Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan yang Melimpah Ruah

592 views


Semua orang tahu bahwa Nabi Sulaiman ‘Alaihi Salam merupakan salah satu Nabi yang Allah karuniai kekayaan melimpah. Tak hanya itu saja, Nabi Sulaiman juga merupakan Nabi yang diberi banyak mukjizat seperti dapat berbicara dengan hewan.

Doa Nabi Sulaiman begitu banyak dicari dan diinginkan oleh orang-orang dengan harapan agar bisa diberi kelimpahan rezeki seperti yang didapat oleh Nabi yang mewarisi kekuasaan dari Nabi Daud ‘Alaihi Salam tersebut.

Nabi Sulaiman juga diketahui dapat menundukkan berbagi setan, jin dan hewan untuk melaksanakan apapun yang ia inginkan.

Contohnya seperti memindahkan singgasana Ratu Saba ke dalam kerajaan Nabi Sulaiman dengan tujuan supaya Ratu Saba mau meninggalkan ajarannya dahulu yakni menyembah matahari.

Lantas seperti apa doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan yang melimpah ruah tersebut?

Ketahuilah bahwa doa tersebut tercantum dalam Al Quran yakni dalam surat Shod ayat ke-35.

Artinya: “Ia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shod : 35)

Lewat doa tersebut, Allah kemudian mengabulkan permintaan Nabi Sulaiman dengan anugerah pengetahuan yang besar dan dilimpahkan kekuasaan yang sangat besar dan kuat.

Setelah merasakan bahwa Allah mengabulkan doanya, Nabi Sulaiman pun berucap syukur kepada Allah selaku pencipta langit dan bumi. Berikut doa ucapan syukur yang dilantunkan oleh Nabi Sulaiman.

“Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni’matMu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan RahmatMu ke dalam golongan hamba-hambaMu yang saleh” (QS. An-Naml : 19)

Dengan doa penutup tersebut kita diajarkan sekaligus diingatkan untuk selalu bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan.

Dengan begitu orang yang membacanya akan mendapatkan kesenangan baik di dunia maupun di akhirat. Bahkan doa tersebut menjadi bacaan Nabi yang kaya raya serta tidak ada manusia yang bisa menandinginya.

Apa hikmah yang bisa kita ambil dari doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan yang melimpah ruah itu?

Ketika kita mendapatkan nikmat berupa kekayaan ataupun kenikmatan yang lain, jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Nabi Sulaiman ‘Alaihi Salam pun selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah beri sehingga Allah terus menambah kekayaannya. Sesungguhnya kaya, tenar dan sukses merupakan ujian dari Allah apakah kita mau mensyukurinya atau malah kufur atasnya.

Sungguh sebuah hal yang tidak pantas diucapkan ketika seseorang telah sukses dan ia mengatakan, “Kesuksesan itu berasal dari hasil jerih payahku.” Orang dengan jenis ini tidak akan selamanya sukses karena kurangnya bersyukur.

Sebaliknya katakanlah, “Sukses yang aku dapat adalah dari Allah dan aku mensyukurinya.”

Jadi sudahkah kita bersyukur hari ini? Yuk kita bersyukur dari hal yang kecil sehingga Allah pun akan memberikan kesyukuran yang lebih besar.

Doa Memohon Dagangan Laris, Dibaca Saat Buka Toko, Warung, atau Lapak

Usaha laris, dagangan habis, dan untung banyak. Itu adalah harapan orang yang menjalankan usaha. Menjalankan usaha sendiri tentu tidak semudah bekerja pada orang atau institusi. Orang yang berusaha akan selalu berhadapan dengan ketidakpastian. (foto cover: ilustrasi, sumber)

Selain menerapkan strategi yang tepat, ikhtiar yang kita lakukan hendaknya juga diikuti dengan kebiasaan membaca doa agar dagangan laris. Tak semata untuk mengejar dunia, penghasilan dari hasil usaha kita niatkan untuk menjalankan perintah Allah SWT.

Doa Diberi Kemudahan Dalam Perjalanan, Insya Allah Selamat Sampai Tujuan
Harapan dagangan laris terjual selalu ada. Ini semata agar usahanya dapat berputar dan memenuhi hidupnya.

