Dari Semangka Hingga Kentang, 4 Makanan Ini Dilarang Disimpan di Dalam Sini

673 views


Kalau penulis boleh tahu, apa saja sih makanan atau minuman yang ada di kulkas kalian? Emh, mungkin telur, buah atau bahan makanan yang masih belum diolah ya. Tapi, apa makanan-makanan itu benar-benar aman disimpan di kulkas? Pasalnya, ada lho beberapa jenis makanan ketika disimpan di kulkas malah membuat beragam penyakit bagi yang mengonsumsinya.

Seperti yang dialami pria asal Kota Xiangxiang, Hunan, Tiongkok berikut ini. Ia terpaksa masuk rumah sakit setelah menyantap semangka yang disimpan di kulkas. Setelah diperiksa, pria bernama Zhang ini ususnya mengalami penyumbatan kematian jaringan alias membusuk. Lah, kok bisa? Lantas, ada makanan lain yang tidak boleh disimpan di kulkas?

Semangka yang bisa sebabkan usus membusuk

Melanjutkan paragraf di atas, usus Zhang bisa membusuk lantaran semangka yang ada di dalam kulkas tidak disimpan di wadah tertutup. Alhasil, buah segar tersebut terkontaminasi oleh bakteri dari makanan mentah lainnya gengs. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Agrikultur Amerika Serikat mengatakan jika semangka diletakkan di dalam kulkas, bisa mengurangi kandungan gizi dari buah tersebut. Sehingga disarankan menyimpan buah semangka di tempat yang bersuhu ruangan.
Roti yang akan jadi lebih cepat basi

Siapa di sini yang suka menyimpan roti di dalam kulkas? Ada baiknya untuk dihentikan mulai sekarang ya. Sebab, menurut seorang pakar roti bernama Wayne Gisslen menyebut jika makanan tersebut dimasukkan ke dalam kulkas akan membuatnya lebih cepat basi lho. Bahkan, waktu basinya jadi enam kali lebih cepat dari yang seharusnya. Apabila kalian ingin menyimpan roti, lebih baik letakkan di dalam freezer. Hal ini akan membuat makanan tersebut menjadi lebih awet.

Terong yang bisa berkurang kandungan gizinya

Hampir semua orang menganggap kalau menyimpan berbagai macam sayuran di dalam kulkas, bisa membuat bahan makanan tersebut menjadi lebih segar. Padahal, tidak semua sayur bisa bisa seperti itu gengs. Seorang penulis buku berjudul On Food and Cooking yaitu Harold McGee menjelaskan jika terong yang merupakan sayuran dari iklim tropis kurang baik jika disimpan dalam kulkas. Alasannya karena itu bisa membuat terong menjadi tidak segar dan berkurang juga kandungan gizinya. Jadi, terong dan sayuran yang berasal dari iklim tropis lainnya lebih baik diletakkan di tempat bersuhu ruang.

Kentang yang rasanya menjadi tidak enak

Makanan yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas adalah kentang. Yup, dinukil dari laman hhdresearch.org, kentang akan mengalami kerusakan ketika disimpan dalam lemari pendingin lho. Ini karena suhu dingin akan memecah pati yang ada di dalam kentang. Akibatnya akan menimbulkan tekstur pasir yang tentu tidak enak untuk dimakan. Selain itu, pati juga akan mulai berubah menjadi gula yang bakal mempengaruhi rasanya ketika diolah nanti.

Anda Wajib Tahu Kenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bisa Jadi Kanker, Jangan Sepelekan

Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang berperan untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.

Dalam tubuh manusia, terdapat ratusan kelenjar getah bening yang tersebar dari kepala hingga ke kaki.

Kelenjar getah bening juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya.

Jika terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Kelenjar getah bening memiliki fungsi untuk menyaring cairan limfatik yang menghentikan penyebaran bakteri ke seluruh tubuh.

Hal yang umum terjadi, kelenjar getah bening bisa mengalami pembengkakan. Biasanya pembengkakan ini disebabkan karena kamu sedang mengalami flu, sakit tenggorokan, infeksi gigi, maupun infeksi telinga.

