Dulu Sampai Dibelikan Token Listrik Nikita Mirzani, Caisar YKS Kini Rela Lakukan Apa Saja untuk Sambung Hidupnya Sehari-hari Usai Nikahi Sopir Mantan Istrinya, Begini Kondisinya yang Mengejutkan


Masih ingat Caisar YKS? Namanya sempat melejit ketika mengisi sebuah acara komedi Yuk Keep Smile (YKS) pada tahun 2013 silam.

Dalam acara komedi tersebut, Caisar Aditya memiliki goyangan yang sangat dikenal dan ikonik pada masa itu.

Sayangnya, nama Caisar tenggelam seiring berhentinya acara komedi tersebut. Caisar memilih untuk hengkang dari dunia hiburan dan menikahi artis Indadari. Sayangnya, hubungan tersebut hanya bertahan selama 3 tahun.

Caisar YKS memang sempat menjadi sosok viral beberapa tahun lalu.Dikutip Gridhot dari Grid.ID, Caisar sendiri dahulu viral dari tayangan Yuk Keep Smile atau Yuk Kita Sahur yang tayang sejak 2013 lalu.

Caisar dahulu viral berkat goyangannya yang khas.Dikutip Gridhot dari Tribun Jatim, dalam acara komedi tersebut, Caisar Putra Aditya memiliki goyangan yang sangat dikenal dan ikonik pada masa itu.

Sayangnya, nama Caisar YKS tenggelam seiring berhentinya acara komedi tersebut.Caisar YKS memilih untuk hengkang dari dunia hiburan dan menikahi artis Indadari.

Sayangnya, hubungan tersebut hanya bertahan selama 3 tahun.Caisar YKS lantas menikahi Almaratu Intan yang tak lain adalah sopir dari mantan istrinya, Indadari Mindrayanti.

Lama tak terdengar kabarnya, lantas bagaimana kabar Caisar YKS sekarang?Caisar YKS lahir di Jakarta pada 29 Agustus 1989.

Bungsu dari lima bersaudara ini lahir dan tumbuh besar di keluarga dengan ekonomi sederhana.

Selepas lulus SMA, Caisar YKS sempat merasakan menjadi tukang ojek.

Perjalanan karier Caisar di dunia hiburan bermula ketika ia diperkenalkan dengan Yadi Sembako pada tahun 2007.

Sejak saat itulah ia bekerja sebagai asisten Yadi Sembako.Sesekali ia juga merasakan menjadi asisten mendiang Budi Anduk.

Beruntung, Soimah melirik bakat Caisar YKS.Ia pun diajak tampil di acara “Show Imah” bersama Yadi Sembako.

Dari situlah jogetnya yang seperti cacing kepanasan mulai dikenal.Popularitas Caisar YKS mulai melejit saat ikut memeriahkan acara Yuk Kita Sahur

Saat itu ia tampil bareng Raffi Ahmad dan Olga Syahputra di acara yang disiarkan setiap sahur sepanjang Ramadan hingga bulan Agustus 2013.

Dari acara itulah muncul istilah “Joget Caisar” dan ia mulai dikenal dengan nama Caisar ‘YKS’.

Jargon khas Penontoooon, keep smile… juga membuat nama Caisar YKS mudah diingat.

Caisar YKS terus menari hingga sempat mengiri lagu dangdut berjudul Bukak Dikit Jos yang dipopulerkan oleh Juwita Bahar.

Ia juga sempat bermain film layar lebar berjudul Jomblo Keep Smille

Di film bergenre komedi tersebut, ia beradu peran dengan artis-artis ternama seperti Kimberly Ryder dan Bella Shofie.

Namun pada Maret 2015, pria 27 tahun itu memilih untuk berhijrah mendalami ilmu agama.

Setelah menikah dengan Indadari Mindrayanti pada 5 April 2014, Caisar putuskan untuk tnggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya, dan Caisar fokus berhijrah di jalan Allah.

Setelah memutuskan berhijrah, Caisar YKS lebih banyak mengisi kegiatannya dengan menekuni dunia bisnis pakaian yang ia bangun bersama istrinya dan juga menjadi narasumber di berbagai acara kajian keagamaan.

Caisar YKS juga sempat merintis bisnis dengan berjualan makanan seperti siomay, tahu, cilok, dan soto mie.Lokasi jualan dikatakan Caisar YKS bukanlah sebuah pertokoan melainkan warung kecil.

Dari pernikahannya dengan Indadari Mindrayanti, Caisar YKS dikaruniai dua orang anak.

Seorang putri dari pernikahan Indadari terdahulu bernama Nokia Alike Putri Hakim dan seorang anak laki-laki bernama unik, yaitu Kipsmail Aditya Harnano.

Namun, setelah berpisah dari Indadari Mindrayanti, Caisar YKS menikahi sopir mantan istrinya yakni Almaratu Intan.

Sejak saat itu, Caisar YKS putuskan kembali ke dunia hiburan Tanah Air, setelah sebelumnya memilih pensiun dan berhijrah.

