Eril Belum Ditemukan, Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas Konsultasi dengan Ustadz Adi Hidayat


Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, masih dilakukan hingga hari ini. Informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Swiss yang diterima pihak keluarga Ridwan Kamil di Bandung, menyebutkan, pencarian sampai Senin (30/5/2022), belum membuahkan hasil.

“Pencarian Eril oleh otoritas terkait masih dilakukan (sampai hari ini),” kata Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (31/5/2022).

“Kang Emil terus ikhtiar setiap hari, termasuk turun sendiri,” imbuhnya.

Erwin mengatakan, dalam proses pencarian hingga hari ini, pihak keluarga sudah ikhlas apapun yang menjadi takdir Eril. “Pencarian hari ini sudah selesai, kemudian dilanjutkan lagi hari berikutnya. Dari pihak keluarga sudah ikhlas apapun nanti yang akan menjadi takdir dari Eril,” papar Erwin.

Untuk mengantisipasi berbagai skenario, pihak keluarga di Bandung sudah berkonsultasi dengan ulama guna mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

“Dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama seperti Ketua MUI KH Rachmat Syafei dan Ustaz Adi Hidayat untuk kami dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam terhadap apapun yang menjadi takdirnya Eril,” paparnya.

Walaupun demikian, Erwin mengatakan, bahwa tim pencari sedang semangat-semangatnya di sana untuk mencari Eril. Bahkan, kata Erwin, Wali Kota Bern Alec Van Graffenried sempat menemui Ridwan Kamil di lokasi pencarian.

Ia memberikan dukungan yang optimal sekaligus menyampaikan rasa simpati mendalam kepada pihak keluarga. “Wali Kota Bern berkesempatan memberikan support langsung ke Kang Emil di lokasi pencarian,” kata Erwin.

Walikota Bern dan Bapak Heinrich menyampaikan rasa simpatinya kepada Bapak Ridwan Kamil di wilayah Pintu Air Engehalde, Senin, 30 Mei 2022 – (dok KBRI Bern)

Tak hanya Wali Kota Bern, dalam kesempatan itu salah seorang warga kota tersebut, yang bernama Heinrich juga menemui Ridwan Kamil. “Saat itu (Ridwan Kamil) bertemu pula dengan Pak Heinrich, orang pertama yang merespons permintaan tolong dari adiknya Eril untuk mencari Eril sejak mereka berhasil ke darat,” tuturnya.

Saat pertemuan itu, Heinrich menyampaikan rasa simpati dan memberikan kekuatan dengan memeluk Ridwan Kamil. Dari pihak keluarga Ridwan Kamil juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Heinrich.

“Beliau (Heinrich) menyampaikan rasa simpatinya. Dari pihak Kang Emil juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Henrich,” lanjut Erwin.

Menurutnya, pada saat kejadian, warga setempat sangat sigap menolong Eril karena tak hanya Heinrich, warga lainnya pun langsung menghubungi kepolisian setempat, sehingga dalam waktu singkat pihak otoritas sudah berada di lokasi kejadian.

“Ini menunjukan bahwa warga lokal juga sangat helpfull dan sigap karena selain Pak Henrich, ada pula warga lain yang menghubungi polisi, sehingga dalam waktu singkat mereka bisa langsung merespons di lokasi kejadian,” katanya.

Sementara itu, dari pihak keluarga Ridwan Kamil dalam waktu dekat ada yang menyusul ke Swiss. Erwin berharap, kehadiran keluarganya di Swiss dapat membantu proses pencarian Eril, juga memberikan dukungan moril kepada orangtua Eril.

“Dari pihak keluarga akan ada beberapa orang yang menyusul Kang Emil ke Swiss untuk membantu proses di sana,” katanya.

Ini yang Terjadi pada Eril Khan Sebelum Terseret Arus Sungai Aare

Kronologi hanyutnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada Kamis (26/5) di Sungai Aare, Swiss, sempat simpang siur.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Eril hanyut setelah menolong sang adik, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, naik ke daratan saat arus sungai deras.

Faktanya, Zara sudah naik lebih dulu diselamatkan oleh seorang pria bernama Heinrich yang merupakan penduduk kota Bern.

Heinrich juga sempat ingin menolong Eril, namun tubuh pemuda 23 tahun itu keburu terbawa arus sungai yang deras.