Namun, kamu harus waspadai jika ada gangguan pada kelenjar getah bening yang bisa menjadi petanda gejala kanker getah bening yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang bisa jadi tanda kamu menderita penyakit Kanker getah bening.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening
Gejala kanker kelenjar getah bening bisa sangat bermacam-macam. Hal tersebut tergantung lokasi kelenjar getah bening yang mengalami kanker.

Secara umum, gejala kanker kelenjar getah bening yang dapat dikenali adalah demam naik dan turun yang berkepanjangan, keringat yang berlebihan di malam hari, dan adanya penurunan berat badan yang drastis.

Lokasi kelenjar getah bening yang paling sering menjadi lokasi dimulainya kanker adalah kelenjar yang terdapat di leher. Gejalanya berupa timbulnya benjolan di leher yang makin lama makin besar.

Umumnya benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa nyeri, sehingga sering kali penderita mengabaikan gejala tersebut.

Hal ini yang menyebabkan pengobatannya terlambat dan keberhasilan pengobatan menjadi lebih rendah.

Selain di leher, kelenjar getah bening di paru juga menjadi salah satu lokasi yang sering dipilih kanker untuk berkembang biak.

Hal ini bisa menimbulkan gejala batuk kronik atau sesak napas yang semakin lama semakin progresif.

Tak jarang, kanker kelenjar getah bening di paru menyebabkan penumpukan cairan di rongga paru. Kondisi ini bisa menyebabkan sesak napas yang berat, bahkan dapat menimbulkan kematian jika tak lekas diatasi.

Setelah timbul di leher atau paru, umumnya kanker kelenjar getah bening akan menyebar ke rongga perut, yaitu ke organ hati atau limpa.

Gejala di perut umumnya berupa perut yang makin membesar karena terisi cairan, terasa begah, diare, dan lemas.

Penyebab dan Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyebab kanker kelenjar getah bening
Penyakit kelenjar getah bening ini biasanya disebabkan infeksi bakteri atau virus. Dua hal ini merupakan faktor yang paling sering menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ciri ciri kelenjar getah bening
Beberapa contoh ciri-ciri kelenjar getah bening dengan infeksi ringan tersebut adalah demam kelenjar, pilek, infeksi tenggorokan, radang amandel, infeksi gigi, infeksi telinga, dan infeksi kulit (selulitis).

Pada kasus yang jarang terjadi, ciri-ciri kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti artritis reumatoid, lupus, campak, sarkoidosis, tuberkulosis, rubella, sifilis, kanker, HIV/AIDS, cytomegalovirus, dan kanker (seperti leukimia limfositik kronis dan limfoma non-Hodgkin).

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang jadi penanda kanker adalah pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan yang tidak terasa sakit.

Rasa sakit atau pembengkakan di perut serta merasa cepat kenyang meskipun cuman makan sedikit.

Nyeri atau perasaan tertekan di dada, sesak napas atau batuk, demam, penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya, berkeringat di malam hari dan kelelahan yang ekstrimjuga menjadi ciri-ciri kelenjar getah bening yang menyebabkan kanker.

Pengobatan Jika Terjadi Pembengakakan Kelenjar Getah Bening

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang terkenal mampu mengobati penyakit kelenjar getah bening.

Sebab bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan.

2. Memijat Dengan Lembut
Gerakan memijat kelenjar yang sedang bengkak juga bermanfaat untuk mengobatinya.

Sebab pijatan ini akan membuat kelenjar menjadi lebih tenang dan mengurangi pembengkakan.

3. Madu
Jika kamu berminat mengobati penyakit kelenjar getah bening dengan pijatan, jangan lupa pijatlah dengan madu.

Sebab madu memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

4. Susu dan Kunyit
Susu dan kunyit merupakan kombinasi alami yang baik untuk meringankan peradangan karena bersifat anti inflamasi.

5. Dikompres Dengan Air Hangat
Selain dipijat, kamu juga bisa mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening dengan mengompresnya menggunakan air hangat.

Suhu yang hangat akan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang bengkak serta mengurangi rasa sakit karena bengkak.

Tags: #ciri ciri kelenjar getah bening #gejala kelenjar getah bening #kelenjar getah bening #makan semangka bisa masuk rumah sakit #makanan dilarang disimpan di kulkas #penyebab kelenjar getah bening