Keputusan ini tentu menjadi pro kontra di kalangan fansnya. Banyak yang menyayangkan keputusan Caisar YKS, namun tak sedikit pula yang tetap mendukungnya.

Apalagi Caisar Putra Aditya sudah tak se-eksis saat pertama kali muncul. Beberapa waktu lalu memang Caisar sempat membuat heboh karena kondisi ekonominya yang turun drastis.

Kala itu Nikita Mirzani sampai ikut memberi bantuan berupa emas dan membayar token listrik Caisar.

Untuk itu, kini Caisar YKS memutuskan untuk mencari pendapatan tambahan dengan berjualan kaos.

Pekerjaan tersebut dilakukannya demi sesuap nasi untuk menafkahi keluarganya.

Caisar memilih jualan pakaian muslimah dan juga kaos distro yang bertemakan dakwah.

Lewat usahanya tersebut, Caisar Putra Aditya berharap agar para laki-laki muslim dan wanita muslimah bisa menggunakan busana yang syar’i.

Selain itu, Caisar Putra Aditya berharap usahanya itu bisa mendatangkan pahala untuknya.

Suami, Berhati-hatilah Jika Istrimu Ikut Bekerja Menanggung Belanja Rumah Tangga

Pertanyaan:
Assalamualaikum.
Saya ada sedikit kekeliruan tentang nafkah. Semasa di awal perkahwinan, saya pernah memberitahu suami bahawa saya akan membantu suami mengurangkan beban suami.

Kadang-kadang saya turut mengeluarkn uang untuk membeli belanja sehari-hari.

Setelah beberapa tahun menikah, saya dapati pendapatan suami telah meningkat dan saya yakin suami sudah bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan keluarga.

Masalahnya adalah, sekarang suami seolah-olah menganggap saya tetap berkewajiban menanggung beban rumah tangga.

Ketika saya memberitahu suami kalau itu adalah tanggung jawabnya sebagai suami, dia akan mengungkit-ungkit bahawa dia telah banyak mengeluarkan uang miliknya.

Apakah hak saya sebagai isteri dalam permasalahan ini? Mintak penjelasan ustaz. Terima kasih.

Jawaban:
Nafkah bagi kehidupan suami-isteri (iaitu belanja-belanja keperluan hidup untuk mereka) adalah tertanggung sepenuhnya di atas bahu suami. Ia adalah kewajiban suami yang ditetapkan Syariat. Sabda Nabi SAW;

“Wajib atas kamu (para suami) menyediakan untuk mereka (yakni isteri-isteri kamu) rezki mereka dan pakaian mereka mengikut kebiasaannya” (Soheh Muslim; 1218. Abu Daud; 1905, dari Jabir bin Abdullah RA).

Menurut ulamak; maksud rezki dalam hadis ialah nafkah hidup merangkumi makanan, pakaian, tempat tinggal dan sebagainya. Hukumnya adalah wajib atas suami.

Berkata Imam an-Nawawi yang terkandung dalam hadis ini, kewajiban (suami) menafkahi isteri dan menyediakan pakaian untuk mereka. Hukum ini telah diijmakkan oleh ulamak”.

Dianjurkan isteri membantu suami, namun itu bukan kewajiban. Para suami perlu menyedari hakikat ini. Tidak harus mereka memaksa isteri untuk turut sama menanggung nafkah keluarga.

Isteri yang ingkar kepada arahan suami dalam perkara tersebut tidak dianggap sebagai nusyuz di sisi Syariat. Dalam hal ini suami tidak boleh memaksa istri untuk ikut bekerja.

Isteri pula jangan keberatan membantu keuangan suami selagi mampu, kerana uang/harta yang dibelanjakan untuk suami dan keluarga akan diberi dua pahala/ganjaran oleh Allah; pahala sedekah dan pahala qarabah. Ini sebagaimana sabda Nabi SAW

“Tatkala baginda ditanya berkenaan isteri yang membelanjai suami dan anak-anaknya; ‘Untuknya dua pahala; pahala qarabah (mengeratkan ikatan keluarga) dan pahala sedekah’.” (Soheh al-Bukhari; 1466. Muslim; 1000).

Apabila suami mengizinkan isteri untuk keluar berkerja, pendapatan isteri adalah milik penuhnya. Tidak harus diambil suami melainkan dengan persetujuannya.

Kecuali jika suami mengsyaratkan sebahagian pendapatan hendaklah digunakan untuk belanja rumah tangga sebagai tukaran kepada keizinan yang diberinya untuk keluar berkerja, ketika itu isteri terikat dengan syarat tersebut. Nabi SAW bersabda;

“Orang Islam terikat dengan syarat (yang dipersetujui) sesama mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram” (as-Sunan al-Kubra, al-Baihaqi; 11430, dari ‘Amru bin ‘Auf al-Muzani RA).

Tanpa syarat tersebut, kewajiban nafkah keluarga sepenuhnya ditanggung suami.

Wallahu a’lam.