Ridwan Kamil sendiri telah bertemu dengan Heinrich. Lewat foto-foto yang dibagikan stafnya, Gubernur Jawa Barat itu tampak sedih saat Heinrich memberikan dukungan moril.

Wali Kota Bern Alec Van Graffenried juga telah menyampaikan simpati mendalam pada Ridwan Kamil atas hilangnya sang putra.

“Mayor Graffenried menyampaikan dukungan optimal dalam upaya pencarian Saudara Eril,” menurut keterangan tertulis KBRI Bern, Selasa (31/5).

Eril berada di Swiss bersama keluarga termasuk sang ibu dan adiknya guna mencari kampus untuk pendidikan S2. Pada Kamis (26/5), Eril, Zara, dan satu kawannya berenang di Sungai Aare.

Zara dan kawannya berhasil naik ke tepi sungai, sedangkan Eril hanyut terbawa arus yang deras.

Saat ini, pencarian Eril menjadi prioritas kepolisian Swiss. Tim SAR berupaya menemukan Eril dengan melibatkan polisi, polisi maritim, hingga pemadam kebakaran sebagai pilot drone.

Foto Eril Duduk di Masjid Masjid Al-Irsyad Sambil Menatap Tulisan Allah Bikin Haru Netizen

Ridwan Kamil memasang foto profil di akun Instagramnya hanya wajah dia sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, namun kali ini ia menggantinya dengan foto putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang hanyut terbawa arus sungai Aare di Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu..

Ridwan Kamil terlihat mengganti foto profil akun media sosialnya pada Senin, 30 Mei 2022 bersama unggahan terbarunya di feed Instagram.

Foto profil Ridwan Kamil tersebut tampak bernuansa hitam putih.

Di foto itu, wajah Eril juga tidak terlihat.

Ia hanya kelihatan punggungnya, tengah duduk di ujung lantai yang berbatasan dengan kolam.

Ia duduk menghadap batu bulat di tengah kolam yang terdapat sebuah tulisan, batu tersebut bertuliskan Allah dalam bahasa Arab.

Kebenaran bahwa sosok anak di foto itu adalah Eril dibenarkan oleh Randy Kusumaatmadja, orang kepercayaan Emil dan keluarganya melalui.

“Foto Eril sedang berada di Masjid Al-Irsyad. Akan tiba kita di Bandung ini A, sudah ada tanda-tanda. Insyaallah. Takkan pernah padam,” tulis Randy di atas foto muka akun Instagram Ridwan Kamil yang diunggah di Instagram Storynya, Senin malam, 30 Mei 2022.

Sebagai informasi, arsitek Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat adalah Ridwan Kamil.

Masjid ini diresmikan pada Agustus 2010. Artinya, pada tahun itu, usia Eril baru sekitar 11 tahun.

Dikutip dari Kotabaruparahyangan.com, menurut Ridwan Kamil, arsitek mesjid Al-Irsyad Satya ini, bentuk mesjid berupa kubus sederhana tersebut terinspirasi oleh Ka’bah yang ada di Masjidil Haram.

Fasad Masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah.

Sehari sebelumnya, istri Ridwan Kamil, Atalia juga mengganti foto profil Instagramnya.

Atalia mengganti foto profil dari fotonya sendiri dengan memasang profil bersama dengan Eril, dalam foto tersebut Atalia tampak menggunakan hijab berwarna kuning sembari berpose mencium pipi Eril.

Dalam bio Instagramnya, Atalia juga menuliskan permohonan agar masyarakat terus mendoakan putranya yang hingga kini sudah memasuki hari kelima belum ditemukan.

“Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril,” tulis Atalia di bawah namanya pada bio akun Instagramnya.

Bagi sebagain warganet, postingan foto profil Ridwan Kamil terbaru ini memiliki makna yang sangat mendalam.

“Kalau iya itu filosofis banget si fotonya, gamau jabarin tapi gw yakin kalian ngerti,” komentar pengguna Twitter @@evsr**.

“Foto eril waktu kecil nggak sih,” tulis warganet lainnya.

Saat ditelusuri, akun Instagram adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra juga terlihat memilih untuk menonaktifkan akun Instagramnya.

Adik Eril menonaktifkan akun Instagramnya setelah sang kakak hingga kini belum ditemukan.

“Gantinya PP kang emil bu cinta, ga aktifnya akun zara. Bener” nunjukin klo mrka sedang amat sangat berduka. Ibarat rumah, tiangnya sedang tak sempurna. Sedang stiap waktu, yg qta liat adl kokohnya keluarga ini. Harmonisnya keluarga ini.Hingga duka ini, jdi sprti duka kita smua,” komentar pengguna Twitter lainnya.

