Doa Orang Tua Untuk Anak Tidak Dikabulkan? Mungkin Hal Ini Penyebabnya

428 views


Doa Orang Tua Untuk Anak Tidak Dikabulkan, Kok Bisa? Padahal doa orangtua adalah salah satu doa yang diijabahi Allah. Tapi kenapa ada doa orangtua yang tak dikabulkan, hingga seakan tak berpengaruh sama sekali untuk anak? Berikut ini kisah dan penjelasan tertolaknya doa orang tua akibat makanan.

“Saya sudah mendoakan anak saya untuk sekian lama, Kyai. Selesai shalat lima waktu, setelah shalat tahajud. Tapi anak saya kok tetap nakal. Tidak ada perubahan sama sekali. Doa orangtua seperti tidak terkabul,” gerutu seorang ibu menceritakan kondisi anaknya yang duduk di bangku sekolah menengah.

Sang Kyai diam sejenak. Ia mencoba memahami keseluruhan cerita ibu tadi. Dengan nada berhati-hati ia mencoba menggali pertanyaan.

“Mohon maaf apakah Ibu pernah memberikan makanan dari hasil syubhat atau haram kepada anak ibu?”

Mendengar pertanyaan itu, sang ibu terdiam. Air mukanya menunjukkan kegundahan dan perlahan matanya berkaca-kaca.

“Iya, Kyai. Kalau dari uang syubhat sering. Suami saya sering mendapatkan uang yang tidak jelas. Kadang sebagai bentuk terima kasih customer yang telah dilayaninya. Kadang pemberian pimpinan yang nggak jelas dari mana. Kadang juga ada rekayasa laporan di tempat kerjanya.”

“Nah, itu Bu. Ketika anak-anak mendapatkan asupan makanan yang haram atau syubhat, salah satu efeknya ia bisa terhijab dari doa. Apalagi orangtuanya juga memakan makanan haram. Semakin tidak nyambung itu doanya. Allah tidak berkenan mengabulkan doa orangtua tersebut”

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah Maha Baik dan hanya menerima yang baik. Sesungguhnya Allah telah memerintahkan orang-orang mukmin untuk sama seperti yang diperintahkan kepada para nabi. Kemudian beliau membaca firman Allah yang artinya, Wahai para rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amal shalih. Dia juga berfirman yang artinya, Hai orang-orang mukmin, makanlah makanan yang baik yang telah Kami anugerahkan kepadamu. Kemudian beliau menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh hingga rambutnya kusut dan kotor, ia menengadahkan tangannya ke langit seraya berdoa, Ya Rabb, ya Rabb. Akan tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan ia kenyang dengan yang haram. Maka bagaimana mungkin doanya dikabulkan.” (HR. Muslim)

Ketika menjelaskan hadis diatas, para ulama menerangkan bahwa laki-laki tersebut telah memenuhi empat hal yang semestinya membuat doanya terkabul yakni ia seorang musafir, ia lelah, ia menengadahkan dua tangan dan sangat berharap kepada Allah. Namun karena ia menggunakan barang haram, doanya tertolak. Sebab makanan haram, minuman haram dan pakaian haram menjadi penghalang terkabulnya doa.

Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَقْذِفُ اللُّقْمَةَ الْحَرَامَ فِي جَوْفِهِ مَا يُتَقَبَّلُ مِنْهُ عَمَلُ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً

”Ketahuilah, bahwa suapan haram jika masuk dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (Riwayat At Thabrani)

كُلُّ لَحْمٍ نَبَتَ مِنْ الحَرامِ فَالنَّارُ أَوْلَى بِهِ

”Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali nereka lebih utama untuknya.” (Riwayat Tirmidzi)

Para orangtua, mari kita menjaga diri dari makanan dan hal-hal yang syubhat. Kita jaga anak-anak kita dari makanan dan hal-hal yang haram.

Dengan demikian, semoga tak ada penghalang antara doa kita dan ijabah Allah. Semoga tak ada penghalang terkabulnya doa untuk kebaikan anak-anak kita.

======

Iseng Keramas Pakai Bubuk Kopi, Wanita Ini Kaget Setengah Mati Saat Lihat Hasil Rambutnya yang Berubah

Selain bisa diseduh untuk dijadikan minuman, kopi ternyata juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan.

Bahkan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari bubuk kopi yang sering kita jumpai.

Mulai dari perawatan tubuh hingga rambut, semua bisa kita lakukan dengan bubuk kopi loh.

Seperti yang telah kita tahu, manfaat kopi tak hanya bisa didapatkan dengan cara diminum saja, pengaplikasian kopi di rambut kabarnya punya pengaruh luar biasa.

Sayangnya belum banyak yang tahu soal hal ini. Jika kamu hendak mencoba siap-siap untuk tercengang melihat hasilnya.

Berikut adalah kemungkinan manfaat menggunakan kopi pada rambut, potensi efek samping, dan cara mengaplikasikannya.

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Mengatasi rambut rontok dengan bahan alami.

Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia, mempengaruhi baik pria maupun wanita.

Mencampur sampo dengan bubuk kopi lalu digunakan ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

2. Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Jika rambut tampak kusam, rapuh, dan kering, menambahkan pelembab alami seperti kopi dapat menghidupkan kembali penampilannya.