Namun demikian, tidak selamanya usaha bisa lancar. Ada kalanya usaha benar-benar seret dan barang dagangan masih banyak. Di kala mendapat ujian tersebut, bukan berarti kita berprasangka doa supaya dagangan laris terus tak dikabulkang Sang Kuasa

Kondisi ini tentu menimbulkan kesedihan. Apalagi jika usaha yang dijalankan adalah kuliner yang perputarannya sangat cepat.

Agar usaha senantiasa lancar, dianjurkan membaca doa agar dagangan laris menurut Alquran ini ketika membuka toko atau warung. Insya Allah laris dan berkah.

Doa Laris Usaha

Alhamdulillahil ladzi razaqoni hadza min khairi haulim minni wa la quwwah, allahumma barik fihi.

Artinya,

” Segala puji bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah, berkahilah aku pada rezekiku.”

Memohon Diturunkan Rezeki dengan Doa Ini

Allahumma rabbanaa anzil ‘alaina maidatan minas samai takunu lana ‘idan li awwalina wa akhirina wa ayatan minka warzuqna wa anta khoirur raziqina.

Artinya,

” Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.”

Pahala Besar Bagi Istri yang Lakukan 4 Hal Ini Untuk Suaminya di Malam Jum’at

Seorang istri bisa panen pahala di malam Jum’at. Bahkan, dengan aktifitas penuh suka bersama suaminya.

Apa saja aktifitas itu? Ini 4 di antaranya:

1. Mengajak Suami Baca Surat al-Kahfi

Membaca surat Al Kahfi merupakan amalan sunnah di malam Jumat. Bisa pula dikerjakan di siang hari Jumat. “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al-Hakim, Al-Baihaqi dan Ad-Darimi; shahih)

Dalam hadits yang lain diterangkan bahwa keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat bertahan hingga satu pekan.

“Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dia diterangi oleh cahaya antara dua Jumat” (HR. An Nasa’i, Baihaqi dan Al Hakim; shahih)

Jika seorang istri mengajak suaminya membaca surat Al Kahfi, maka pahala dan keutamannya semakin berlipat.

2. Mengajak Suami Membaca Shalawat

Membaca shalawat juga termasuk amalan sunnah di malam dan hari Jumat. Rasulullah sendiri menganjurkan umatnya memperbanyak membaca shalawat di waktu ini.

Di antara keutamaan membaca shalawat adalah sebagaimana yang diterangkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri bahwa muslim yang paling banyak membaca shalawat kelak akan menjadi orang yang paling dekat dengan beliau di surga.

“Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi; hasan lighairihi)

Istri yang membaca shalawat, ia memperoleh pahala dan keutamaan bagi dirinya. Namun jika ia mengingatkan suaminya agar melakukan amalan sunnah ini, maka akan semakin banyak pahalanya.

3. Melayani Suami Dengan Penuh Cinta

Dalam hadits shahih disebutkan bahwahubungan antara suami dan istri adalah sedekah. Ia mendapatkan pahala atas hubungan halal ini,

4. Membangunkan Suami Untuk Shalat Tahajud

Amal ini bukanlah amal khusus malam Jumat saja. Namun amal harian. Tiap malam. Sebagaimana bisa dilakukan di malam apa pun, ia juga bisa dilakukan di malam Jumat.

Keutamaannya luar biasa. Istri yang membangunkan suami dan mengajaknya qiyamul lail, ia akan mendapat rahmat dari Allah. Bahkan keduanya akan mendapatkan rahmat dari Allah. Rahmat dari Allah ini merupakan kunci cinta dan kasih sayang (rahmah) suami istri.

“Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga shalat. Bila istri tidak mau bangun, ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah juga merahmati seorang perempuan yang bangun di waktu malam lalu ia shalat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila suami enggan untuk bangun, ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. An Nasa’i. Hadits senada juga diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi)

Jadi, jika ingin kasih sayang suami istri abadi, biasakanlah qiyamul lail dan membangunkan pasangan untuk juga melakukannya.

Wallahu a’lam bish shawab.

Tags: #doa memohon dagangan laris #doa nabi sulaiman as #pahala istri saat melakukan hal ini dimalam jum'at #untuk kekayaan melimpah ruah