Di Twitter, hingga hari ini Selasa, (31/5/2022), nama Eril masih menduduki trending topik Indonesia.

Banyak warganet mendoakan Eril agar segera bertemu dengan keluarganya.

Diketahui Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril, hilang terseret arus di Sungai Aare Swiss, Kamis (26/5/2022) lalu waktu setempat.

Namun hingga kini, anak sulung Ridwan Kamil itu belum juga ditemukan.

Bahkan Interpol Swiss telah mengeluarkan Yellow Notice untuk mempercepat proses pencarian dengan bantuan Interpol.

Saat ini Mabes Polri telah resmi mengirimkan surat pengajuan yellow notice atau pencarian orang hilang kepada interpol Swiss.

Hal ini dimaksudkan untuk memantau pencarian Eril oleh kepolisian Swiss.

Keluarga Berharap Eril Segera Ditemukan dengan Selamat

Dikutip dari Tribunnews.com, adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman selaku juru bicara keluarga menyampaikan, pihaknya akan menerima apapun hasil pencarian tersebut.

Meski demikian, keluarga berharap Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat.

“Sekarang memasuki hari keempat, pencarian mulai diintesifkan di bawah permukaan air, sebelumnya di permukaan air menggunakan drone.”

“Kini menggunakan drone yang jarak terbangnya relatif rendah dan berbagai macam perahu yang bisa mendeteksi benda kurang lebih 3 meter di bawah permukaan air, sehingga relatif bisa ditemukan,” katanya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube tvOneNews, Minggu (29/5/2022).

Elpi mengatakan, pihak keluarga masih belum mengetahui keberadaan putra sulung Ridwan Kamil.

“Sejauh ini, sampai saat ini kami belum mendapatkan hasil yang sesuai diharapkan,” ungkap Elpi.

“Tetapi InsyaAllah apapun itu kita terima dengan ikhlas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Elpi menyampaikan beberapa kendala yang mengganggu pencarian pihak kepolisian dan tim SAR setempat di Sungai Aare.

“Ada kendala alam, ada hal-hal yang tidak bisa diukur oleh kemampuan manusia secara matematis.”

“Sumber airnya dari lelehan gunung es, salju, sehingga ada serpihan-serpihan yang memberikan tingkat kekeruhan,” jelasnya.

Diketahui, putra pertama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, mengalami musibah di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Emmeril hilang terseret arus Sungai Aaree saat berenang bersama keluarganya.

Saat ini, masih dalam pencarian Tim SAR.

Kemlu Informasikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

Sementara dikutip Serambinews.com dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di sepanjang sungai Aare, kota Bern, Swiss, berlanjut di hari ke

empat.

Pencarian dimulai di pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, yang dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

“Pencarian di sesi pagi hari dilakukan dengan metode boat search dengan menggunakan teropong untuk memantau situasi bawah air,” tulis dalam keterangan Kemlu yang dimuat, Minggu

(29/5/2022)

Area pencarian telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili.

Pada sesi sore, fokus area pencarian adalah antara pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde dengan menggunakan perahu.

Hingga pukul 7 malam waktu setempat, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Menurut Polisi Maritim, proses pencarian pada hari ini masih terkendala oleh tingkat kekeruhan air yang bersumber dari partikel lelehan salju.

Pencarian akan kembali dilanjutkan pagi (30/5/2022).

KBRI mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu setempat.

“Upaya pencarian Sdr. Eril oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone,” tulis dalam keterangan itu.

“Upaya pencarian intensif telah berlangsung selama empat hari,” tambahnya.

Diketahui Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, hilang di Sungai Aare Swiss, Kamis (26/5/2022) siang waktu setempat.

Ia sempat minta tolong sebelum terseret derasnya arus saat berenang di sungai Aare siang itu.

Eril, sapaan anak Ridwan Kamil ini, pergi ke Swiss bersama ibunya, Atalia Praratya dan adiknya, Camillia Laetitia Azzahra.

Tujuan utama keluarga Ridwan Kamil ke negeri berjulukan terbersih di dunia itu adalah mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Berharap Eril segera ditemukan dengan selamat, Adik Ridwan Kamil menyampaikan Insya Allah sudah siap menerima dengan ikhlas apapun hasil pencarian.