Sebab kopi dapat memperbaiki rambut kusam karena mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut.

Batang rambut bisa menjadi lebih halus sehingga menghasilkan rambut yang lebih lembut dan lebih mudah untuk diurai.

3. Menghilangkan uban secara alami

Keramas dengan sampo yang dicampur kopi juga berguna jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami.

Kopi berwarna gelap, sehingga bertindak sebagai noda pada rambut.

Ini adalah cara cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu jika kamu memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Jika kamu ingin menghentikan kerontokan rambut, mewarnai rambut, atau memperbaiki tekstur rambut, berikut cara mencampurkan sampo dengan bubuk kopi yang benar:

Siapkan sampo dan kopi bubuk, campur keduanya hingga berbentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut untuk keramas seperti biasa.

Setelah 20 menit, bilas kopi dari rambut dengan air dingin atau hangat, lalu keringkan.

Mudah sekali, bukan?

======

Inilah Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat, tak terkecuali bagi ibu hamil. Rempah dengan cita rasa yang khas ini mengandung beragam nutrisi untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Yuk, simak selengkapnya di sini.

Kunyit mengandung kalsium, fosfor, kalium, beta-karoten, dan vitamin C. Di samping itu, kunyit juga memiliki senyawa kimia yang disebut dengan kurkumin. Senyawa ini telah terbukti dapat menyehatkan tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil

Kunyit sangat populer dengan perannya sebagai antiinflamasi untuk menghambat dan menekan reaksi peradangan. Rempah ini juga bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain manfaat tersebut, nutrisi yang terkandung di dalam kunyit juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Manfaat kunyit yang bisa Bumil peroleh antara lain:

1. Meredakan gangguan lambung dan pencernaan

Nyeri ulu hati akibat asam lambung naik merupakan salah satu keluhan yang kerap dirasakan oleh ibu hamil, terutama yang telah memasuki trimester ketiga. Kondisi ini memang bukanlah hal yang berbahaya, tetapi bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari Bumil.

Untuk mengatasinya, Bumil bisa mengonsumsi kunyit. Nutrisi dan zat antiinflamasi yang terkandung dalam kunyit diduga dapat meredakan nyeri ulu hati yang Bumil rasakan. Selain itu, kunyit juga mampu mencegah gangguan pencernaan lainnya, seperti sembelit.

2. Mengurangi risiko preeklampsia

Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, munculnya protein di dalam urine, serta pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lainnya. Kondisi ini dapat membahayakan ibu hamil dan janin jika tidak segera ditangani.

Preeklampsia bisa Bumil cegah dengan cara mengonsumsi kunyit. Dalam sebuah penelitian dibuktikan bahwa senyawa kurkumin mampu melawan zat-zat pemicu radang dalam tubuh ibu hamil yang dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia.

3. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa ibu yang mengalami peradangan tinggi selama kehamilan berisiko melahirkan bayi dengan gangguan saraf, seperti autisme dan ADHD.

Nah, untuk mencegah peradangan selama hamil, Bumil bisa rutin konsumsi kunyit. Dengan begitu, risiko penyakit saraf pada buah hati akan menurun dan peluang Bumil untuk melahirkan bayi yang pintar menjadi semakin tinggi.

4. Menjaga kesehatan mulut

Gusi berdarah saat hamil biasanya disebabkan oleh radang gusi yang memang rentan terjadi karena perubahan hormon. Kondisi ini sering terjadi di usia kehamilan 2–8 bulan. Jika gusi berdarah masih tergolong ringan dan tidak disertai gejala yang mengkhawatirkan, Bumil bisa mengatasinya dengan kunyit.

Penelitian membuktikan bahwa obat kumur yang mengandung kunyit mampu membunuh bakteri dan plak penyebab radang gusi. Selain itu, kandungan antiinflamasi pada kunyit juga bisa meredakan peradangan dan pembengkakan gusi yang rasanya tentu tidak nyaman.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, kunyit juga dapat mencegah flu, meredakan nyeri punggung, menjaga kadar gula darah tetap normal, mencegah depresi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski bermanfaat, ada hal yang perlu Bumil perhatikan sebelum konsumsi kunyit. Di dalam tubuh, kurkumin meniru hormon estrogren. Jika dikonsumsi secara berlebihan, zat ini dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur atau keguguran.

Konsumsi kunyit secara berlebihan juga dapat mengganggu kerja beberapa obat, seperti obat pengencer darah dan pereda asam lambung. Selain itu, kunyit pun bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, dan sakit kepala.

Penting untuk Bumil ingat, hindari penggunaan suplemen kunyit. Hal ini untuk mencegah dosis yang berlebihan. Lebih baik, manfaatkan kunyit dengan memasukkannya ke dalam menu masakan yang Bumil suka.

Itulah beragam manfaat kunyit untuk ibu hamil yang sayang untuk Bumil lewatkan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait kunyit atau takaran konsumsi kunyit yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bumil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Tags: #manfaat keramas pakai bubuk kopi #manfaat kunyit untuk ibu hamil #penyebab doa orang tua tidak dikabulkan