bisa jadi pilihan yang lebih sehat, terutama untuk penderita diabetes atau obesitas.

Mengingat rasanya yang lezat, berbagai manfaat cempedak di atas tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, untuk mendapatkannya, Anda harus memperhatikan porsi konsumsi cempedak dan cara mengolahnya.

Di Indonesia, cempedak sering kali disajikan dengan digoreng bersama adonan tepung. Cara penyajian cempedak seperti ini justru akan menambah kandungan kolesterol, lemak, gula, dan indeks glikemiknya sehingga menghilangkan manfaat cempedak itu sendiri.

Mengonsumsi cempedak secara langsung akan lebih bermanfaat bagi kesehatan dan tentunya lebih praktis. Jika ingin mencoba menu baru, Anda bisa membuatnya menjadi campuran untuk jus, topping untuk oatmeal, atau camilan bersama cokelat hitam.

Selain makan cempedak, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat cempedak bagi kesehatan dan bagaimana cara menambahkan buah ini ke dalam menu-menu makanan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #ciri istri sholehah #dosa istri terhadap suami #manfaat cempedak untuk kesehatan